Harga Tiket Masuk Ketep Pass Magelang Terbaru

Diposting pada

Harga Tiket Masuk Ketep Pass Halo semuanya apa kabar? pasti sekarang yang membaca artikel ini sedang liburan yah? dan bingung mau jalan-jalan kemana, tenang saja kali ini saya akan merekomendasikan wisata yang cocok buat kalian, terutama bagi yang tinggal di magelang, apa itu? nah yaitu Ketep Pass, pasti sebagai warga lokal magelang sudah tau deh dengan tempat wisata unik yang satu ini.

Nah Ketep Pass itu merupakan sebuah tempat wisata yang berada di Magelang, wisata populer. Wisata Ketep Pass ini juga berada diantara Gunung Merapi dan Gunung Merbabu sehingga pengujung juga dapat menikmati panorama pegunungan.

Ooh yaa karena Ketep pass ini berada di ketinggian maka jangan salah pemandangan di ketep pass tentu saja alamnya sangat indah , terus kabut pagi pun juga ikut menghiasi. Selain itu, pemandangan alam dari atas kamu juga dapat melihat perdesaan dan pegunungan yang gagah. Sebenarnya tempat wisata ini sudah lama ada yaitu di resmikan pada 17 Oktober 2002 oleh Presiden Ibu Megawati Sokearnoputri, sebagai jalur Solo – Selo – Borobudur.

Fungsi Wisata

  1. Sarana rekreasi.
  2. Sarana peragaan Gunung Merapi.
  3. Sarana penelitian Gunung Merapi.
  4. Sarana edukasi tentang kegunungapian.
  5. Sarana dokumentasi yang dilihat dari pemutaran film.

Wahana Ketep Pass

Ketep Pass

Apa aja sih wahana yang tersedia di Ketep Pass? Tenang guys, di ketep pass ini terdapat banyak wahana yang menarik dan bagus dehh pokonya, dijamin kamu gak merasa bosan hehe. gak percaya? liat aja deh dibawah alias dibaca hehe.

1. Gardu Pandang

Kemegahan Gunung Merbabu dan Gunung Merapi bisa dilihat secara jelas di Gardu Pandang ini, tetapi tak hanya itu pengunjung juga bisa melihat asrinya pertanian di kaki gunung keduanya. Di Gardu Pandang terdapat bangunan bersegi delapan dengan panjang sisi 5 meter dan beberapa gazebo berbentuk segi empat panjang yang digunakan sebagai tempat istirahat.

2. Bioskop Mini bernama Ketep Volcano Theatre

Wahana ini diresmikan pada 21 Maret 2003 oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral yaitu Bapak Purnomo Yusgiantoro. Bioskop mini ini menampilkan film tentang Gunung Merapi yaitu tentang sejarah terbentuknya, jalur pendakian, penelitian di Puncak Garuda, letusan – letusannya, dan kejadian lainnya ini diputar selama seperempat jam saja yaitu 15 menit.

3. Pelataran Panca Arga

Tempat tertinggi di Ketep Pass ini bisa memanjakan mata kamu dengan keindahan yang luar biasa dan juga bisa melihat 5 gunung di satu tempat saat cuaca cerah. Kelima gunung tersebut antara lain Gunung Slamet, Gunung Sumbing, Gunung Sindoro, Gunung Merbabu, dan Gunung Merapi.

Selain melihat gunung, pengunjung juga bisa melihat bukit, antara lain bukit Gunung Tidar, Gunung Pring, Gunung Telomoyo, dan bukit lain. Pengunjung bisa melihat indahnya matahari ternit dari puncak tertinggi ini saat cuaca sedang cerah.

4. Spot Teropong

Pengunjung yang ingin merasakan melihat indahnya pemandangan menggunakan teropong bisa menyewanya di sini dengan harga yang terjangkau. Ada baiknya jika anda menyewa teropong ini saat cuaca cerah jadi bisa melihat pemandangan dengan lebih jelas. Tidak hanya ada satu teropong yang disediakan tetapi ada 2 yaitu berada di Gardu Pandang dan puncak Panca Arga.

5. Kebun Strawberry

Di tempat wisata yang satu ini anda bisa menikmati sensasi memetik strawberry langsung dari pohonnya. Wahana ini terletak dekat dari Ketep Pass. Pengunjung juga bisa melihat suasana desa dan kebun strawberry yang sejuk.

Harga Tiket Masuk

Ketep Pass

Nah jika kamu sudah tau lokasi wisata ketep pass pastinya anda juga ingin tahu berapa sih harga tiket masuknya? Berikut harga tiket yang harus anda bayar ketika masuk dan menikmati beberapa fasilitas yang ada.

  • Senin – Sabtu : Rp 10.500,-/orang (sudah Include asuransi bagi pengunjung)
  • Minggu/libur Nasional : Rp 12.500,-/orang
  • Tiket masuk Ketep Volcano Theatre : Rp 9.000,-/orang
  • Tiket fasilitas teropong : Rp 5.000,-
  • Tiket wisatawan mancanegara : Rp 50.000,-/orang, untuk hari minggu dan libur nasional 60.000,-/orang. ( tiket manca include semua fasilitas obyek+free softdrink/orang)

Harga parkir kendaraan :

  • Parkir sepeda motor : Rp 2.000,-
  • Parkir mobil : Rp 5.000,-
  • Parkir mini bus : Rp 10.000,-
  • Parkir bus besar : Rp 15.000,-

Catatan :

  1. Untuk harga Tiket Masuk sudah termasuk asuransi.
  2. Untuk rombongan dengan jumlah orang 30 maka diberi diskon 10%.
  3. Harga bisa mengalami perubahan sewaktu-waktu.

Fasilitas Wisata Ketep Pass

Ketep Pass

Nah selain pemandangan alam nan indah, tempat wisata ketep pass ini juga di bagun beberapa fasilitas dari spot untuk memandang alam maupun fasilitas edukasi antara lain.

  • Gardu Pandang
  • Restaurant atau tempat makan
  • Pelataran Panca Arga
  • Spot Teropong
  • Museum Vulkanologi yang bernama Ketep Vulcano Centre
  • Bioskop Mini bernama Ketep Volcano Theatre
  • Gazebo
  • Kamar Mandi
  • Aera Parkir
  • dll

Lokasi Wisata Ketep Pass Magelang

Untuk lokasi wisata Ketep pass ini  di  Jl. Ketep, Ketep Pas, Ketep, Sawangan, Magelang, Jawa Tengah. Berada di bukit Sawangan yang letaknya di tengah antara Gunung Merapi dan Gunung Merbabu. Untuk  menuju wisata Ketep pass ini bisa anda tempuh melalui berberapa daerah antara lain:

  • Dari Kecamatan Mungkid, Magelang
  • Desa Blabak, Magelang
  • Kecamatan Pakis, Magelang
  • Kota Boyolali
  • Kota Salatiga
  • Kota Jogja
  • Kecamatan Getasan, Semarang

Nah kemudian untuk rute kamu bisa menggunakan Google maps karena lokasi wisata ketep pass ini sudah ada di google maps lho. Jadi silahkan pilih titik awal kamu lalu dengan tujuan “Ketep Pass Magelang“. Selain itu, jalan ke Ketep Pass ini cukup baik dan dimana bisa kamu lalui dengan kendaraan pribadi maupun umum, namun tetap berhati hati ya dalam perjalanan.

Baca Juga : Tempat Wisata di Magelang Terbaru Paling Bagus Dan Unik

Tips Wisata

  1. Datanglah sepagi mungkin agar anda dapat mellihat indahnya sunrise.
  2. Membawa baju yang tebal dan hangat.
  3. Jangan membuang sampah sembarangan.
  4. Jangan merusak barang yang ada di kawasan wisata.
  5. Taati peraturan yang telah ditetapkan pihak pengelola.
  6. Membawa budget lebih jika ingin membeli oleh – oleh.
  7. Cek kondisi kendaraan yang digunakan untuk perjalanan.

Nah demikian yang bisa saya sampaikan mengenai Ketep Pass Magelang. Semoga dapat bermanfaat. Terima kasih 

[Total: 0    Average: 0/5]
Alfian
Hobi membaca dan menulis travelling atau wisata. Aktif menulis di blog, media sosial, forum, dan berbagai platform penulisan lain di internet sejak tahun 2015.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *