Lestari Putri Terkadang kita membutuhkan Liburan untuk mendamaikan pikiran dan hati.

Harga Tiket Pantai Suwuk Kebumen

2 min read

Pantai Suwuk Kebumen

Menjelajah deretan pantai-pantai di Kebumen terasa kurang lengkap bila belum menginjakan kaki di Pantai Suwuk. Obyek wisata yang tengah digandrungi dan menjadi primadona wisata di Kebumen. 

Pantai ini mempunyai pegunungan kapur yang membentang di sisi utara hingga ke selatan. Seperti umumnya pantai-pantai yang berhadapan langsung dengan Samudera Hindia,ombak di pantai ini tergolong besar.

Di sisi barat pantai ini terdapat sebuah bukit yang tinggi yang biasanya dimanfaatkan pengunjung untuk melihat indahnya Samudera Hindia.

Walaupun pantai suwuk kebumen tidak begitu eksotis jika dibandingkan dengan pantai – pantai di lombok, akan tetapi tempat wisata untuk keluarga di wilayah kebumen ini masih disukai wisatawan.

Tempat wisata pantai suwuk kebumen ini menjadi tempat bermain yang menyenangkan karena pinggiran pantau yang begitu panjang dan landai dengan pasir yang berwarna coklat dan hitam.

Pantai Suwuk Kebumen

Selain itu, Anda bisa mandi sepuasnya di pantai ini selain itu juga terdapat banyak permainan yaitu permainan sepak bola dan voli pantai sambil sesekali memantau bekas pesawat boeing 737 yang menjadi wisata yang menarik di pantai suwuk ini.

Fasilitas Pantai

Dipantai ini juga sudah disediakan Beberapa Fasilitas yang dapat anda gunakan seperti :

  • Wahana Permainan sederhana
  • Disini terdapat eks Pesawat Garuda Boeing 737 yang bisa dinikmati.
  • Masjid al Mutaqien
  • Terdapat Toko oleh-oleh khas Pantai Suwuk
  • Terdapat warung penjual jajanan khas Kebumen
  • Toilet umum
Pantai Suwuk Kebumen

Kuliner Pantai

Pantai Suwuk Kebumen

Selain menyuguhkan arena wisata yang menghibur, sambil mengusir rasa lapar Anda dapat berwisata kuliner di sekitar Pantai Suwuk.

Ada banyak tempat makan yang menjajakan aneka makanan khas Kebumen.

Antara lain pecel, lontong, sate ayam, es degan ijo, kacang goreng, legen, lanting, selai pisang, rempeyek ubu-ubur, rempeyek gesek dan masih banyak lagi.

Selain itu, bagi Anda yang hobi mengoleksi batu akik, di sekitar Pantai Suwuk Anda juga dapat menjumpai beberapa kios yang menyedian beragam aksesoris salah satunya yakni batu akik Kebumen.

Lokasi Pantai

Pantai Suwuk Kebumen

Pantai Suwuk berada di desa Suwuk, kec. Puring, kab. Kebumen. Maka untuk menuju ke lokasi pantai, banyak juga jalur alternatif yang bisa digunakan.

Pantai ini berada 22 km sebelah selatan Gombong dan juga bisa ditempuh 45 menit, berada sekitar 35 Km sebelah barat daya Kota Karanganyar bisa ditempuh kurang lebih dari 1 Jam.

Dan juga terletak 50 Km dari Kota Kebumen maka waktu yang dibutuhkan sekitar satu setengah jam untuk bisa menuju Pantai Suwuk Kebumen.

Keunikan

Pantai Suwuk Kebumen

Tidak berbeda jauh dengan wisata pantai di Kebumen lainnya. Pantai Suwuk menawarkan panorama laut dengan ombak besar khas laut selatan.

Secara umum, Pantai Suwuk memiliki panorama jajaran perbukitan kapur nan hijau yang memanjang dari arah utara hingga ke selatan.

Bibir Pantai Suwuk yang tergolong curam dengan kemiringan 35 derajat membuat Anda harus cukup berhati-hati saat bermain di area pantai.

Oleh sebab itu, demi keamanan pengunjung dilarang berenang di area pantai.

Harga Tiket Masuk

Jika anda ingin menikmati keindahan pantai suwuk kebumen ini, anda harus membayar tiket masuk sebesar Rp.3.500/orang untuk dewasa dan Rp.2,500/orang untuk anak 5 tahun ke bawah Anda dapat menikmati keindahan Pantai Suwuk.

Baca juga : Tempat Wisata di Purwokerto

Rute Menuju Lokasi

Rute jalan menuju pantai ini sebetulnya sangatnya sangat mudah tetapi kami juga akan memberikan bantuan titik koordinat.

Yang bisa kamu sambungkan ke denah atau peta online dengan bantuan google map dari smartphone-mu.

Pertama kita akan bahas melalui jalur pantai selatan di Jawa Tengah yang lebih dikenal dengan Jalan Daendels yaitu dari daerah Cilacap ke Congot, Jogjakarta.

Jalur ini juga sering kali digunakan sebagai alternatif bagi pemudik di saat lebaran tiba. Jalur lain bisa kamu ambil dari arah Gombong.

Untuk waktu yang dibutuhkan disini adalah sekitar 45 menit dengan keadaan normal dan tidak macet atau berjarak kurang lebih 25 km.

Berbeda lagi jika dari arah Kebumen maka kamu membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam dengan jarak yang dimiliki yaitu sekitar 50 km dari arah kota.

Kami lebih menyarankan agar kamu menggunakan kendaraan pribadi jika ke Pantai Suwuk karena akses untuk angkutan umum sendiri bisa dibilang tidak ada.

Untuk ojek motor sendiri bisa kamu dapat dari arah ke Kota Kebumen namun kalau ingin naik bus atau angkutan mobil sepertinya akan sulit karena dalam kota sendiri masih jarang ditemukan.

Demikian jika kamu suka dengan wisata pantai suwuk ini segera buatlah rencana liburan untuk menjelajahi keindahan pantai ini bersama keluarga atau pun sahabat kamu.

Lestari Putri
Lestari Putri Terkadang kita membutuhkan Liburan untuk mendamaikan pikiran dan hati.