10 Makanan Khas Kalimantan Utara Terkenal Paling Lezat Dan Enak

Makanan khas Kalimantan Utara Indonesia tidak kalah dengan negara-negara lain, yang mana selain kaya akan budaya, bahasa, ras, dan agama, juga kaya akan kuliner khasnya yang ada di setiap provinsi. Setiap provinsi mempunyai kuliner sendiri, termasuk provinsi Kalimantan Utara.

Kalimantan Utara adalah salah satu provinsi yang ada di Indonesia, meskipun tergolong masih baru, namun provinsi ini mempunyai banyak sekali makanan khas nya yang enak dan lezat bahkan menjadi incaran para wisatawan.

Makanan Khas Kalimantan Utara yang Lezat

Berikut dibawah ini ada beberapa makanan khas kalimantan utara yang wajib kamu coba ketika sedang di kalimantan utara.

1. Tumis Kapah

Tumis kapah

Kota Tarakan adalah salah satu kota yang terkenal di provinsi Kalimantan Utara. Karena letak kota yang dekat dengan pantai, tak heran jika ada beragam kuliner seafood di kota ini. Salah satunya adalah tumis kapah. Menu ini menjadi menu favorit di kota Tarakan.

Bahan dasar yang digunakan salah satu jenis kerang yang banyak ditemukan di kota tersebut. Selain nikmat, tumis kapah juga mengandung banyak protein. Pada penyajiannya, kerang ditumis dengan bumbu rempah-rempah seperti bawang putih dan bawang merah.

2. Lawa Khas Kalimantan Utara

Lawa

Lawa merupakan makanan tradisional Kalimantan Utara yang paling terkenal. Makanan ini digemari oleh hampir semua masyarakat daerah tersebut. Lawa berasal dari kerajaan Bulungan, salah satu kerajaan di daerah Kalimantan Utara.

Bahan dasar yang digunakan untuk membuat masakan adalah sayuran seperti timun atau rumput laut yang dibumbui kelapa sangrai dan udang galah atau kerang-kerangan. Kuliner satu ini menjadi menu pembuka yang tepat sebelum menjajal kuliner Kalut yang lainnya. Makanan ini selain nikmat juga bermanfaat untuk mengurangi kolesterol serta tekanan darah tinggi.

3. Sate Temburung

Sate Temburung

Masakan khas tradisi Kalimantan Utara memang identik dengan seafood. Selain tumis kapah dan kepiting soka, masih banyak lagi jenis kuliner seafood di provinsi satu ini. Salah satunya adalah sate temburung. Jika anda ingin menikmati sate selain sate ayam atau sate kambing, anda bisa mencicipi kuliner Kalut satu ini.

Temburung adalah jenis hewan laut yang mirip kerang. Bedanya, temburung mempunyai bentuk cangkang yang melingkar seperti bentu terompet. Oleh masyarakat daerah setempat, sate temburung kerap dijadikan sajian saat acara pergantian tahun baru.

4. Kepiting Soka

Kepiting Soka

Jika anda merupakan salah satu penggemar kuliner berbahan dasar kepiting, rasanya anda wajib bertandang ke Kalimantan Utara untuk mencoba masakan khas provinsi Kalut yaitu kepiting soka. Kepiting soka biasanya dimasak tumis saos. Masakan ini bisa dengan mudah ditemukan di kota Tarakan.

Uniknya, kepiting soka ini dikonsumsi dengan keadaan kulit yang masih lunak karena si kepiting baru berganti kulit. Karena lunak dan lembut cangkang tersebut dapat langsung dikonsumsi tanpa mengupasnya seperti saat memakan kepiting pada umumnya. Karena cangkangnya yang lunak, bumbu dengan mudah meresap kedalam daging sehingga membuat rasanya semakin nikmat.

5. Ikan Asin Richa Khas Kalimantan Utara

Ikan Asin

Masih di kota Tarakan, ada juga ikan asin richa yang wajib dicoba. Masakan ikan asin richa sudah terkenal bahkan telah diekspor ke negara tetangga.

Menu ini merupakan masakan olahan suku Tidung, yaitu suku asli di kota Tarakan. Ikan asin dimasak pedas sehingga mampu menggugah selera makan. Ikan asin richa paling nikmat jika dimakan bersama nasi panas ditemani dengan sayur singkong.

6. Sate Ikan Pari

Sate Ikan Pari

Makanan khas Kalimantan Utara berikutnya adalah sate ikan pari. Kalimantan Utara memang surganya seafood, tak heran jika hampir semua masakan tradisionalnya berbahan dasar aneka jenis hewan laut.

Di provinsi tersebut, terdapat sungai Sesayap yang merupakan sungai induk di bagian utara Kalimantan Timur. Di sungai tersebut banyak terdapat ikan pari yang menjadi bahan dasar untuk membuat masakan sate. Cara membuat sate ikan pari mudah. Setelah dibersihkan sebelumnya, ikan pari dipisahkan antara kulit dan dagingnya.

Lalu daging dipotong dadu dan direndam jeruk nipis untuk menghilangkan bau amisnya. Selanjutnya, sate dibumbui dengan rempah-rempah dan dibakar seperti sate pada umumnya. Sate yang nikmat ini kerap menjadi incaran para wisatawan yang berkunjung ke daerah tersebut.

7. Tudai Khas Kalimantan Utara

Tudai khas Kalimantan Utara

Untuk masakan yang satu ini, kerang yang digunakan adalah kerang dengan daging tebal dan cangkang berwarna hitam dan jingga. Kerang jenis tersebut bisa ditemukan dengan mudah di daerah Bulungan.

Untuk penyajiannya, tudai direbus atau bisa juga dijadikan sambal goreng. Biasanya tudai disajikan pada acara-acara tertentu seperti resepsi pernikahan. Kuliner ini juga bisa anda cicipi di ibukota Kalimantan Utara yaitu Tanjung Selor.

8. Nasi Subut Khas Kalimantan Utara

Nasi Subut

Nasi Subut merupakan makanan tradisional dari kabupaten Tana Tidung, Kalimantan Utara. Tak seperti nasi pada umumnya yang berwarna putih, nasi subut mempunyai warna ungu. Warna tersebut berasal dari bahan dasar nasi yaitu ubi jalar ungu.

Selain ubi jalar, nasi subut juga dibuat dari beras dan jagung. Membuat nasi subut ini tak terlalu sulit, caranya seperti menanak nasi biasa. Ubi jalar dipotong dadu dan dikukus bersama dengan biji jagung. Ketiga bahan tersebut lantas dicampur dan ditambahkan garam dan penyedap.

9. Nasi Udang Khas Kalimantan Utara

Nasi Udang

Dari daerah kabupaten Malinau, makanan khas yang dimiliki adalah nasi udang. Daerah Malinau memang dilewati sungai yang masih sangat terawat. Sungai inilah yang menjadi sumber udang yang selanjutnya dijadikan masakan yang lezat.

Udang merupakan salah satu jenis seafood yang kaya akan manfaat. Diantaranya adalah mencegah penyakit kanker, jantung, dan diabetes. Udang juga mengandung omega 3 yang berguna untuk perkembangan otak anak. Nasi udang Malinau disajikan dengan cara digoreng kemudian disandingkan dengan nasi dan sambal.

10. Dodol Cempedak dan Rumput Laut

Dodol Cempedak

Untuk camilan ada dodol cempedak dan rumput laut yang merupakan khas Kalimantan Utara. Masyarakat setempat menyebut dodol ini dengan sebutan lempok. Lempok dibuat dengan bahan dasar tepung ketan dan buah cempedak.

Rasa dodolnya manis mirip nangka dan aromanya mirip durian. Selain cempedak, rumput laut juga kerap digunakan untuk pembuatan dodol. Makanan yang satu ini sangat cocok untuk digunakan sebagai oleh-oleh keluarga di rumah sepulang berkunjung di Kalimantan Utara.

Baca Juga : Tempat Wisata di Banjarmasin Paling Bagus Dan Hits

Nah itulah makanan khas Kalimantan Utara yang direkomendasikan untuk anda. Jangan lupa untuk mencicipi kuliner-kuliner tersebut saat kamu singgah di provinsi tersebut atau sedang berlibur disana.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!