Alfian Founder sekaligus Content Specialist di Aneka Wisata Seru yang memiliki passion menulis artikel seputar wisata terlengkap.

Ketep Pass Magelang

5 min read

Halo semuanya apa kabar? pasti sekarang yang membaca artikel ini sedang liburan yah? dan bingung mau jalan-jalan kemana, tenang saja kali ini saya akan merekomendasikan wisata yang cocok buat kalian.

Terutama bagi yang tinggal di magelang, apa itu? nah yaitu Ketep Pass, pasti sebagai warga lokal magelang sudah tau deh dengan tempat wisata unik yang satu ini.

Nah Ketep Pass itu merupakan sebuah tempat wisata yang berada di Magelang, wisata populer. Wisata Ketep Pass ini juga berada diantara Gunung Merapi dan Gunung Merbabu sehingga pengujung juga dapat menikmati panorama pegunungan.

Ooh yaa karena Ketep pass ini berada di ketinggian maka jangan salah pemandangan di ketep pass tentu saja alamnya sangat indah , terus kabut pagi pun juga ikut menghiasi.

Selain itu, pemandangan alam dari atas kamu juga dapat melihat perdesaan dan pegunungan yang gagah. Sebenarnya tempat wisata ini sudah lama ada yaitu di resmikan pada 17 Oktober 2002 oleh Presiden Ibu Megawati Sokearnoputri.

Tentang Ketep Pass

Udara yang sejuk dengan panorama alam yang menawan di sekelilingnya, membuat Ketep Pass sejak dahulu sudah dijadikan objek wisata oleh masyarakat Magelang dan sekitarnya. Hanya saja, pada 17 Oktober 2002, kawasan ini ditetapkan secara resmi oleh Presiden ke-5 RI, Megawati Soekarnoputri sebagai Kawasan Wisata Jalur SSB (Solo – Selo – Borobudur).

Sejuknya udara Ketep Pass disebabkan karena letak destinasi wisata seluas 8.000 meter persegi ini berada pada ketinggian 1.200 meter dpl, tepatnya di Puncak Bukit Sawangan yang berada di tengah-tengah antara Gunung Merbabu dan Gunung Merapi. Karena berada di kawasan pegunungan dan perbukitan itulah membuat daerah di sekitarnya dihiasi beberapa obyek wisata khas daerah pegunungan.

Beberapa objek wisata tersebut antara lain: Curug atau Air Terjun Kedung Kayang yang dapat ditempuh sekitar 10 menit, Kebun Buah Stroberi Banyuroto, Top Selfie Pinusan Kragilan yang jaraknya sekitar 4 km dan dapat ditempuh sekitar 13 menit, serta Merbabu via Suwanting yanbg merupakan jalur favorit untuk mendaki Gunung Merbabu karena menyuguhkan pemandangan yang memaukau termasuk hamparan 3 sabana.

Selain dikelilingi sejumlah tempat wisata, Ketep Pass sendiri memiliki daya tarik yang luar biasa, karena dari sini pengunjung dapat melihat pemandangan yang menawan dengan latar belakang lima gunung yang berdiri tegak di empat penjuru mata angin, yaitu Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Kembar Sindoro Sumbing dan Gunung Slamet.

Selain kelima gunung tersebut, sejumlah gunung kecil dan bebukitan ikut menambah indahnya pemandangan, seperti Gunung Andong, Gunung Tidar, Gunung Pring, Bukit Telomoyo, Perbukitan Menoreh, serta yang lain. Tidak hanya itu, sejumlah fasilitas yang ada di tempat wisata yang buka pada jam 06.00 dan tutup pukul 17.00 ini.

Semakin menambah daya tarik para wisatawan, seperti Museum Vulkanologi, Ketep Volcano Theater, Pelataran Panca Arga, gardu pandang, teropong serta yang lain. Dengan sejumlah kelebihan yang dimiliki itulah membuat review dan informasi tentang tempat wisata yang satu ini banyak bertebaran di sejumlah media online, utamanya situs-situs pariwisata seperti Wikipedia, Kaskus, Yogyes, serta yang lain.

Keindahan view yang dilihat dari Ketep Pass baik dalam bentuk foto maupun gambar video juga banyak menghiasi sosial media, seperti di facebook, Instagram, Youtube dan media sosial yang lain. Karena itulah Ketep Pass menjadi salah satu primadona tourism in central java dan hampir selalu masuk dalam daftar kunjungan pada Paket-Paket Wisata Yogyakarta yang ditawarkan jasa tour & travel.

Bersama Candi Borobudur, Prambanan, Punthuk Setumbu, Gereja Ayam, Kaliurang yang ada di Sleman, dan beberapa tempat wisata lain. Padahal obyek wisata ini tidak masuk ke dalam wilayah DIY, namun berada di wilayah administratif Provinsi Jawa Tengah.

Fungsi Wisata

  1. Sarana rekreasi.
  2. Sarana peragaan Gunung Merapi.
  3. Sarana penelitian Gunung Merapi.
  4. Sarana edukasi tentang kegunungapian.
  5. Sarana dokumentasi yang dilihat dari pemutaran film.

Wahana Ketep Pass

Ketep Pass

Apa aja sih wahana yang tersedia di Ketep Pass? Tenang guys, di ketep pass ini terdapat banyak wahana yang menarik dan bagus dehh pokonya, dijamin kamu gak merasa bosan hehe. gak percaya? liat aja deh dibawah alias dibaca hehe.

1. Gardu Pandang

Kemegahan Gunung Merbabu dan Gunung Merapi bisa dilihat secara jelas di Gardu Pandang ini, tetapi tak hanya itu pengunjung juga bisa melihat asrinya pertanian di kaki gunung keduanya. Di Gardu Pandang terdapat bangunan bersegi delapan dengan panjang sisi 5 meter dan beberapa gazebo berbentuk segi empat panjang yang digunakan sebagai tempat istirahat.

2. Bioskop Mini bernama Ketep Volcano Theatre

Wahana ini diresmikan pada 21 Maret 2003 oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral yaitu Bapak Purnomo Yusgiantoro. Bioskop mini ini menampilkan film tentang Gunung Merapi yaitu tentang sejarah terbentuknya, jalur pendakian, penelitian di Puncak Garuda, letusan – letusannya, dan kejadian lainnya ini diputar selama seperempat jam saja yaitu 15 menit.

3. Pelataran Panca Arga

Tempat tertinggi di Ketep Pass ini bisa memanjakan mata kamu dengan keindahan yang luar biasa dan juga bisa melihat 5 gunung di satu tempat saat cuaca cerah. Kelima gunung tersebut antara lain Gunung Slamet, Gunung Sumbing, Gunung Sindoro, Gunung Merbabu, dan Gunung Merapi.

Selain melihat gunung, pengunjung juga bisa melihat bukit, antara lain bukit Gunung Tidar, Gunung Pring, Gunung Telomoyo, dan bukit lain. Pengunjung bisa melihat indahnya matahari ternit dari puncak tertinggi ini saat cuaca sedang cerah.

4. Spot Teropong

Pengunjung yang ingin merasakan melihat indahnya pemandangan menggunakan teropong bisa menyewanya di sini dengan harga yang terjangkau. Ada baiknya jika anda menyewa teropong ini saat cuaca cerah jadi bisa melihat pemandangan dengan lebih jelas. Tidak hanya ada satu teropong yang disediakan tetapi ada 2 yaitu berada di Gardu Pandang dan puncak Panca Arga.

5. Kebun Strawberry

Di tempat wisata yang satu ini anda bisa menikmati sensasi memetik strawberry langsung dari pohonnya. Wahana ini terletak dekat dari Ketep Pass. Pengunjung juga bisa melihat suasana desa dan kebun strawberry yang sejuk.

Harga Tiket Masuk

Ketep Pass

Nah jika kamu sudah tau lokasi wisata ketep pass pastinya anda juga ingin tahu berapa sih harga tiket masuknya? Berikut harga tiket yang harus anda bayar ketika masuk dan menikmati beberapa fasilitas yang ada.

  • Senin – Sabtu : Rp 10.500,-/orang (sudah Include asuransi bagi pengunjung)
  • Minggu/libur Nasional : Rp 12.500,-/orang
  • Tiket masuk Ketep Volcano Theatre : Rp 9.000,-/orang
  • Tiket fasilitas teropong : Rp 5.000,-
  • Tiket wisatawan mancanegara : Rp 50.000,-/orang, untuk hari minggu dan libur nasional 60.000,-/orang. ( tiket manca include semua fasilitas obyek+free softdrink/orang)

Harga parkir kendaraan :

  • Parkir sepeda motor : Rp 2.000,-
  • Parkir mobil : Rp 5.000,-
  • Parkir mini bus : Rp 10.000,-
  • Parkir bus besar : Rp 15.000,-

Catatan :

  1. Untuk harga Tiket Masuk sudah termasuk asuransi.
  2. Untuk rombongan dengan jumlah orang 30 maka diberi diskon 10%.
  3. Harga bisa mengalami perubahan sewaktu-waktu.

Fasilitas Wisata Ketep Pass

Ketep Pass

Nah selain pemandangan alam nan indah, tempat wisata ketep pass ini juga di bagun beberapa fasilitas dari spot untuk memandang alam maupun fasilitas edukasi antara lain.

  • Gardu Pandang
  • Restaurant atau tempat makan
  • Pelataran Panca Arga
  • Spot Teropong
  • Museum Vulkanologi yang bernama Ketep Vulcano Centre
  • Bioskop Mini bernama Ketep Volcano Theatre
  • Gazebo
  • Kamar Mandi
  • Aera Parkir
  • dll

Rute Menuju Lokasi

Rute

Tempat ini sangat mudah dijangkau, baik dengan menggunakan motor, mobil maupun bus karena di sepanjang rute yang dilewati jalan-jalan sudah beraspal mulus dan cukup lebar untuk dilalui kendaraan besar. Hanya saja kondisi kendaraan harus prima, karena harus melalui tanjakan yang curam.

Untuk menuju ke lokasi wisata, jika berangkat dari Kota Salatiga yang jaraknya sekitar 50 km, jalur yang ditempuh adalah melewati Getasan hingga sampai obyek wisata Kopeng, berlanjut ke Gablak, Pakis sebelum akhirnya tiba di tempat tujuan. Butuh waktu sekitar 1,5 jam jika kendaraan dipacu dengan kecepatan normal dan butuh konsentrasi yang tinggi.

Dan selalu waspada karena beberapa jalur yang dilalui penuh dengan tikungan dan cukup ekstrim. Rute yang hampir sama juga berlaku untuk wisatawan yang berangkat dari Kota Semarang dan Purworejo, yaitu dengan terlebih dahulu menuju Kota Magelang atau melalui Kopeng.

Perjalanan yang dimulai dari Kota Jogja bisa melewati dua jalur, yaitu jalur umum yang biasa dilewati segala jenis kendaraan dan jalur pintas yang hanya dapat dilalui motor karena ada beberapa bagian jalan yang cukup sempit. Jarak Jogja dengan lokasi wisata sekitar 45 km yang dapat ditempuh dalam waktu sekitar 1 jam dengan kecepatan normal.

Untuk yang menggunakan jalur umum, dapat menyusuri JL. Raya Jogja – Magelang dengan melewati gapura perbatasan antara Provinsi DIY dan Provinsi Jateng hingga tiba di Kota Muntilan. Setelah melewati Kota Muntilan, tepatnya di JL. Raya Jogja – Magelang Km.22, dapat Anda jumpai papan petunjuk arah menuju Candi Borobudur.

Jangan terpengaruh oleh keberadaan rambu petunjuk arah tersebut dan ikuti terus jalan yang lurus hingga tiba di Pertigaan Blabak. Di sini terdapat sebuah billboard besar yang memberitahukan arah menuju Ketep Pass berikut jaraknya yang masih sejauh 16 km.

Dengan mengikuti petunjuk arah tersebut, tidak berapa lama kemudian, Anda sudah sampai di tempat tujuan. Untuk yang memilih jalan pintas, dapat melewati jalan kecil sebelum Pasar Muntilan yang letaknya di samping Klenteng Hok An Kiong.

Ikuti terus jalan tersebut hingga melewati Pasar talun serta Jembatan Gantung dan bertemu dengan Pertigaan Kecamatan Sawangan. Di pertigaan ini Anda harus membelokkan kendaraan ke arah kanan untuk sampai di lokasi yang dituju.

Lokasi Wisata Ketep Pass Magelang

Untuk lokasi wisata Ketep pass ini  di  Jl. Ketep, Ketep Pas, Ketep, Sawangan, Magelang, Jawa Tengah. Berada di bukit Sawangan yang letaknya di tengah antara Gunung Merapi dan Gunung Merbabu. Untuk  menuju wisata Ketep pass ini bisa anda tempuh melalui berberapa daerah antara lain:

  • Dari Kecamatan Mungkid, Magelang
  • Desa Blabak, Magelang
  • Kecamatan Pakis, Magelang
  • Kota Boyolali
  • Kota Salatiga
  • Kota Jogja
  • Kecamatan Getasan, Semarang

Nah kemudian untuk rute kamu bisa menggunakan Google maps karena lokasi wisata ketep pass ini sudah ada di google maps lho. Jadi silahkan pilih titik awal kamu lalu dengan tujuan “Ketep Pass Magelang“.

Selain itu, jalan ke Ketep Pass ini cukup baik dan dimana bisa kamu lalui dengan kendaraan pribadi maupun umum, namun tetap berhati hati ya dalam perjalanan.

Baca Juga : Tempat Wisata di Magelang

Tips Wisata

  1. Datanglah sepagi mungkin agar anda melihat indahnya sunrise.
  2. Membawa baju yang tebal dan hangat.
  3. Jangan membuang sampah sembarangan.
  4. Jangan merusak barang yang ada di kawasan wisata.
  5. Taati peraturan yang telah ditetapkan pihak pengelola.
  6. Membawa budget lebih jika ingin membeli oleh – oleh.
  7. Cek kondisi kendaraan yang digunakan untuk perjalanan.

Nah demikian yang bisa saya sampaikan mengenai Ketep Pass Magelang. Semoga dapat bermanfaat. Terima kasih 

Alfian
Alfian Founder sekaligus Content Specialist di Aneka Wisata Seru yang memiliki passion menulis artikel seputar wisata terlengkap.

Kebun Raya Baturraden

Alfian Alfian
1 min read

Stone Garden Padalarang

Alfian Alfian
1 min read

Water Blaster Semarang

Alfian Alfian
2 min read