Alfian Jadilah manusia yang selalu bermanfaat bagi orang lain, walaupun hanya membantu hal-hal yang kecil.

Museum Kereta Api Ambarawa

2 min read

Museum Kereta Api Ambarawa

Museum Kereta Api Ambarawa adalah tempat wisata yang bertemakan sejarah, karena anda disini dapat melihat kereta api tua-tua yang pertama kali ada di indonesia. Jadi anda bersama keluarga jangan sampai melewatkan wisata ini ketika anda sedang berada di semarang.

Di Museum Kereta Api Ambarawa anda dapat melihat langsung mesin yang digunakan kereta api pada zaman penjajahan Belanda. Anda dapat juga menaiki kereta api lokomotif. Di museum ini terdapat 221 jenis lokomotif, namun terdapat 3 yang dapat dioperasikan.

Museum ini sangat cocok untuk mengisi liburan Anda karena banyak sekali pengetahuan mengenai kereta api yang dapat anda pelajari. Disini anda dapat pula naik lokomotif uap. Dan Rute yang dituju yaitu Ambarawa Bedono selama pulang pergi.

Koleksi Kereta Api

1. Kereta Api Lokomotif

Museum Kereta Api Ambarawa

Disini anda dapat mengisi liburan yang menyenangkan karena anda bisa menaiki kereta api lokomotif dengan rute Ambarawa – Bedono dengan jarak 35 km dan dengan waktu sekitar satu jam dan Untuk Ambarawa – Tuntang pulang pergi yang berjarak sekitar tujuh km.

2. Kereta Api B2220

Museum Kereta Api Ambarawa

Nah yang kedua ini adalah kereta yang paling disukai para wisatawan yang datang kesini. Jadi untuk bahan bakar yang digunakan kereta api B2220 menggunakan Cachisotk MF Chemnits dengan memiliki kecepatan sekitar 50/Jam dan kereta ini beroperasi sekitar pada tahun 1900.

3. Kereta Api SS (Staatsspoorwegen)

Museum Kereta Api Ambarawa

Kereta yang memiliki nomor seri C 2728 ini diproduksi oleh Weks Spoor Amsterdam. Residu adalah bahan bakar yang digunakan untu mengoperasikan kereta ini.

Kereta ini pertama kali dioperasikan pada tahun 1919 memiliki kecepatan 80km/jam. Jadi saat dioperasikannya setara dengan memiliki 650 tenaga kuda. Kereta ini berada di sebelah museum yang berdekatan dengan kantin dan mushola.

Baca Juga : Museum Geologi Bandung

4. Kereta Api C 2407

Museum Kereta Api Ambarawa

Kereta ini memiliki nomor seri NIS 271 dari Weks Spoor Amsterdam dan bahan bakar yang digunakan untuk mengoperasikan kereta ini adalah residu seperti kereta Api SS. Kereta ini memiliki kecepatan sekitar 60km/jam dan dioperasikan pertama kali pada tahun 1901.

5. Kereta Api C 1240

Museum Kereta Api Ambarawa

Kereta Api ini diproduksi oleh Hartmann Chemnits yang mempunyai nomor seri SS 400. Bahan bakar yang digunakan untuk mengoperasikan kereta api ini adalah kayu. Kereta ini ketika dioperasikan memiliki kecepatan sekitar 55km/jam.

Fasilitas

  • Mushola
  • Pusat Informasi
  • Tempat Parkir Luas
  • Toilet
  • Kantin
  • Warung Makan
  • Toko Oleh – Oleh

Jam Operasional

Museum ini dibuka pada pukul 08.00 WIB dan tutup pukul 17.00 WIB. Dan dibuka setiap hari dari pada hari Senin – Minggu.

Harga Tiket Masuk

Jadi sebelum anda datang ke museum ini alangkah lebih baiknya anda mengetahui informasi harga tiketnya terlebih dahulu. Karena harga tiketnya ada variasinya yaitu untuk anak-anak dan dewasa. Tiket masuk Sebesar Rp. 5000 per orang untuk anak-anak sedangkan dewasa sebesar Rp. 10.000 per orang.

Lokasi

Berada di Jalan Stasiun No.1, Panjang, Ambarawa, Semarang, Jawa Tengah

Jika anda ingin berkunjung ke Museum Kereta Api Ambarawa anda bisa datang dari Kota Semarang lalu pergi kearah Ungaran sampai di pertigaan Bawen, maka setelah itu anda belok ke kanan atau anda bisa jalan terus sampai di tugu Palagan, Ambarawa dan melalui jalur menuju Kota Yogyakarta.

Namun untuk anda yang datang dari arah Solo dapat melewati jalur Blotongan sampai Ambarawa, jalur ini adalah jalur alternatif yang kemudian sampai di belakang museum dan ketika anda dalam perjalanan anda bisa melihat indahnya pemandangan Gunung Telemoyo dan dapat melihat Rawa Pening yang indah.

Tips Berwisata

  • Anda jangan membuang sampah sembarangan
  • Anda jangan merusak koleksi yang anda di museum
  • Anda harus berhati-hati dalam membawa barang berharga
  • Lebih baik berkunjung ketika pada hari kerja agar tidak ramai
  • Siapkan kamera untuk mengambil gambar koleksi kereta api

Demikian mengenai Museum Kereta Api Ambarawa semoga dapat bermanfaat untuk kalian semua terutama yang akan pergi berlibur ke wisata ini. Terima Kasih

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu ketika pada musim liburan dan lebaran. Maka ada baiknya untuk kepastian harga tiket anda langsung menghubungi tempat wisata terkait.

Alfian
Alfian Jadilah manusia yang selalu bermanfaat bagi orang lain, walaupun hanya membantu hal-hal yang kecil.