8 Air Terjun di Probolinggo yang Paling Indah Dan Mempesona

Air Terjun Probolinggo – Mungkin kamu bosan dengan tempat wisata di daerah kota? dan tentunya ingin menikmati wisata alam yang dapat membuatmu menghilangkan rasa stres, tentu saja ada. Nah, mungkin mengeksplor keindahan seperti air terjun mungkin patut buat di coba.

Karena objek wisata yang masih melekat erat dengan alam ini bisa memberikan sensasi berbeda untuk kamu para traveller sejati, lewat perpaduan gemericik airnya dan pemandangan rimbun di sekitarnya Selain itu,, mencari air terjun cantik bukanlah hal sulit di Indonesia karena hampir seluruh daerah di bumi nusantara ini sudah tersebar segudang curug eksotis, tidak terkecuali dengan Probolinggo.

Baca Juga : Tempat Wisata di Situbondo yang Paling Bagus Dan Hits

Air Terjun di Probolinggo Paling Indah

Nah, supaya kamu tak kesusahan mencari wisatanya, kami akan merangkumkan 8 air terjun di Probolinggo yang paling indah dan juga paling mempesona dan tentunya juga paling layak untuk dikunjungi.

1. Air Terjun Umbulan

Air Terjun Umbulan

Air terjun umbulan ini memilki view yang sangat indah namun masih belum banyak para wisatawan yang datang kesini dikarenakan kurang dikelola, selain dari maysarakat sekitar juga tidak adanya dukungan oleh pemerintah daerah. lokasi air terjun umbulan ini tidak jauh dari air terjun madakaripura -+15 menit.

Air Terjun Umbulan ini memilki pemandangan yang indah dan masih alam karena masih belum banyak wisatawan yang datang, air yang keluar dari air terjun umbulan ini adalah sumber mata air masyarakat Se-Sukapura, baik untuk kebutuhan mandi, Cuci dan untuk masak, karena masih alami dan masih sangat jernih.

2. Air Terjun Madakaripura

Air Terjun Madakaripura

Air terjun madakaripura memiliki ketinggian kurang lebih 1.000 mdpl. dengan ketinggian ini, membuat suasana di sekitar air terjun begitu sejuk dan teduh. Siapa pun akan terhipnotis dengan nuansa yang berbeda dari air terjun yang lainnya.

Uniknya lagi, air terjun ini berbentuk gua dengan ketinggian kurang lebih 200 meter. Dan memiliki luas kurang lebih 25 meter. Air terjunnya pun melingkar. Nah, sebelum menuju air terjun utama, wisatawan akan disambut dengan 4 air terjun. Dimana, salah satunya berbentuk seperti sebuah rongga.

Disekitar air terjun terdapat sebuah pemandangan hijau yang menawan. Pemandangan hijau ini ada lantaran banyaknya air yang turun dari atas ke bawah. Sungguh, tempat yang mungkin cocok dijadikan sebagai tempat untuk mengambil foto dan gambar.

Alamat: Sapih, Branggah, Lumbang, Probolinggo, Jawa Timur 67183

3. Air Terjun Kedung Amis

Kedung Amis

Air terjun Kedung Amis terletak tepat sebelum masuk ke area Air Terjun Watu Lawang. Aliran air dari Air terjun Kedung Amis selanjutnya terbelah menjadi dua, yakni ke kiri yang mengarah ke Air Terjun Watu Lawang dan ke kanan yang mengarah ke Air Terjun Sumber Pakis II.

Tempat ini sangat indah dan bisa memberikan sensasi yang berbeda dengan aktivitas kita sehari-hari. Wisata Air Terjun Kedung Amis di Probolinggo memiliki pesona keindahan yang sangat menarik untuk dikunjungi.

4. Air Terjun Watu Lawang

Watu Lawang

Dinamakan Air Terjun Watu Lawang dikarenakan tempat wisata alam ini berada di antara kanan dan kiri tebing tinggi. Pada saat akan memasuki tempat ini kita akan menemukan semacam pintu masuk yang orang Jawa menyebutnya dengan “Lawang” sehingga masyarakat sekitar menamakannya “Watu Lawang”.

Destinasi wisata ini memang belum banyak diketahui keberadaannya oleh para wisatawan. Tempat wisata ini berlokasi di Desa Ngepung, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur.

Alamat: Petungsari, Ngepung, Sukapura, Probolinggo, Jawa Timur 67255

5. Air Terjun Hyang Darungan

Air Terjun Hyang Darungan

Air terjun yang bernama lengkap Air Terjun Hyang Darungan ini berlokasi di Desa Bremi, Kecamatan Krucil, Kabupaten Probolinggo, Provinsi Jawa Timur.

Bisa ditempuh sekitar 1 jam perjalanan dari Probolinggo dengan kendaraan bermotor dan diteruskan dengan berjalan kaki selama 1 jam melalui area Perkebunan Kopi Aeng Dingin di lereng barat Pegunungan Argopuro.

6. Air Terjun Kali Pedati

Air Terjun Kalipedati

Air Terjun Kali Pedati memiliki ketinggian sekitar 20 m dan masih berada di Kawasan Wisata Bremi di lereng Gunung Argopuro. Keberadaan air terjun ini di atas (ke arah hulu) Air Terjun Darungan dengan debit kucuran air yang lebih besar dan lebih tinggi.

Jarak tempuh dari Ranu Agung Resort dengan kendaraan bermotor berkisar 1,5 jam ditambah jalan kaki selama 1 jam dengan menyisir daerah sepanjang aliran Sungai Pedati yang terkenal dengan tebing-tebing batuan vertikal.

Alamat: Kali Pedati, Kalianan, Krucil, Probolinggo, Jawa Timur 67288

7. Air Terjun Sumber Pakis II

Air Terjun Sumber Pakis II

Berada satu jalur dengan air terjun Watu Lawang. Di desa Ngepung, Kec. Sukapura. Air terjun Sumber Pakis II letaknya berdekatan dengan air terjun Triban & air terjun Kedung Amis. Dari air terjun Kedung Amis nanti terdapat 2 aliran sungai, yang ke kiri ke air terjun Watu Lawang, sedangkan yang ke kanan ke air terjun Sumber Pakis II.

8. Air Terjun Triban

Air Terjun Triban

Air Terjun Triban terletak di desa Ngepung. Jika berangkat dari Surabaya menuju Bromo lewat Madakaripura, desa Ngepung tidak akan dilewati. Ngepung hanya akan dilewati oleh kendaraan yang berasal dari terminal Bayuangga Probolinggo.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *