Destinasi Wisata Jurang Tembelan Jogja, Spot Selfie Instagram Terbaik

Jurang Tembelan – Bagi pecinta dunia traveling sepertinya tak pernah dibuat bosan memanfaatkan waktu senggang mereka demi kegiatan eksplorasi tempat-tempat wisata keren. Jika sobat merupakan satu diantaranya pasti tak dibuat asing kawasan wisata Mangunan yang terkenal sebagai tempat negeri diatas awan yaitu jurang tembelan yang dimiliki oleh daerah istimewa Yogyakarta. Pemandangan alam khas pegunungan serta gardu pandangan kece difungsikan selain sebagai tempat istirahat juga sebagai tempat menyaksikan panorama. 

Destinasi Tempat wisata Bantul Jurang Tembelan ialah wisata alam spot foto terbaru yang sekarang menjadi hits di kalangan remaja kekinian. Sebab jurang Tembelan Mangunan Jogja memiliki deck view atau gardu pandangan terlihat cukup unik mirip seperti kapal. Tak heran pada akhirnya banyak wisatawan menyebutnya sebagai kapal titanic diatas awan.

Destinasi Tempat wisata Bantul Jurang Tembelan ialah wisata alam spot foto terbaru yang sekarang menjadi hits di kalangan remaja kekinian. Sebab jurang Tembelan Mangunan Jogja memiliki deck view atau gardu pandangan terlihat cukup unik mirip seperti kapal. Tak heran pada akhirnya banyak wisatawan menyebutnya sebagai kapal titanic diatas awan.

  • Lokasi: Mangunan, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55783 
  • Harga Tiket Masuk: Gratis 
  • Buka/Tutup: 24 jam

Pesona Keindahan Jurang Tembelan

Jurang Tembelan

Jurang Tembelan adalah tempat wisata alami Yogyakarta yang terletak di Dlingo, Mangunan. Kawasan Mangunan ini memang seperti negeri di atas awan. Luasnya pun bisa dibilang sempit tapi pesonanya menakjubkan dengan kabut-kabut di beberapa titik. Sebelum menjadi tempat wisata, kawasan ini adalah ladang masyarakat setempat. Kemudian mereka menyadari bahwa tempat ini memiliki pemandangan bagus lalu warga pun membuka tempat ini sebagai kawasan wisata.

Waktu terbaik mengunjungi jurang tembelan adalah saat pagi hari, bahkan saat matahari terbit. Suasana magikal akan sangat terasa. Sesekali jepret diri Anda berfoto di spot selfie dengan latar langit pagi hari. Kawasan ini menyuguhkan pemandangan hutan mangunan dan Sungai Oya. Dari titik ini pula Anda bisa melihat pengunjung di Gardu Pandang Mangunan. Gardu Pandang Mangunan memang sejalur dengan Jurang Tembelan. Namun lebih sepi di sini.

Ada dua gardu pandang yang disediakan di sini untuk Anda melakukan foto selfie. Gardu Pandang yang menempel dengan satu batang pohon. Bentuknya pun umum seperti gardu pandang umumnya. Tapi pemandangannya benar-benar seperti di atas langit. Gardu pandang kedua yaitu berbentuk kapal. Mirip dengan kapal Titanic. Anda bahkan bisa berfoto ala Jack dan Rose di sini. Spot ini bisa dibilang spot favorit dan ikon dari kawasan Jurang Tembelan. Kalau ke sini sudah wajib hukumnya berfoto di gardu pandang kapal.

Jurang Tembelan

Sudah puas berfoto di dua tempat dan beberapa sudut kawasan ini, saatnya menikmati pemandangan. Anda bisa memilih menikmati pesona tersebut di gazebo yang sudah disediakan. Kalau bawa bekal silakan dinikmati bekalnya. Akan terasa lebih nikmat makan di sini walau sederhana. Pastikan juga saat berkunjung, Anda datang di musim kemarau, bukan musim hujan. Selain jalanan lebih licin, tentu mendapatkan momen matahari terbit lebih sulit karena tertutup awan dan kabut.

Harga Tiket Masuk

Kawasan cantik ini ternyata belum memiliki harga tiket masuk yang dipatok. Tapi masih perlu membayar seiklasnya. Walau begitu, tetap jaga kenyamanan, kebersihan dan keamanan di kawasan ini. Sedangkan biaya parkir sudah ada, yaitu sebesar Rp 2.000 untuk kendaraan roda dua.

Fasilitas Yang Tersedia

Warung makan, area parkir, gazebo, toilet, mushola sudah ada untuk menunjang kebutuhan para pengunjung. Bahkan area parkirnya bisa menampung bus besar.

Rute Menuju Lokasi

Jurang Tembelan berlokasi di Dukuh Kanigoro, mangunan, Bantul, Yogyakarta. Anda bisa mengikuti arah menuju Gardu Pandang Mangunan. Jika dari pusat kota Yogyakarta, silakan ambil arah ke Terminal Giwangan, lurus ke selatan sampai menemukan Pasar Imogiri.

Dari Pasar Imogiri, ambil jalur kiri ke makam raja-raja sampai bertemu pertihaan. Ambil arah menuju Kebun Buah Mangunan dan hutan pinus. Anda pun akan menemukan petunjuk menuju Jurang Tembelan di pintu masuk. Sebenarnya medan menuju kawasan ini cukup ekstrim. Jalannya naik turun, curam dan berkelok. Ada banyak tempat wisata sepanjang jalur ini sehingga kendaraan pun cukup banyak lewat. Anda perlu hati-hati saat berkendara dan pastikan kendaraan dalam kondisi prima.

Tips Mengunjungi Jurang Tembelan

Jurang Tembelan

Jurang Tembelan memang tak seluas Kebun Buah Mangunan tapi keindahannya memiliki pesona masing-masing. Agar bisa menikmati dengan puas, berikut tips yang bisa diambil saat mengunjungi Jurang Tembelan. Pertama, Anda perlu datang di saat tepat. Pastikan datang di musim panas atau kemarau agar pemandangan terlihat jelas. Kabut pun tetap ada tapi tidak setebal saat musim hujam. Bahkan suasana lebih gelap saat itu.

Kedua, datang di pagi hari saat matahari terbit. Anda akan menemukan kabut tipis menyelimuti di beberapa titik. Kalau tak bisa datang pagi, bisa datang sore hari. Memang tak ada kabut tapi langit berwarna jingga tetap saja terlihat eksotis dan menawan. Ketiga, jika ingin menikmati kawasan ini dengan lebih puas, apalagi kawasan ini tak memiliki luas besar, bisa datang saat hari biasa. Hindari datang saat weekend atau libur sekolah. Dijamin kawasan ini akan ramai pengunjung. Bahkan antrean gardu pandang bisa mengular.

Baca Juga : Tempat Wisata di Jogja Terbaru Paling Hits Dan Keren 

Terakhir, kawasan wisata perlu dijaka kebersihan, kenyamanan, dan keamanan. Maka dari itu jangan berbuat vandalisme atau membuang sampah sembarangan. Anda bisa membuang di tempat yang sudah disediakan.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *