10 Wisata Kuliner Khas Kudus Terbaru Paling Lezat dan Enak

Makanan Kuliner Khas Kudus Kudus merupakan salah satu daerah yang berada di Jawa Tengah. Kudus ini adalah kawasan yang bisa dibilang kecil. Namun meski begitu, ada banyak hal yang bisa membuat anda ingin kembali atau bahkan betah berlama-lama berada di Kudus. Salah satunya adalah dikarenakan makanan khas Kudus yang banyak diminati.

Wisata Kuliner merupakan salah satu hal yang biasanya paling dicari ketika kita berkunjung ke suatu tempat. Cita rasa yang ditawarkan biasanya berbeda. Sehingga setiap tempat memiliki penyajian makanan yang unik dengan rasa yang menarik.

Namun selain itu, wisata kuliner juga merupakan salah satu yang menarik pada suatu kota atau daerah. Seperti halnya di daerah Kudus ini. Ada beberapa kuliner khas yang bisa anda coba dengan cita rasa yang mungkin belum pernah anda cicipi sebelumnya. Untuk itulah, sebelum berkunjung ke kota Kudus.

10 Makanan Khas Kudus Yang Bikin Kamu Ketagihan

Makanan khas merupakan icon bagi suatu daerah. Umumnya suatu daerah akan lebih dikenal dikarenakan makanannya yang khas atau memiliki cita rasa yang unik. Untuk itulah, setiap daerah sudah pasti memiliki makanan kuliner yang menarik. Bukan hanya difavoritkan oleh warga lokal saja, namun menjadi favorit juga bagi para wisatawan yang berkunjung.

1. Pecel Pakis Colo

Pecel Pakis

Makanan khas Kudus yang pertama adalah pecel pakis colo. Nah, dari namanya saja anda pasti sudah bisa membayangkan uniknya makanan ini. Makanan pecel pakis colo ini dibuat dari tanaman paku-pakuan. Tanaman ini biasanya ada di dinding sumur.

Kemudian disajikan bersama dengan sayur atau tanaman lainnya. Seperti tauge, kacang panjang, kemudian juga kacang tanah. Untuk bumbunya nanti dicampur dengan gula merah, gara dan juga cabai keriting. Bedanya pecel khas Kudus ini dengan pecel lainnya adalah sayur yang digunakan dalam penyajiannya.

2. Lentog Tanjung

Lentog Tanjung

Makanan khas Kudus yang berikutnya adalah lentog tanjung. Anda yang belum pernah berkunjung ke Kudus mungkin masih asing dengan makanan ini. Makanan lentog tanjung ini dibuat dari lontong yang sudah diiris kemudian diberi sayur nangka muda, ditambah lodeh tahu dan juga sambal.

Untuk makanan khas kudus ini hanya bisa anda temukan di Kudus saja. Cita rasa yang ditawarkan pun sudah pasti tidak akan anda temui pada makanan yang ada di daerah lain. Dengan perpaduan sayur dan tambahan sambal ini membuat rasa lentog tanjung semakin nikmat.

3. Soto Makanan Khas Kudus

Soto Khas Kudus

Makanan yang sangat familiar dan dikenal sebagai makanan khas dari daerah Kudus ini adalah soto Kudus. Anda mungkin tidak asing dengan makanan soto yang hampir setiap daerah menyajikannya. Namun untuk soto Kudus ini jelas berbeda dengan soto lainnya.

Soto Kudus itu sendiri umumnya disajikan dengan menggunakan mangkok kecil. Kemudian disajikan lengkap isinya berupa nasi putih, daging ayam, seledri, tauge dan juga kuah. Selain itu juga dilengkapi bawang goreng sebagai penyedapnya.

4. Opor Bakar Sunggingan

Opor Bakar

Opor bakar sunggingan ini adalah salah satu makanan khasKudus yang cukup masuk dalam kategori favorite. Keunikan dari makanan yang satu ini adalah dari cara masaknya. Anda mungkin mengenal makanan opor yang biasa dimasak dengan menggunakan santan.

Namun opor bakar sunggingan ini dimasak dengan dibakar. Dengan cara masaknya yang dibakar, maka makanan ini disebut dengan opor bakar. Untuk cita rasanya sudah pasti tidak diragukan lagi. Anda mungkin akan ketagihan jika sudah mencicipi masakan opor bakar sunggingan ini.

5. Sate Kerbau Kudus

Sate Kerbau

Sate kerbau adalah makanan khas dari Kudus yang lainnya. Untuk sate kerbau ini adalah makanan yang cukup difavoritkan oleh masyarakat di Kudus. Dalam cara masaknya pun daging kerbau ini dicincang kemudian dipukul untuk dimemarkan. Baru kemudian dibumbu dan dimasak.

Setelah itu didiamkan beberapa jam kemudian bisa mulai ditusuk dan dibakar. Bumbu untuk penyajian sate kerbau ini juga menambah cita rasa daging kerbau yang enak. Ada campuran serundeng, kacang tanah dan juga kentang yang dihaluskan bersama bawang merah dan putih.

6. Intip Ketan Khas Kudus

Intip Khas Kudus

Makanan khas selanjutnya adalah intip ketan. Intip ketan ini adalah makanan yang dibuat dari ketan yang digiling sampai harus dan dicampur dengan kelapa parut.

Makanan ini merupakan makanan yang sekarang tidak mudah ditemukan karena jarang yang menjual. Untuk harga dari intip ketan ini juga terbilang murah atau terjangkau. Selain itu cita rasanya pun juga enak.

7. Garang Asem Kudus

Garang Asem

Nah mungkin kamu tidak asing dengan makanan garang asem ini, yang merupakan makanan khas dari daerah Kudus. Makanan garang asem ini dibuat dengan menggunakan daging ayam yang kemudian dibumbu bersama dengan kuah santan.

Untuk memasaknya pun menggunakan daun pisang. Sehingga menghasilkan cita rasa yang tidak diragukan lagi nikmatnya. Untuk garang asem ini menawarkan cita rasa yang asam sekaligus pedas. Sehingga akan membuat lidah anda ketagihan untuk terus mencicipinya.

8. Ayam Gongso

Ayam Gongso

Salah satu makanan khas yang ditawarkan oleh daerah Kudus ini adalah ayam gongso. Makanan khas kudus berupa ayam gongso ini tidak lain adalah ayam tumis. Bumbu yang digunakan dalam masakan ayam gongso ini adalah bumbu kecap.

Perpaduan rasa manis, pedas dan juga gurih membuat cita rasa dari ayam gongso ini semakin nikmat. Anda juga bisa menyantap ayam gongso ini bersama dengan nasi goreng. Sehingga lebih mantap dinikmati.

9. Nasi Pindang Kerbau

Nasi Pindang

Kuliner khas kudus yang berikutnya adalah nasi pindang kerbau ini. Melihat dari namanya saja, anda tentu sudah bisa menebak bahwa makanan ini menggunakan daging kerbau dalam masakannya. Selain menggunakan daging kerbau yang sudah diiris.

Daun melinjo juga menjadi salah satu yang melengkapi sajian makanan ini. Selain itu, sebelum itu diberi kuah santan yang enak dan juga gurih. Sehingga membuat cita rasa dari makanan ini lebih nikmat dan juga menggugah selera anda.

10. Lepet Kudus

Lepet Kudus

Lepet adalah salah satu makanan khas daerah Kudus ini. Makanan ini terbuat dari beras ketan yang dicampur dengan kelapa parut kemudian dimasak seperti memasak lontong.

Untuk isian dari lepet ini biasanya menggunakan kacang tolo dan nangka. Bisa juga menggunakan pisang dan nangka. Biasanya makanan ini akan lebih mudah ditemukan ketika hari ketujuh Idul Fitri.

Baca Juga : Tempat Wisata di Kudus Terbaru Paling Bagus Dan Hits

Nah itulah beberapa kuliner khas Kudus mungkin bisa kamu coba ketika datang ke kudus. Kuliner diatas merupakan makanan khas yang menawarkan cita rasa yang nikmat dan juga unik.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!