32 Tempat Wisata di Cianjur yang Paling Bagus

Tempat Wisata di Cianjur - Sudah sejauh apa Anda menjelajah Indonesia? Anda lebih suka liburan ke luar negeri atau berkeliling negeri sendiri? Dari Sabang sampai Merauke, Indonesia bagai hamparan permadani dengan keindahan alam yang luar biasa. Mulai dari kekayaan alam bawah laut sampai gugusan pegunungan, Indonesia adalah juaranya. Nah pada kesempatan kali ini Aneka Wisata Seru akan membahas mengenai tempat wisata di Cianjur yang Paling Bagus untuk dikunjungi.

Cianjur merupakan salah satu daerah yang masuk kategori jarang tersebut. Meskipun memang, wisata dengan nuansa alam pegunungan masih menjadi andalan di Cianjur. Wisata pantai di Cianjur berada di wilayah bagian selatan yang berbatasan dengan Samudra Hindia. Secara garis besar, potensi wisata di Cianjur lebih didominasi oleh wisata bernuansa alam pegunungan. Gunung Gede-Pangrango, duo gunung yang menjadi idola para pendaki di Jawa Barat, sebagian wilayahnya juga masuk Kabupaten Cianjur.

Baca ini : Tempat Wisata di Puncak Bogor Terbaru Yang Paling Bagus

Tempat Wisata di Cianjut yang paling Bagus
Jika anda sedang merencanakan perjalanan liburan ke Cianjur atau kebetulan sedang ada tugas di Cianjur dan ingin mengunjungi beberapa tempat wisata di akhir pekan, berikut ini adalah referensi yang bisa anda kunjungi.

1. Tempat Wisata Kebun Raya Cibodas Cianjur
Kebun Raya Cibodas
Tempat wisata kebun raya cibodas merupakan sebuah taman yang indah yang berada diarea seluas 80 hektar, sebenarnya tempat ini sudah sejak lama dikenal bahkan sampai mancanegara sehingga tak heran jika banyak wisatawan asing yang berkunjung ke objek wisata yang juga dijuluki Taman Firdaus di Asia ini. Di kebun raya cibodas pengunjung akan disuguhkan pemandangan alam yang sungguh indah dengan suasana yang sejuk karena kebun ini termasuk Botanical Garden yang artinya terdapat banyak koleksi pepohonan dengan berbagai jenis dan variant, hingga saat ini terdapat ratusan koleksi tumbuhan mulai dari yang muda sampai tua dan tercatat terdapat 5.831 tanaman dari 1.206 jenis tanaman yang berada di kebun ini.

Kebun raya cibodas sendiri berada di alamat Jl. Kebun Raya Cibodas, Kelurahan Sindanglaya, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat yang tentunya sayang untuk dilewatkan apabila kamu sedang berada di bogor karena selain dapat melihat keindahan alam disana juga terdapat lokasi yang banyak diminati oleh pengunjung seperti Rumah Kaca (Green House) yang didalamnya terdapat beragam jenis tumbuhan kaktus, anggrek dan tanaman langka lainnya yang langka ditemukan.

Selain rumah kaca tersebut terdapat juga lokasi menarik lainnya seperti Jalan Araucaria (Auracarua Avenue), Air Terjun Cibodas, Sungai, Lokasi Lanskap, Kebun Pohon Sakura, Air Mancur dan Danau. Selain lokasi menarik yang disajikan kebun raya cibodas, disana juga disediakan banyak fasilitas yang bisa digunakan oleh pengunjung seperti area parkir luas, ruang informasi, area bermain untuk anak-anak, Musholla, MCK umum, shelter, pendodo, theater alam terbuka dan juga camping ground yang luas.

2. Tempat Wisata Pantai Jayanti Cianjur
Pantai Jayanti Cianjur
Pantai Jayanti menjadi tempat wisata di Cianjur yang selanjutnya. Sebenarnya pantai ini bukan yang paling favorit, masih ada tempat wisata favorit lainnya. Pantai Jayanti memiliki keindahan yang menawan dan menarik sekali untuk kita kunjungi, pantai ini berdampingan dengan Cagar Alam Bojonglarang serta pelabuhan nelayan. Pantai ini masih sangat alami atau natural dengan ombak yang indah dan tiupan angin yang perlahan-lahan dapat menambah nyamannya suasana ketika sedang berekreasi di pantai Jayanti.

Lokasinya di kecamatan Cidaun. Yang berjarak sekitar 140 km dari Kota Cianjur. Lokasi tepatnya pantai ini ada di Desa Cidamar, Kecamatan Cidaun, Cianjur selatan, Jawa Barat, Pantai Jayanti bisa ditempuh dari Kota Cianjur dan Bandungmelalui dua ruas jalan, yakni ruas jalan Kota Cianjur-Sindangbarang – Cidaun dan Bandung – Ciwidey – Naringgul – Cidaun. bagaimana indah bukan, pantai jayanti ini.

3. Tempat Wisata Curug Citambur Cianjur
Curug Citambur Cianjur
Curug atau air terjun Citambur menjadi salah satu objek wisata alam di Cianjur yang paling terkenal. Meskipun akses jalan ketempat yang menakjubkan ini cukup sulit. Akan tetapi semua akan terbayarkan ketika akan terbayarkan ketika Anda telah memasuki kedalam kawasannya. Hamparan tebing yang menjulang tinggi yang dihiasi dengan hembusan jutaan volume air terjun bebas menambah pesona keindahan. Menurut warga setempat dan pemerintah bahwa curug ini memiliki ketinggian kurang lebih sekitar 130 meter. Sedangkan semburan uap airnya sangat deras dari jarak 50 meter.

Curug ini lokasinya berada di daerah Cianjur bagian Selatan. Tempatnya bertepatan di Desa Karang Jaya, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Cianjur, Propinsi Jawa Barat.Untuk bisa diaksesnya Anda dapat menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat. Akan tetapi di beberapa tempat saat hampir sampai di Curug Citambur jalanan akan semakin rusak parah dan berbatu. Sehingga hal tersebut menyarankan kepada Anda agar tak menggunakan mobil pendek atau sedan.

Agar para pengunjung dapat menikmati keindahan alam ini, Anda hanya perlu mengeluarkan biaya yang murah sekali. Tarif tiket masuk yang dikenakan hanya sebesar 3.000 rupiah saja per orang. Sedangkan untuk kendaraan bermotor dikenakan biaya parkir sebesar 2000 rupiah setiap motornya. Kemudian untuk kendaraan roda empat dikenakan biaya sebesar 5000 rupiah setiap mobil.

4. Tempat Wisata Istana Presiden Cianjur
Istana Presiden Cianjur
Istana presiden di Cipanas merupakan menjadi salah satu destinasi wisata di Cianjur yang tidak boleh kita lewatkan. Istana ini memiliki sejarah panjang, dibangun pada 1740 oleh Van Heuts yang di bangun diatas tanah seluas 25 hektar. Jarak istana cipanas sekitar 105 Km dari kota Jakarta, lokasi istana ini ada di kaki Gunung Gede, sehingga membuat hawa sejuk dan nyaman untuk dikunjungi.

Istana Cipanas berjarak sekitar 16 KM jika dari pusat Kota Cianjur. Walau sekarang sudah tidak terpakai lagi, namun Istana Cipanas masih terpelihara dengan baik. Pemandangan yang ada di sekitar istana seperti tumbuh-tumbuhan, sayur-sayuran, buah-buahan serta tanaman hias yang memberikan nuansa dan suasana asri. Istana megah ini dapat dikunjungi secara umum namun harus mendapatkan izin khusus dari Sekretaris Negara.

5. Tempat Wisata Gunung Gede Pangrango
Gunung Gede Cianjur
Untuk anda yang pecinta wisata alam, mendaki gunung gede menjadi salah satu aktivitas wajib di Cianjur, Hampir pada setiap pekan, ada para pencinta alam yang ingin mencoba untuk mendaki puncak Gunung Gede yang tingginya kurang lebih 3000 meter ini. Puncaknya bisa dilihat dengan jelas dari Cibodas Kecamatan Pacet. Gunung Gede berada dalam ruang lingkup Taman Nasional Gede Pangrango, yang merupakan salah satu dari lima taman nasional yang pertama kali diumumkan di Indonesia pada tahun 1980.

Gunung ini berada di wilayah tiga kabupaten yaitu Kabupaten Bogor, Cianjur dan Sukabumi, dengan ketinggian 1.000 – 3.000 m. dpl, dan berada pada lintang 106°51′ – 107°02′ BT dan 64°1′ – 65°1 LS. Suhu rata-rata di puncak gunung Gede 18 °C dan di malam hari suhu puncak berkisar 5 °C, dengan curah hujan rata-rata 3.600 mm/tahun. Gerbang utama menuju gunung ini adalah dari Cibodas dan Cipanas.

6. Tempat Wisata Telaga Biru Cianjur
Telaga Biru Cianjur
Telaga Biru merupakan salah satu objek wisata yang ada di kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Terletak sekitar 1,5 Km dari gerbang Taman Nasional Gunung Gede Pangrango dengan waktu tempuh sekitar setengah jam perjalanan. Perjalanan menuju Telaga Biru juga merupakan jalur pendakian ke puncak Gunung Gede dan Gunung Pangrango selain searah menuju air terjun/curug Cibeureum.

Berjarak 85 km dari Bandung, Taman Nasional Gunung Gede Pangrango merupakan tempat yang ideal untuk “kabur” dari keramaian kota. Taman nasional ini terdiri dari dua gunung kembar (Gede dan Pangrango), Telaga Biru yang memesona, rawa, serta air terjun. Warna danau atau telaga tersebut dapat berubah-ubah secara dramatis antara biru, hijau bahkan terkadang coklat kemerahan akibat siklus tanaman yang hidup di dalamnya.

7. Tempat Wisata Kandang Batu dan Kandang Badak Cianjur
Kandang Batu dan Kandang Badak
Bagi anda yang ingin melihat hewan langka Badak, tempat wisata di Cianjur Jawa Barat ini sangat pas untuk anda tentunya. Tempat wisata ini berada pada ketinggian sekitar 2.220 mdpl. Dari Cibodas sendiri, Kandang Badak berjarak sekitar 7,8 km dengan lama tempuh perjalanan 3,5 jam.

8. Tempat Wisata Air Terjun Cibeureum Cianjur
Curug Cibeureum Cianjur
Curug Ciberueum memiliki karakteristik aliran air yang cukup deras namun tidak terlalu tinggi, ditambah dengan jernihnya air yang mengalir dan segarnya udara sekitar menjadikan wisatawan betah beralama-lama disini. Tak hanya itu saja, Curug Cibeureum sendiri sebenarnya terdiri dari tiga air terjun, yaitu Curug Cibeureum yang menjadi air terjun utama dan dua air terjun lainnya bernama Curug Cidendeng dan Curug Cikundul.

Curug Cibeureum terletak paling kiri dengan aliran air paling deras dan paling pendek, di kanan Curug Cibeureum adalah Curug Cidendeng dengan ukuran lebih langsing dan lebih tinggi, dan disamping Curug Cidendeng (paling kanan) merupakan Curug Cikundul, lokasinya yang tersembunyi diantara tebing menjadikan tidak banyak wisatawan yang mengunjungi air terjun tersebut.

9. Tempat Wisata Gunung Padang Cianjur
Gunung Padang Cianjur
Gunung pada bukan tempat wisata di Padang, namanya saja yang ada padangnya, tapi bukan kota padang yang ada di Sumatera Berat, melainkan sebuah situs peninggalan zaman dahulu yang ada di Gunung Padang, Desa Karyamukti, Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur. Objek wisata sejarah ini merupakan sebuah situs megalitik yang berbentuk punden berundak terbesar di Asia Tenggara.

uas dari bangunan purbakalanya mencapai 900 m2 dengan luas areal situs sekitar 3 hektar. Balok-balok batu berserakan di mana-mana, berpusat di gunung yang berusia sangat tua sekali. Tidak hanya di sana tetapi juga di pesawahan, di sekitar rumah-rumah penduduk, bahkan diperkirakan masih tak terhitung jumlahnya tertanam di bawah bukit dan tanahnya yang amat subur. Lokasi situs ini berada di ketinggian 885 m dpl.

Alamat: Jl.Alternatif Cibubur, Karyamukti, Campaka, Karyamukti, Campaka, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat 43215.

10. Tempat Wisata Alun-alun Suryakencana Cianjur
Alun-alun Suryakencana
Satu lagi lokasi yang indah dan tidak boleh anda lewatkan di Gunung Gede, Alun-alun Suryakencana. Dataran seluas 50 hektar yang ditutupi hamparan bunga edelweiss. Berada pada ketinggian 2.750 m. dpl dengan jarak 11,8 km atau 6 jam perjalanan dari Cibodas. Musim yang terbaik untuk mengunjungi wisata ini adalah bulan Juni s/d September.

Nah untuk mencapai lokasi taman nasional Gunung Gede anda bisa melalui rute: Jakarta-Bogor-Cibodas dengan waktu sekitar 2,5 jam (± 100 km) menggunakan mobil, atau Bandung-Cipanas-Cibodas dengan waktu 2 jam (± 89 km), dan Bogor-Selabintana dengan waktu 2 jam (52 km).

11. Tempat Wisata Kota Bunga Cianjur
Kota Bunga Cianjur
Kota Bunga adalah kawasan Villa Estate terbaik di wilayah Puncak / Cipanas – Cianjur, Jawa Barat, berjarak kurang lebih 80 Km dari Ibu Kota, Jakarta. Berbagai Fasilitas Umum terdapat didalamnya, antara lain: Kolam renang, kolam pancing, lapangan tenis, little venice (danau dengan berbagai fasilitas rekreasi danau), arena fantasi (tempat bermain anak-anak), sewa kuda dll.

Dimusim-musim liburan sangat ramai dikunjungi orang, bukan saja para pemilik villa yang hendak berlibur, tetapi juga banyak pendatang yang ingin menikmati fasilitas umum yang tersedia. Harga tiket masuk Kota Bunga gratis.

Salah satu hal menarik yang ada di sini adalah adanya “Little Vience” atau yang biasa disebut dengan cerminan kota Venesia. Di tempat tersebut Anda bisa berkeliling dengan menggunakan cano. Selain Little Vience, di Kota Bunga juga terdapat permainan anak-anak dan tempat sewa menunggang kuda.

12. Tempat Wisata Alam Gunung Mas Cianjur
Gunung Mas Cianjur
Agro wisata gunung mas merupakan salah satu perkebunan teh terluas di wilayah Jawa Barat. Area ini dikelilingi oleh pebukitan nan subur. Anda akan disuguhi pemandangan yang memukau saat melakukan tea walk di antara perkebunan teh yang menghijau di pagi hari. Para pemetik daun teh bercaping sesekali terlihat dan menyapa Anda dengan ramah.

Menginap di Agro Wisata Gunung Mas merupakan pengalaman yang mengasyikkan untuk refreshing dan menenangkan pikiran bagi Anda yang sudah berkeluarga maupun bersama rekan-rekan. Berbagai fasilitas dan sarana berwisata disediakan, seperti bungalow dalam berbagai tipe, kamar VIP, ruang pertemuan, tea corner, restoran, kolam pemancingan, dan penyewaan sepeda. Selain itu terdapat museum teh, flying fox, wisata berkuda serta pemandu wisata untuk memandu Anda berjalan-jalan menelusuri kebun teh.

13. Tempat Wisata Waduk Cirata di Cianjur
Waduk Cirata Cianjur
Bukan hanya wisata kolam renang Cianjur yang terkenal, tapi wisata waduknya pun tidak kalah menarik. Inilah Waduk Cirata, wisata lain yang jangan sampai anda lewatkan. Meskipun bernama waduk, yang akan anda temukan bukanlah waduk yang kecil.

Akan tetapi anda bisa temukan sebuah waduk yang sangat luas. Berfungsi sebagai pusat pembangkit listrik, waduk ini juga dibuka sebagai tempat wisata yang banyak diminati orang. Anda yang ingin melihat keindahan waduk bisa menyewa kapal. Untuk masuk ke tempat wisata ini pun sangat murah. Anda hanya harus keluarkan ongkos parkir saja.

14. Tempat Wsiata Danau Leuwi Soro Cianjur
Danau Leuwi Soro Cianjur
Surga kecil yang berada di kawasan cianjur kecamatan Pagelara. Danau ini merupakan sebuah danau yang bersih dan bening serta di hiasi pepohonan yang asri. Suasana sejuk dan nyaman membuat anda betah disini. Harga tiket masuknya pun sangat murah hanya Rp. 5000 / per orang Tempat wisata ini memang sangat murah, meriah dibandingkan dengan wisata lainnya, Harga masuknya Rp. 4.500/per orang. Namun jaraknya cukup jauh sekitar 8KM dari pusat kota cipanas.

15, Tempat Wisata Tirta Jangari Cianjur
Waduk Jangari Cianjur
Sebuah obyek wisata Tirta yang terletak di genangan waduk Cirata yang cukup luas dan indah, terletak di desa Bobojong Kec. Mande, Berjarak sekitar 18 km dari Kota Cianjur. Berada di wilayah kabupaten Cianjur-Jawa Barat, terletak di desa Bobojong Kecamatan Mande, kalau dari Kota Cianjur sekitar 17 Km. berada pada genangan waduk Cirata yang luas dan indah, tempat ini menjadi salah satu obyek wisata di kota Cianjur karena tempatnya yg asri dan mudah dijangkau oleh kendaraan pribadi maupun angkutan umum.

Kebanyakan yg datang kesini bertujuan untuk berwisata bersama keluarga menikmati indahnya hamparan air dan pemandangan disekitarnya, ada juga yg sengaja ingin menikmati kuliner khas Cianjur berupa nasi liwet, sambel dadak+lalapan dan ikan bakar yg disantap dalam rumah makan yg memang berada terapung diatas kolam ikan, ditemani sejuk angin dan digoyang riak air. #raos pisan, udahnya langsung nundutan, kalo sering” bisa ngagendutan.

16. Tempat Wisata Masjid Agung Cianjur
Masjid Agung Cianjur
Mesjid Agung Cianjur yang megah terletak di pusat Kota Cianjur yang dibangun pertama kali tahun 1810 M. oleh penduduk Cianjur yang tidak tercatat namanya. Dibangun di atas tanah wakaf Ny. Raden Bodedar binti Kangjeng Dalem Sabiruddin, Bupati Cianjur ke - 4. Luas Mesjid semula 400 meter. yang berkembang menjadi 2500 meter.

Sudah mengalami beberapa perbaikan sampai terakhir yang sangat besar yang ketujuh kali dari tahun 1993 sampai tahun 2000 atau kurang lebih tujuh tahun dengan biaya sekitar Rp. 10 Miliar. Design dan stylasinya memadukan gaya dan ciri khas mesjid tempo dulu dengan gaya arsitektur modern dan dapat menampung sekitar 4000 jemaah.

17. Tempat Wisata Arung Jeram Sungai Cikundul Cianjur
Arung Jeram Sungai Cikundul
Arung jeram di Sungai Cikundul merupakan salah satu obyek wisata yang menjadi andalan Kabupaten Cianjur – Jawa Barat, juga letaknya tidak terlalu jauh dari pusat kota Cianjur, bahkan merupakan lintasan jalur antar propinsi sehingga dekat dengan Jakarta, Bogor, dan Bandung. Kegiatan rafting (arung jeram) di sungai ini memiliki jalur sepanjang 7 kilometer.

Disepanjang Sungai Cikundul ini terdapat beberapa lokasi wisata yang dikelolah dengan serius oleh Dinas Pariwisatasetempat, sebut saja seperti: jalur wisata off-road, wisata Religi Dalem Cikundul, wisata Waduk Cirata dan Danau Jangari. Pesona alam disepanjang Sungai Cikundul ini dengan pohon – pohonnya yang menjulang tinggi, lingkungan yang asri, ditambah hiruk pikuknya arus sungai nan jernih, semakin membuat pengunjung betah berlama – lama.

18. Tempat Wisata The Jhon's Aquatic Resort Cianjur
The Jhon's Aquatic Resort
Apabila anda ingin menikmati berbagai permainan yang menarik, anda datang saja langsunh ke The Jhon’s Aquatic Resort. Di tempat ini, anda akan temukan banyak permainan yang tentu saja sangat menarik seperti Flying Fox, Trampilone, Waterball, ATV, Boat Lagoon hingga menunggang kuda. Berada di kawasan hutan Kota Cianjur, anda tentu akan dapatkan pemandangan yang indah. Dengan membayar sekitar 20rb/orang anda sudah dapat menikmati wisata keluarga di Tias Wisata Cianjur.

Alamat :Jl. Desa Babakan Karet, Kp. Tangkil, Kawasan Hutan Kota Cianjur, Panembong, Kec. Cianjur, Jawa Barat 43251

19. Tempat Wisata Tias Wisata Cianjur
Tias Wisata Cianjur
Anda pun bisa datang ke Warung Jengkol, Rancagoong apabila ingin kunjungi Tias Wisata Cianjur. Di tempat ini, anda bisa dapatkan berbagai macam fasilitas liburan yang cukup lengkap. Untuk tiket masuknya, anda hanya cukup merogoh kocek 20 ribu per orang.

Alamat: Jl. Rancagoong, Sirnagalih, Cilaku, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat 43285.

20. Tempat Wisata Danau Sejuta Pesona Cianjur
Danau Sejuta Pesona
Tempat wisata di cianjur selanjurnya ada danau sejuta pesona. Obyek wisata danau ini mempunyai bermacam permainan, diantaranya adalah bumper boat, gurita, mandi bola, bumper car, fantasy walk, magic ring, venture river, fun game, sampai dengan live music.

Wisata ini sangat cocok untuk liburan keluarga, selain beragam permainan yang bisa dimainakn oleh anak-anak hiburan dan fasilitas yang tersediapun cukup lengkap, sehingga anak-anak tak akan bosan bermain.

21. Tempat Wisata Puncak Rindu Alam Cianjur
Puncak Rindu Alam
Puncak rindu alam menjadi salah satu tujuan wisata di Cianjur, lokasinya ada di Jln Raya Puncak KM 83 (Puncak Pass, Cisarua), Bogor, Jawa Barat. setelah melewati Masjid Besar At Ta’awun kita akan melihat Restoran dengan papan nama besar Bernama Restoran Rindu Alam merupakan tempat tertinggi yang dilalui jalan raya puncak yaitu pada ketinggian 1443 m, sedikit di bawah Puncak Pass yang memiliki ketinggian 1463 m.

Untuk menemukan Kawasan ini kita cukup menyusuri terus jln Raya Puncak sampai kita menemukan Masjid At Ta’awun, terus menanjak sampai nanti kita akan melihat Restoran disisi kanan jalan. biasanya untuk menemukan kawasan ini cukup mudah soalnya ramai dikunjungi oleh wisatawan. Namun demikian lokasi rindu alam memiliki pemandangan yang sangat indah dan luar biasa.

Ke arah utara hingga barat dibawah rindu alam terhampar pemandangan perkebunan teh dan jalan raya puncak yang meliuk-liuk membelah perkebunan teh. Disisi barat terlihat lereng gunung gede pangrango dan puncak gunung salak disisi selatan terlihat pemandangan lereng gunung gede pangarango. Disisi utara dan timur dibatasi oleh pemandangan gunung Kencana dan Gunung luhur.

22. Tempat Wisata Teh Panyairan Cianjur
Teh Penyairan Cianjur
Perkebunan teh di Cianjur memang cukup banyak. Karena itulah anda bisa datangi berbagai perkebunan teh yang ada disana. Salah satunya ialah Perkebunan Teh Panyairan. Lokasinya sendiri berada di Jalan Raya Campaka, Kec. Campaka dan Sukanegara. Perkebunan teh ini berada 35 km dari pusat kota Cianjur.

23. Tempat Wisata Arena Fantasi Kota Bunga Cipanas
Area Fantasi Kota Bunga
Tempat wisata yang satu ini isinya adalah area bermain untuk anak dan keluarga. Untuk itu umumnya kebanyakan pengunjung adalah keluarga yang menghabiskan waktu senggang mereka bersama anak-anak.

Arena fantasi kota bunga cipanas ini memang sangat cocok untuk liburan keluarga karena beragam bermainan akan ditemui di tempat ini. Tak hanya itu, disini juga ada berbagai tempat makan yang menyuguhkan makanan khas cianjur bagi wisatawan luar kota.

Alamat : Villa Kota Bunga, Puncak Desa Sukanagalih, Kecamatan Pacet, Cianjur.

24. Tempat Wisata Perkebunan Teh Gedeh Cianjur
Perkebunan Teh Gedeh
Lokasi Kebun Teh Gedeh ini terletak di salah satu perkebunan teh yang paling tua di Pulau Jawa bernama Perkebunan Teh PTP Nusantara VIII. Kebun Teh Gedeh memiliki guest house dan area perkemahan. Jaraknya kurang lebih 7,2 km dari Jalan Raya Cipanas-Cianjur.

Pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan alam dan hamparan kebun teh yang indah. Udara yang dingin karena berada di kawasan dataran tinggi ini menjadikan liburan semakin seru. Cocok sekali untuk berlibur bersama keluarga dalam menghabiskan akhir pekan.

25. Tempat Wisata Mandalawangi Cianjur
Mandalawangi Cianjur
Wana Wisata Mandalawangi mempunyai koleksi bermacam flora dan fauna. Tempat ini adalah lokasi wisata yang menarik untuk dikunjungi ketika ada di Kota Cianjur. Sangat cocok untuk liburan dan berkemah di tengah hutan bersama teman-teman.

Berdiri di atas lahan seluas 39,5 hektar pada Desa Rarahan, Kecamatan Pacet, mempunyai ketinggian sekitar 1.000 meter di atas permukaan air laut. Suhu di wana wisata berkisar antara 18-20oC. Udara yang dingin akan semakin menambah kesan liburan menjadi lebih asik dan seru. Apabila kita tempuh dari Kota Cianjur, maka jaraknya sekitar 25 km.

26. Tempat Wisata Pantai Arfa Cianjur
Bukan hanya terkenal dengan daerah pegunungan saja, Cianjur juga memiliki wisata pantai yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi. Inilah Pantai Arfa yang ada di daerah Cianjur. Lokasinya tepat di Kecamatan Sindang Barang, Kabupaten Cianjur daerah selatan. Anda yang akan datang ke sini tidak perlu bingung sebab lokasi wisata Cianjur Selatan ini ada dekat dekat dengan alun-alun Sindang Barang yaitu sekitar 300 meter saja.

27. Tempat Wisata Taman Bunga Nusantara Cianjur
Taman Bunga Nusantara Cianjur
Wisata taman bunga cantik yang tak boleh anda lewatkan adalah Taman Bunga Nusantara. Luas lahannya kurang lebih 35 hektar dengan bermacam koleksi bunga lokal dan luar negeri. Pemandangan dengan hamparan bunga yang beragam akan semkin memanjakan mata. tempat inipun tak pernah sepi pengunjung baik itu dari wisatawan lokal maupun wisatawan asal luar kota. Kita bisa mengunjunginya lewat Puncak Pass, lalu belok ke arah kiri yaitu ke Perumahan Kota Bunga, jaraknya sekitar 9 km.

Alamat: Jalan Mariwati KM. 7, Kawungluwuk, Sukaresmi, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat 43254

28. Tempat Wisata Situs Gunung Kasur Cianjur
Gunung Kasur Cianjur
Selain Gunung Padang, ada satu tempat lagi di Cianjur yang juga diyakini sebagai peninggalan dari jaman megalitikum yakni Gunung Kasur. Di tempat ini memang tidak terdapat punden berundak super luas seperti halnya di Gunung Padang.

Namun, ada beberapa benda yang menandakan bahwa gunung ini merupakan peninggalan dari jaman batu. Gunung Kasur memiliki tinggi sekitar 1.080 mdpl. Di puncaknya terdapat makam yang dikeramatkan oleh warga setempat. Lokasi gunung ini berada di antara Desa Gadog dan Cibodas di Kecamatan Pacet.

29. Tempat Wisata Kerajinan Kuningan Lampu Cianjur
Kerajinan Kuningan Lampu
Tempat wisata di cianjur selanjutnya adalah tempat pemuatan kerajinan kuningan lampu. Kerajinan kuningan lampu yang biasa dinamakan lentera gentur ini terbuat dari bahan kuningan serta kaca yang berwarna dengan desain lentera artistik dan cantik.

Kaca-kaca kuningan ini memiliki berbagai macam bentuk dan warna, sehingga pengunjung yang ingin membeli sebagai cendramata dapat memilih untuk dekorasi rumah yang lebih berwarna. Apabila anda ingin berkunjung ke lokasi pembuatan kerajinan kuningan lampu ini, datanglah ke Kampung Gentur, Desa Lambudipa, Kecamatan Warungkondang, Kota Cianjur.

30. Tempat Wisata Curug Cikondang Cianjur
Curug Cikondang Cianjur
Jika anda berencana untuk berkunjung ke Situs Gunung Padang, jangan lewatkan kesempatan untuk mampir ke Curug Cikondang yang jaraknya sekitar 7 km dari situs megalitikum tersebut. Masih berada di kecamatan yang sama.

Curug Cikondang berbentuk melebar dengan volume air yang cukup tinggi, terutama di musim penghujan. Curug ini sendiri tidak terlalu tinggi, sekitar 50 meter saja. Saat ini, Curug Cikondang belum dikembangkan dengan cukup serius oleh dinas terkait sehingga fasilitasnya masih minim. Namun justru itulah yang membuat kunjungan ke curug ini menjadi semakin worth it karna suasananya masih cukup natural.

Alamat: Wangunjaya, Campaka, Wangunjaya, Campaka, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat 43263

31. Tempat Wisata Bumi Perkemahan Mandala Kitri
Tempat ini lokasinya ada di kawasan pintu masuk Kebun Raya Cibodas. Ketika memasuki area wisata, hawa dingin akan menyelimuti tubuh anda. Yang termasuk ke dalam area perkemahan ini antara lain adalah Kebun Raya Cibodas, Gunung Putri, Gunung Gede Pangrango, serta Gunung Gegerbentang.

Apabila anda menyukai wisata air, di sini ada juga Waduk Cirata, Sungai Cikundul, dan Sungai Citarum. Tempat-tempat tersebut merupakan destinasi wisata dengan pemandangan yang cukup indah. Maka tak heran bila tempat ini selalu ramai oleh para wisatawan baik dari daerah sekitar maupun luar kota.

32. Tempat Wsiata Pantai Sereg Cianjur
Pantai Sereg Cianjur
Seperti yang sudah disebutkan di awal. Wilayah selatan Cianjur berbatasan dengan Samudra Hindia sehingga Cianjur juga punya potensi wisata pantai yang jika dikembangkan juga bisa menjadi aset daerah. Salah satu pantai yang bisa dikunjungi di Cianjur adalah Pantai Sereg.

Pantai ini memiliki pasir berwarna keabuan dengan ombak yang relatif tinggi. Jaraknya memang cukup jauh dari pusat kota Cianjur, yakni sekitar 120 km. Namun tak ada salahnya untuk berkunjung ke pantai ini sebagai destinasi wisata di akhir pekan.

Alamat: Saganten, Sindangbarang, Saganten, Cianjur, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat 43272.

Baca ini : Tempat Wisata di Bandung yang Wajib Dikunjungi

Demikian mengenai 32 Tempat Wisata di Cianjur yang Paling Bagus nah semoga ini bisa bermanfaat untuk kalian semua, jika anda ingin bertanya tentang artikel ini, anda bisa berkomentar melalui kolom komentar dibawah ini.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "32 Tempat Wisata di Cianjur yang Paling Bagus"

Poskan Komentar