Destinasi Wisata Curug Ciampea Green Lagoon Bogor Spot Indah

Curug Ciampea – Bogor merupakan sebuah daerah yang kaya akan wisata alamnya. Hal ini tak lepas dari tropografinya yang dipenuhi oleh pegunungan. Di kota hujan tersebut kamu bisa menemukan banyak air terjun, salah satunya adalah curug ciampea. Tempat ini terbilang wisata baru di Bogor dan lagi ngehits belakangan ini. Suasana disini sangat sejuk dengan pemandangan alam yang menyegarkan mata, cocok untuk kamu yang ingin menenangkan diri dari hiruk pikuk kota. Curug ciampea memiliki nama lain cipata, dan warga setempat menyebutnya dengan green lagoon.

Sebenarnya lokasi ini berdekatan dengan Curug Luhur, Curug Cipeuteuy, serta Curug Sawer. Namun yang terkenal justru Ciampea ini. Air terjun super bening ini memang maklum kalau paling terkenal. Di lokasi curug ciampea ini kamu bisa menikmati pesona alam dengan udaranya yang bersih dan airnya yang super jernih. Itulah alasan mengapa warga setempat menyebutnya sebagai blue lagoon. Airnya yang begitu bening membuat para pengunjung bisa menjadikanya menjadi spot underwater. Datanglah pagi pagi hari, agar bisa menikmati jernihnya air curug ciampea secara leluasa. Jangan lupa bawa action kamera agar mendapatkan foto menarik di spot underwater tersebut.

  • Lokasi: Tapos I, Tenjolaya, Bogor, Jawa Barat 16370 
  • Harga Tiket Masuk: Rp 20.000 per orang 
  • Buka/Tutup: 07.00 – 17.00 WIB

Kegiatan di Curug Ciampea

Curug Ciampea

River trekking atau menelusuri air sungai adalah kegiatan lain yang bisa dilaukan di sini. Anda akan menjumpai beberapa curug memukai ketika melakukan trekking. Silakan menceburkan diri jika ingin menikmati kesegaran air di tubuh Anda. Selain itu, Anda juga bisa cliff jumping di Green Lagoon. Ini karena kedalaman kolam yang memungkinkan Anda melakukannya. 

Asalkan tetap berhati-hati dan dan mengutamakan keselamatan. Selanjutnya adalah berkemah. Kawasan ini dikelilingi oleh hutan pinus yang cukup rindung. Anda bisa mendirikan tenda tapi lebih ke arah Curug Putri. Silakan pasang hammock di dekat curug untuk bisa melakukan selfie kekinian yang hits.

Fasilitas yang Tersedia

Curug Ciampea

Pengelolaan makin hari makin baik dilakukan. Waktu awal kawasan ini diperkenalkan belum ada fasilitas apapun, bahkan masih bebas. Namun saat ini sudah ada fasilitas mumpuni yang bisa pengunjung nikmati. 

Toilet dan ruang ganti sudah disediakan sehingga Anda tak perlu khawatir mengganti pakaian kering setelah berendam, menyelam, dan bermain air di Green Lagoon. Jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan setelah memakainya.

Harga Tiket Masuk

Wisata indah yang ada di bogor ini sudah ada pihak yang mengelola. Sudah ada pengelola biasanya sudah ada tarif masuk yang dipatok. Apalagi fasilitas sudah mulai ditambah. Anda perlu menyiapkan uang sebesar Rp 20.000 sebagai tiket masuk per orang menuju Curug Ciampea dan Green Lagoon. Harga tiket masuk ini sudah termasuk dengan asuransi. Selain itu, untuk kendaraan persiapkan Rp 5.000 per kendaraan untuk biaya parkir.

Tips Berkunjung Curug Ciampea

Curug Ciampea

Jadi kawasan indah ini akan sayang sekali jika para pengunjung tak ikut menjaga dan merawatnya. Setidaknya jangan buang sampah sembarangan ataupun melakukan tindakan yang merugikan kawasan wisata. Apalagi kejernihan air di Green Lagoon ini sangat menyejukkan. 

Berikan kesempatan kepada para pengunjung selanjutnya agar bisa menikmati keindahan surga dunia tersembunyi di Bogor ini. Jangan lupa untuk membawa pakaian ganti. Anda tak akan mampu menahan godaan air jernih nan bening untuk terbasuk di badanmu. Apalagi kesegarannya sangat seru untuk Anda setelah berjalan sepanjang 1,5 kilometer menuju kawasan.

Baca Juga : Tempat Wisata di Blitar yang Paling Bagus Dan Hits

Rute Menuju Curug Ciampea

Akses atau jalan menuju Curug Ciampea memang agak suit. Kamu harus menerobos bukit dengan lebatnya pepohonan. Untuk itu sebaiknya jangan datang sendirian, ajaklah keluarga atau teman teman. Pertama tama kamu harus menuju desa Tenjolaya terlebih dahulu. Karena curug ciampea belum tercantum di GPS, kamu bisa mencari curug luhur dulu sebagai patokan. Sebab jalurnya sama dengan jalan menuju curug ciampea. Jadi, setelah curug luhur kamu akan menemui persimpangan, ambilah kearah kiri atau arah curug ciputri. Tanahnya cukup licin dengan bebatuan yang memenuhi jalan.

Bagi kamu yang suka berpetualang, rute menuju curug ciampea ini menciptakan tantangan tersendiri. Melewati jalan tersebut, kamu akan menemukan lapangan disebelah kiri dan sebuah jalan disebelah kananya. Jalan tersebut adalah jalan yang akan kamu telurusi selanjutnya. Jalanan berkelok dan naik turun akan menemanimu sampai di lokasi curug ciampea. Jika kebingungan, jangan ragu untuk bertanya pada warga setempat.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *