Biru Terkadang kita membutuhkan Liburan untuk mendamaikan pikiran dan hati.

Makanan Khas NTB

3 min read

Makanan Khas NTB

Nusa Tenggara Barat adalah sebuah nama Propinsi yang berada di Indonesia, nah jadi tepatnya di Indonesia bagian Barat. Nusa Tenggara Barat merupakan sebuah propinsi yang mempunyai keindahan alam yang mempesona.

Pesona alam NTB ini membuat banyak para wisatawan lokal dan juga mancanegara. Namun tak hanya keindahan alamnya saja yang menjadi tujuan para wisatawan.

NTB juga mempunyai beragam kuliner yang wajib kamu coba. yaa begitulah penjelasannya. Jadi selanjutnya kami akan memberikan daftar makanan khas ntb yang paling enak dan lezat sekali.

1. Nasi Balap

Makanan Khas NTB

Nah jadi makanan yang pertama ini adalah Nasi balap, jadi nasi ini salah satu makanan yang berasal dari NTB.

Nasi Balap Puyung ini merupakan sebuah nasi yang dalam penyajiannya memakai beberapa campuran kedelai goreng, sambal daging dan juga ditambahkan dengan kentang goreng kremes lho.

Nasi balap memiliki cita rasa pedas dan juga tambahan bumbu khas suku Sasak lho. Jadi ketika kamu mencoba dijami bikin ketagihan.

Sensasi pedas yang dihasilkan mampu membuat selera makan kamu menjadi semakin bertambah.

Baca Juga : Makanan Khas NTT

2. Sate Bulayak

Makanan Khas NTB

Makanan selanjutnya yaitu Sate bulayak yang adalah sebuah sate yang hampir sama dengan sate Madura namun lontongnya yang bikin membedakan.

Dan untuk Lontong yang digunakan cukup unik lho karena menggunakan daun aren yang memiliki bentuk spiral.

Selain itu, untuk cara membukanya cukup unik karena harus mengikuti alur dari daun arennya. Sate Bulayak adalah sebuah sate yang membuatnya menggunakan daging sapi yang sudah dipadukan dengan sambal khas NTB lho.

3. Plecing Kangkung

Makanan Khas NTB

Plecing kangkung adalah makanan khas NTB memiliki olahan tanaman air. Plecing kankung memang cukup populer lho, karena di ombok setiap rumah pasti punya makanan ini.

Tampilannya memang sederhana namun plecing kangkung mempunyai rasa yang enak lho.

Makanan ini mampu menggoyang lidah kamu ketika menikmatinya. Selain itu, makanan ini berbeda dengan jenis makanan yang ada pada umumnya di sekitar daerah.

Namun kita juga sering menemukan makanan ini dengan bentuk yang serupa akan tetapi cara penyajian plecing kangkung ini cukup unik lho.

Nah jadi jika kebanyakan plecing kangkung disajikan dalam kondisi panas tetapi plecing kangkung penyajiannya dalam keadaan dingin dan juga dengan tambahan tomat segar dan juga manis.

4. Ayam Taliwang

Makanan Khas NTB

Ayam taliwang juga populer di Lombok lho. Ayam taliwang adalah makanan dengan bahan dasar ayam yang sudah diberi bumbu rempah-rempah khas.

Ayam yang dipilih adalah jenis ayam yang masih muda maka akan menghasilkan daging yang sangat empuk dan juga tulangnya mudah untuk dilepaskan.

Dan untuk sensasi makan pedas akan sangat terasa lho.

5. Sate Pusut

Makanan Khas NTB

Sate Pusut adalah kuliner khas NTB yang memang hampir mirip dengan sate-sate yang pada umumnya. Dan untuk Irisan daging pada Sate Pusut ini relatif lebih besar lho dari lainnya.

Selain itu, Sate ini dibumbui dengan bumbu khas yang kaya akan rempah-rempah maka membuat cita asa dari makanan yang satu ini menjadi sangat enak.

6. Sate Tanjung

Makanan Khas NTB

Sate tanjung merupakan makanan yang enak dinikmati ketika masih panas dan juga didampingi dengan lontong. Kamu dapat memilih menikmati menggunakan Lontong atau nasi.

Jadi keduanya sama-sama mempunyai nikmat untuk dijadikan makanan pelengkap lho. Dan juga untuk rasa gurihnya didapat dari santan dan beberapa rempah khas Lombok.

Nah yang paling khas memang sate Tanjung di pasar Tanjung lho guys. Makanan ini memang pantas untuk kamu coba nikmati karena sulit untuk mendapatkannya di ibukota.

7. Ares

Makanan Khas NTB

Ares adalah syur khas daerah Lombok. Ares dibuat menggunakan bahan utama adalah pisang kapok yang masih muda dicampur dengan beberapa bumbu khas Lombok.

Pada jaman dulu, Ares hanya dihidangkan pada saat upacara adat tertentu saja, akan tetapi seiring dengan perkembangan zaman sekarang ini Ares banyak ditemukan ada di beberapa kedai makan daerah NTB.

Selain itu, Makanan ini bisa mengingatkan kita dengan orang tua pada jaman dulu.

Nah ares ini juga menghasilkan sensasi yang berbeda dimana rasanya tidak pedas seperti makanan Lombok kebanyakan lho.

Ares mempunyai perpaduan rasa manis dan juga gurih karena menggunakan santan.

8. Beberuk Terong

Makanan Khas NTB

Beberuk Terong adalah jenis lalapan yang biasanya dipadukan dengan ayam taliwang.

Dan untuk bahan utama yang digunakan berupa terong ungu sebelumnya sudah dipotong lalu dicampur dengan tomat dan juga beberapa bumbu rempah lainnya.

Jadi, setelah ditambah dan dicampur kemudian terong dan taburan bumbu rempah ini ditambahkan kesegaran air jeruk limau.

Dan rasanya benar-benar pedas, asam, manis, dan juga sangat segar untuk makan siang sekalipun lho.

9. Poteng Jaje Tujak dan Iwel

Makanan Khas NTB

Poteng adalah tape ketan serta jaje tujak atau juga tetel mungkin lebih dikenal dengan nama gemblong.

Dan Poteng jaje tujak ini biasanya diolah dengan daun suji dan juga daun pandan yang sudah dicampur.

Dan makanan dari NTB yang satu ini cukup langka, oleh karenanya ketika kamu mendapatkannya maka akan sangat beruntung.

10. Babalung

Makanan Khas NTB

Nah jadi ketika mendengar namanya identik dengan tulang. Bahan utama yang digunakan yaitu tulang iga sapi atau bisa juga memakai tulang kerbau yang sudah dibumbui dengan beberapa bumbu.

Contohnya seperti cabe rawit, bawang merah, bawang putih, lengkuas dan juga kunyit tidak lupa diberi tambahan jahe.

Nah dalam penyajian bebalung yaitu taburan bawang gorengnya yang melimpah. Bebalung yang paling populer berada di Depot Kelebet di belakang kantor Gubernur Nusa Tenggara Barat.

Nah Makanan khas ntb ini mungkin hampir mirip dengan tengkleng tetapi menggunakan tulang sapi bukan tulang kambing atau juga domba.

Baca Juga : Makanan Khas Melayu

11. Kelaq Kelor

Makanan Khas NTB

Kelaq Kelor adalah salah satu makanan khas ntb yang tentunya terbuat dari bahan dasar daun kelor sebagai sayurnya.

Kelaq Kelor ini biasanya dimasak dengan menggunakan kuah bening yang telah diberi bumbu khusus. Sehingga membuat cita rasa dari makanan khas ini menjadi lebih enak dan juga segar.

Demikian mengenai makanan khas ntb semoga bisa bermanfaat untuk kalian semua, terutama bagi yang akan berlibur ke ntb bisa menambah pengetahuan tentang kuliner di ntb.

Biru
Biru Terkadang kita membutuhkan Liburan untuk mendamaikan pikiran dan hati.

Kuliner Madiun

Biru Biru
3 min read

Kuliner Cimahi

Biru Biru
4 min read

Kuliner Padang

Biru Biru
7 min read
close