10 Makanan Khas Indramayu Terkenal Paling Lezat Dan Enak

Makanan Khas Indramayu Halo temen-temen bagaimana pengalaman liburanmu? pasti menyenangkan yaa. Nah kami akan merekomendasikan makanan khas indramayu yang harus kalian coba ketika sedang berlibur ke indramayu bersama keluarga kamu tercinta.

Indramayu merupakan salah satu wilayah yang terkenal dengan kelezatan dan buah mangganya. Selain mangga ada banyak makanan lain yang juga sangat lezat di indramayu. Jika anda penasaran dengan makanan khas dari kabupaten tersebut maka bisa datang langsung ke indramayu.

Makanan Khas Indramayu Paling Enak

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai makanan khas yang bisa ditemukan di wilayah indramayu. simak berikut dibawah ini:

1. Nasi Lengko

Nasi Lengko

Makanan yang satu ini sangat terkenal karena memiliki rasa yang lezat dan juga memiliki penyajian yang menggoda. Nasi ini terbuat dari bahan nasi biasa namun akan ada tambahan lauk lain yang menjadikan makanan ini khas dan juga menarik.

Dalam satu porsi nasi lengko, anda akan menemukan nasi dengan tahu goreng iris, tempe goreng, sayuran yang terdiri dari toge, mentimun, kucai dan yang lainnya.

Makanan ini kemudian disiram dengan bumbu pecel atau bumbu rujak sehingga rasanya akan semakin gurih dan manis. Di bagian atas nasi lengko akan diberi taburan bawang goreng yang sangat gurih.

2. Pindang Gombyang Manyung

Pindang Gombyang Manyung

Makanan ini sangat terkenal di wilayah indramayu dan sekitarnya. Kuliner ini sangat mirip dengan gulai karena memiliki kuah kuning yang gurih. Makanan ini terbuat dari bahan kepala ikan atau bahkan ikan utuh.

Jenis ikan yang digunakan untuk membuat makanan ini adalah manyung. Anda yang penasaran dengan rasanya maka bisa langsung saja datang ke indramayu untuk menikmati kelezatannya.

Bumbu yang digunakan untuk membuat kuliner ini adalah rempah khas seperti kunyit, lengkuas, jahe dan rempah indonesia lainnya. Kuliner ini juga semakin segar karena diberi tambahan belimbing wuluh.

3. Burbacek Indramayu

Burbacek

Burbacek juga merupakan makanan khas indramayu yang lezat. Bubacek ini singkatan dari bubur rumbah cecek yang disatukan dalam satu wadah. Makanan ini sangat khas karena hanya bisa anda temukan di indramayu.

Kamu mungkin bertanya-tanya mengenai apa itu cecek, dalam kata lain cecek berarti kikil sapi. Makanan ini dimasak dengan parutan kelapa kemudian diberi bumbu merah dengan cita rasa asam, pedas, rumah uang segar dan juga cecek yang sangat gurih.

Makanan ini akan sangat lezat jika dinikmati siang hari sambil menikmati hembusan angin indramayu.

4. Rumbah Indramayu

Rumbah Indramayu

Rumbah indramayu juga merupakan salah satu makanan khas dari kabupaten indramayu yang wajib anda cicipi jika berkunjung kesana. Makanan ini sangat mirip dengan gado, gado, lotek dan makanan sejenisnya.

Isian dalam satu porsi rumbah adalah sayuran yang beragam, dan kemudian disiram dengan bumbu kacang. Hal yang membuat makanan ini mirip dengan loket, gado-gado dan pecel adalah dari bumbu kacang dan juga sayuran yang ada.

Namun ada hal yang membedakan rumah dengan makanan seperti lotek yakni sambal asem dan juga air petis yang disiramkan.

5. Blendung Indramayu

Blendung

Blendung juga merupakan makanan khas indramayu yang sangat terkenal. Bahan dari blendung adalah dari jagung yang kemudian di reteli. Setelah itu direbus hingga daging jagung matang. Jika sudah matang maka akan diberi parutan kelapa yang gurih.

Makanan ini memang terkesan sederhana dan sangat tradisional namun masyarakat di indramayu begitu menyukainya. Perpaduan jagung yang manis dengan kelapa yang gurih akan menjadikan anda merasa senang menikmati makanan ini apalagi ketika jagung masih hangat.

6. Kue koci

Kue Koci

Kue koci juga menjadi salah satu makanan khas yang sangat layak untuk anda coba. Kui ini sudah ada sejak lama dan mirip sekali dengan kue bugis. Jika anda ingin merasakan jajanan khas dari indramayu maka kue ini sebaiknya anda coba rasakan.

Harga dari kue koci sangat terjangkau dan biasanya dijual bersama dengan kue nagasari. Bahan yang digunakan untuk membuat kue ini adalah tepung ketan yang kemudian dibentuk menjadi prisma.

Selanjutnya dalam adonan akan diberi isi parutan kelapa yang sudah dimasak dengan gula merah sehingga rasanya sangat manis dan gurih.

7. Dodol Indramayu

Dodol Indramayu

Indramayu ternyata juga memiliki jajanan berupa dodol indramayu. Dodol biasanya terkenal dari garut namun dodol dari indramayu juga tidak kalah menggoda dengan yang lainnya. Makanan ini sangat lezat dan anda bisa menemukan dodol ini dalam dua jenis.

Jenis yang pertama adalah dodol lolos dan juga dodol gula merah. Dodol lolor adalah jenis dari dodol basah yang terbuat dari tepung beras yang diberi tambahan gula merah.

Dodok ini juga terdapat toping ampas santan yang menggumpal sehingga mudah dibedakan dengan dodok gula merah. Dodol gula merah bahan dasarnya adalah gula merah sehingga sangat terasa sekali manisnya.

8. Blengep

Blengep

Blengep adalah makanan khas dari indramayu yang terbuat dari bahan singkong yang kemudian diolah sedemikian rupa. Makanan ini biasanya akan dijadikan cemilan oleh masyarakat disana.

Singkong yang sudah dimasak kemudian akan diberi taburan kelapa yang sudah disangrai atau digoreng. Rasa dari makanan ini sangat unik dan juga terkesan gurih sedap.

9. Emping Tike

Emping Tike

Emping tike juga tidak kalah menarik untuk anda coba karena makanan ini merupakan kreasi dari masyarakat indramayu. Bahan yang digunakan untuk membuat makanan ini adalah dari rumput teki.

Rumput liat disekitar indramayu ternyata bisa menjadi makanan yang enak dan banyak disukai oleh masyarakat. Bagian rumput yang digunakan untuk membuat emping ini adalah bagian umbi dari rumput teki yang diproses seperti membuat emping melinjo.

10. Pedesan Entog

Pedesan Entog

Pedesan entog masuk sebagai salah satu makanan khas yang juga sangat terkenal dan memiliki rasa yang sangat lezat. Makanan ini terbuat dari bahan daging entol yang tebal dan juga lebih kenyal karena mirip dengan bebek.

Aroma amis pada entok juga lebih tinggi namun setelah dimasak menjadi pedesan entog, bau amin tidak akan tercium. Bahkan tekstur a lot atau keras padaging entog juga akan berubah menjadi lebih empuk.

Makanan ini dimasak dengan banyak merica sehingga rasanya pedas dan hangat saat sampai ke perut.

Baca Juga : Tempat Wisata Kuliner Khas Cianjur Paling Enak Dan Lezat

Nah demikian mengenai makanan khas indramayu semoga ini bisa menjadikan sebagai rekomendasi ketika kamu liburan di indramayu yang tidak tahu makanan khas daerah tersebut. Terima kasih

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!