Goa Tabuhan Pacitan

Mungkin kamu sudah kehabisan ide berwisata kemana lagi, dan daripada bingung lebih baik kamu traveling ke Pacitan saja. karena diketahui bahwa wilayah Pacitan itu banyak mempunyai destinasi alam terutama wisata goa, yang terkenal salah satunya Goa Tabuhan.

Obyek wisata ini menjanjikan tiga keindahan berbeda, tentu keunikan yang tidak biasa. Goa Tabuhan ini mempunyai ciri khas yang menjadikannya unik yaitu jika bebatuan yang berada di dalam goa dipukul maka akan terdengar bunyi seperti bunyi gamelan.

Dan di pintu masuk goa para pengunjung disuguhkan dengan pemandangan stalakmit dan stalaktit yang menempel di goa dengan berbagai bentuk. Berdasarkan cerita yang terdengar di masyarakat, goa ini adalah tempat petilasan bekas Pangeran Diponegoro yang dipergunakan untuk bertapa. Dari sinilah pengunjung penasaran untuk mengunjunginya secara langsung.

Baca Juga : Tempat Wisata di Surabaya yang Wajib Dikunjungi

Selain itu, Goa Tabuhan termasuk tempat wisata di Pacitan yang diunggulkan, bahkan populernya mengikuti Gong Gong. Dan pada saat hari libur nasional dan akhir pekan, semakin ramai dikunjungi wisatawan, baik pelancong domestik maupun turis mancanegara. Dan tak sedikit dari mereka yang datang berasal wilayah jauh, mereka penasaran dengan keelokan goa di Pacitan ini.

Daya Tarik

Ruang Marmer

Ruang Marmer

Nah Ruangan goa ini mempunyai batuan yang berbentuk kristal kasar yang berasal dari batu kapur atau dolomit. Marmer yang murni biasanya berwarna putih yang disusun oleh mineral kalsit.

Ruang Kristal

Ruang Kristal

Ruangan ini ruang didalam goa yang terdapat stalaktit dan stalakmit menyerupai kristal yang terbentuk dari suatu padatan atom dan molekul yang tersusun secara teratur serta memiliki pola berulang melebar secara tiga dimensi.

Sendang Bidadari

Sendang Bidadari

Disini juga ada sebuah air terjun yang kolam dibawahnya sering digunakan untuk mandi para bidadari pada zaman dahulu. Jadi cukup unik bukan goa ini, sempatkan untuk berkunjung.

Ruang Bekas Konser Musik

Ruang ini ruangan bekas konser musik yang sekarang dijadikan tempat istirahat.

Pagelaran Seni Khas Goa Pacitan

Pagelaran seni di sini adalah pagelaran yang khas dari Pacitan. Kamu dapat mengetahui dan belajar mengenai seni khas Pacitan.

Fasilitas Umum

  • Lahan Parkir
  • Tempat Isirahat
  • Gazebo
  • Warung Makan
  • Area Parkir
  • Kamar Mandi
  • Toilet
  • Toko Souvenir
  • Penginapan

Harga Tiket Masuk

Harga Tiket Masuk
TiketKategoriSubjekHarga
Tiket MasukSenin – JumatAnak2Rp3.000
DewasaRp5.000
MancanegaraRp10.000
Sabtu & MingguAnak anakRp5.000
DewasaRp7.000
MancanegaraRp10.000
Pagelaran SeniWahanaRp150.000

Lokasi

Lokasi terletak di Dukuh Tabuhan, Desa Wareng, Kecamatan Punung, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, Indonesia. Tetapi jika kamu masih bingung di mana lokasi atau letak Wisata Goa Tabuhan di Pacitan saya sarankan anda mencari dengan mengetik Wisata Goa Tabuhan di Pacitan di search google maps saja.

Transportasi

Bagi wisatawan asal kota Pacitan sudah tidak bingung lagi untuk mendatangi lokasi wisata Goa Tabuhan di Pacitan. Akan tetapi bagaimana bagi wisatawan luar kota bahkan luar negeri, tentu mereka bingung dan takut kesasar. Tapi kamu tidak perlu khawatir yang dari luar kota Pacitan saya mempunyai solusinya agar anda semua tidak kesasar.

Tentunya sarana transportasi apa yang anda pakai untuk berwisata ke Goa Tabuhan di Pacitan dengan memakai kendaraan pribadi seperti : Mobil atau motor pribadi. Anda bisa meminta panduan arah ke wisata Goa Tabuhan di Pacitan di google maps yang terpasang di smartphone anda. Karena memakai kendaraan pribadi akan lebih menyenangkan dari pada memakai kendaraan umum.

Akan tetapi jika anda memakai kendaraan umum seperti : bis umum atau angkutan lainnya juga bukan masalah besar, pasalnya anda bisa berhenti di Kecamatan Punung. . Setelah itu melanjutkan dengan menggunakan ojek ataupun kendaraan pribadi anda menuju Desa Wareng hingga sampai di lokasi Wisata Goa Tabuhan tersebut.

Saran dan Tips

Saran dan tips sebelum menuju ke tempat wisata Goa Tabuhan di Pacitan.

  • Anda perlu mempersiapkan keperluan yang akan butuhkan seperti membawa bekal, air minum, dan lainnya. 
  • Jika anda membawa sampah sebaiknya membuang sampah langsung ditempat sampah yang telah disediakannya.
  • Serta beberapa barang tambahan seperti  kamera karena anda pasti ingin mengabadikan moment bersama kelurga ataupun teman – teman anda.
  • Kamu jangan lupa membawa perlengkapan kesehatan.
  • Siapkanlah fisik dan kendaraan anda supaya liburan anda berjalan dengan lancar dan aman.

Baca Juga : Tempat Wisata di Pacitan yang Wajib Dikunjungi

Demikian mengenai Goa Tabuhan yang berada di Pacitan ini. Mulai dari penjelasan, wahana, lokasi, jam operasional, harga tiket masuk, serta beberapa tips saat berkunjung.

Alfian
Founder sekaligus Content Specialist di Aneka Wisata Seru yang memiliki passion menulis artikel seputar wisata terlengkap.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *