10 Makanan Khas Garut Terkenal Paling Lezat Dan Enak

Diposting pada

Wisata Kuliner Garut Kita semua tentu akan membeli buah tangan ketika sedang berkunjung ke sebuah tempat, sama halnya ketika berkunjung ke Garut. Nah memang sudah bukan rahasia lagi jika setiap daerah mempunyai makanan khas yang sudah menjadi salah satu ciri khas sebuah daerah tersebut.

Selain itu, sama halnya dengan daerah Garut yang memiliki makanan khas Garut yang nikmat dan juga lezat. Jadi, kuliner khas Garut ini banyak sekali macamnya dan juga makanannya mempunyai beberapa keunikan tersendiri. Nah Berikut dibawah ini beberapa makanan khas Garut.

1. Jeruk Garut

Jeruk Garut

Jeruk Garut adalah salah satu makanan yang banyak digunakan sebagai oleh-oleh lho. Jaruk Garut disukai masyarakat karena memang memiliki rasa manis serta ukuran yang besar. Jeruk Garut merupakan satu dari jenis pangan pertanian yang diunggulkan secara nasional dan internasional karena jeruk garut memiliki kualitas jeruk yang bagus.

Jeruk Garut telah menjadi komponen daerah Kabupaten Garut. Selain itu, Jeruk ini adalah salah satu sektor pertanian pangan yang memiliki prospek yang cerah. Hasilnya memiliki nilai ekonomi yang tinggi.

2. Dodol Picnic Garut

Dodol Garut

Di daerah Garut dodol memiliki banyak rasa serta brand yang berbeda-beda. Kamu bisa mendapatkan dodol dengan mudah dibeberapa toko oleh-oleh yang ada di Garut. Dodol garut mempunyai banyak rasa lho, kebanyakan wisatawan menyukai rasa manis. Selain itu rasanya juga bervariasi, kamu bisa memilih sesuai dengan selera yang kamu inginkan.

3. Emplod Garut

Emplod

Nama emplod tersebut mempunyai arti telur yang terbuat dari daerah kampung lewo. Selain itu, bahan dasar makanan ini yaitu singkong yang sudah digulung serta diperas. Setelah itu prosesnya didiamkan kurang lebih 24 jam.

Manakala proses tersebut sudah selesai maka dilanjutkan dengan mencampur parutan kelapa dan bumbu-bumbu. Emplod ini memiliki ukuran kecil. Bulatan kecil tersebut kemudian dibentuk sebesar kelerang setelah itu digoreng.

4. Burayot Garut

Burayot Garut

Burayot ini mempunyai bentuk yang unik lho. Selain itu, adapun bahan yang digunakan untuk membuat burayot ini berasal dari gula merah yang lalu dipadu menggunakan tepung beras dan juga kacang tanah.

Untuk proses pembuatannya yaitu dikombinasikan menggunakan minyak kelapa. burayot ini dapat dibuat dalam waktu yang singkat lho. Selain itu, bahan baku yang digunakan membuat burayot ini juga mempengaruhi rasanya juga.

5. Sambal Cibiuk Garut

Sambal Cibiuk

Bahan yang digunakan untuk membuat sambal cibuik ini diantaranya tomat hijau, serawung, cabai hijau serta beberapa bumbu lainnya. Sensasi rasanya sangat pedas, namun meskipun pedas tidak menimbulkan rasa panas di perut.

6. Dorokdok Garut

Dorokdok Garut

Dorokdok adalah kuliner yang cocok bagi kamu yang tidak sukadengan makanan yang manis. Dorokdok ini terbuat dari kulit sapi. Pengolahannya menggunakan beberapa rempah-rempah dan tidak menggunakan bahan pengawet sekalipun.

Prosesnya pembuatan yang lama ini dikarenakan mengolah kulit mentahnya. Kulitnya harus melalui beberapa tahapan seperti direbus, dijemur kemudian digoreng. Banyak produsen yang mengembangkan makanan ini dengan beragam rasa.

7. Bakso Mang Ano

Bakso Mang Ono

Bakso mang ano ini terkenal karena rasa baksonya yang siap menggoyang lidah. Bakso Mang Ano memiliki rasa gurih yang sudah ditambahkan dengan potongan kulit sapi dengan tekstur empuk. Bakso yang satu ini memang banyak diminati, selain rasanya yang enak bakso mang ano ini juga cukup murah dimana kamu hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp.15.000 bisa mendapatkan satu mangkuk bakso mang ano.

8. Soto Ayam Garut

Soto Ayam Garut

Soto ayam Garut ini merupakan jenis makanan yang cukup terkenal di kalangan wisatawan dikarenakan memiliki penampilan yang mampu menggugah selera. Kuah yang ada pada soto Garut ini memiliki rasa asin serta gurih dikarenakan memiliki campuran santan kuning pekat dengan rempah-rempah pilihan.

Soto Ayam Garut cukup terkenal dengan rasa dan penampilannya yang mengunggah selera. Kuah sotonya asin gurih menggunakan santan kuning yang cukup pekat karena banyak mengandung bumbu dan rempah-rempah. Selain daging, kuah sotonya ditaburi kacang kedelai goreng daun bawang dan sebagainya.

9. Kue Balok Maranti

Kue Balok

Kue balok ini adalah jenis makanan kue basah tradisional yang sekilas seperti dengan pukis akan tetapi memiliki rasa yang berbeda serta isinya juga berbeda. Jika kue pukis memiliki tekstur yang lembut serta empuk akan tetapi kue balok ini memiliki tekstur padat serta keras akan tetapi tetap empuk dan nikmat untuk disantap.

10. Bakso Aci

Bakso Aci

Baso Aci atau kerap disapa bacil ini, banyak digemari oleh kaum remaja. Karena rasanya yang pedas ditambah perpaduan ceker dan tulang sehingga menu tersebut banyak dijadikan makanan favorit, dan tentunya harganya pun murah.

Baca Juga : Tempat Wisata di Garut Paling Bagus Dan Hits

Nah itulah makanan khas Garut yang tidak boleh anda lewatkan dan wajib untuk anda coba. Cita rasa yang disajikan oleh setiap wisata kuliner ini tentu berbeda dengan cita rasa makanan dari daerah lain.

[Total: 0    Average: 0/5]
Alfian
Hobi membaca dan menulis travelling atau wisata. Aktif menulis di blog, media sosial, forum, dan berbagai platform penulisan lain di internet sejak tahun 2015.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *