24 Tempat Wisata di Nganjuk yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata di Nganjuk - Nganjuk merupakan salah satu daerah yang berada di wilayah Provinsi Jawa Timur. Daerah yang satu ini berbatasan secara langsung dengan daerah Kabupaten Bojonegoro di arah sebelah utara, sedangkan di arah sebelah timurnya berbatasan secara langsung dengan Kabupaten Jombang, di bagian selatan berbatasan langsung dengan Kabupaten Kediri dan juga wilayah Kabupaten Ponorogo, serta di arah barat berbatasan dengan Kabupaten Madiun.

Selain itu, Nganjuk juga terkenal dengan sebutan Kota Angin, karena daerah ini diapit diantara dua gunung, yaitu Gunung Wilis dan pegunungan Kendeng yang membuat kota ini memiliki hembusan angin yang kuat. Nganjuk juga menyimpan sejuta daya tarik wisata yang pasti akan dapat menjadi pilihan tujuan wisatamu. Selain wisata alam, wilayah ini juga terdapat wisata sejarah dan kuliner tentunya.

Baca ini : 22 Tempat Wisata di Tuban yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata di Nganjuk yang Wajib Dikunjungi
Berikut ini Aneka Wisata Seru akan merekomendasikan sejumlah tempat wisata di Nganjuk Paling Terkenal wajib Dikunjungi. Sebagian besar destinasi wisata Nganjuk ini adalah wisata yang menawan dan mempesona.

1. Tempat Wisata Air Terjun Singokromo Nganjuk
Air Terjun Singokromo
Air terjun Singokromo merupakan sebuah air terjun yang mempunyai ketinggian sekitar 20 meter dengan suasana sekitar air terjun yang masih sangat segar. Air terjun yang terletak di Desa Ngliman, Kecamatan Sawahan, Kabupaten Nganjuk ini belum dikelola oleh pemerintah sebagai tempat wisata, hal itu membuat akses menuju lokasi menuju air terjun masih agak sulit gitu. 

Air terjun Singokromo berjarak sekitar 3 km dari Kota Nganjuk. Untuk mencapai lokasi air terjun, kamu cuma bisa menggunakan kendaraan roda dua. Selanjutnya perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki di atas setapak kurang lebih 500 meter atau sekitar 15 menit. Air terjun ini terletak tidak jauh dari Air Terjun Sedudo. 

2. Tempat Wisata Air Terjun Sedudo Nganjuk
Air Terjun Sedudo
Air Terjun Sedudo merupakan sebuah air terjun dan obyek wisata yang terletak di Desa Ngliman Kecamatan Sawahan, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur. Jaraknya sekitar 30 km arah selatan ibukota kabupaten Nganjuk. Berada pada ketinggian 1.438 meter dpl, ketinggian air terjun ini sekitar 105 meter. Tempat wisata ini memiliki fasilitas yang cukup baik, dan jalur transportasi yang mudah diakses.

Air terjun Sedudo sudah terkenal sejak jaman Majapahit yang mana air terjun ini diyakini sebagai Tirta Suci yang mengalir dari kahyangan. Bahkan Para Raja, Bangsawan dan Pendeta pada jaman itu sering mempergunakan untuk upacara ritual, yaitu memandikan arca atau senjata pusaka dalam upacara Parna Prahista, yang kemudian sisa airnya dipercikan untuk keluarga agar mendapat berkah keselamatan dan awet muda.

Untuk fasilitas yang dimiliki di tempat wisata ini umumnya cukup baik dan lengkap seperti ruang ganti, kolam tempat berendam atau berenang, toilet, tempat istirahat dan berbagai rumah makan serta toko cinderamata. Bagi yang membutuhkan penginapan juga tersedia hotel yang berada di sekitar kawasan ini.

Harga tiket masuk adalah Rp 2500/orang. Tarif parkir kendaraan roda dua dipungut Rp 1.000, sedangkan kendaraan roda empat Rp 2.000.

3. Tempat Wisata Air Terjun Roro Kuning Nganjuk
Air Terjun Roro Kuning
Air Terjun Roro Kuning adalah salah satu tempat wisata di Nganjuk yang terletak di Desa Bajulan, Kecamatan Loceret. Air terjun ini berbeda dari yang lainnya karena air yang jatuh dari atas mengalir merambat melalui bebatuan, oleh karena itulah air terjun ini dinamakan air terjun merambat roro kuning.

Selain menikmati air terjun merambat, disini juga terdapat kolam renang dan penangkaran rusa. Sementara tinggi air terjunnya sendiri adalah 10-15 m. Aliran Air terjun Roro Kuning berasal dari tiga sumber yang ada disekitar Gunung Wilis.

Air tersebut mengalir dengan cara merambat di sela-sela bebatuan padas di bawah pepohonan hutan pinus. Kemudian aliran air terjun tersebut membentuk trisula. Jika anda tertarik untuk datang ke tempat wisata ini, anda bisa menempuhnya dari Nganjuk, kurang lebih berjarak 31 km ke selatan Nganjuk.

4. Tempat Wisata Air Terjung Ngebleng Nganjuk
Air Terjun Ngebleng Nganjuk
Air Terjun Ngebleng merupakan sebuah air terjun yang terletak di perbatasan antara jombang dengan nganjuk, tepatnya di Dusun Tondowesi Lor/Utara, Desa Pule, Kecamatan Jatikalen, Kabupaten Nganjuk, Propinsi Jawa Timur.

Air Terjun Ngebleng masih alami dan belum di kelola oleh daerah setempat, belum ada karcis masuk, parkir di rumah warga seiklasnya. Untuk menuju air terjun jalan kaki ± 2 km/ 1 jam an dari rumah warga, kalau musim kemarau sepeda motor bisa langsung ke air terjunnya. pas musim penghujan debit airnya lumayan deras, kalau musim kemarau airnya surut/sedikit.

5. Tempat Wisata Air Terjun Air Terjun Sumbermanik Nganjuk
Air Terjun Sumbermanik
Air Terjun Sumbermanik merupakan sebuah air terjun yang terletak di Desa Blongko, Kecamatan Ngetos, Kabupaten Nganjuk. Akses menuju lokasi air terjun memang masih sulit tapi kamu bisa mengandalkan warga sekitar untuk menemanimu menuju lokasi air terjun. Dari Desa Blongko, kamu akan melewati jalan terjal dan berbatu jadi anda harus hati-hati.

Air terjun besar nan eksotis ini berwujud aliran air jernih yang merambat di dinding tebing dan membentuk dua cabang. Posisinya menghadap ke barat, di lereng Bukit Punjul, sebagai salah satu rangkaian perbukitan Gunung Wilis. Ketinggian air terjun sekitar 35 meter, dengan lebar 20 meter menyelimuti bukit batu berbentuk membulat.

6. Tempat Wisata Candi Ngetos Nganjuk
Candi Ngetos
Candi Ngetos adalah sebuah tempat bersejarah seperti candi tak hanya disaksikan di Jawa Tengah saja, Anda juga bisa menyaksikan candi bersejarah di daerah Jawa Timur. Candi Ngetos berada di daerah Nganjuk tepatnya di Desa Ngetos, Kecamatan Ngetos, terletak di bagian selatan Kota Nganjuk, Provinsi Jawa Timur.

Bangunan candi ini merupakan peninggalan dari Kerajaan Majapahit pada abad XV. Candi ini juga sebagai tempat pemakaman dari Hayam Wuruk. Bangunan Candi Ngetos terletak di tepi jalan yang beraspal antara Kuncir dan Ngetos. Berdasarkan bentuknya Candi Ngetos ibuat pada abad ke-15, yaitu pada zaman Kerajaan Majapahit.

Dan diperkirakan juga Cani Ngetos dibuat sebagai makam Raja Hayam Wuruk dari Majapahit. Secara fisik Candi ini sudah rusak, bahkan beberapa bagian candi sudah hilang sehingga sulit sekali ditemukan bentuk aslinya.

7. Tempat Wisata Goa Margo Tresno Nganjuk
Goa Margo Tresno
Goa Margo Tresno merupakan sebuah gua yang terletak di Dusun Cabean, Desa. Sugih Waras, Kec. Ngluyu, Kab. Nganjuk, Goa Margo Tresno terkesan magis. Disepanjang perut goa gelap dan cericit ribuan kelelawar semakin menambah suasana menjadi lebih seram. Apalagi lokasi goa yang berada di tengah belantara hutan jati Pegunungan Kendeng.

Jika anda ingin menuju lokasi goa ini anda tidak bisa menggunakan alat transpotasi, tetapi harus ditempuh dengan jalan kaki, menyusuri jalan setapak yang terjal dan sedikit mendaki, karena suasananya memang masih asri, dihiasi pepohonan yang rimbun.

Selain itu Di depan goa, anda akan disuguhi sebuah kolam yang bisa digunakan untuk berenang. Air kolam di goa ini masih bersih dan jernih. Di dalam gua ini cukup gelap dan masih banyak kelelawar yang menghuni tempat ini.

8. Tempat Wisata Jurang Gatuk Nganjuk
Jurang Gatuk
Jurang gatuk adalah sebuah jurang yang menyempit dan di aliri oleh air yang jernih dari atas kebawah, disana juga ada kolam yang masih alami dan airnya juga jernih. dan tempat ini hanya di ketahui oleh orang orang setempat yang ada di sekitarnya.

Jurang gatuk ini memiliki jalan yang menanjak dan menurun yang hanya bisa di lewati dengan berjalan kaki. jika anda ingin kesini harus menempuhnya dengan jalan kaki, tidak memungkinkan jika kita menggunakan kendaraan untuk tiba disana.

Jurang Gathuk terletak di kawasan Desa Gondang, Kecamatan Pace. Jika anda ingin tahu seperti apa keindahan tempatnya, anda bisa mengunjunginya sendiri. tempat ini sering kali di jadi salah satu rute yang digunakan oleh para pemuda pemudi untuk melakukan napak tilas, karena tempat ini masih dalam kawasan daerah pegunungan, itulah yang membuat jalannya menjadi naik turun dan terasa berata untuk ditempuh.

9. Tempat Wisata Candi Lor Nganjuk
Candi Lor Nganjuk
Candi Lor merupakan bangunan candi yang terbuat dari batu bata merah yang diyakini sebagai monumen cikal bakal berdirinya kabupaten Nganjuk yang diperingati setiap tanggal 10 April setiap tahunnya. Candi Lor terletak di Desa Candirejo, Kecamatan Loceret, Kabupaten Nganjuk.

Candi ini dibangun pada sekitar tahun 937 M dengan menggunakan batu bata merah sebagai salah satu tanda penetapan kawasan Anjuk Ladang yang sekarang ini dikenal sebagai Kabupaten Nganjuk. Candi Lor ini dibangun dari batu bata berwarna merah.Candi ini menjadi simbol berdirinya kota Nganjuk.

Area sekitar candi ini sangat asri dan indah sehingga sayang jika Anda tidak mengabadikannya lewat foto dengan background candi lor ini.

10. Tempat Wisata Sendang Putri Wilis Nganjuk
Sendang Putri Wilis
Sendang Putri Wilis merupakan sungai dengan air yang jernih dan lumayan deras menjadikan sensasi tersendiri bagi kalian serta dikelilingi oleh Hutan Pegunungan Wilis Yang alami dan mempesona. Teksture bebatuan yang indah mempunyai nilai daya tarik tersendiri bagi para pengunjung Sendang Putri Wilis. Apa lagi bagi para pengunjung Sendang Putri Wilis yang suka Selfie.

Sendang Putri Wilis berlokasi di desa Ngliman kecamatan Sawahan, jalur menuju Sendang Putri Wilis cukup mudah walau musim penghujan kita bisa sampai di lokasi parkiran. Sendang Putri Wilis berada di Atas Air Terjun Singokromo sekitar 200 Meter dari Warung / Lokasi Parkir Motor.

Jika anda ingin menikmati kesejukan air di sendang ini, kamu cukup membayar Rp.5.000 rupiah.

11. Tempat Wisata Grojogan Duwur Sumbermiri Nganjuk
Grojogan Duwur Sumbermiri
Grojogan Duwur Sumbermiri adalah sebuah Wisata terletak di Desa Sumbermiri, Kecamatan Lengkong, Kota Nganjuk. Kawasan ini masih alami dan keindahannya dapat menghipnotis siapa saja yang melihatnya. Perlu pengunjung ketahui, akses jalan menuju kawasan ini sangat menanjak. Diperlukan kewaspadaan apalagi keadaan jalan yang rusak menambah perjalanan semakin menegangkan.

Pemandangannya mampu memikat hati dan betah untuk berlama-lama disini. Dijamin pasti anda gak akan nyesel apalagi kecewa. Biaya yang dikeluarkan pun tidak akan menguras kantong. Cukup merogoh saku Rp. 5000 untuk biaya parkir. Jika dating kesini, disarankan untuk membawa makanan dan minuman sendiri. Karena kawasan ini belum menyediakan toko atau warung-warung.

12. Tempat Wisata Monumen Dr. Soetomo Nganjuk
Monumen Dr Soetomo
Monumen Dr.Soetomo berada di Desa Ngepeh, Kecamatan Loceret, Nganjuk. Monumen ini merupakan tempat kelahiran Dr. Soetomo. Bahkan ari-ari beliau diperkirakan tepat berada dibawah patung Dr. Soetomo yang digambarkan sedang duduk menghadap ke selatan.

Monumen Dr.Soetomo yang ada di Desa Ngepeh tersebut sebenarnya adalah rumah dari neneknya. Secara keseluruhan bangunan ini terdiri dari patung Dr. Soetomo, Pendopo induk yang terletak di belakang patung, dan bangunan pringgitan.

Gambaran patung dr. Soetomo dalam posisi duduk di kursi dengan tangan diletakkan diatas buku terbuka yang menggambarkan beliau adalah seorang cendekiawan yang sedang menekuni dan memperdalam ilmu pengetahuan.

13. Tempat Wisata Bukit Batu Songgong Nganjuk
Bukit Batu Songgong 
Bukit Batu Songgong adalah salah satu obyek wisata berupa taman alam yang terdapat di kawasan Sawahan Nganjuk. Letaknya sebalah selatan dari pusat Kabupaten Nganjuk, sekitar 4 Km dari jalan raya menuju air terjun Sedudo. Untuk akses jalan menuju Desa Margopatut sendiri anda tidak disuguhkan dengan jalan mulus. Kondisi jalan yang naik turun dan berkelok-kelok dengan kondisi aspal yang sudah rusak.

Taman bukit ini rupanya merupakan hasil olahan salah satu warga sekitar. Di tengah lahan seluas sekitar 1 hektare itu ditata ratusan batuan endemik menjadi taman yang sedap dipandang mata. Ada pola jalan setapak membentuk lingkaran dan letter S yang disusun dari lempengan batu, hingga formasi lingkaran yang dikeliling pagar batu-batu rincing, di mana bagian tengah terdapat monumen mini yang juga terbuat dari batuan serupa.

14. Tempat Wisata Pura Kerta Bhuwana Nganjuk
Pura Kerta Bhuwana Giri Wilis
Pura Kerta Bhuwana Giri merupakan Pura Penyawangan dari Candi Sapto Argo yang berada di puncak Gunung Wilis yang merupakan pemujaan Dewa Wisnu, Dewi Sri dan leluhurnya. Umat Hindu di Desa Bajulan setahun sekali naik ke puncak Gunung Wilis untuk melakukan bersih-bersih dan merawat Candi Sapto Argo sekaligus bersembahyang.

Di sekitar Candi Sapto Argo terdapat situs-situs, sedangkan arca Dewa Wisnu dan Dewi Sri yang ada di Candi Sapto Argo telah hilang dicuri. Sesepuh-sesepuh umat Hindu yang ada di Desa Bajulan meyakini bahwa di sekitar Candi Sapto Argo terdapat lima prasasti dan yang telah ditemukan hanya tiga prasasti. ini Lokasi terletak di Desa bajulan Kecamatan Loceret.

15. Tempat Wisata Monumen Jenderal Soedirman Nganjuk
Monumen Jenderal Soedirman
Monumen Jendral Sudirman merupakan sebuah monumen yang terletak di Desa. Bajulan Kec. Loceret, lebih kurang 22 Km arah selatan Kota Nganjuk. Monumen ini didirikan sebagai tanda bahwa Desa Bajulan dahulu pernah disinggahi Panglima Besar Jendral Sudirman selama 9 hari dalam perjalanannya memimpin perang melawan Belanda tahun 1949.

Dengan jarak lebih kurang 3 km dari Monumen ke arah selatan ada sebuah padepokan yang dijadikan museum. Untuk mengenang jasa Jendral Sudirman, Pemerintah Kabupaten Nganjuk dan Transmigrasi mengadakan acara setiap tahunnya secara rutin yaitu Napak Tilas Route Jendral Sudirman dengan rute yang dahulu dipakai sa'at Beliau perang gerilya melawan Belanda.

16. Tempat Wisata Taman Anjuk Ladang Nganjuk
Taman Anjuk Ladang
Taman Anjuk Ladang merupakan tempat wisata yang terletak di sekitar Stadion olahraga Anjuk Ladang, sekitar 2 km arah selatan pusat kota Nganjuk. Taman Anjuk Ladang merupakan taman yang rindang dan sejuk, dan memiliki fasilitas mainan anak seperti Jogging track dan perkemahan.

Taman Anjuk Ladang juga memiliki koleksi hewan seperti rusa, monyet, burung, dan lain sebagainya. Oleh karena itu sangat direkomendasikan untuk wisata keluarga. Taman indah ini berada di area sekitar stadion anjuk lading.

Taman yang bersih ini bisa menjadi tempat jogging dan jalan-jalan bersama keluarga. Terdapat mainan anak-anak dan juga koleksi hewan seperti rusa dan lainnya. Anda pun bisa berfoto di sana bersama keluarga.

17. Tempat Wisata Museum Anjuk Ladang Nganjuk
Museum Nganjuk Ladang
Museum Anjuk Ladang merupakan sebuah museum yang terletak di kota Nganjuk, tepatnya sebelah timur Terminal Bus Kota Nganjuk.

Di dalam Museum ini tersimpan benda dan cagar budaya di zaman Hindu, Doho, dan Majapahit, serta Prasasti Anjuk Ladang yang merupakan cikal bakal berdirinya Kabupaten Nganjuk. Museum ini terbagi menjadi beberapa bagian bangunan.

Bagian depan berbentuk joglo tempat menyimpan prasasti Anjuk Ladang, bangunan induk sebagai tempat penyimpanan guci, mangkok, wayang kulit, genta, topeng dan lainnya.

18, Tempat Wisata Agro Wisata Perkebunan Mawar Nganjuk
Perkebunan Mawar Merah
Perkebunan Mawar Merah banyak dijumpai di wilayah Desa Ngliman, Kec. Sawahan dekat dengan Obyek Wisata Air Terjun Sedudo. Kualitas hasil perkebunan mawar masyarakat Desa Ngliman ini merupakan kualitas unggulan.

Sehingga dipasarkan tidak hanya di wilayah Nganjuk saja, melainkan hingga keluar daerah. Selain itu juga diolah oleh masyarakat setempat menjadi minyak atsiri maupun sirup sari mawar. Kebun-kebun mawar merah ini bisa anda jumpai di sepanjang perjalanan menuju lokasi Obyek Wisata Air Terjun Sedudo.

19. Tempat Wisata Taman Pandan Wilis Nganjuk
Taman Pandan Wilis
Taman Pandan Wilis merupakan taman Kota Nganjuk yang baru resmi dibuka pada tahun 2015 lalu. Nama taman sendiri diambil dari nama Pegunungan Wilis yang menjadi pesona bagi Kota Angin ini. Taman Wilis tidak hanya menawarkan suasana tenang.

Khas taman kota namun juga menawarkan kenyamanan bagi pengunjung dengan menyiapkan tempat duduk. Berlokasi di Kelurahan Werungotok, Kecamatan Nganjuk Kota, Kabupaten Nganjuk menjadi pilihan warga sekitar atau bahkan muda-mudi untuk menghabiskan sore.

Buat anda yang belajar motret, di sini tempat yg tepat untuk latihan memfoto. Spot foto yg bagus adalah di depan tulisan Taman Pandan Wilis, di panggung, duduk di tangga, dan anda kalian mungkin menemukan spot lainnya kalau sudah di sana. Sampe saat ini, Memasuki taman ini gratis.

20. Tempat Wisata The Legend Waterpark Kertosono Nganjuk
The Legend Waterpark Kertosono Nganjuk
The Legend Waterpark Kertosono merupakan sebuah kolam renang yang lokasinya sangat strategis karena berada di pinggir jalan jalur Surabaya - Madiun. Waterpark di Nganjuk ini cukup luas dan menyediakan berbagai macam kolam serta wahana permainan air.

Obyek Wisata Air ini dilengkapi dengan berbagai wahana permainan air seperti Racing Slide, Spiral Slide, Kolam Ombak, Lazzy River, Kids Pool, BIoskop 4D, KIos Souvenir, Kolam Renang Standart Internasional, Panggung Hiburan, Food Court, Futsal, dll.

Dengan lokasi yang sangat strategis di tepi jalan raya Surabaya - Solo sekitar 5 km arah Barat Kec. Kertosono tentu memudahkan anda yang ingin berkunjung bersama keluarga.

21. Tempat Wisata Embung Estumulyo Nganjuk
Embung Estumulyo
Embung Estumulyo merupakan sebuah tempat wisata alam yang terletak di Desa Bulurejo, kecamatan Sawahan, kira-kira 25 kilometer dari tengah kota Nganjuk. Kecamatan Sawahan sendiri merupakan daerah pegunungan sehingga hawa di sana sangat sejuk.

Walaupun tempat wisata Embung Estumulyo gratis mampu memberikan pemandangan yang sangat memukau, tak kalah dengan tempat-tempat wisata lain. Di Embung Estumulyo ini juga terdapat perahu getek , jadi apabila Anda menemui perahu ini Anda bisa berfoto-foto ria dengan background pemandangan yang keren. Di sini kita juga akan menjumpai beberapa warga yang sedang memancing seperti di bendungan-bendungan lain.

22. Tempat Wisata Masjid Yoni Al Mubarok Nganjuk
Masjid Nganjuk
Masjid Masjid Yoni Al Mubarok adalah salah satu masjid tertua di Kabupaten Nganjuk. Pasalnya, masjid ini dibangun pada tahun 1745 Masehi. Masjid ini terletak di barat Lapangan Berbek kota Nganjuk. Pada waktu itu, masjid ini masih menggunakan atap berupa ijuk dan lantainya berupa adukan tanah liat dan kapur.

Meskipun telah beberapa kali mengalami pemugaran, namun beberapa bagian masjid ini masih terjaga keasliannya seperti mimbar, bedug, serta beberapa ornamen seperti kerangka-kerangka yang terbuat dari kayu jati.

23. Tempat Wisata Kuliner Nasi Becek Khas Nganjuk
Nasi Becek Nganjuk
Nasi becek khas nganjuk merupakan makanan yang mirip dengan kare kambing. Isi dari sego becek ini hampir sama dengan soto babat, kalo nasi becek ini telah diberi potongan sate kambing yang telah dilucuti dari tusuk satenya.

Makanan ini mempunyai rasa yang mirip dengan mayoritas makanan sejenis yang berkembang di daerah Solo, Jawa Tengah. yaitu manis dan tidak asin, berbeda dengan umumnya hidangan utama ala Jawa Timuran yang cenderung asin.

24. Tempat Wisata Kuliner Kerupuk Pecel Khas Nganjuk
Kerupuk Pecel Nganjuk
Krupuk pecel khas nganjuk ini merupakan krupuk bakar yang dicampur dengan sayuran, dalam penyajianya yaitu krupuk yang di atasnya di taburu sayuran yang terdiri dari capar (toge), bayam,bung (rebung), kenikir, mbayung (daun kacang) dan kacang panjang. yang kemudian atasnya di siram dengan bumbu pecel, biasanya untuk menemani makan krupuk yang khas ini di temani es rujak yang segar sekali.

Baca Juga : 17 Tempat Wisata di Surabaya yang Wajib Dikunjungi

Demikian mengenai 24 Tempat Wisata di Nganjuk yang Wajib Dikunjungi semoga bisa bermanfaat untuk kalian semua, jika anda ingin bertanya tentang artikel ini, anda bisa berkomentar melalui kolom komentar dibawah ini.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "24 Tempat Wisata di Nganjuk yang Wajib Dikunjungi"

Posting Komentar