Pantai Kuta Lombok + Harga Tiket Masuk dan Fasilitas Wisata

Pantai Kuta LombokLombok tidak hanya kaya akan destinasi wisata, tapi juga menyuguhkan tempat wisata yang unik dan jarang ditemui di tempat lain. Salah satu diantaranya adalah Pantai Kuta Lombok yang juga dikenal dengan nama Mandalika Resort.

Dengan garis pantai sepanjang 7,2 km, pantai ini memiliki beberapa spot wisata terbaik yang diakui dunia, diantaranya Pantai Tanjung Aan yang menduduki peringkat ke-4 Pantai Terbaik Dunia versi TripAdvisor dalam Travellers Choice Awards, Pantai Gerupuk yang terpilih sebagai 10 spot surfing paling populer di Asia.

Pantai Seger yang ideal bagi surfer pemula serta menjadi tempat digelarnya Ritual Upacara Sasak “Bau Nyale”, dan tentunya Pantai Kuta Lombok sendiri.

Pantai Kuta

Keindahan Pantai Kuta Lombok Dan Spot Foto Bagus

Di sini pantai yang terhampar luas dengan panjang garis pantai 2 kali lipat dari Kuta Bali yang hanya 3000 meter, serasa milik pribadi karena sedikitnya jumlah wisatawan yang datang. Menapaki hamparan pasir putih di Pantai Kuta Lombok akan terasa berbeda dengan berjalan di atas pasir yang ada di pantai-pantai yang ada di Bali.

Pasir putih yang ada di sini memiliki ukuran yang berfariasi, mulai dari yang halus dan lembut, sedang, bahkan ada yang ukurannya sebesar merica. Keunikan pasir itulah yang membuat penduduk setempat banyak yang menjual pasir berwarna putih seukuran merica kepada para wisatawan sebagai souvenir.

Berbaring di hamparan pasir sambil menikmati keindahan panorama pantai menjadi aktifitas yang menyenangkan kala berkunjung ke sini. Namun jika hanya itu yang Anda lakukan, sungguh sangat disayangkan.

Pantai Kuta Lombok

Air laut yang sangat jernih dengan ombaknya yang kecil dan aman untuk dipakai berenang tidak boleh dilewatkan untuk diarungi. Jika ingin mengarungi laut di atas permukaan air sambil menikmati pemandangan bawah laut, dapat menyewa perahu yang ada di sekitar lokasi pantai.

Nikmati pula berbagai macam wahana permainan air, seperti banana boat dan jetski. Apabila ingin melihat taman laut dengan terumbu karangnya yang masih terawat dan habitat lautnya yang masih alami, tinggal menyewa peralatan diving dan berpetualang di kedalaman air laut.

Spot Penuh Keindahan

Kunjungi spot-spot menarik lainnya yang jaraknya hanya dalam hitungan menit jika ditempuh dengan mobil atau sepeda motor sewaan. Beberapa spot menarik di kawasan Pantai Kuta Lombok diantaranya adalah Pantai Putri Nyale (sebelah Timur Pantai Kuta) yang menjadi lokasi Novotel Beach, Pantai Seger dengan sunsetnya yang menawan, Tanjung A’an dengan taman bawah lautnya yang luar biasa sehingga menarik untuk aktifitas snorkeling.

Pesona Indah

Pantai Mawun (sebelah Barat Pantai Kuta) yang bentuknya menyerupai bulan sabit dan Pantai Gerupuk yang menjadi tempat  menyenangkan untuk berselancar, Selong Belanak untuk penggemar surfing, atau berkunjung dan menginap di 3 desa wisata yang dekat dengan Pantai Kuta Lombok, yaitu Desa Panujak yang dikenal sebagai penghasil Tembikar dan Desa Sukarare yang menjadi produsen Kain Tenun, dan Desa Sade yang menyuguhkan kehidupan asli Suku Sasak.

Sejarah dan Mitos Pantai Kuta Lombok

Salah satu mitos yang akrab dengan kehidupan masyarakat setempat adalah kisah tentang Putri Mandalika yang juga menjadi nama lain dari Pantai Kuta Lombok. Menurut cerita kuna, konon dulu ada seorang putri yang sangat cantik bernama Putri Mandalika. Karena kecantikannya dia diperebutkan olah banyak pria, tidak terkecuali seorang Pangeran. Begitu cintanya Pangeran tersebut terhadap putri Mandalika sehingga dia terus memaksa agar Mandalika mau dia persunting.

Jadi karena tidak mencintai sang Pangeran, putripun menolak dan berlari ke atas bukit tatkala Pangeran tersebut mengejarnya. Di atas bukit yang kini diberi nama Bukit Mandalika itulah sang putri akhirnya mengakhiri hidupnya dengan melompat ke laut. Untuk mengenang Putri Mandalika, kini setiap setahun sekali di Pantai Seger  digelar Ritual Upacara Sasak “Bau Nyale” atau upacara Menangkap Cacing Nyale, sebagai lambang Putri Mandalika yang diperebutkan oleh banyak pria.

Menikmati Pantai

Kegiatan Wisata di Pantai Kuta Lombok

Selain panorama dan pemandangan alam Pantai yang indah di Pantai Kuta ini, ada beberapa kegiatan wisata Pantai yang bisa anda lakukan di Pantai Kuta Lombok antaranya seperti

1. Mandi Laut atau Berenang di Pantai

Berenang atau mandi air laut memang seakan menjadi kegiatan wisata yang wajib dilakukan saat mengunjungi Pantai. Terlebih jika Pantai dengan air jernih dan pasir putih seperti yang ada di Pantai Kuta Lombok ini.

2. Melakukan kegiatan olah raga air

Selain berenang, banyak kegiatan air yang bisa anda lakukan saat berkunjung ke Pantai Kuta Lombok ini. Terlebih Pantai kuta ini sudah tersentuh fasilitas modern yang akan menambah keseruan wisatawan saat berkunjung ke Pantai ini seperti dengan melakukan kegiatan olah raga air.

Pantai Kuta

3. Menyaksikan Upacara Adat setempat

Selain melakukan kegiatan wisata air dan menikmati olah raga air ataupun keindahan alam lainnya, anda juga bisa melakukan kegiatan wisata budaya. Jika anda berkunjung ke Lombok pada sekitar bulan Februari dan maret, Anda bisa menyaksikan kegiatan upacara Bau Nyale yang diadakan setiap setaun sekali.

4. Snorkeling dan berselancar

Sama halnya seperti di beberapa Pantai yang ada di pulau Lombok,Pantai Kuta juga menjadi lokasi yang tepat untuk melakukan kegiatan bersnorkeling dan berselancar. Pemandangan bawah laut yang indah sangat memungkinkan untuk anda bersenorkeling di Pantai ini.

Harga Tiket masuk Pantai Kuta

Untuk tiket masuk Pantai Kuta Lombok tidak ada tarif khusus yang dikenakan untuk wisatawan, hanya saja biaya parkir sebesar kurang lebih Rp 10.000 untuk kendaraan mobil dan Rp. 5.000 untuk motor.

Rute dan Lokasi Pantai Kuta Lombok

Pantai Lombok Kuta berada di desa Kuta, kecamatan pujut kabupaten Lombok Tengah.yang mana artinya, jika anda ingin berkunjung ke Pantai Kuta Lombok anda harus datang ke Lombok bagian tengah tepatnya ke desa Kuta terlebih dahulu. Pantai ini terbilang cukup luas, ia memiliki kawasan garis Pantai sepanjang kurang lebih 7,2 KM.

Jika anda ingin mengunjungi Pantai Kuta dari Kota Mataram yang berjarak kurang lebih 72 Km ke arah tenggara, anda bisa menghabiskan waktu kurang lebih 90 menit. Sebelum tiba di Pantai ini anda akan melewati Desa Sade, yang merupakan desa dari suku Sasak, suku asli dari pulau Lombok. Kini desa ini menjadi desa wisata yang wajib di kunjungi di pulau Lombok.

Baca Juga : Tempat Wisata di Lombok Paling Indah Dan Bagus

Di bagian sebelah barat Pantai ini terdapat sebuah bukit yang di kenal dengan Bukit Mandalika, bukit ini menjadi salah satu tempat yang tepat untuk menikmati keindahan Pantai Kuta Lombok dari ketinggian.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!