15 Wisata Kuliner Khas Manado Terbaru Paling Lezat Dan Enak

Wisata Kuliner Manado Manado merupakan salah satu kota yang mendapat julukan surga kuliner. Alasan Manado disebut sebagai surga kuliner tak lain karena banyak ditemukan makanan khas Manado yang eksotik dengan rasa pedas bumbu yang menggoda selera.

Ada banyak jenis hidangan yang dimiliki oleh Manado, mulai dari makanan berat hingga makanan ringan. Selain itu juga terdapat suguhan menu berbahan dasar ikan laut segar yang diambil langsung dari laut Manado yang juga dieksploitasi oleh pemerintah sebagai ekowisata.

Apabila kamu telah merencanakan liburan ke Manado, ada beberapa kuliner yang bisa kamu cicip selagi di sana. Agar tidak bingung, kami telah memilih sejumlah makanan khas Manado yang bisa kamu coba.

15 Wisata Kuliner Khas Manado

Beberapa yang kami rekomendasikan Kuliner Khas Manado yang bisa kamu coba, berikut dibawah ini.

1. Ayam Tuturaga

Ayam tuturaga

Ayam tuturaga adalah makanan khas Manado yang menyajikan ayam bersama kuah santan. Dari tampilannya ayam tuturaga mirip dengan opor ayam tapi warna ayam tuturaga merah, bukan kuning pucat seperti pada opor. Kuah santan pada ayam tuturaga dicampur dengan perasan jeruk nipis dan cabai merah sehingga menghadirkan rasa pedas asam menyegarkan.

Selain itu juga terdapat bumbu lain semisal bawang merah, bawang putih, jahe, kunyit, garam, gula, dan perasan jeruk nipis. Ayam tuturaga paling enak jika dimakan bersama nasi hangat. Tidak perlu sambal dalam menyantap ayam tuturaga karena rasanya sudah cukup untuk membuat lidah menari-nari liar.

2. Ayam Rica-Rica

Ayam rica-rica

Ayam rica-rica adalah hidangan berat dari ayam yang dibumbui dengan cabai yang menghasilkan cita rasa pedas yang menyengat. Dalam bahasa Manado “rica” sendiri berarti pedas atau cabai, jadi untuk kamu penyuka makanan pedas boleh mengetes nyali dengan menyantap seporsi ayam rica-rica bersama nasi hangat.

Biasanya ayam rica-rica juga dimakan bersama perasan air jerk nipis sehingga rasa pedasnya berpadu dengan asam jeruk. Ayam yang dibumbu rica pada makanan ini mempunyai tekstur yang empuk dan bumbunya menyerap hingga ke dalam serat daging.

3. Ikan Kuah Asam

Ikan kuah Asam

Dilihat dari namanya, mungkin kamu sudah bisa mengetahui bagaimana tampilan dan rasa dari makanan khas Manado ini. Ikan kuah asam adalah hidangan berat berupa ikan yang diberi bumbu bercita rasa segar yang berpadu dengan rasa asam.

Selain asam, ikan kuah asam juga mempunyai cita rasa pedas agar tidak menghilangkan ciri khas kuliner kota Manado. Adapun tingkat kepedasan yang dimiliki bisa diatur sesuai selera, tergantung pembuatnya. Namun apabila kamu mencoba ikan kuah asam di restoran-restoran Manado biasanya ikan diberi bumbu yang sangat pedas.

4. Tinoransak

Tinoransak

Tinoransak adalah masakan rumahan yang mengandung bumbu bercita rasa khas Manado, yakni pedas dan kental. Makanan khas Manado ini biasa dibuat oleh ibu-ibu di tanah Minahasa untuk dijadikan menu makan malam bersama suami dan anak.

Perlu kamu tahu kalau tinoransak adalah makanan yang terbuat dari bahan dasar daging sapi sehingga penduduk Muslim yang berada di Manado tak mungkin menyajikan menu ini.

Tinoransak menggunakan bumbu rempah seperti cabai hijau, cabai merah, jahe, dan kunyit bakar untuk menambah aroma dan cita rasa kuat pada hidangan. Tinoransak yang sudah jadi akan terlihat sangat menggoda dengan warna kuning dan sedikit kuah hasil rebusan air saat proses pemasakan.

5. Ikan Tude Bakar dan Goreng

Ikan Tude

Jika kamu tinggal di Jakarta, kamu bisa datang ke Restoran Ikan Tude Manado. Hidangan berbahan dasar ikan asal Manado ini siap membuat lidah setiap orang ketagihan dengan cita rasa yang ditawarkan dari luar hingga bagian dalam ikan.

Ikan tude yang disajikan bisa berbentuk ikan goreng ataupun ikan bakar, tinggal dipilih. Tidak melupakan ciri khas kuliner Manado, ikan tude yang dibakar ataupun digoreng dimakan bersama nasi hangat dan sambal dabu-dabu super pedas yang bisa menyengat lidah dan bahkan terasa sampai ke ubun-ubun.

Untuk di Manado sendiri juga bisa ditemukan restoran-restoran yang menjajakan menu ini kepada pelanggannya.

6. Sayur Ganemo

Sayur Ganemo

Manado yang termasuk ke dalam provinsi Sumatera Utara mempunyai makanan khas berupa sayur ganemo. Sayur ganemo adalah makanan berjenis sayuran yang terbuat dari campuran daun melinjo, bunga pepaya, dan labu kuning. Sayur ganemo termasuk hidangan klasik yang sejak dulu sudah diminati masyarakatnya.

Sekarang, makanan khas Manado ini sudah bisa didapati di banyak warung makan di Manado. Kelezatannya yang melegenda harus dicoba oleh setiap orang yang bertandang ke Manado. Orang Manado terbiasa menjadikan sayur ganemo yang berkuah santan sebagai lauk utama makan nasi.

7. Pampis

Pampis tepatnya adalah makanan berupa ikan cakalang yang disuwir-suwir bersama bumbu khas Manado. Selain ikan cakalang, pampis juga bisa dibuat dari ikan berdaging tebal dan berduri sedikit lain, semisal ikan tongkol. Namun dikarenakan Manado terkenal akan hasil cakalangnya yang banyak, maka ikan cakalang yang lebih sering dipilih untuk dibuat pampis.

Cakalang pampis berbeda dengan cakalang fufu. Jika cakalang fufu diasap, cakalang pampis tidak diasap, melainkan dimasak kering. Jika ingin disantap langsung, suwiran ikan cakalang dan bumbu yang sudah dimasak bisa langsung disantap. Tapi biasanya orang Manado menjadikan cakalang pampis untuk berbagai isian makanan lain, seperti lalampa dan panada misalnya.

8. Mie Cakalang

Mie Cikalang

Seperti namanya, mie khas Manado ini menyajikan mie bersama ikan cakalang. Apabila kamu belum pernah mencobanya, maka jangan sampai mengabaikan makanan khas Manado ini ketika mengunjungi Manado.

Mie cakalang bukan cuma unik karena terdapat ikan cakalang, melainkan juga enak karena dibuat dengan bumbu yang sejatinya standar tapi diracik sehingga menciptakan cita rasa yang istimewa.

Mie cakalang dimakan bersama kuah bening yang dicampur sedikit merica sehingga rasanya sedikit pedas. Adapun untuk menambah kenikmatannya mie cakalang biasa disajikan bersama taburan bawang goreng dan dua macam sambal, yakni sambal lombok ijo dan sambal merah.

9. Rica Roa

Rica Roa

Rica roa juga termasuk sambal khas Manado yang dibuat dari bahan utama berupa ikan. Sesuai namanya, ikan yang dipilih adalah ikan roa. Ikan roa sendiri merpakan ikan berbentuk pipih yang warnanya perak keabu-abuan. Ikan roa sebelum dijadikan sambal harus diasap terlebih dahulu sebelum diubah ke dalam bentuk sambal.

Ikan roa yang sudah diasap juga tak bisa langsung dibuat sambal karena kondisinya harus kering, keras, dan garing terlebih dahulu. Setelah memenuhi kondisi tersebut, ikan roa asap bisa langsung diolah bersama bumbu yang biasa dipakai untuk membuat sambal khas Manado.

10. Ayam Isi Buluh

Ayam isi Buluh

Ayam isi buluh merupakan sajian kuliner asal Manado yang diolah dengan teknik khusus di dalam buluh. Jika kamu belum tahu, buluh adalah bambu yang digunakan sebagai media untuk mengolah makanan khas Manado ini.

Daging ayam yang akan dihidangkan dipotong kecil-kecil untuk kemudian dibumbui dengan cabai rawit, cabai merah, serai, jahe, dan kunyit. Untuk menghadirkan rasa segar pada ayam juga ditambahkan bahan lain seperti daun jeruk, daun kunyit, daun kemangi, dan daun bawang.

Ayam dan bumbu ditumis bersama untuk kemudian dibungkus pakai daun pisang. Setelah dibungkus daun pisangnya langsung dimasukkan ke dalam buluh. Ayam isi buluh yang sudah siap bisa langsung dimakan bersama nasi putih atau nasi jahe, sayur pangi, dan dabu-dabu.

11. Ayam Woku Belanga

Ayam Woku

Ayam woku belanga berbeda dengan ayam tuturaga. Jika ayam tuturaga disajikan dengan kuah santan, ayam woku belanga tidak menggunakan santan dalam proses pembuatannya.

Untuk kamu yang belum tahu, woku pada makanan ini merujuk pada bumbu masakan a la Manado yang mempunyai cita rasa tinggi. Bumbu woku sendiri terdiri dari cukup banyak bahan seperti cabai merah, cabai hijau, bawang merah, bawang putih, jahe, serai, kunyit, daun jeruk, daun kunyit, daun kemangi, daun pandan, daun bawang, tomat, dan air perasan jeruk nipis.

Meskipun bumbu yang digunakan banyak, ayam woku belanga tidak memerlukan waktu masak yang lama. Ayam woku belanga mempunyai dua versi, bisa dibuat berkuah kental ataupun dibuat encer.

12. Ikan Bakar Sambal Dabu-Dabu Lilang

Dabu-Dabu

Mungkin lidah penduduk Indonesia sudah akrab dengan ikan bakar, tapi bagaimana dengan sambal dabu-dabu lilang? Hanya di Manado bisa ditemukan ikan bakar dengan tambahan sambal yang rasanya bisa meninggalkan rindu berkepanjangan. Dabu-dabu di Manado merujuk pada sambal khas sedangkan lilang berarti dipotong-potong.

Jadi dabu-dabu lilang berarti sambal yang dipotong-potong. Dabu-dabu lilang sebetulnya tidak hanya cocok disantap bersama ikan, tetapi juga daging sayur, sup kacang merah, atau bubur Manado. Tapi dari sekian banyak menu utama, dabu-dabu lilang paling nikmat jika dijadikan cocolan sambal ikan bakar.

13. Halua Kenari

Halua Kenari

Halua kenari banyak dijual di pusat oleh-oleh sebagai buah tangan untuk dibawa pulang. Ada berbagai alasan orang memilih halua kenari sebagai camilan untuk diberikan kepada kerabat-kerabat di rumah.

Selain enak dan bercita rasa mani, makanan khas Manado ini juga termasuk camilan yang menyehatkan. Halua kenari sendiri merujuk pada panganan yang terbuat dari bahan utama berupa kacang kenari. Kacang kenari menjadi produk perkebunan yang mudah tumbuh di kawasan Sulawesi Utara.

Kacang kenari yang ingin dibuat halua dibungkus dengan gula merah yang sudah dihancurkan kemudian dilapisi ke dalam kacang. Dikarenakan makanan ini termasuk camilan maka paling enak dimakan saat mengisi waktu luang atau membaca buku di sore hari ditemani kopi atau teh.

14. Binyolos

Binyolos

Binyolos adalah kudapan yang biasa dimakan saat mentari menyapa bumi pertiwi. Kudapan ini mengandung karbohidrat yang bersumber dari bahan utamanya berupa ubi.

Untuk rasanya, binyolos mempunyai cita rasa yang manis wajar. Untuk membuat binyolos selain diperlukan ubi juga menggunakan tepung terigu dan mentega. Adapun bahan lain yang nanti diolah bersama hingga menjadi binyolos ada telur, vanili, dan gula pasir.

Campuran bahan yang sudah diolah hingga berbentuk adonan kemudian dibentuk menjadi bulat yang pada bagian dalamnya diberi isian gula merah.

15. Nasi Jaha

Nasi Jaha

Nasi jaha adalah makanan khas Manado sejenis lemang dari Sumatera Barat. Sajian ini dibuat dari campuran beras ketan dan beras putih yang dimasak bersama santan atau istilahnya diaron. Setelah aronan jadi, nasi dimasukkan ke dalam buluh atau bambu yang sudah dilapisi daun pisang pada bagian dalamnya.

Bambu yang sudah berisikan aronan nasi kemudian dimatangkan dengan proses tradisional, yakni menggunakan kayu bakar. Jika aroma nasi jaha sudah menguat biasanya nasi jaha sudah matang dan siap disantap. Penyajian nasi jaha berbeda dengan lemang. Apabila lemang disajikan bersama tape ketan, lain halnya dengan nasi jaha yang dimakan bersama ikan cakalang pampis. 

Baca Juga : Tempat Wisata di Manado yang Paling Bagus Dan Indah

Nah itulah beberapa Kuliner khas Manado mungkin bisa kamu coba ketika datang ke Manado. Kuliner diatas merupakan makanan khas yang menawarkan cita rasa yang nikmat dan juga unik.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!