Pantai Kedung Tumpang – Harga Tiket Masuk Dan Rute Lokasi Wisata

Pantai Kedung Tumpang – Keindahan alam Jawa Timur memang tiada habisnya untuk dieksplor baik gunungnya, goanya, pantainya dan masih banyak yang lainnya. Bicara soal pantai merupakan wisata yang banyak disukai orang, sehingga setiap hari ada saja yang liburan dipantai-pantai Jawa Timur. Dan baru-baru ini sedang booming wisata pantai baru yang bagus nan indah yaitu Pantai Kedung Tumpang Tulungagung. Pernahkah Anda membayangkan bersantai di kolam mengarah ke laut lepas. Harum khas pantai suara debur ombak menjadi amoterapi dan latar musik.

Bahkan kondisi tak terlalu ramai menjadi bonus keadaannya. Hal tersebut mungkin terjadi. Di Tulungagung, terdapat satu tempat mirip seperti kolam renang, bahkan didaulat sebagai kolam renang alami terindah di Pulau Jawa. Anda pun akan langsung menyetujui saat sampai di tempat. Pantai Kedung Tumpang memang pas diberikan sebutan seperti itu.

  • Lokasi: Pucanglaban, Tulungagung, Jawa Timur 66284 
  • Harga Tiket Masuk: Gratis 
  • Buka/Tutup: 24 jam

Pantai Kedung Tumpang adalah termasuk pantai anti mainstream. Jangan berharap akan menemukan pasir putih dengan lahan luas untuk berlari-lari di pinggir pantai. Atau membayangkan bermain istana pasir di sini. Pantai ini lebih tepat disebut laguna. Ini karena dibentuk dari gugusan karang tergerus ombak. Alhasil terbentuk cekungan alami kolam yang terisi oleh air laut. 

Keindahan Pantai Kedung Tumpang

Pantai Kedung Tumpang

Airnya memang asin tapi tak seasin air laut. Bentuknya indah dengan kebeningan air. Anda akan jatuh cinta saat melihat laguna ini untuk pertama kalinya. Berenang di sini bahkan seperti memiliki kolam renang pribadi dengan pemandangan langsung mengarah ke laut di depannya. Kedung tumpang memiliki arti dalam bahasa Indonesia, yaitu kolam yang menumpang.

Ini karena posisinya berada di atas tebing seperti menumpang. Kemudian berbatasan langsung dengan laut lepas di pantai selatan. Penafsirannya pun menjadi kolam menumpang di atas tebing laut. Sayangnya, Anda tak bisa sembarangan di sini. Ada waktu tertentu yang diperbolehkan untuk berenang.

Jika memang ingin datang untuk berenang, silakan datang saat pagi hari. Karena pagi hari adalah waktu yang diijinkan untuk berenang di kawasan ini. Hal ini bukan tanpa alasan. Pada pagi hari, air laut sedang surut sehingga laguna pun lebih tenang dan bisa digunakan untuk berenang. Sedangkan saat pasang, tidak diijinkan sama sekali untuk berenang karena ombak sangat kencang dan berbahaya.

Harga Tiket Masuk

Tarif adalah hal yang paling dipikirkan seseorang bila akan melakukan kunjungan ke suatu objek wisata karena terkait dengan isi kantong. Bila Anda memiliki budget yang terbatas, namun tetap ingin melepas penat dengan berlibur datang saja ke Pantai Kedung Tumpang. Di Pantai ini, harga tiket masuk dibedakan berdasarkan hari biasa dan hari libur. Jika ingin masuk dengan biaya yang gratis dan tanpa biaya tiket parkir, datanglah pada hari biasa karena tidak ada petugas. 

Bila datang pada saat hari libur seperti weekend atau hari libur nasional lainnya akan dikenakan tarif masuk Rp 5.000. Tak hanya itu saja, parkir juga diberlakukan saat hari libur tiba Rp 3.000 untuk motor dan Rp 5.000 untuk mobil. Pantai ini memang belum memiliki pengelolaan yang baik sehingga petugas yang berjaga pun tidak ada setiap harinya. 

Petugas yang berjaga hanya ada saat hari libur saja sehingga hari biasa semua orang dipersilahkan masuk tanpa biaya. Lahan parkir yang disediakan berada satu kilo meter dari lokasi Pantai dan lahannya cukup memadai serta luas.

Harga Tiket MasukRute Menuju Lokasi Pantai Kedung Tumpang

Pantai Kedung Tumpang

Pantai Kedung Tumpang berlokadi di Desa Pucanglaban, Kecamatan Pucanglabang, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur. Anda bisa menuju ke sini melalui kota Kediri ataupun Blitar. Namun banyak memilih melalui Blitar karena lebih mudah dijangkau. Arahkan kendaraan menuju Blitar. Sampai Blitar, silakan menuju Jalan Trisula. Ikuti petunjuk arah sampai menemukan plang petunjuk Pantai Molang. Dari kota Blitar menuju Pantai Molang memiliki jarak sekitar 40 kilemeter dan memakan waktu sekitar 1 jam perjalanan.

Sebelum masuk Pantai Molang, Anda akan menemukan pertigaan lalu belok kanan. Di sini ada papan petunjuk yang cukup terlihat mengarahkan ke Pantai Kedung Tumpang. Kondisi jalan dicor dan bertemu ladang para penduduk. Namun, Anda juga akan menemukan perjalanan dalam bentuk tanah bahkan di kiri kanan adalah pertanian warga berbentuk bukit-bukit. Di satu titik, Anda bisa melihat pemandangan di sekeliling sawah sampai laut lepas. 

Baca Juga : Tempat Wisata di Tulungagung Yang Paling Bagus Dan Mempesona

Itu berarti, perjalanan sebentar lagi sampai. Datang dari Terminal Tulungagung juga bisa dilakukan. Sekitar 2 jam perjalanan yang diperlukan untuk sampai ke lokasi atau dengan jarak tempuh sekitar 50 kilometer. Sesampainya di lahan kosong, kendaraan dipersilakan untuk parkir. Tapi tak serta merta Anda parkir kendaraan lalu sampai ke lokasi. Masih perlu trekking beberapa lama untuk benar-benar sampai ke kolam renang alami ini. Medannya berupa bukit dan tebing dengan trek cukup menantang. Pastikan Anda membawa minum untuk melepas dahaga setelah trekking menuju pantai.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *