10 Makanan Khas Tulungagung Terkenal Paling Lezat Dan Enak

Diposting pada

Makanan Khas Tulungagung Tulungagung adalah salah satu daerah yang dikenal sebagai penghasil marmer yang ada di Indonesia. Tulungagung sendiri terletak di kawasan dekat Surabaya. Nah dalam hal ini, kamu bisa menemukan berbagai wisata yang menarik jika berkunjung ke Tulungagung lho.

Tetapi bukan hanya wisata seperti alam saja yang bisa kamu kunjungi. Selain itu, adapun juga bisa menikmati berbagai kuliner yang menarik di Tulungagung ini. Nah jika kamu berkunjung ke Tulungagung, maka ada beberapa makanan yang sayang sekali jika dilewatkan dan juga tidak anda coba.

1. Pindang Terong Pedas

Terong Pedas

Makanan khas yang pertama yang tidak boleh dilewatkan ketika berkunjung ke Tulungagung adalah pindang terong pedas. Pembuatan masakan yang satu ini juga sangat sederhana. Tetapi untuk cita rasanya yang ditawarkan sangat nikmat dan juga lezat tentunya lho.

Nah bagi kamu yang suka dengan makanan pedas, maka ini adalah sayur yang cocok untuk kamu nikmati. Untuk membuatnya anda hanya memerlukan bahan seperti terong sebagai bahan utamanya. Kemudian anda tinggal menumis bumbunya sebelum dihaluskan. Anda juga membutuhkan santan untuk menambah cita rasanya semakin nikmat.

2. Sompil Makanan Khas Tulungagung

Sompil adalah makanan yang berupa irisan lontong kemudian ditambahkan dengan lotho. Selain itu juga, ada bumbu kedelai yang sebagai toppingnya dengan cita rasa yang sangat lezat. Nah jika kamu adalah penyuka makanan yang pedas, maka sompil adalah makanan yang cocok untuk kamu coba. Dan terakhir, sompil ini juga akan lebih nikmat jika disajikan dengan cita rasa yang menggoyang lidah yaitu rasa pedasnya.

3. Kemplang

Kemplang

Bagi kamu yang sedang berada ke Tulungagung dan juga ingin mencoba makanan ringan sebagai cemilan. Maka kamu tidak boleh lewatkan cemilan yang satu ini, adalah kemplang. Kemplang adalah salah satu makanan ringan yang dikenal sebagai makanan khasnya Tulungagung.

Selain itu, makanan ini dibuat dari ketela dengan cara diparut. Lalu kemudian disajikan dengan bumbu yang khusus dengan bentuk yang dipipihkan. Dan selanjutnya dibagian atasnya ada kacang lotho. Penyajiannya harus digoreng terlebih dahulu sebelum bisa anda nikmati.

4. Nasi Bantingan

Makanan khas dari Tulungagung selanjutnya adalah nasi bantingan. Nasi bantingan merupakan makanan yang dikenal dengan harganya yang terjangkau dan juga dengan cita rasa yang nikmat. Nasi bantingan ini hampir sama dengan nasi rames, namun tentunya memiliki rasa yang berbeda dengan nasi rames yang dikenal sebagai makanan khas di Jawa Tengah.

5. Jenang Grendol

Jenang Grendol

Nah salah satu makanan khas yang daerah Tulungagung yaitu jenang grendol. Jenang adalah makanan cukup favorit juga bagi berbagai kalangan masyarakat lho. Jadi untuk jenang ini disajikan dengan kuah.

Maka cita rasa yang disajikan pun adalah paduan antara rasa gurih dan juga rasa manis. Jadi sehingga membuat jenang ini semakin lezat juga cita rasanya. Pembuatan dari jenang grendol itu sendiri adalah dari tepung kanji yang kemudian disajikan bersama dengan jenang bening.

6. Srendek

Srendek

Makanan khas yang selanjutnya adalah sredek. Nah bagi kamu yang sudah pernah ke Tulungagung, pasti akan asing dengan sebutan makanan yang satu ini. Sredek merupakan makanan yang dibuat dari gethuk yang mana terbuat dari ketela putih lho.

Lalu gethuk tersebut digoreng. Untuk penyajiannya biasanya menggunakan tempe goreng dan lalapannya menggunakan cabai. Jika anda berkunjung ke kawasan Tulungagung, maka makanan yang satu ini wajib untuk dicoba dan tidak boleh anda lewatkan.

7. Nasi Pati

Nasi Pati

Salah satu makanan khas yang disajikan oleh daerah Tulungagung adalah nasi pati. Nasi pati adalah salah satu makanan yang favorit bagi masyarakat di Tulungagung.

Nah meskipun untuk penyajiannya memang nampak sederhana sekali yaa, tetapi rasanya membuat peminatnya cukup banyak lho. Nah untuk nasi pati ini adalah nasi yang disajikan dengan urap-urap dan sayur lodeh. Kemudian dilengkapi dengan lauk berupa telur dan juga ayam.

8. Ayam Lodho Bakar

Ayam Lodho

Untuk makanan yang satu ini tampak seperti opor ayam. Namun sebenarnya berbeda, karena ayam ini dibuat dari ayam bakar yang kemudian dibumbu kuning. Nah bumbu rempah yang mampu menambah kenikmatan cita rasa ini dan juga membuat banyak orang untuk menfavoritkan makanan ayam lodho bakar ini.

9. Getuk Pisang

Getuk Pisang

Getuk pisang merupakan salah satu makanan ringan yang sangat cocok untuk dijadikan sebagai oleh-oleh. Getuk pisang ini mempunyai cita rasa yang khas dan lezat. Selain itu, terlebih lagi banyak para pengunjung yang menyukai makanan ini karena kemasannya yang unik dan juga cita rasanya yang khas. Dan untuk kemasannya memang dikemas seperti lontong, tetapi isinya yaitu getuk pisang. Nah bagi kamu yang ingin membeli oleh-oleh khas Tulungagung maka getuk pisang ini pilihan yang cocok.

10. Kepiting Sambal Ijo

Kepiting Sambal Ijo

Makanan khas yang terkahir adalah kepiting sambal ijo. Nah bumbu yang khas dari masakan kepiting ini bikin membuat kamu ketagihan lho. Nah apalagi cita rasanya yang nikmat juga tentunya. Untuk kepiting yang digunakan dalam membuat masakan ini pun yaitu kepiting dengan ukuran besar yang segar. Maka sehingga akan dapat memuaskan perut kamu yang mungkin sedang lapar. Jadi untuk menemukan makanan ini, kamu bisa datang ke jalan MT Haryono yang ada di daerah kabupaten Tulungagung.

Baca Juga : Tempat Wisata di Tulungagung Paling Bagus Dan Hits

Demikian itulah makanan khas Tulungagung yang paling lezat dan enak dan untuk kamu coba. Dan juga cita rasa yang disajikan oleh setiap wisata kuliner ini tentu berbeda dengan cita rasa makanan dari daerah lain.

[Total: 0    Average: 0/5]
Alfian
Hobi membaca dan menulis travelling atau wisata. Aktif menulis di blog, media sosial, forum, dan berbagai platform penulisan lain di internet sejak tahun 2015.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *