26 Tempat Wisata di Pasuruan yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata di Pasuruan -Pasuruan merupakan salah satu destinasi wisata menarik yang ada di propinsi Jawa Timur. Di Pasuruan, kita akan menemukan beberapa tempat wisata yang akan membuat kita senang saat mengunjunginya Wilayah Pasuruan sendiri berbatasan dengan beberapa daerah yang secara nasional sudah dikenal sebagai daerah wisata seperti Kota Batu di barat daya, Probolinggo di timur serta Malang di selatan

Selain itu, Kabupaten Pasuruan sendiri berbatasan dengan Kabupaten Sidoarjo dan Laut Jawa di utara, Kabupaten Probolinggo di Timur, Kabupaten Malang di selatan, Kota Batu di barat daya, serta Kabupaten Mojokerto di barat. Kabupaten ini dikenal sebagai daerah perindustrian, pertanian, dan tujuan wisata.

Kabupaten Pasuruan sendiri terkenal dengan wisata alamnya yang begitu menakjubkan. Bagian barat kota Pasuruan sendiri berbatasan dengan wilayah kota Malang dan Mojokerto, yakni termasuk wilayah dataran tinggi dengan cuaca yang begitu sejuk.

Baca juga : Tempat Wisata di Ternate yang Wajib  Dikunjungi

Termasuk salah satu tempat tujuan wisata paling utama di Jawa Timur. Di kawasan ini ada banyak vila-vila tempat peristirahatan serta sejumlah perumahan yang elit. Bahkan kawasan objek wisata di Pasuruan ini seringkali dipakai untuk tempat berkemah.

Tempat Wisata di Pasuruan yang Wajib Dikunjungi
Berikut 26 Tempat Wisata di Pasuruan yang wajib harus anda kunjungi jika anda sedang berkunjung ke Pasuruan.

1. Tempat Wisata Pantai Penunggul Pasuruan
Pantai Penunggul
Pantai Penunggul Pasuruan merupakan salah satu tempat wisata yang berada di Desa Penunggul, Kecamatan Nguling, Kabupaten Jember, Jawa Timur, Indonesia. Wisata Pantai Penunggul Pasuruan adalah tempat wisata yang ramai dengan wisatawan pada hari biasa maupun hari liburan. Tempat ini sangat indah dan bisa memberikan sensasi yang berbeda dengan aktivitas kita sehari hari.

Wisata Pantai Penunggul Pasuruan memiliki pesona keindahan yang sangat menarik untuk dikunjungi. Sangat di sayangkan jika anda berada di kota Pasuruan tidak mengunjungi wisata Pantai Penunggul Pasuruan yang mempunyai keindahan yang tiada duanya tersebut.

Pantai Penunggul Pasuruan sangat cocok untuk mengisi kegiatan liburan anda, apalagi saat liburan panjang seperti libur nasional, ataupun hari ibur lainnya. Keindahan wisata Pantai Penunggul Pasuruan ini sangatlah baik bagi anda semua yang berada di dekat atau di kejauhan untuk merapat mengunjungi tempat wisata Pantai Penunggul di kota Pasuruan.

2. Tempat Wisata Candi Jawi Pasuruan
Candi Jawi
Candi Jawi merupakan peninggalan bersejarah kerajaan Hindu-Budha Singhasari. Banyak yang menduga bahwa Candi Jawi adalah tempat pemujaan dan atau tempat peribadatan, tapi yang sebenarnya candi Jawi adalah tempat penyimpanan abu dari raja terakhir Singosari, yaitu Kertanegara. Bentuk candi Jawi berkaki Siwa, berpundak Buddha.

Bentuknya tinggi ramping seperti Candi Prambanan di Jawa Tengah, dengan ukuran luas 14,24 x 9,55 meter dan tinggi 24,50 meter. Pintu candi menghadap ke timur yang mempertegas bahwa candi ini bukan tempat pemujaan atau pradaksina. Candi Jawi terletak di antara jalan kecamatan Pandaan menuju kecamatan Prigen, tepatnya terletak di desa Candiwates.

3. Tempat Wisata Pantai Lekok Pasuruan
Pantai Lekok
Pantai Lekok sekilas sama halnya dengan pantai-pantai pada umumnya. Yang berpasir putih terhampar. Sunset atau sunrise memikat. Debur ombak yang memecah bibir pantai. Ya begitulah gambaran pantai yang familiar dalam kepala kita. Tapi Pantai Lekok bukan pantai biasa. Cobalah berkunjung ke pantai ini saat hari lebaran ketupat.

Anda akan terpesona dengan pertunjukan rakyat yang ditawarkan warga sekitar pantai. Nama pertunjukannya adalah ski di atas lumpur atau celot alias ski lot. Waduh itu pertunjukannya gimana yak? Pada bingungkan, ya udah gak usah membiarkan dirimu bingung terlalau lama. Segera obati bingungmu dengan mendatangi pantai yang terletak di Kecamatan Lekok Pasuruan ini. Olahraga ski lot ini udah jadi budaya tradisional masyarakat nelayan Pantai Lekok.

4. Tempat Wisata Pemandian Alam Banyu Biru Pasuruan
Pemandian Alam Banyu Biru
Pemandian Alam Banyu Biru adalah sebuah pemandian yang cukup unik di Pasuruan. Kolam tempat pemandian ini dipenuhi oleh ikan-ikan yang hidup dengan bebas dan tak seorangpun yang berani mengambilnya. Ikan-ikan tersebut sering disebut dengan Ikan Sengkaring dan dikeramatkan oleh warga setempat.

Air yang ada di kolam pemandian ini juga dipercaya dapat membuat awet muda. Pada waktu-waktu tertentu bahkan ada beberapa orang yang melaksanakan ritual tertentu di kolam pemandian ini Terlepas dari itu semua, Pemandian Alam Banyu Biru merupakan tempat yang asik untuk bermain air. Apalagi airnya berasal dari sumber alami sehingga terasa lebih segar.

5. Tempat Wisata Danau Ranu Grati Pasuruan
Danau Ranu Grati
Danau Ranu Grati merupakan danau yang luasnya 107 hektar dengan latar belakang pegunungan Tengger. Lokasinya sekitar 30 menit dari kota Pasuruan, atau 5 menit dari pertigaan Sumurwaru Grati. Anda bisa menikmati panorama indah alam sekitar, juga bisa naik perahu, mancing, bersepeda air.

Cocok untuk keluarga dengan anak-anak yang usil, atau sekelompok remaja gaul yang galau, tapi kakek nenek juga cocok, termasuk pemuda jomblo yang sibuk mencari cinta. Apalagi buat pasangan muda yang sedang berbulan madu.

6. Tempat Wisata Candi Gunung Gangsir Pasuruan
Candi Gunung Gangsir
Candi Gunung Gangsir merupakan sebuah candi yang terletak di Dukuh Kebon Candi, Desa Gunung Gangsir, Kecamatan Beji, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Nama candi ini masih merupakan mitos penduduk sekitar, yaitu bahwa nama 'gunung' diambil dari keberadaan bangunan candi ini pada masa lampau yang dilingkupi oleh gunung. Sedangkan kata gangsir (Jawa: nggangsir) berarti menggali lubang di bawah permukaan tanah.

Bangunan candi yang terbentuk terbuat dari batu bata ini, memiliki 4 lantai, dengan dua lantai dasar yang merupakan tubuh dan atap candi yang sebenarnya. Denah lantai dasar merupakan segi empat dengan sebuah tonjolan pada sisi timur, berlawanan arah dengan keletakan tangga. Denah tubuh dan atap candi juga segi empat, tetapi pada bagian ini keempat sisi dinding tubuh candi memiliki sebuah bidang tonjolan yang ramping.

7. Tempat Wisata Taman Safari Prigen 
Taman Safari Prigen
Taman Safari Prigen atau Taman Safari Indonesia II merupakan cabang dari Taman Safari yang ada di Bogor. Lokasi Taman Safari 2 berada di Desa Jatiaro, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan. Lokasinya berada di kaki Gunung Arjuna dengan luas area mencapai 400 ha. Taman Safari 2 merupakan salah satu pusat konservasi di Jawa Timur.

Dengan konsep modern zoo, binatang-binatang di Taman Safari 2 dibiarkan hidup bebas di habitat aslinya Beragam fasilitas telah tersedia di Taman Safari 2. Salah satunya adalah Safari Adventure di mana para pengunjung bisa terlibat dalam proses perawatan binatang, yakni memberi makan. Beberapa fasilitas lain yang ada di Taman Safari 2 antara lain Elephant Journey, Swimming With Dolphin, Safari Outbound, Education Package for Students dan Animal Education Show.

8. Tempat Wisata Kawasan Tretes Pasuruan
Kawasan Tretes
Kawasan Tretes merupakan sebuah daerah wisata pegunungan yang termasuk ke dalam wilayah Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan, Provinsi Jawa Timur. Tretes terletak 60 km sebelah selatan Surabaya, ibu kota provinsi Jawa Timur. Wilayah Tretes berada di kaki dan lereng pegunungan Arjuno-Welirang.

Daerah ini terkenal sebagai daerah wisata baik bagi wisatawan domestik maupun mancanegara. Bersama dengan Trawas, Tretes dikenal sebagai tempat peristirahatan penduduk Surabaya karena kesejukan dan keindahan alamnya. Beberapa pariwisata yang terkenal di Tretes adalah air terjun Kakek Bodo, Finna Golf, dan Taman Safari Indonesia 2.

9. Tempat Wisata Perkebunan Apel Khrisna Pasuruan
Perkebunan Apel Khrisna
Kabupaten Pasuruan juga mempunyai agrowisata yang menarik untuk dikunjungi. Agrowisata tersebut adalah Perkebunan Apel Khrisna yang berada di Desa Andono Sari, Kec. Tutur, Kab. Pasuruan. Jika wisatawan berangkat dari Kota Pasuruan, akan menempuh jarak kurang lebih 40 km. Setelah membayar tiket masuk, wisatawan dapat menjelajahi kebun apel seluas 1100 hektar.

Disini Para pengunjung bisa membawa keluarga mereka untuk mengunjungi lokasi wisata, karena obyek wisata ini sangat cocok untuk setiap usia. Nikmati pohon Apple dengan buah-buahan dan menikmati Apel segar dalam pariwisata Pasuruan. Apel wisata agro selalu ramai oleh pengunjung, terutama di hari libur. Obyek wisata ini juga dikenal sebagai Khrisna Agro Wisata.

Kunjungi di sini dan menikmati liburan Anda dengan memetik Apel. Anda juga bisa memperoleh informasi selengkapnya mengenai tanaman apel, mulai dari cara-cara berococok tanam tanaman apel, sampai proses mengolah apel menjadi berbagai macam hasil produksi.

10. Tempat Wisata Kebun Raya Purwodadi Pasuruan
Kebun Raya Purwodadi
Mungkin anda membutuhkan tempat ngadem untuk ngobrol santai bertama teman atau keluarga, Kebun Raya Purwodadi bisa kamu jadikan pilihan. Kebun Raya yang berada di tepi jalan raya Malang-Surabaya ini dipenuhi oleh pohon-pohon dan rumput hijau di mana kita bisa berteduh di bawahnya.

Luas Kebun Raya ini mencapai 85 ha dengan koleksi 10.000 jenis tumbuhan dan pohon. Beberapa fasilitas juga sudah tersedia di sana seperti sebuah danau buatan, kolam renang untuk anak-anak serta taman bermain. Kebun Raya Purwodari yang ada di Pasuruan ini merupakan bagian dari Kebun Raya Bogor.

11. Tempat Wisata Condido Agro Herbal Pasuruan
Condido Agro Herbal
Bagi wisatawan yang menyukai keindahan dari tanaman bunga, di Kabupaten Pasuruan Anda dapat berkunjung ke Condido Agro Herbal. Obyek wisata di Pasuruan ini berdiri pada tahun 1997, dan terletak di Desa Tutur, Kec. Tutur.

Wilayah ini juga dikenal dengan nama Nongkojajar. Salah satu produk andalan di Condido Agro Herbal adalah bunga krisnan. Selain itu, juga terdapat aneka tanaman bunga lainnya seperti calla lily, lily, gerbera, anthurium andreanum, dan leather leaf.

12. Tempat Wisata Bhakti Alam Pasuruan
Bhakti Alam
Bhakti Alam merupakan agrowisata atau wisata alam yang menyajikan keindahan alam dan kebun buah yang sangat luas. Objek wisata ini terletak di daerah Nongkojajar, Pasuruan, tepatnya di Desa Ngembal, Kecamatan Tutur, dengan ketinggian antara 450 m hingga 550 m dari permukaan air laut.

Agrowisata Bhakti Alam menyediakan perkebunan buah dengan berbagai ragam tanaman. Di sini, tersedia sekitar 40 macam buah seperti durian, kelengkeng pingpong, mangga, jeruk, golden melon, semangka, buah naga, alpukat, apel, strawberry, hingga salak pondoh, yang sebagian di antaranya bisa dinikmati secara gratis.

Selain itu, pengelola tempat wisata ini juga sudah menyediakan fasilitas camping ground dan sarana outbound seperti kendaraan ATV, flying fox, titian tali, dan kolam renang. Di samping itu, di Bhakti Alam, pengunjung juga bisa melihat peternakan sapi perah dan pengolahan susu sapi segar menjadi produk susu pasteurisasi.

13. Tempat Wisata Finna Golf & Club Resort Pasuruan
Finna Golf And Country Club Resort
Dikenal dengan Finna Golf And Country Club Resort, obyek wisata yang cukup prestis dengan luas 6,345 M ini menjadi salah satu tujuan wisata populer yang banyak dikunjungi di Pasuruan. Terletak di daerah yang sejuk dekat dengan pegunungan Welirang dan Penanggungan.

Finna Golf dan Country Club Resort berlokasi strategis di Kota Pasuruan, barada di hutan lereng Gunung Welirang dan Gunung Arjuna dengan puncak Gunung yang megah. Finna Golf and Country Club Resort mudah diakses dari kota Surabaya, menjadi hanya jam perjalanan pergi bersama melewati Surabaya-Malang, dan Kota Malang, yang hanya empat puluh lima menit berkendara.

14. Tempat Wisata Bukit Flora Pasuruan
Bukit Flora
Bukit Flora merupakan salah satu wisata agro yang terletak di Desa Tutur, 3 Km dari Nongkojajar. Wisata ini terletak 700 meter dari atas permukaan laut sehingga memiliki suasana yang dingin dan nyaman untuk dikunjungi. Dalam bukit Flora in terdapat beraneka ragam tanaman seperti anggrek, krisan dan bunga-bungaan lain berikut cara penanamannya.

Bagi mereka yang ingin menginap, disediakan Villa dengan 4 kamar dan bisa menampung 100 orang. Berkunjung ke bukit Flora, selain untuk rekreasi keluarga juga bisa dijadikan ajang edukasi untuk anak-anak mengenal berbagai jenis tumbuhan, khususnya bunga-bungaan.

15. Tempat Wisata Air Terjun Sumber Nyonya
Air Terjun Sumber Nyonya
Air Terjun Sumber Nyonya ini merupakan air terjun yang tergolong aman karena air tidak langsung jatuh ke tanah, dimana air yang jatuh terlebih dahulu mengenai bebatuan yang berada di tingkat yang lebih rendah, sehingga tidak ada tempat yang dalam di sekitar hempasan air. Air terjun ini memiliki ketinggian terjunan air hanya sekitar 6 m saja dan terletak di areal perkebunan kopi penduduk. Keberadaan air terjun ini tidak jauh dari Wanawisata Bukit Flora.

16. Tempat Wisata Air Terjun Gumandar
Air Terjun Gumandar
Air Terjun Gumandar merupakan air terjun yang cukup unik karena tidak mempunyai aliran sungai untuk mengaliri air yang dijatuhkan dari atas tebingnya, namun langsung masuk ke tanah untuk diserap dan kemudian keluar lagi lewat sumber air disekitar pemukiman penduduk.

Tak jauh dari Air Terjun Gumandar terdapat air terjun lain dengan nama Air Terjun Deleg. Keberadaan air terjun ini sekitar 11 km dari Kaliandra, Pusat Pendidikan Alam dan Budaya. Pemandangan kedua air terjun di kawasan ini hanya dapat dilihat mendekati akhir musim hujan, sekitar Februari – Maret karena di luar musim tersebut debit airnya kecil sehingga tak tampak.

17. Tempat Wisata Air Terjun Coban Waru
Air Terjun Cobaan Waru
Air Terjun Coban Waru terletak di Dusun Kayukebek, Desa Wonosari, Kecamatan Tutur, Pasuruan. Coban Waru juga dikenal sebagai Coban Joyo atau juga Coban Wonosari. Coban ini memiliki ketinggian sekitar 25 meter. Tempat ini sangat cocok untuk melepaskan kepenatan dari aktivitas sehari-hari. Kondisi alamnya yang masih alami dan udaranya yang sejuk akan membuat pikiran lebih tenang dan tidak ingin beranjak dari tempat ini.

18. Tempat Wisata Air Terjun Coban Cemoro Gading
Air Terjun Coban Cemoro
Air Terjun Coban Cemoro Gading terletak di Desa Ngadirejo, Kecamatan Tutur, Kabupaten Pasuruan. Coban Cemoro merupakan air terjun tertinggi di kawasan ini. Air terjun Cemoro Gading. Nampak air yang cukup jernih, bersiaplah untuk merasakan asyiknya naik gunung, Air terjun tepat jatuh d atas bebatuan dan menimbulkan titik-titik air yang segar.

Air terjun ini tidak berbahaya sebab air yang jatuh langsung mengenai batu sehingga tidak ada tempat kubangan air yang dalam. Air terjun tertinggi sementara yang ada di lokasi ini, sangat mengasyikkan saat menyaksikan air terjun tepat dari arah depan dan rasakan hempasan titik-titik air mengenai wajah dan tangan anda, sungguh mengesankan, tempat ini sangat sunyi, tidak ada keramaian selain bunyi hempasan air terjun.

Lokasi Terletak di Desa Ngadirejo, Kecamatan Tutur, Kabupaten Pasuruan, Propinsi Jawa Timur.

19. Tempat Wisata Air Terjun Rambut Moyo
Air Terjun Rambut Moyo
Air terjun Rambut Moyo terletak di Dusun Krajan, Desa Palangsari, Kecamatan Puspo, Pasuruan. Air terjun ini berada di kawasan pegunungan Bromo-Tengger pada ketinggian sekitar 1500 meter di atas permukaan laut. Air terjun ini terdiri dari dua tingkatan dimana bagian atas terlihat lebih pendek dibandingkan bagian bawahnya. Ketinggian terjunan air ini sekitar 40 meter dengan telaga kecil yang airnya cukup dangkal dibawahnya.

20. Tempat Wisata Masjid Muhammad Cheng Ho Pasuruan
Masjid Muhammad Cheng Ho
Masjid Muhammad Cheng Ho di Pandaan Pasuruan adalah satu dari tiga masjid besar di Indonesia yang mengabadikan nama besar Laksamana Cheng Ho sebagai nama tempat ibadah. Para inisiator pembangunan Masjid Cheng Ho Pasuruan, demikian juga Masjid Cheng Ho di Surabaya dan Masjid Cheng Ho Palembang, adalah komunitas Muslim Tiongkok yang udah lama bermukim di Indonesia yang bermaksud mengenang jasa pengembara asal Negeri Tirai Bambu ini dalam menyebarkan agama Islam di Indonesia.

Masjid dengan arsitektur mirip klenteng tidak hanya dapat kita temukan di Surabaya dan Semarang. Di Kabupaten Pasuruan juga ada masjid dengan arsitektur serupa. Lokasi masjid ini berada di pertigaan Jalan Raya Pasuruan-Malang-Tretes di Kecamatan Pandaan. Karna arsitekturnya yang unik, masjid ini tidak cuma dikunjungi oleh mereka yang hendak beribadah. Beberapa orang yang penasaran rela jauh-jauh datang hanya untuk melihat dari dekat bangunan masjid.

21. Tempat Wisata Air Terjun Coban Baung Pasuruan
Air Terjun Coban Baung
Air Terjun Coban Baung merupakan air terjun yang lokasinya tidak terlalu jauh dari Kebun Raya Purwodadi. Masih di kecamatan yang sama. Air terjun ini berada di Desa Cowek. Air terjun dengan tinggi sekitar 100 meter ini merupakan pertemuan dari dua aliran sungai yakni Sungai Welang dan Sungai Beji.

Lokasi air terjun berada di kawasan Taman Wisata Alam Gunung Baung. Air terjun ini berada di lereng Gunung Baung. Berbagai fasilitas sudah tersedia sekitar air terjun. Termasuk area camping bagi pengunjung yang ingin bermalam di tenda ditemani suasana alam

22. Tempat Wisata Air Terjun Kakek Bodo Pasuruan
Air Terjun Kakek Bodo
Air Terjun Kakek Bodo Pasuruan merupakan sebuah air terjun setinggi 40 meter yang berada di lereng Gunung Arjuno, dan menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Pasuruan. Karena lokasinya yang berada di kawasan pegunungan, wisatawan yang berkunjung ke tempat ini akan dapat menyaksikan pemandangan alam dengan hamparan pepohonan yang sangat memukau.

Di kawasan ini, keberadaan air terjun Kakek Bodo tidak sendirian. Ada tiga air terjun lainnya yang bisa ditemui dalam perjalanan lintas hutan di kawasan wisata andalan Jawa Timur itu, masing-masing adalah Air Terjun Alap-Alap dengan ketinggian 40 meter, Putuk Truno dengan ketinggian 45 meter, dan Sengguruh dengan ketinggian 30 meter.

23. Tempat Wisata Air Terjun Alap-alap Pasuruan
Air Terjun Alap-alap Pasuruan
Air Terjun Alap alap berada di sekitar area pegunungan Gunung Arjuno dan Welirang. Ketinggian air terjun sekitar 40 m dengan tiga tingkatan. Debit air terjun ini tidaklah besar dan yang mengalir melewati sela-sela tebing batu. Nama alap alap diambil dari salah satu jenis burung pemangsa yang menjadi habitat hidup burung yang dikenal sebagai Elang Jawa.

Terletak di Desa Pecalukan, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan, Propinsi Jawa Timur. Akses menuju air terjun alap-alap paling mudah ditempuh melalui bumi perkemahan wanawisata Kakek Bodo. Dilanjutkan dengan perjalanan menanjak menuju ke arah Selatan kurang lebih 3 kilometer. Tentunya dengan jalur trek yang bermedan cukup berat. Menembus lebatnya hutan, dan naik turun di tepian tebing batu.

24. Tempat Wisata Air Terjun Putuk Truno Pasuruan
Air Terjun Putuk Truno
Air Terjun Putuk Truno memiliki ketinggian air sekitar 45 m dan berada kaki Gunung Welirang dan Arjuno. Air Terjun berada kawasan wisata Tretes dan berjarak hanya sekitar 400 m dari Air Terjun Kakek Bodo. Konon, nama air terjun ini diambil dari mitos seseorang yang bernama Joko Truno, seseorang yang bertapa disekitar lokasi air terjun hingga menjelma menjadi ular (Putuk).

Berjarak sekitar 55 km ke arah selatan kota Surabaya. Dari pintu masuk utama yang berada di jalan Putuk Truno Pringgen, sekitar 500 m dari jalan raya Pandaan – Tretes. Kondisi jalan ini menanjak hingga menuju pos masuk. selanjutnya dari pos masuk ini perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki menuruni jalan setapak kurang lebih 300 m hingga mencapai lokasi air terjun. Jalan setapak ini sudah dibeton dan dibuatkan undak-undak hingga memudahkan pengunjung datang.

25. Tempat Wisata Saygon Waterpark Pasuruan
Saygon Waterpark
Saygon Waterpark merupakan wisata taman air yang unik dan beda dengan water park yang lain. Waterpark yang berada di sengon Kecamatan Purwosari Pasuruan ini bisa menjadi tujuan utama anda berlibur bersama keluarga. Mudah dicapai dari arah Surabaya-Malang, cukup 2menit dari perempatan Sengon.

Dibangun di atas lahan yang cukup luas, menawarkan pilihan wahana untuk segala usia. Wahana Pesawat dan Wahana air diantaranya adalah kolam ombak,kolam arus,waterpark anak, slide kecepatan ekstrim, slide terbuka dan tertutup, twister,dan masih banyak yang lainnya.

26. Tempat Wisata Taman Dayu Pandaan Pasuruan
Taman Dayu Pandaan
Taman Dayu Pandaan merupakan sebuah taman yang biasanya akan ramai pada hari minggu atau hari-hari besar. Tempat ini dulunya merupakan bekas perumahan elit yang kini dikembangkan menjadi taman wisata yang bisa dikunjungi oleh siapa saja. Kawasan taman ini ditumbuhi oleh pohon-pohon yang membuat suasana di sekitar taman menjadi sangat nyaman dan teduh.

Beberapa fasilitas seperti arena out bound, tempat berkemah, lapangan golf, serta waterpark mini sudah tersedia di tempat ini. Ada juga pusat kuliner untuk kamu yang suka dengan wisata kuliner Lokasi tempat ini berada di Kecamatan Pandaan. Lokasinya sangat strategis karna berada di jalur yang menghubungkan dua kota besar di Jawa Timur yakni Malang dan Surabaya. Tempat ini juga sekaligus menjadi tempat peristirahatan bagi mereka yang akan melakukan perjalanan ke dan dari Malang atau Surabaya.

Baca ini : Tempat Wisata di Brebes yang Wajib Dikunjungi

Demikian mengenai 26 Tempat Wisata di Pasuruan yang Wajib Dikunjungi nah semoga ini bisa bermanfaat untuk kalian semua, jika anda ingin bertanya tentang artikel ini, anda bisa berkomentar melalui kolom komentar dibawah ini.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "26 Tempat Wisata di Pasuruan yang Wajib Dikunjungi"

Poskan Komentar