Alfian Jadilah manusia yang selalu bermanfaat bagi orang lain, walaupun hanya membantu hal-hal yang kecil.

Pantai Pulau Merah

1 min read

Pantai Pulau Merah

Pantai Pulau Merah dapat disebut Red Island. Jadi sebelumnya dinamai Pulau Merah memiliki nama Pantai Ringin Pintu. Dinamai Pulau Merah karena ada sebuah bukit yang mempunyai tanah berwarna merah. Tetapi tidak begitu terlihat karena bukit ini dikelilingi oleh pohon – pohon yang hijau.

Selain itu, nama merah berasal dari warna pasir disekitar pinggir pantai apabila sore hari tiba. Karena pasir yang basah dan terkena sinar matahari tenggelam akan memunculkan warna kemerah – merahan. Namun apalagi saat musim kemarau, warna ini akan begitu terlihat.

Pemandangan di Pantai Pulau Merah cukup bagus, asri, dan pantainya juga bersih dan mempunyai ombak besar khas pantai selatan. Namun, pantai ini juga dikenal sebagai tempat surfing terbaik yang ada di Banyuwangi.

Wahana

Pantai Pulau Merah

1. Menikmati Sunset

Lebih baik anda berkunjung sore hari agar bisa menikmati matahari tenggelam di pantai ini. Waktu yang tepat adalah sekitar pukul 16.30 WIB. Tetapi sangat disayangkan anda tidak bisa menikmati terbitnya matahari dari tempat ini karena baru dibuka pukul 07.00 WIB.

2. Surfing

Pantai ini juga sangat cocok untuk melakukan surfing atau berselancar. Baik dari pemula ataupun yang sudah profesional. Ombak yang dihasilkan di pantai ini juga mendukung untuk kegiatan ini. Ketinggian ombak hingga 5 meter. Dikarenakan oleh sedikitnya bebatuan dan angin di laun yang sangat kencang.

3. Perahu

Disini anda bisa menyewa perahu cuma untuk sekedar mengelilingi Pantai Pulau Merah ini. Dan juga dapat untuk sarana memancing ikan. Namun anda harus membawa peralatan pancing sendiri.

4. Bukit Pantai

Melalui bukit ini anda bisa melihat banyaknya makhluk laut ketika ombak surut, menikmati sunset, dan juga menikmati pemandangan laut yang eksotis. Jadi untuk sampai dibukit ini anda diharuskan untuk mendakinya.

Pantai Pulau Merah

Fasilitas

  • Kamar Bilas
  • Kamar Mandi
  • Tempat Ibadah
  • WC
  • Tempat Parkir Luas
  • Gazebo

Baca Juga : Pantai Banyu Tibo

Lokasi

Pantai Pulau Merah berada di Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur, Indonesia.

Untuk waktu tempuh ke pulau ini dari pusat Kota Banyuwangi yaitu kurang lebih 1 jam. Dan 35 km dari Genteng ke arah selatan melalui pedesaan yang asri nan hijau. Ada juga pula kebun buah naga dan kebun jeruk yang menjadi khas Kota Banyuwangi.

Jam Operasional

Pantai Pulau Merah dibuka pukul 07.00 WIB sampai pukul 17.00 WIB. Jadi disini tidak ada hari libur. Setiap hari buka adalah dari Senin – Minggu.

Harga Tiket Masuk

Apabila anda berkunjung ke pantai ini maka akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 8.000 per orang. Anda bisa menikmati keindahan Pantai ini. Dan untuk parkir kendaraan tentu saja anda harus mengeluarkan biaya lagi. Untuk parkir mobil membayar Rp 5.000 sedangkan untuk parkir motor senilai Rp 2.000.

Tips Wisata

  1. Anda selalu utamakan keselamatan.
  2. Anda jangan sufring terlalu jauh.
  3. Jangan membuang sampah sembarangan.

Demikian ulasan mengenai pantai pulau merah yang sampaikan. Semoga bermanfaat bagi kalian. Terima kasih

Alfian
Alfian Jadilah manusia yang selalu bermanfaat bagi orang lain, walaupun hanya membantu hal-hal yang kecil.

Museum Brawijaya Malang

Alfian Alfian
1 min read

Pantai Sendiki

Alfian Alfian
1 min read