Alfian Jadilah manusia yang selalu bermanfaat bagi orang lain, walaupun hanya membantu hal-hal yang kecil.

Harga Tiket Lereng Kelir Gertas

1 min read

gunung-kelir-jambu

Lereng Kelir Gertas adalah tempat wisata yang memiliki konsep gerdu pandang. Gerdu yang dibuat di atas bukit dengan ketinggian tertentu.

Gunung Kelir ini sendiri memiliki ketinggian lebih dari 2000 mdpl, dan Lereng Kelir ini berada di ketinggian 1384 mdpl. Maka dari sini anda bisa melihat hijaunya alam dari atas bukit.

Wahana

1. Puncak Gunung Kelir

Lereng Kelir Gertas

Adapun dua puncak yang mempunyai jalur pendakian yang berbeda. Pertama Puncak Gertas adalah puncak yang jalur pendakiannya melewati Dusun Gertas, puncak inilah yang biasanya menjadi favorit pengunjung.

Kedua merupakan Puncak Nggampeg jalur pendakiannya melalui Wonokasihan Brongkol, Bedono, Kecamatan Jambu. Kedua puncak tersebut menawarkan pemandangan yang berbeda dan menyediakan gerdu pandang dengan ciri khasnya.

Ketika pagi hari anda bisa menikmati pemandangan terbitnya matahari atau sunrise yang memanjakan mata. Namun lebih siangan sedikit anda akan berada seperti di negeri atas awan. Karena ada gumpalan awan yang berada di bawah lereng Gunung Kelir dan menutupi seluruh Kabupaten Semarang.

Disiang hari anda akan melihat hampir seluruh kawasan Kota Ambarawa dan sebagian kecil wilayah Semarang selatan. Dan dari sinilah anda bisa menyaksikan pemandangan pegunungan berpadu dengan pemandangan laut utara yang sedap dipandang mata. Pada sore hari anda bisa melihat tenggelamnya matahari atau sunset.

Dan pada malam hari anda dapat melihat gemerlapnya lampu – lampu yang berasal dari rumah penduduk Kabupaten Semarang. Tentu tempat ini dapat dijadikan spot foto menarik disetiap waktunya.

2. Hutan Pinus

Hutan Pinus

Jadi sebelum anda mencapai puncak Lereng Kelir anda akan melewati segerombolan pohon pinus yang menjulang tinggi. Anda juga bisa berfoto terlebih dahulu di area ini.

Baca Juga : Pelita Desa Ciseeng

3. Camping

Camping

Diatas puncak Lereng Kelir, para pengunjung bisa bermalam alias camping. Peralatan camping anda bisa membawa sendiri dari rumah atau bisa menyewa di tempat pembelian tiket masuk. Untuk lahan camping ini kurang lebih bisa menampung 10 tenda saja.

Fasilitas

  • Puncak yang Luas
  • MCK
  • Warung

Lokasi

Berada di Dusun Gertas, Kelurahan Brongkol, Kecamatan Brongkol, Kabupaten Semarang, Provinsi Jawa Tengah.

Dari pusat Kota semarang dibutuhkan waktu kurang lebih 20 menit untuk sampai di lokasi parkir wisata. Kendaraan anda hanya bisa sampai sini dan anda harus mendaki bukit ini selama 1,5 jam melalui Dusun Gertas.

Untuk pendakian yang cukup melelahkan karena jalan menuju Lereng Kelir sangat terjal dan membutuhkan stamina ekstra.

Jam Operasional

Tempat wisata ini dibuka setiap hari yaitu mulai dari pukul 05.00 WIB sampai pukul 21.00 WIB. Tetapi bagi yang berniat camping tempat wisata ini bisa dinikmat 24 jam.

Harga Tiket Masuk Lereng Kelir Gertas

TiketKategoriHarga
Tiket MasukWeekendRp5.000
WeekdayRp7.000
Libur NasionalRp7.000
Biaya ParkirSepeda MotorRp5.000
MobilRp10.000
CampingWahanaRp10.000

Tips Wisata

  1. Mempersiapkan stamina extra.
  2. Membawa air minum.
  3. Selalu mengikuti petunjuk jalan.
  4. Tidak membuang sampah sembarangan.

Demikian pembahasan mengenai Lereng Kelir Gertas. Semoga dapat bermanfaat. Terima kasih

Alfian
Alfian Jadilah manusia yang selalu bermanfaat bagi orang lain, walaupun hanya membantu hal-hal yang kecil.

Museum Brawijaya Malang

Alfian Alfian
1 min read

Pantai Pulau Merah

Alfian Alfian
1 min read

Pantai Sendiki

Alfian Alfian
1 min read