21 Tempat Wisata di Purworejo yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata di Purworejo - Puroworejo merupakan sebuah kabupaten kecil di provinsi jawa tengah yang berbatasan langsung dengan kota - kota tujuan wisata seperti wonosobo, magelang dan juga kebumen. kabupaten ini terutama menyimpan begitu banyak keindahan tempat wisata. Apabila kita kebetulan tengah berada di sini, maka jangan sampai lewatkan tempat-tempat wisata berikut ini. Wisata Purworejo tak sekedar indah namun juga dijamin dapat menghilangkan rasa penat dari aktivitas sehari-hari.

Selain itu, Jika anda mendengar kota Purworejo Jawa Tengah kota ini sangat identik dengan obyek wisatanya yang menjadikan ciri khas keindahan wisata kota Purworejo Jawa Tengah tersebut. Bahkan saking indahnya wisata di Purworejo Jawa Tengah mampu menarik para traveler untuk menggunjungi keindahan wisata Purworejo Jawa Tengah yang sudah terekspose di dalam dan di luar negeri. Suasana Alam Kota Purworejo Jawa Tengah bisa di bilang masih belum banyak di eksplorasi oleh para ahli, sehingga masih banyak kekayaan alam yang masih tersembunyi.

Nah yang mau lihat Daftar tempat wisata di kota Purworejo Jawa Tengah yang lagi hits lengkap sambil jalan santai, ini ada destinasi wisata baru di Purworejo Jawa Tengah. Asyiknya tuh terasa seperti di kampung pelosok Nusantara beneran. Pengunjung juga bisa berinteraksi dengan penduduk lokal, pengrajin dan musisi tradisional. Bagusnya lagi semua dibungkus dalam kronologi sejarah masa lalu hingga masa depan. Jadi bangga deh menjadi penduduk asli indonesia yang punya kebudayaan yang kaya begini.

Baca juga : Tempat Wisata di Pekalongan yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata di Purworejo yang Wajib Dikunjungi
Berikut ini adalah sejumlah tempat wisata di Purworejo yang wajib Anda kunjungi, beberapa di antaranya adalah destinasi wisata di Purworejo yang indah dan mempesona di kalangan penikmat perjalanan.

1. Tempat Wisata Curug Muncar Purworejo
Curug Muncar
Curug Muncar merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah Wisata Curug Muncar di Brunorejo Purworejo Jawa Tengah juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing. Kota Purworejo juga terkenal akan Wisata Curug Muncar di Brunorejo Purworejo Jawa Tengah yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Curug Muncar di Brunorejo Purworejo Jawa Tengah ini adalah air terjun yang berada di ketinggian 900 m diatas permukaan laut. Suasana disana masih sangat alami sekali, namun untuk mencapai ke lokasi di perlukan perjuangan yang tidaklah mudah tetapi semua itu akan terbayarkan oleh keindahan tempat wisata ini. Anda akan memalui jalan untuk menuju ke curug relatif menanjak.

Sepanjang perjalanan anda akan selalu disuguhi oleh kesejukan air serta kesejukan udara di sekitar. Anda juga dapat mandi di curug muncar ini sekaligus merasakan dinginnya air di tempat wisata tersebut. Setelah sampai di pintu masuk curug muncar maka anda harus memarkirkan kendaraan di tempat yang telah di sediakan oleh penduduk sekitar. Kemudian perjalanan di lanjutkan dengan berjalan kaki untuk menuju lokasi.

2. Tempat Wisata Pantai Pasir Puncu Purworejo
Pantai Pasir Puncu
Tempat Wisata Pantai Pasir Puncu merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah Wisata Pantai Pasir Puncu di Harjobinangun Purworejo Jawa Tengah juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing. Wisata Pantai Pasir Puncu di Harjobinangun Purworejo memiliki pesona yang hampir sama dengan Pantai Jatimalang. Namun perjalanan kesana masih sangat sulit, sehingga anda dapat menikmati deburan ombak dan semilir angin pantai.

Pantai ini pun tak berbeda dengan Pantai Jatimalang, untuk itu jelas masih diperlukan kehadiran tangan dingin investor atau pebisnis industri pariwisata. Seperti halnya pantai-pantai selatan lainnya, Pantai Pasir Puncu punya ombak yang besar. Suasana di pantai ini sangat tenang karena masih termasuk pantai tradisional yang masih alami. Cocoklah kalau sekedar jadi tempat penghilang stres sambil menikmati pemandangan laut yang indah. Di Pantai Pasir Puncu tidak ada biaya masuk alias gratis, paling cuma bayar parkir saja. Jadi buat yang mau main kepantai ini nggak usah khawatir ga punya uang buat masuk.

3. Tempat Wisata Pantai Jatimalang Purworejo
Pantai Jatimalang
Pantai Jatimalang merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah Wisata Pantai Jatimalang di Jatimalang Purworejo Jawa Tengah juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing. Kota Purworejo juga terkenal akan Wisata Pantai Jatimalang di Jatimalang Purworejo Jawa Tengah yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Di Pantai Jatimalang Purworejo anda bisa melakukan berbagai kegiatan wisata. Jika tidak ingin bermain air pantai atau takut dengan ombak yang besar jangan khawatir dulu, tidak jauh dari bibir pantai, berjejer kolam renang air tawar. Kolam ini termasuk unik karena terbuat dari terpal -terpal berwarna-warni dan juga berada di pinggir pantai sehingga sambil berenang bisa melihat pantai.

Di Pantai Jatimalang Purworejo menyimpan kelebihan dan keelokan tersendiri yang berbeda dibandingkan dengan pantai yang lainnya. Pemandangan indah disaat sunset juga menjadi sesuatu yang nggak boleh dilewatkan begitu saja oleh para penelusur. Biaya masuknya juga murah nih, hanya dengan biaya retribusi Rp.3000/orang para penelusur bisa masuk dan bermain sepuasnya di pantai ini.

4. Tempat Wisata Curug Tawing Purworejo
Curug Tawing
Curug Tawing merupakan Curug yang berada di Purworejo Jawa Tengah berada di perbukitan yang cukup terjaga kelestariannya di samping memiliki alam yang masih hijau juga terdapat Hutan Pinus milik Perhutani membuat desa Tlogoguwo mempunyai sumber mata Air yang berlimpah. Terletak di sisi barat bukit hutan pinus.

Tepat di sisi tebing sebelah utara dari goa Anjani terdapat mata air besar bak sungai yang keluar dari bebatuan dan merupakan sumber Air terjun yang di sebut Curug Tawing di Tlogoguwo yang berasal dari istilah bahasa jawa “Curug” yang berarti air terjun dan “Tawing” merupakan istilah yang berarti Tebing atau bisa kita sebut air terjun yang berasal dari atau berada di tebing.

Wisata Curug Tawing di Tlogoguwo Purworejo Jawa Tengah Memiliki ketinggian 100 meter berundak undak serta air yang cukup jernih membuat air terjun ini cukup menarik. Terdapat mitos jika meminum langsung ataupun mandi air di “Curug Tawing” akan memberikan kesehatan,awet muda dan kesegaran .Hal tersebut tidak lain karena masih terjaganya kualitas air serta kualitas udara di lingkungan obyek wisata air terjun “Curug Tawing” serta sensasi kesegaran yang bisa kita rasakan di desa Wisata Tlogoguwo.

5. Tempat Wisata Sungai Kedung Lesung Purworejo
Sungai Kedung Lesung
Kota purworejo juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya, salah satu contohnya adalah Wisata Sungai Kedung Lesung di Purworejo Jawa Tengah ini. Wisata Sungai Kedung Lesung di Purworejo Jawa Tengah merupakan obyek wisata yang berada di kota purworejo jawa tengah. Wisata Sungai Kedung Lesung di Purworejo Jawa Tengah ini banyak di kunjunggi karena memiliki keindahan dan juga panorama alam yang masih alami.

Sehingga banyak sekali wisatawan yang berkunjung di Wisata Sungai Kedung Lesung di Purworejo Jawa Tengah ini. Di sekitar Wisata Sungai Kedung Lesung di Purworejo Jawa Tengah ini banyak sekali tumbuh pepohonan sehingga membuat udaranya menjadi sejuk dan segar sehingga menambah nilai tambah bagi Wisata Sungai Kedung Lesung di Purworejo Jawa Tengah ini,kalu untuk sekedar melepas lelah ataupun untuk mencari udara yang masih segar dan suasanya masih alami di Wisata Sungai Kedung Lesung di Purworejo Jawa Tengah inilah yang tepat di datangi.

6. Tempat Wisata Hutan Pinus Purworejo
Hutan Pinus Purworejo
Kota Purworejo juga terkenal akan Wisata Hutan Pinus di Bener Purworejo Jawa Tengah yang sangat menarik untuk dikunjungi. Wisata Hutan Pinus di Bener Purworejo Jawa Tengah memiliki Keindahan alam Purworejo memang sangat potensial, hal ini dibuktikan dengan adanya wisata alam bernuansa hutan yang sangat dikelola dengan baik oleh pemerintah daerah Purworejo.

Tempat wisata di Purworejo ini juga merupakan perkemahan yang bisa juga digunakan untuk sarana outbond dan kegiatan adventure dengan keindahan hutan pinusnya. Di wisata alam hutan ini juga terdapat kebun binatang mini yang memiliki koleksi binatang yang terawat dan bersahabat bagi anak-anak. WIsata Alam Hutan Pinus atau biasa disebut Kusumo Asri ini terletak di Desa Mayungsari, Kecamatan Bener, Purworejo.

7. Tempat Wisata Curug Abang Purworejo
Curug Abang
Tempat Wisata Curug Abang di Wonosuko Purworejo Jawa Tengah memiliki tebing di sekitar air terjun berwarna Merah, dalam bahasa jawa Abang berarti warna merah. Wisata Curug Abang di Wonosuko Purworejo Jawa Tengah memiliki ketinggian sekitar 20 meter. Karakter khas dari kata ‘Abang’ yang melekat pada nama curug ini mungkin mampu menebar aroma imajinasi publik.

Dari Purworejo hingga Kemiri akan dijumpai pemandangan alam yang sangat indah, berupa aliran sungai yang sangat panjang dan bukit-bukit yang hijau. Jalan yang ditempuh cukup baik, namun di beberapa lokasi sedikit berlubang. Air terjun ini dikelilingi oleh bebatuan yang alami. Bila terlihat dari kejauhan, air terjun ini begitu indah dan menawan dengan perpaduan hutan pinus disekelilingnya. Paduan pepohonan dan batuan alami yang membentuk patahan menjadi pelengkap suguhan panorama keindahan alam.

Ada khas yang tampak merah pada dinding tebing yang hampir vertikal itu. Pada bagian jatuhan air ternyata tiada terdapat cekungan kubangan air atau kedung. Air seperti jatuh pada bidang melengkung dan seterusnya melanjutkan perjalanan. Pada beberapa bagian dinding tebing merah itu tampak seperti merongga ke dalam. Walau tampak relatif kecil , jatuhan air yang kontras bening itu tak terlalu menyita perhatian. Apalagi dengan suasana asri pegunungan, beberapa jenis hewan seperti burung atau kera kerap kali terlihat.

8. Tempat Wisata Goa Sikantong Purworejo
Goa Sikantong
Tempat Wisata Goa Sikantong di Donorejo Purworejo Jawa Tengah adalah salah satu tempat wisata yang berada di Desa Donorejo, Kecamatan Kaligesing, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, Indonesia. Wisata Goa Sikantong di Donorejo Purworejo Jawa Tengah adalah tempat wisata yang ramai dengan wisatawan pada hari biasa maupun hari liburan.

Tempat ini sangat indah dan bisa memberikan sensasi yang berbeda dengan aktivitas kita sehari hari. Wisata Goa Sikantong di Donorejo Purworejo Jawa Tengah memiliki pesona keindahan yang sangat menarik untuk dikunjungi. Sangat di sayangkan jika anda berada di kota Purworejo tidak mengunjungi Wisata Goa Sikantong di Donorejo Purworejo Jawa Tengah yang mempunyai keindahan yang tiada duanya tersebut.

Goa Sikantong diharapkan mampu menjadi alternatif pilihan baru bagi masyarakat Purworejo yang ingin berpetualang dengan alam. Namun sebelum melakukan perjalanan wisata, pengunjung harus menyiapkan perlengkapan keamanan agar perjalanan wisata dapat berjalan lancar dan aman.

9. Tempat Wisata Curug Gunung Condong Purworejo
Curug Kyai Kate
Tempat Wisata Curug Gunung Condong di Bruno Purworejo Jawa Tengah ini sering dikenal dengan nama Curug Kyai Kate. Menurut narasi nama Curug Kyai Kate tersebut dirinya ambil dari nama sesepuh yg menunggu di wilayah tersebut. Curug yang dikelilingi tebing dengan hutan pinus dan beberapa tumbuhan rimbun lainnya ini adalah curug yang cukup deras dengan aliran sungai. Rute trekking menuju lokasi cukup mudah tapi juga lumayan jauh.

Selain itu Curug Gunung Condong juga biasa digunakan sebagai spot memancing oleh warga setempat, jadi untuk kalian yang hobi memancing bisa dicoba memancing sambil menikmati derasnya curug Kyai Kate. Sepanjang perjalanan menuju lokasi anda akan ditemani aliran sungai dan gemerciknya.

Curug Kyai Kate memiliki tinggi sekitar 25 meter dengan debit air yang sangat deras bahkan ketika jarang hujan seperti beberapa hari ini. Tempat ini cocok untuk ciprat-cipratan ataupun basah-basahan karena sungai yang jernih dan sangat segar, namun jangan terlalu dekat dengan curug karena walaupun terdapat kolam yang cukup besar tapi debit air yang jatuh sangat besar sehingga akan terlalu berbahaya.

10. Tempat Wisata Curug Purbayan Kemiri
Curug Purbayan Purworejo
Tempat Wisata Curug Purbayan di Kemiri Purworejo Jawa Tengah ini. Wisata Curug Purbayan di Kemiri Purworejo Jawa Tengah merupakan salah satu obyek wisata di kota purworejo yang sangat di minati oleh para pecinta alam mauppun para pemuda yang memiliki hobi traveling. pasalnya untuk mencapai Wisata Curug Purbayan di Kemiri Purworejo Jawa Tengah ini membutuhkan perjuangan yang sangat keras karena medan yang di lalui untuk sampai di Wisata Curug Purbayan di Kemiri Purworejo Jawa Tengah ini membutuhkan kesabaran dan juga ketelatenan.

Karena letaknya yang masih tersembunyi dan juga belum banyak yang tahu tentang keberadaan Wisata Curug Purbayan di Kemiri Purworejo Jawa Tengah ini sehingga butuh perjuangan yang keras, jalan yang berbatu dan juga licin harus di lalui. namun rasa lelah akan terbayar setelah sampai di Wisata Curug Purbayan di Kemiri Purworejo Jawa Tengah ini kesegaran air curug purbayan serta keindahan air terjunnya membuat para wisatawan yang datang akan betah berlama lama di Wisata Curug Purbayan di Kemiri Purworejo Jawa Tengah ini, selain itu di sekitar air terjun banyak sekali pepohonan sehingga membuat udaranya sejuk dan masih alami.

11. Tempat Wisata Pantai Ketawang Purworejo
Pantai Ketawang
Tempat Wisata Pantai Ketawang di Ketawangrejo Purworejo Jawa Tengah mempunyai pasir hitam. Tetapi keindahannya ga akan kalah dengan pantai yang berpasir putih. Dari pantai ini wisatawan bisa melihat pegunungan sewu dan menoreh di sebelah timur dan karst gombong di sebelah barat, serta mercusuar yang terletak di tengah rawa-rawa yang sudah dimanfaatkan sebagai kolam ikan dan lahan bercocok tanam.

Selain itu, Pantai Ketawang di Ketawangrejo Purworejo Jawa Tengah terdapat juga acara lomba pacuan kuda, dan balap motor (racing) di pantai ini. Ada juga fasilitas disini, seperti tempat parkir, tempat makan, dan tiada retribusi. Jika anda sudah sampai anda akan melewati gerbang dengan tulisan selamat datang di pantai Jetis, tinggal mengikuti jalan paving hingga pantai.

Wisata Pantai Ketawang di Ketawangrejo Purworejo Jawa Tengah menyediakan aneka warung menjual kupat tahu, mie ayam, bakso, sate, atau rames berjajar sepanjang pantai. Juga aneka minuman seperti dawet, es buah, atau teh. Jadi sangat praktis bukan.

12. Tempat Wisata Benteng Pendem Purworejo
Benteng Pendem Purworejo
Benteng Pendem di Bagelen Purworejo Jawa Tengah meupakan Bangunan hasil peninggalan zaman penjajahan Jepang, dan memiliki nilai sejarah. Lokasi masih sangat sepi serta jarang dikunjungi atau terjamah oleh warga. Jika dikelola secara baik. Benteng Pendem bisa menjadi aset wisata alam dan wisata sejarah dan bisa menjadi salah satu destinasi wisata andalan di Purworejo.

Wisata Benteng Pendem di Bagelen Purworejo Jawa Tengah dilakukan penanaman pohon itu sebagai bentuk solidaritas agar Benteng Pendem tampak indah, dan kedepan bisa dikunjungi sebagai destinasi wisata di Desa Bapangsari. Sejarahnya sejak zaman penjajahan Jepang, memang sudah diusahakan digunakan untuk wisata sejarah dan wisata alam.

Akan tetapi sampai saat ini masih belum bisa berjalan karena keterbatasan SDM dan anggaran. Selain bisa melihat sejarah Benteng Pendem, di lokasi pengunjung juga bisa melihat keindahan laut selatan, pemandangan alam wilayah Kecamatan Purwodadi, Ngombol dan sekitarnya, dari puncak bukit di lokasi Benteng Pendem.

13. Tempat Wisata Puncak Geger Menjangan Purworejo
Geger Menjangan
Geger Menjangan merupakan nama suatu tempat di Purworejo, tempat itu berada di atas bukit. Di puncak bukit tersebut terdapat sebuah bangunan kecil berupa gardu pandang. Nah, dari gardu pandang tersebut dapat dilihat keindahan pemandangan kota Purworejo secara landscape. Itulah deskripsi singkat mengenai Wisata Puncak Bukit Geger Menjangan yang ada di Purworejo.

Bukit Geger Menjangan terletak di desa Trirejo, kecamatan Loano, kabupaten Purworejo. Kurang lebih 2 km ke arah timur laut dari alun-alun Purworejo. Letak Geger Menjangan berada di kawasan pegunungan yang masih termasuk ke dalam barisan bukit Menoreh.

Tinggi bukit Geger Menjangan kurang lebih 175 m di atas permukaan laut. Untuk mencapainya harus melewati jalan setapak yang cukup menanjak. Sesampainya di atas bukit, pengunjung akan melihat sebuah bangunan kecil yang biasa digunakan sebagai gardu pandang. Di situ pengunjung bisa menikmati pemandangan kota Purworejo dari atas.

14. Tempat Wisata Curug Silangit Purworejo
Curug Silangit
Curug Silangit merupakan salah satu aset dari kota Purworejo. Tempat wisata di Kabupaten Purworejo Jawa Tengah ini memiliki ketinggian hingga lima puluh meter dan terbagi ke dalam tiga tingkatan curug. Curug pertama tingginya tiga puluh meter, sementara curug kedua dan ketiga tingginya masing-masing adalah sepuluh meter.

Kedalaman curug sendiri terkenal sangat dalam, sehingga pengunjung yang tidak bisa atau kurang mahir berenang sebaiknya berhati-hati saat sedang berada di sini. Akses menuju Curug Silangit sendiri bisa ditempuh menggunakan kendaraan umum ataupun kendaraan pribadi. Lokasinya mudah dijangkau, tepatnya ada di Desa Somongari.

15. Tempat Wisata Masjid Agung Purworejo
Masjid Agung Purworejo
Masjid Agung Purworejo di Sindurjan Purworejo memiliki beduk terbesar di dunia. Keberadaan beduk ini telah menjadi daya pikat tersendiri bagi wisatawan yang datang ke Purworejo. Sebuah beduk berukuran super besar terbuat dari kayu jati utuh yang dilobangi di bagian tengahnya dan beduk ini telah berusia sama tua-nya dengan masjid tempatnya berada. Beduk Pandawa bergaris tengah 194cm atau hampir dua meter pada sisi depan sedangkan pada sisi belakang bergaris tengah 180 cm. Bila bahan tabung dibuat dari kayu jati sepanjang 292cm, kulit yang dipakainya sendiri menggunakan kulit banteng.

Kulit beduk ini bergaris tengah 220cm. kulit beduk pada bagian belakang sempat mengalami kerusakan ditahun 1936 dan kemudian diganti pada tanggal 3 Mei 1936 dengan bahan kulit sapi benggala. Kulit bagian belakang ini tercatat sudah tiga kali mengalami penggantian karena kerusakan yang di alaminya. Masjid Agung Darul Muttaqin dibangun pada masa pemerintahan bupati Purworejo pertama, Kanjeng Adipati Arya Cokronegoro I pada tahun 1834M.Wisata Masjid Agung Purworejo di Sindurjan Purworejo berdiri di atas tanah seluas 8.825 meter persegi.

16. Tempat Wisata Goa Seplawan Purworejo
Goa Seplawan
Goa Seplawan terletak di pegunungan makanya memiiki hawa sejuk. Lokasi goa seplawan berada tak jauh dari area parkir, pengunjung cukup berjalan beberapa meter saja. Sebelum memasuki goa seplawan, pengunjung akan disuguhi patung besar replika arca emas Dewa Siwa dan Dewi Parwati. Dengan ditemukannya patung tersebut menandakan bahwa goa seplawan mempunyai nilai sejarah yang tinggi.

Untuk Selusur goa seplawan bisa dilakukan oleh siapa saja karena sangat aman dan mudah tanpa peralatan khusus. Di dalam goa sudah tersedia lampu penerangan yang menerangi sepanjang jalur wisata goa seplawan. Berada di mulut goa anda sudah merasakan keajaiban alam berupa stalaktit dan stalakmit yang beraneka ragam nan indah.

Untuk melanjutkan selusur goa seplawan, pengunjung harus naik tangga kecil dan masuk lorong goa yang bisa dilalui satu orang saja. Setelah itu Para wisatawan akan terkagum-kagum karena ternyata goa seplawan memiliki diameter yang besar dan memanjang sepanjang lebih dari 700 meter. Goa seplawan ini memiliki jalur buntu, karena tidak ada tembusan ke titik tertentu. Selain keindahan goa alam sendiri, pemandangan alam di kawasan juga sangat indah. Anda bisa melihat kota Jogja dari gardu pandang goa seplawan.

17. Tempat Wisata Museum Tosan Aji Purworejo
Museum Tosan Aji
Museum Tosan Aji di Purworejo Jawa Tengah merupakan salah satu hasil budaya bangsa pada masa perundagian sebagai warisan nenek moyang yang menunjukkan salah satu identitas budaya bangsa yang sampai kepada kita sekarang. Dan yang dimaksud dengan Tosan Aji adalah sejenis senjata pusaka dari logam besi yang mendapat tempat terhormat (yang dihargai) di mata masyarakat terutama pada masa lampau, diantaranya berupa keris, tombak, pedang,kudi dan menur.

Wisata Museum Tosan Aji di Purworejo Jawa Tengah Museum Tosan Aji diprakarsai pendiriannya oleh Menteri Dalam Negeri Soepardjo Rustam dan diresmikan oleh Gubernur Jawa Tengah Ismail pada 13 April 1987. Di Museum ini tidak hanya menyimpan benda-benda koleksi tosan aji seperti keris, pedang, cundrik, tombak dan lain-lain. Namun pada perkembangannya banyaknya benda cagar budaya lainnya seperti patung, prasasti, yoni, lingga, lumpang, batu pipisan, guci, batu gong, menhir dan lain-lain.

18. Tempat Wisata Hutan Kusumo Asri Purworejo
Hutan Kusumo Asri
Hutan Kusumo Asri di Bener Purworejo Jawa Tengah merupakan sebuah tempat yang menarik dan sejuk karena dibawah pohon pinus yang rindang. Selain itu dapat juga menikmati berbagai pohon langka. Bagi kaum muda-mudi yang lagi cari tempat untuk pacaran disini tempatnya. Wisata Hutan Kusumo Asri di Bener Purworejo Jawa Tengah terletak dipangkuan hutan LMDH Lestari Desa Mayungsari yang masuk hutan milik Perum Perhutani Indonesia, yang tepatnya di petak 98 L.

Wisata Hutan Kusumo Asri di Bener Purworejo Jawa Tengah berada diketinggian kurang lebih 300 m dari permukaan laut. Suhu rata-rata 27 derajad celcius. Obyek wisata Kusumo Asri ini sementara ini adalah kolam pemancingan, aula pertemuan, mes untuk menginap, bumi perkemahan dan rintisan kebun binatang mini yang sementara nasih menyediakan buaya, landak dan burung.

19. Tempat Wisata Alun -Alun Kota Purworejo
Alun-alun Purworejo
Kota purworejo juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu contohnya adalah Wisata Alun Alun Kota Purworejo Jawa Tengah ini. Wisata Alun Alun Kota Purworejo Jawa Tengah merupakan alun-alun kabupaten lama yang cukup luas. Bahkan, yang terluas di Jawa Tengah. Luas alun-alun Purworejo enam hektar atau 60.000 meter persegi dengan bentuk segi empat.

Baik panjang maupun lebar ukuranya hampir sama. Ciri khas pola tata kota Jawa Kuno selalu dengan jantung kota berupa sebuah alun-alun dan ditengahnya berdiri pohon beringin. Di tengah alun-alun Purworejo terdapat sepasang pohon beringin yang didatangkan dari Kraton Yogyakarta. Pemandangan malam di Alun-alun Purworejo tampak tidak seperti biasanya.

Alun-alun dipadati masyarakat yang berkunjung dan terlihat berbagai macam kendaraan berjejer memadati tenda makan di sepanjang trotoar alun-alun purworejo.Di alun-alun, masyarakat bisa menikmati kemegahan lampu-lampu temaram kota, wisata kuliner, menaiki Bendi, naik becak mobil dan melihat kemegahan bedug Pendowo dimasjid agung kota Purworejo.

20. Tempat Wisata Tari Dolalak Purworejo
Tarian Dolalak Purworejo
Kesenian Tari Dolalak di Purworejo adalah salah satu tarian tradisional dari Jawa tengah yang terinsipirasi dari pesta para serdadu Belanda pada masa lalu. Tari Dolalak adalah tarian tradisional peninggalan pada jaman Belanda yang di mainkan oleh beberapa penari pria atau wanita dengan seragam prajurit. Tarian ini merupakan salah satu tarian tradisional khas Purworejo, Jawa tengah. Nama dolalak diambil dari not “Do” dan “La” karena awalnya tarian ini hanya diiringi dengan alat musik dua nada.

Tarian ini awalnya hanya di pentaskan pada acara tertentu seperti syukuran, sunatan, dan hajatan. Tari Dolalak biasanya di pentaskan pada malam hari semalam suntuk untuk memeriahkan acara. Seiring dengan perkembangan jaman, mulai banyak modifikasi dari Tari Dolalak ini agar lebih menarik dan agar telepas dari budaya Belanda yang masih merekat pada tarian ini untuk menciptakan ciri khas tersendiri.

21. Tempat Wisata Kuliner Bebek Goreng Purworejo
Bebek Goreng Purworejo
Bebek Goreng H. Dargo. Warung pak Dargo ini awal dan pusatnya ada di deket Stasiun Purworejo, yang karena sukses dan banyak penggemarnya beliau mendirikan cabang di Kutoarjo, Jogja dan di Pangenrejo, yaitu di Jalan Brigjend Katamso, dekat Gapura menuju Bendungan Boro, Purworejo. Bangunan warung Dargo yang paling besar dan luas diantara warung warung lain.

Bahkan di belakang masih ada pembangunan yang belum selesai. Di sini selain menyediakan bebek, juga ada ayam dan burung dara, serta beberapa sayur dan oleh oleh khas Purworejo. Saya pesan 4 porsi bebek, dua teh, satu sogem dan satu jeruk hangat, habisnya 111 ribu rupiah. Sambalnya ada dua jenis, cabe hijau dan merah.

Baca juga : Tempat Wisata di Purwokerto yang Wajib Dikunjungi

Demikian mengenai 21 Tempat Wisata di Purworejo yang Wajib Dikunjungi Dikunjungi nah semoga ini bisa bermanfaat untuk kalian semua, jika anda ingin bertanya tentang artikel ini, anda bisa berkomentar melalui kolom komentar dibawah ini.

Postingan terkait:

10 Tanggapan untuk "21 Tempat Wisata di Purworejo yang Wajib Dikunjungi"

  1. Udah pernah ke sebagian dari yang diatas min.. Btw thanks.

    BalasHapus
  2. wooww indah indah tempat nya bisa jadi next destinasi wisata selanjut nya heheh

    BalasHapus
  3. Wow jadi pengen mampir kesana gan 😀

    BalasHapus
  4. KAYA AKAN TEMPAT WISATA EA ADMIN..MANTAP JDI SAYA PENGEN KE SANA

    BalasHapus
  5. Terima kasih infonya mas..bisa buat refrensi kalau mau liburan ke Purworejo

    BalasHapus
  6. Makasih gan atas infonya, bisa jadi referensi nih...

    BalasHapus