Kawah Putih Ciwidey – Pesona Keindahan Alam yang Membuatmu Kagum

Wisata Kawah Putih Ciwidey – Siapa sih yang tidak kenal dengan keindahan kawah putih ciwidey yang ada di kawasan bandung. Wisata di kawah putih tentu menawarkan berbagai panaroma keindahan alamnya selain itu juga anda dapat menambah pengalaman pernah ke wisata kawah. nah ini merupakan tempat yang cocok untuk anda kunjungi bersama keluarga ataupun sahabat sejati anda untuk menikmati keindahan kawah putih dibandung.

Selain itu juga kawah putih ciwidey memang banyak dikunjungi para wisatawan domestik maupun wisatawan asing banyak juga yang datang kesini untuk melihat kawah ciwidey yang indah. Kawah putih merupakan sebuah danau yang terbentuk dari letusan Gunung Patuha. Tanah yang bercampur belerang di sekitar kawah ini berwarna putih, lalu warna air yang berada di kawah ini berwarna putih kehijauan, yang unik dari kawah ini adalah airnya kadang berubah warna.

Kawah ini berada pada ketinggian +2090 m dpl dibawah puncak/titik tertinggi Gunung Patuha. Selain untuk dinikmati keindahannya oleh para wisatawan, Kawah Putih Ciwidey juga sering kali menjadi tempat kegiatan lain, misalnya pengambilan gambar film, melukis, foto pengantin, sampai dengan kegiatan mendaki dan berkuda.

Panorama di objek wisata ini cukup indah hamparan tanah yang berwarna putih dan mengkilat semakin membuat Kawah Putih Ciwidey dipilih masyarakat. Selain tanah yang berwarna putih, dan mengkilat. Air yang ada di dalam kawah yang berwarna biru semakin mempercantik Kawah Putih Ciwidey ini.

Kawah Putih Ciwidey

Nah pada kesempatan kali ini Aneka Wisata Seru akan mengajak anda untuk berkeliling dikawasan wisata Kawah Putih Ciwidey di bandung, selain itu juga saya akan memberikan informasi mengenai harga tiket masuk ke kawah ciwidey, sejarah kawah ciwidey, rute menuju kekawah putih ciwidey dan juga tips.

Sejarah Kawah Putih Ciwidey

Cerita mengenai Kawah Putih bermula pada abad ke 10 di mana terjadi sebuah letusan hebat oleh Gunung Patuha. Setelah letusan ini, banyak orang beranggapan bahwa lokasi ini adalah kawasan angker karena setiap burung yang terbang melewati kawasan tersebut akan mati. Seiring dengan berjalannya waktu, kepercayaan mengenai angkernya tempat ini mulai pudar, sampai akhirnya pada tahun 1837 ada seorang ahli botani dengan kebangsaan Jerman datang ke kawasan ini untuk melakukan penelitian.

Peneliti yang bernama Dr. Franz Wilhelm Junghuhn tersebut sangat tertarik dengan kawasan pegunungan sunyi yang bahkan tidak ada burung yang terbang di atasnya sehingga ia berkeliling desa untuk mencari informasi. Pada saat itu, seluruh informasi yang ia dapatkan adalah bahwa kasawan tersebut angker dan dihuni oleh mahluk halus. Bagi Dr. Franz Wilhelm Junghuhn, pernyataan masyarakat setempat tersebut tidaklah masuk akal. Karena tidak percaya dengan cerita-cerita tersebut, ia pergi ke dalam hutan rimba untuk mencari tahu apa yang ada di sana.

Singkat cerita, akhirnya Dr. Franz Wilhelm Junghuhn berhasil mencapai puncak gunung, dan dari sana ia melihat keberadaan sebuah danau indah berwarna putih dengan bau belerang yang menyengat. Sejak itu, keberadaan Kawah Putih Ciwidey menjadi terkenal dan mulai dari tahun 1987 pemerintah mengembangkan kawasan ini sebagai tempat wisata yang menawarkan pengalaman unik melihat danau yang dapat berubah warna.

Lokasi Kawah Putih Ciwidey

Kawah Putih

Kawah Putih Ciwidey merupakan salah satu wisata alam yang paling populer di Bandung, Kawah Putih yang beralamat di Jalan Raya Soreang Ciwidey KM 25 berlokasi tidak jauh dari tempat wisata Situ Patenggang dan dapat dicapai dengan mudah bila Anda membawa kendaraan pribadi karena terdapat banyak penunjuk jalan.

Dari Jakarta, Anda hanya perlu menggunakan jalur tol Cipularang dan keluar melalui pintu tol Kopo. Dari sana Anda harus menuju ke Soreang dan berkendara ke bagian selatan Ciwidey. Bila menggunakan kendaraan umum, Anda dapat naik angkot dari terminal Leuwi Panjang yang menuju ke terminal Ciwidey. Dari terminal Ciwidey, Anda dapat menggunakan angkot yang menuju Situ Patenggang dan turun di depan gerbang Kawah Putih.

Rute Menuju ke Kawah Putih 

Sebelum pergi ke kawah putih Bandung, ada baiknya kamu tentukan dulu trasnportasi apa yang akan kamu gunakan dan rute mana yang kamu pilih. Ada beberapa alternatif rute untuk ke lokasi kawah putih Ciwidey, Bandung.

Menggunakan Kendaraan Pribadi

1. Melalui Tol Koppo

Rute melalui tol Koppo ini adalah yang terpendek dari dua rute lainnya. Dari Jakarta dapat melewati tol Cipularang dan keluar gerbang tol Koppo Bandung. Perjalanan dilanjutkan dengan menuju Ciwidey melalui Jl. Raya Soreang, yang dapat ditempuh sekitar 50 menit.

Sampai di Ciwidey, ikuti saja jalan yang berkelok-kelok menuju danau Situ Patenggang. Berhenti lah di pintu gerbang kawah putih Ciwidey, di sebelah kiri jalan.

2. Melalui Tol Buah Batu

Turunlah di gerbang tol Buah Batu. Lanjutkan perjalananmu menuju Ciwidey melalui Banjaran dan Soreang. Setelah sampai ke Ciwidey, ikuti jalan ke arah Situ Patenggang dan berhentilah di gerbang kawah putih Ciwidey di sebelah kiri jalan.

3. Melalui Tol Leuwi Gajah

Alternatif rute ini dipakai jika rute tol Koppo terjadi macet. Setelah turun di gerbang tol Leuwi Gajah, lanjutkan perjalanan ke arah Ciwidey melalui Soreang. Sampai di Ciwidey, tinggal melanjutkan rute ke arah Situ Patenggang seperti dua rute sebelumnya. Jangan lupa berhenti di gerbang kawah putih Bandung Ciwidey di sebelah kiri jalan.

Menggunakan Kendaraan Umum

Dari Jakarta naik bus yang menuju ke Terminal Leuwipanjang, Bandung. Setelah turun di Leuwipanjang, carilah angkutan umum (angkot) atau mobil L300 jurusan Leuwipanjang – Ciwidey. Sampai di terminal Ciwidey, turun dan ganti naik angkot jurusan Ciwidey-Situ Patenggang berwarna kuning. Sampaikan pada sopirnya bahwa kamu ingin turun di pintu gerbang kawah putih Ciwidey.

Harga Tiket Masuk ke Kawah Putih Ciwidey

Kawah Putih

Bagi Anda dan sekeluarga yang benar-benar menginginkan melihat objek wisata Kawah Putih Ciwidey Bandung sebaiknya Anda mengetahui secara detail Harga Tiket Masuk Kawah Putih Ciwidey Bandung yang ada untuk bisa masuk ke Kawah Putih Ciwidey.

Harga Tiket Masuk Kawah Putih Ciwidey Bandung yang dipatok oleh pengelola Kawah Putih Ciwidey pada tahun 2015 kemarin berkisar antara Rp. 17.000. namun sejak Januari 2016 pihak pengelola kawasan wisata Kawah Putih Ciwidey menaikkan sekitar Rp 1.000.

Jadi kalau Anda sekarang berkunjung ke Kawah Putih Ciwidey Harga Tiket Masuk Kawah Putih Ciwidey Bandung untuk sekali masuk di kawasan wisata Kawah Putih Ciwidey adalah sebesar Rp 18.000. Harga tersebut di khususkan untuk warga negara Indonesia saja .

Sedangkan untuk Harga Tiket Masuk Kawah Putih Ciwidey Bandung untuk warga negara asing atau manca negara memiliki tarif yang berbeda yaitu sebesar Rp 50.000. Harga Tiket Masuk Kawah Putih Ciwidey Bandung itu belum ditambah dengan ongkos parkir kendaraan dan juga ditambah lagi dengan alat transportasi massal menuju Kawah Putih Ciwidey.

Biaya Parkir

Dikawasan kawah putih tersedia dua area parkir bagi para wisatawan yang berkunjung dengan menggunakan kendaraan pribadi, kedua area parkir tersebut yang 1 terdapat di bawah dekat dengan gerbang masuk dan area parkir atas yang dekat lokasi Kawah Putih.

Tarif Parkir di Bawah :

  1. Kendaraan roda dua / motor  tarifnya sebesar Rp. 5000,-
  2. Kendaraan roda empat / mobil tarifnya sebesar Rp. 6000,-

Jarak dari Parkir Bawah menuju puncak kawah sekitar 5 km. Jalannya cukup sulit karena menanjak dan terlalu jauh jika harus berjalan kaki. Maka dari itu disediakan kendaraan bernama ontang-anting. Ontang-anting berasal dari bahasa sunda yang berarti mondar-mandir.

Tarif Parkir di Atas :

  1. Biaya parkir kendaraan Roda empat / mobil di areal parkir atas adalah Rp. 150.000,-

Biaya di areal parkir atas memang dikenakan tarif yang cukup mahal, namun tentunya wisatawan tidak perlu lagi mengeluarkan biaya untuk naik ontang-anting, misalnya jika kendaraan travel yang anda gunakan memiliki penumpang 15 orang maka 150.000 dibagi 15 orang hasilnya akan sama dengan 10.000, harga ini akan sama saja dengan biaya yang harus dikeluarkan wisatawan jika menggunakan jasa ontang anting. Bedanya hanya sedikit saja yaitu terletak pada pemakaian bahan bakar minyak.

Jam Buka Wisata

Kawah Putih

Untuk Anda yang hendak ke kawasan wisata Kawah Putih Ciwidey tidak perlu khawatir dengan jam operasional dari Kawah Putih Ciwidey karena objek wisata yang satu ini sudah mulai buka dari pukul 07.00 WIB Pagi sampai pukul 17.00 WIB Sore. Untuk malam hari Kawah Putih Ciwidey tidak dibuka secara umum karena dikhawatirkan ada kejadian-kejadian yang tak terduga yang bisa saja terjadi di Kawah Putih Ciwidey.

Fasilitas di Kawah Putih Bandung

Fasilitas ini disediakan agar setiap pengunjung yang datang merasa nyaman dan dapat menikmati keindahan panorama Kawah. Fasilitas yang ada sangatlah memadai, diantaranya yaitu;

Pusat Informasi

  • Musholla
  • Warung makan dan Restaurant
  • Toilet
  • Transportasi dari gerbang menuju lokasi
  • Area Parkir yang cukup luas

Jika anda berencana ingin berlibur ke Kawah Putih Bandung, ada baiknya mengetahui dahulu keperluan akomodasi dan juga transportasi yang digunakan, seperti Penginapan, Tiket masuk, Jenis angkutan umum, Lokasi dan lain lain. Dan dibawah ini sudah ada informasi lengkap mengenai keperluan yang harus di pertimbangkan sebelum berangkat, sehingga anda tahu berapa uang saku yang harus dipersiapkan.

Tips Liburan di Kawah Putih Ciwidey

Bagi anda yang mau berlibur ke kawah putih ciwidey ada beberapa tips yang perlu anda ketahui dan dipersiapkan agar liburan anda lebih nyaman dan seru diantaranya.

  • Pastikan anda datang dan tiba di lokasi saat pagi hari. Jika ingin tiba di puncak gunung Patuha jam 9 pagi, maka sebaiknya anda berangkat dari Bandung sebelum jam 7 pagi. Hal ini penting karena menjelang siang biasanya kawasan wisata Kawah Putih tertutup kabut tebal dan bahkan hujan lebat.
  • Seperti yang kami jelaskan di atas, tempat ini sering dijadikan lokasi foto pre wedding, jadi pastikan anda membawa perlengkapan kamera yang terbaik.
  • Bawalah dana yang cukup. Jika anda membaca tabel harga tiket masuk Kawah Putih, ada biaya yang cukup berbeda antara lokasi parkir di bawah (pintu masuk) dengan parkir di atas (dekat lokasi kawah). Ketidak-pahaman anda atas perbedaan ini bisa menjadi penyesalan tersendiri. Jika anda menggunakan mobil dengan kapasitas penumpang 7-8 orang, tarif parkir tersebut tidak terlalu memberatkan. Tetapi jika anda hanya berdua saja, ada baiknya mengajak pengunjung lain di pintu masuk atau anda dapat menggunakan ontang-anting (kendaraan khusus angkutan umum Kawah Putih Ciwidey.
  • Hindari terlalu dekat dengan Kawah yang tergolong masih aktif ini.
  • Jika anda mengalami pusing, sebaiknya menjauh dari kawasan Kawah Putih dan sebaiknya segera turun. Pengalaman kami, cukup satu jam saja anda berada di puncak gunung Patuha ini. Efek bau belerang cukup berbahaya jika terlalu lama dihirup.
  • Pastikan tujuan anda ke wilayah Ciwidey juga mengunjungi Situ Patenggang maupun Kebun Strawberry demi mengoptimalkan waktu liburan anda bersama keluarga. Disarankan untuk menginap di wilayah Ciwidey jika ingin melihat keindahan obyek wisata secara lengkap.

Bagaimana Wisata kawah putih ciwidey di bandung? indah kan, pastinnya anda tidak akan rugi kalau datang ke kawah putih ini.

Baca ini juga : Liburan menyenangkan ke Gunung Tangkuban Perahu di Bandung

Demikian Liburan Wisata Kawah Putih Ciwidey Bandung semoga ini dapat bermanfaat untuk kalian semua terutama bagi yang ingin berkunjung atau pertama mau berwisata ke kawah ini.

6 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *