Curug Cigamea Bogor, Pesona Keindahan Air Terjun Eksotis

Curug Cigamea – Curug Cigamea terdiri dari dua air terjun utama dengan karakter berbeda. Air terjun pertama lebih dekat dengan jalan masuk, dengan tebing curam menyerupai dinding dan didominasi bebatuan hitam. Kolam limpahan air yang berada dibawahnya tidak terlalu dalam dan luas sehingga tidak bisa digunakan untuk berenang. Sementara air terjun kedua berjarak sekitar 30 meter dari air terjun pertama dan berada di celah tebing.

Baca ini : Bukit Langit Kebumen, Indahnya Pesona Bukit Atas Awan

Keindahan Curug Cigamea

Air terjun kedua ini memiliki ketinggian sekitar 50 meter dengan aliran air yang turun semakin lebar membelah tebing bebatuan yang berwarna hitam kecoklatan serta tumpahan air yang cukup deras dibandingkan air terjun yang pertama. Kolam limpahan air yang ada di bawah air terjun kedua ini cukup luas dengan warna air yang biru kehijau-hijauan di bagian tengah kolam menandakan bagian tersebut cukup dalam, sehingga bisa digunakan untuk berenang.

Curug Cigamea

Sepintas bila dilihat dari bawah, sumber air yang berada di atas air terjun kedua ini berada sedikit di bawah air terjun pertama, padahal sebenarnya tidak. Dari hasil pengamatan mulai dari masuk lokasi ini, terlihat jelas bahwa air terjun kedua ini memiliki ketinggian yang lebih tinggi dari air trjun pertama, namun karena tertutup oleh rimbunnya pepeohonan dan adanya bagian tanah yang sedikit menjorok ke muka, praktis bagian atasnya tidak bisa dilihat saat berada di lokasi.

Kondisi jalan untuk menuju lokasi Curug Cigamea ini sudah cukup baik dengan jalan setapak yang terbuat dari batu dan tersusun dengan rapi dalam bentuk susunan anak tangga (paving block) dengan di beri pembatas pagar besi. Pada beberapa bagian jalan terdapat tempat peristirahatan seperti shelter untuk melepas rasa lelah sambil menikmati keindahan air terjun dari kejauhan. Juga di tengah-tengah perjalanan dapat Anda jumpai beberapa ekor monyet yang biasanya mendekat dan minta makanan. Menurut seorang penjaga pintu kawasan curug ini, monyet yang datang banyaknya bisa mencapai 50 ekor.

Curug Cigamea

Di area wisata ini juga terdapat tempat pembuangan sampah, wah, sangat ramah lingkungan ya, benar-benar peduli akan lingkungan sekitar wisata agar para pengunjung ikut perduli akan sampah-sampah yang berserakan di area lokasi agar membuang sampah pada tempatnya.

Aksesbilitas Curug Cigamea

Curug Cigamea berjarak lebih kurang 38 km dari kota Bogor hingga Pintu Gerbang Kawasan Wisata Gunung Salak Endah. Selanjutnya dari pintu gerbang ini berjarak lebih kurang 4 km hingga tiba di pintu masuk Curug Cigamea. Dari pintu masuk ini dilanjutkan dengan berjalan kaki menyusuri jalan setapak menuruni lembah lebih kurang 350 m atau 20 menit waktu tempuh hingga tiba di lokasi Curug Ngumpet.

Curug Cigamea

Lokasi Curug Cigamea

Terletak di Desa Gunungsari, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, Propinsi Jawa Barat.

Peta dan Koordinat GPS: 6° 41′ 40.30″ S 106° 41′ 8.48″ E

Tiket dan Parkir Tiket 

Masuk adalah Rp.3500 per orang. Sedangkan tiket masuk ke kawasan Wisata Gunung Salak Endah (GSE) adalah Rp 7000 per orang termasuk kendaraan roda dua.

Baca juga : Goa Jatijajar, Pesona Keindahan Goa terbaik di Kebumen

Demikian mengenai Curug Cigamea Bogor, Pesona Keindahan Air Terjun Eksotis nah semoga ini bisa bermanfaat untuk kalian semua, jika anda ingin bertanya tentang artikel ini, anda bisa berkomentar melalui kolom komentar dibawah ini.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *