Biru Terkadang kita membutuhkan Liburan untuk mendamaikan pikiran dan hati.

Harga Tiket Masuk Curug Cibeureum Sukabumi

2 min read

Curug Cibeureum

Curug Cibeureum adalah sebuah curug yang cukup populer dan sering dikunjungi oleh para turis. Dengan memiliki keindahan pesona alam yang sangat memikat. Untuk harga tiket Curug Cibeureum memang sangatlah murah untuk kalangan para turis.

Tidak hanya turis, wisatawan domestik pun cukup banyak dan juga memang tiket masuknya cukup terjangkau dan tentunya murah. Curug Cibeureum yaitu berasal dari Bahasa Sunda adalah Ci yang artinya air sedangkan yang beureum berarti merah.

Curug ini memiliki nama tersebut karena konon katanya dahulu ada lumut merah yang melapisi tebing air terjun yang bernama Sphagnum Gedeanum. Apabila terkena sinar matahari maka akan menyalakan warna merah.

Selain itu disini juga masih banyak mitos yang dipercayai oleh masyarakat sekitar ataupun para pendaki dan wisatawan. Yang konon katanya ada orang sakti yang bertapa sangat lama dan kemudian berubah menjadi batu sampai sekarang.

Maka salah satu batu yang berada di Curug Cibeureum adalah jelmaan dari orang tersebut.

Curug Cibeureum terletak di bawah kaki Gunung Gede Pangrango. Dan juga masih termasuk kawasan Taman Nasional Gede Pangrongo Resort Selabintana.

Air terjun ini terletak di ketinggian hingga kurang lebih sekitar 1675 mdpl dan memiliki tinggi 40 meter. Dan airnya cukup jernih dan juga mengalir cukup deras dan juga tak jarang curug ini memakan korban. Sehingga anda harus selalu hati – hati apabila sedang berada di tempat wisata seperti ini.

Wahana

1. Tiga Area Air Terjun

Curug Cibeureum Sukabumi

Disini terdapat tiga area air terjun adalah Curug Cibeureum sebagai air terjun utamanya dan kedua curug lainnya adalah Curug Cikundul dan Curug Cidendeng.

Curug Cibeureum adalah sebuah curug yang paling deras diantara dua yang lainnya. Karena letaknya berada di sebelah kiri dari Curug Cidendeng. Curug Cidendeng memiliki ukuran yang lebih kecil dari air terjun utamanya, namun akan tetapi lebih tinggi.

Dan untuk yang di sebelah kiri Curug Cidendeng ada Curug Cikundaul yang air terjunnya tidak begitu jelas terlihat padahal mempunyai ketinggian hingga 50 meter.

Curug yang satu ini mempunyai akses jalan yang cukup sulit dan juga letaknya cukup jauh. Curug Cikundul tersembunyi diantara tebing maka jarang wisatawan yang mengetahui keberadaan curug ini.

2. Pondok Halimun

Curug Cibeureum Sukabumi

Pondok Halimun adalah bumi perkemahan yang berada di Curug Cibeureum dan memiliki fungsi adalah biasa digunakan oleh para pendaki kala camping ataupun bermalam menginap di sini.

Baca Juga : Curug Leuwi Hejo

3. Pos Pendakian

Adapun juga beberapa pos pendakian untuk beristirahat para pendaki. Waktu yang diperlukan untuk bisa sampai di pos pertama adalah sekitar 30 menit saja dari titik keberangkatan. Dan di sini juga sebagai pusat informasi mengenai Curug Cibeureum.

Adapun juga pos kedua yang berada di dekat Telaga Biru. Dan pos ketiga terletak di dekat pertigaan Panyancangan Kuda.

4. Telaga Biru

Curug Cibeureum Sukabumi

Telaga biru ini memberikan keindahan alam tersendiri adalah airnya berwarna biru kehijauan yang sangat mempesona untuk dilihat.

Fasilitas

  • Penginapan
  • Pos Pendakian
  • Gazebo
  • Warung Makan
  • Area Parkir Luas
  • Toilet Umum
  • Kamar Mandi (Tempat Bilasan)
  • Tempat Ibadah
  • Pusat Oleh – oleh

Lokasi

Curug Cibeureum berada di Perbawati, Cimacan, Cipanas, Sukabumi, Jawa Barat.

Untuk lokasi itu berada diatas termasuk ke daaerah administratif dari kawasan Cibodas, Cipanas Cianjur, dan juga berdekatan dengan Puncak Bogor dan Bandung. Dan termasuk dalam kawasan Taman Nasional Gede Pangrongo Resort Selabintana.

Jam Operasional

Curug Cibeureum mulai di buka pukul 08.00 WIB dan di tutup pukul 17.00 WIB setiap hari Senin s/d Minggu.

Harga Tiket Masuk Curug Cibeureum Sukabumi

TiketKategoriHarga
Tiket MasukRp. 18.000
Biaya ParkirSepeda MotorRp. 5.000
MobilRp. 10.000
BusRp. 20.000

Note :

Untuk harga tiket masuk Curug Cibeureum bisa berubah sewaktu – waktu tanpa adanya pemberitahuan terlebih dahulu oleh pihak pengelola.

Tips Wisata

  1. Berkunjung lebih baik hari biasa yaitu Senin s/d Jumat Agar tidak terlalu ramai.
  2. Datanglah di pagi hari karena bisa dengan puas mengeksplor tempat wisata ini.
  3. Anda harus menyiapkan stamina karena anda harus mendaki cukup jauh untuk bisa mencapai lokasi wisata.
  4. Memeriksa kendaraan yang akan digunakan untuk berwisata.
  5. Mengenakan alas kaki yang nyaman dipakai.
  6. Selalu berhati – hati apabila berada di wisata alam seperti ini.
  7. Selalu mejaga kebersihan dan cintai alam.

Demikian ulasan mengenai penjelasan Curug Cibeureum, Semoga dapat bermanfaat bagi pembaca. Terima kasih 

Biru
Biru Terkadang kita membutuhkan Liburan untuk mendamaikan pikiran dan hati.

Curug Cigamea Bogor

Biru Biru
1 min read

Upside Down World

Biru Biru
2 min read

Curug Ciampea

Biru Biru
2 min read
close