11 Air Terjun di Blitar yang Bikin Kamu Terpesona Keindahan Alami

Air Terjun di Blitar Blitar menempati wilayah di pesisir selatan Pulau Jawa. Sama seperti tetangga-tetangganya, ada banyak destinasi bernuansa alam yang dapat didatangi. Soal keindahan alamnya, Kabupaten Blitar memang boleh berbangga. Laut, gunung, bukit, hutan, air terjun dan masih banyak lagi objek wisata yang ada di Bumi Laya Ika Tantra Adi Raja.
Selain itu, ada banyak sekali air terjun cantik nan eksotis di Blitar, baik yang sudah dikelola secara profesional maupun bersifat alami. Dan kali ini, kami secara khusus akan membahas seputar deretan air terjun di sekitar kota Blitar yang bagus buat di kunjungi terutama bagi mereka pecinta alam tersembunyi. simak berikut dibawah ini.
1. Air Terjun Lawean
Air Terjun Lawean
Air terjun dengan beberapa aliran yang mengalir di bebatuan dan tanaman yang rambat ini memiliki keunikan tersendiri. Selain tempatnya yang relatif teduh, hawa dingin juga akan terasa ketika mendekati air terjun ini. Ditambah lagi dengan air yang begitu jernih mengalir di sungai berbatu dan memiliki kesegaran tersendiri. Tidak perlu berjalan jauh untuk sampai di tempat ini, hanya membutuhkan jalan kaki sekitar 100 meter.
2. Air Terjun Tirto Galuh
Air Terjun Tirto Galuh
Selain dikenal dengan Kedung Malang, awalnya tempat ini dikenal dengan nama Tirto Galuh. Wisata populer di Blitar ini terdiri dari susunan bebatuan di sungai yang membentuk air terjun ini memang menawarkan keindahan tersendiri. Tidak heran kalau banyak yang datang ke sini. Sangat tidak disaranakn untuk datang ke tempat ini ketika daerah sini hujan deras, takutnya akan ada air bah / banjir bandang yang bisa datang sewaktu-waktu. 
Selain itu waktu paling tepat untuk datang ke tempat ini adalah pagi hari, kenapa kok pagi hari? Karena belum banyak orang yang datang sehingga anda bisa mendapatkan foto yang bagus karena lokasinya benar-benar sepi ketika pagi.
3. Air Terjun Grenjeng
Air Terjun Grenjeng
Selanjutnya objek wisata Grenjeng ini bisa dikatakan cukup unik karena bukan berada di sekitar perbukitan kapur melainkan sebuah tebing breksi yang sangat jarang ditemukan di wilayah tersebut. Meski rute menuju lokasi harus naik turun bukit tapi destinasi wisata terbaru ini cukup hits. Terbukti dari banyaknya wisatawan datang berkunjung ke area tersebut hanya untuk berburu foto ataupun gambar ciamik. Selain untuk berfoto ria, di kawasan yang dekat ke curug Bidadari tersebut Sahabat JejakPiknik juga dapat menikmati segarnya air terjun Grenjengan.
4. Air Terjun Sirah Kencong
Air Terjun Sirah Kencong
Air terjun Sirah Kencong yang satu ini terletak di Desa Ngadirenggo, Kecamatan Wlingi, Kabupaten Blitar. Sama seperti wisata air terjun sebelumnya, akses menuju lokasi ini juga cukup menantang karena harus berjalan kaki melewati hutan belantara. Lokasinya yang tersembunyi menyebabkan wisata ini masih cukup asri. Ketika sampai di air terjun ini, traveler akan berjumpa dengan kesejukan. Benar, itu karena lokasi air terjun ini berada di lereng Gunung Kawi. Selain menyajikan keindahan sunrise yang sanggup menarik perhatian seorang sutradara holywood, daerah perkebunan Siri Kencong juga menyuguhkan panorama indah air terjun.
5. Air Terjun Jurug Bening
Jurug Bening
Air Terjun Jurug Bening ini memang memiliki keindahan yang sangat luar biasa dibandingkan air terjun lainnya, air terjun yang satu ini juga letaknya di dekat pedesaan namun sangat masuk kedalam. Bagi kamu yang ingin ke air terjun ini lebih baik baca dulu apa saja yang perlu disiapkan. Jangan sampai nantinya kamu menyesal bila berkunjung ke Air Terjun Jurug Bening ini.
Bagi kamu yang ingin berkunjung ke tempat wisata yang satu ini kamu harus tahu beberapa spot foto yang dapat menghasilkan foto yang keren. Ada beberapa spot foto yang sangat banyak diminati pengunjung disini, salah satunya adalah di bagian depan air terjun tersebut, selain itu kamu juga bisa berfoto dengan latar belakang pemandangan yang indah.
6. Grojogan Coban Wilis
Coban Wilis
Air terjun Coban Wilis mempunyai ketinggian sekitar 100 meter, air terjun ini memiliki pemandangan alam yang indah dan cantik Dihiasi dengan dinding bebatuan yang dialiri air terjun berkilauan dibawah matahari dan hijaunya lumut, membuat pesona objek wisata ini semakin nampak sangat cantik. 
Ditambah lagi, pepohonan rindang di sekitar area tersebut menyuguhkan udara yang sangat sejuk dan segar serta bebas dari polusi. Meskipun hanya dilengkapi area parkir serta toilet dan memiliki medan berbatu juga berkelok-kelok tapi panorama terbagus yang disuguhkan Coban Wilis ini wajib banget untuk diabadikan.
7. Air Terjun Ondo Rante
Air Terjun Ondo Rante
Air terjun ondorante merupakan air terjun yang agak berbeda dengan kebanyakan air terjun yang ada diwilayah Kabupaten Blitar. Biasanya air dari air terjun itu cenderung dingin dan sejuk, tapi di air terjun ondorante airnya malah terkesan hangat, ini dikarenakan sumbar dari mata air nya berasal dari sumbar pemandian air hangat di Puncak Gunung Kelud.
8. Kedung Manten
Kedung Manten
Air Terjun Kedung Manten sendiri memiliki 2 tingkat yang masing-masing punya julukan tersendiri. Disetiap tingkatan terdapat seperti kolam bundar yang biasa dijuluki KEDUNG, kealamian airnya pun bisa dibuktikan dengan warna air kehijau hijauan. Kedalaman kolam air terjun ini tidak ada yang tau sampai saat ini, warga sekitar pun juga tidak tau.
9. Tundosewu
Tundosewu
Air Terjun Tudo Sewu terletak jauh di dalam hutan Salamrejo, Desa Resapombo, Kec. Doko, Kab. Blitar. Vegetasi hutannya sangat rapat sehingga diperlukan kecermatan untuk menemukan rute yang tepat. Air Terjun Tundo Sewu menyuguhkan pemandangan yang memukau. Hal tersebut semakin disemarakkan oleh suasana lingkungan di sekitarnya yang masih alami. Tundo Sewu sebenarnya merupakan komplek yang terdiri dari beberapa air terjun.
10. Jurug Tumpuk
Jurug Tumpuk
Jurug ini memang bertingkat. Bahkan kerennya tingkatannya sampai tiga sap. Aliran air dari tingkat pertama dimanfaatkan warga setempat untuk mengairi ladang. Sisa air selanjutnya mengalir berturut-turut dari tingakat dua ke tingkat terakhir. Jika kita berada tepat dibawah air terjun, tingkat pertama akan sedikit sulit terlihat. Spot yang paling bagus untuk menyaksikan air tejun ini secara utuh adalah dari sebuah batu raksasa di depan air terjun.
11. Pantai Umbul Waru
Pantai Umbul Waru
Pantai ini terletak di Desa Sidomulyo, Kecamatan Bakung, Kabupaten Blitar. Pantai ini sangat unik karena memiliki air terjun yang mengalir dari atas bukit menuju ke Samudra Hindia. Akses menuju lokasi pantai ini cukup sulit karena traveller harus melalui jalanan terjal dan sempit. Apabila kalian akan menuju ke sana, kami rekomendasikan untuk menyiapkan perbekalan yang cukup.
Jika kamu sudah puas berkunjung tempat wisata diatas, kamu juga masih bisa menjelajah beberapa tempat menarik lainnya yang ada di sekitar Blitar di web ini.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *