31 Tempat Wisata di Palembang yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata di Palembang - Apa sih yang anda ketahui tentang kota Palembang? ya benar, memang Kota Palembang merupakan ibu kota provinsi Sumatera Selatan. Palembang adalah kota terbesar kedua di Sumatera setelah Medan. Kota Palembang memiliki luas wilayah 358,55 km² yang dihuni 1,7 juta orang dengan kepadatan penduduk 4.800 per km². Diprediksikan pada tahun 2030 mendatang. Kota ini akan dihuni 2,5 Juta orang.

Sejarah Palembang yang pernah menjadi ibu kota kerajaan bahari Buddha terbesar di Asia Tenggara pada saat itu, Kerajaan Sriwijaya, yang mendominasi Nusantara dan Semenanjung Malaya pada abad ke-9 juga membuat kota ini dikenal dengan julukan "Bumi Sriwijaya". Berdasarkan prasasti Kedukan Bukit yang ditemukan di Bukit Siguntang sebelah barat Kota Palembang yang menyatakan pembentukan sebuah wanua yang ditafsirkan sebagai kota pada tanggal 17 Juni 688 Masehi menjadikan kota Palembang sebagai kota tertua di Indonesia

Selain itu, sejarah tua Palembang serta masuknya para pendatang dari wilayah lain, telah menjadikan kota ini sebagai kota multi-budaya. Sempat kehilangan fungsi sebagai pelabuhan besar, penduduk kota ini lalu mengadopsi budaya Melayu pesisir, kemudian Jawa. Sampai sekarang pun hal ini bisa dilihat dalam budayanya.

Kota Palembang menyimpan salah satu jenis tekstil terbaik di dunia yaitu kain songket. Kain songket Palembang merupakan salah satu peninggalan Kerajaan Sriwijaya dan di antara keluarga kain tenun tangan kain ini sering disebut sebagai Ratunya Kain. Hingga saat ini kain songket masih dibuat dengan cara ditenun secara manual dan menggunakan alat tenun tradisional.

Baca ini : Tempat Wisata di Sumedang yang Sangat Seru kalau Dikunjungi

Tempat Wisata di Palembang yang Wajib Dikunjungi
Nah pada kesempatan kali ini Aneka Wisata Seru akan merekomendasikan tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi karena Palembang mempunyai segudang tempat wisata dengan pemandangan yang sangat indah serta wisata alam yang sangat elok, jika mungkin anda ingin berlibur ke suatu tempat disinilah tempat yang cocok, dijamin anda tidak akan kecewa dan pasti liburan anda akan lebih menyenangkan.

1. Tempat Wisata Jembatan Ampera di Palembang
Jembatan Ampera
Mungkin bagi anda yang sedang di palembang jangan lupa berkunjung ke jembatan ampera, Jembatan Ampera yang berada di tengah atau pusat kota dan menjadi penghubung daerah Seberang Ilir dan Seberang Ulu. Kedua daerah ini dipisahkan oleh sebuah sungai yang bernama Sungai Musi. Jembatan ini mulai dibangun pada bulan April tahun 1962 setelah mendapat persetujuan dari Presiden Soekarno dengan biaya diambil dari pampasan perang Jepang.

Jika Anda ingin melihat keindahan dari Jembatan Ampera ini adalah di waktu malam hari karena di waktu itulah jembatan ini selalu dihiasi dengan lampu-lampu yang warna-warni dan sangat terang serta memancar ke segala arah. Arah sinar dari lampu yang memancar itu tidak hanya menyamping, tetapi menjulang ke atas langit. Keindahan ini tampak lebih sempurna karena teknik pencahayaan yang digunakan ditata secara khusus, sehingga kemegahan jembatan ini semakin terlihat sempurna.

2. Tempat Wisata Masjid Cheng Ho di Palembang
Masjid Cheng Ho Palembang
Masjid Cheng Ho Palembang merupakan salah satu dari 3 Masjid Cheng Ho yang sudah berdiri di Indonesia, dua yang lain berada di Surabaya dan Pasuruan. Dibandingkan dua Masjid Cheng Ho Lain nya Masjid Cheng Ho Palembang merupakan Masjid Cheng Ho terbesar.

Fungsi masjid Cheng Ho lebih dari sekadar tempat ibadah. Masjid ini menghelat kegiatan-kegiatan agama dan kemasyarakatan, dan telah menjadi sebuah tujuan wisata yang menarik para pengunjung dari Malaysia, Singapura, Taiwan dan bahkan Rusia.

Bangunan masjid dibangun dengan perpaduan unsur Cina, Melayu, Nusantara dan arab ini dilengkapi dengan rumah imam, Tempat Pendidikan Al-Quran untuk anak-anak secara gratis, Kantor DKM, perpustakaan masjid, serta ruang serbaguna. Bangunan masjid berukuran 25 x 25 meter berdiri di atas tanah 5000 meter persegi.

Masjid Cheng Hoo Palembang, mampu menampung sekitar 600 jemaah dan berlantai 2. Lantai pertama digunakan untuk jemaah laki laki, sedangkan lantai dua digunakan khusus untuk jemaah wanita. nah tempat ini memang sangat cocok buat anda yang ingin melihat desain masjid yang sangat bagus, dan bisa buat sholat berjamaah bersama keluarga anda.

3. Tempat Wisata Museum Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang
Museum Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang
Museum Sultan Mahmud Badaruddin II memang termasuk museum yang paling banyak dikunjungi oleh para wisatawan domestik maupun mancanegara karena letaknya yang strategis berada di tepi Sungai Musi, dekat landmark kota Palembang, yaitu Jembatan Ampera dan Benteng Kuto Besak. Sesuai namanya museum ini lebih banyak mengoleksi ragam kesultanan Palembang dari mulai arkeologi, etnografi, biologi, seni dan juga informasi tentang pengumpulan mata uang (numismatics).

Museum ini juga menarik karena arsitekturnya yang khas, yaitu berbentuk rumah ada khas Palembang, Rumah Limas. Museum ini terdiri dari 2 lantai tapi hanya lantai atas yang dijadikan ruang pamer koleksi museum. Jika anda ingin berkunjung ke museum ini anda harus membayar tiket masuk sebesar Rp. 5.000 untuk dewasa dan Rp. 1.000 untuk anak-anak. Tempat ini cocok dikunjungi untuk melihat prasasti atau lukisan-lukisan.

4. Tempat Wisata Bukit Siguntang di Palembang
Bukit Siguntang
Nah tempat wisata selanjutnya yaitu Bukit Siguntang Palembang, Bukit Siguntang merupakan salah satu objek wisata yang mengandung nilai historis yang tinggi. Dengan ketinggian 29-30 meter di atas permukaan laut, bukit ini menjadi tanah tertinggi di kota Palembang. Jika berwisata ke kota ini, kurang lengkap rasanya jika tidak mengunjungi salah satu tempat bersejarah dari Kerajaan Sriwijaya, terutama bagi anda yang mencintai sejarah.

Posisi pastinya memang belum di ketahui, tetapi kuat kemungkinan berada di sekitar kaki Bukit Siguntang karena di sekitar bukit inilah banyak ditemui beberapa peninggalan-peninggalan seperti prasasti, stupica, arca Budha serta benda-benda bersejarah lainnya. Lokasi dan Akomodasi Untuk mencapai Bukit Siguntang, tidak terlalu sulit karena terletak di tempat yang cukup strategis dan di pinggir jalan. Tepatnya berada di kelurahan bukit lama, kecamatan Ilir Barat I.

Jika anda ingin masuk ke Bukit Siguntang anda akan dikenakan biaya Rp.3000 untuk dewasa dan Rp. 2000 untuk anak-anak, tapi jika anda membawa kendaraan, akan dikenakan biaya Rp. 3000 untuk mobil dan Rp. 1500 untuk motor. Kendaraan bisa di parkirkan di samping pos masuk jika kita ingin menaiki bukit.

5. Tempat Wisata Masjid Agung Palembang
Masjid Agung Palembang
Masjid Agung Palembang merupakan salah satu warisan Kesultanan Palembang. Masjid ini dikenal sebagai pusat kota Palembang. Dibangun 1738-1748 oleh Sultan Mahmud Badaruddin I yang juga dikenal sebagai Sultan Mahmud Badaruddin Jaya Wikramo.

Masjid Agung Palembang ini dipengaruhi oleh 3 arsitektur yakni Nusantara, China dan Eropa. Gaya khas arsitektur Nusantara adalah pola struktur bangunan utama berundak tiga dengan puncaknya berbentuk limas. Bentuk arsitektur Eropa terlihat dari pintu masuk di gedung baru masjid yang besar dan tinggi. Sedangkan arsitektur China dilihat dari masjid utama dan menara yang atapnya seperti kelenteng.

Perpustakaan Masjid Agung banyak koleksi buku-buku Islam yang sudah berusia tua seperti Buku Kitab Kuning, Fiqih, Tauhid, Tafsir, Hadist, dan tentunya sejarah Islam.

6. Tempat Wisata Benteng Kuto Besak di Palembang
Benteng Kuto Besak
Tempat wisata selanjutnya yaitu Benteng Kuto Besak, benteng ini dibangun selama 17 tahun, dimulai pada tahun 1780 M dan diresmikan pemakaiannya pada hari Senin tanggal 21 Februari 1797 M. Benteng Kuto Besak pada awalnya adalah bangunan keraton yang pada Abad XVIII menjadi pusat Kesultanan Palembang

Pembangunan dan penataan kawasan di sekitar Plaza Benteng Kuto Besak diproyeksikan akan menjadi tempat hiburan terbuka yang menjual pesona Musi dan bangunan-bangunan bersejarah. Jika dilihat dari daerah Seberang Ulu atau Jembatan Ampera, pemandangan yang tampak adalah pelataran luas dengan latar belakang deretan pohon palem di halaman Benteng Kuto Besak, dan menara air di Kantor Wali Kota Palembang.

Benteng Kuto Besak terletak di pusat Kota Palembang, Provinsi Sumatra Selatan, tepatnya terletak di sebelah utara Sungai Musi. Areal ini dibatasi dengan Sungai Sekanak yang terletak di sebelah barat, Sungai Tengkuruk yang terletak di sebelah timur, dan Sungai Kapuran di sebelah utara.

7. Tempat Wisata Kambang Iwak Family Park di Palembang
Kambang Iwak Family Park
Taman kota ini menyediakan fasilitas dan arena permainan lengkap bagi wisatawan. Selain itu di tengah danau terdapat air mancur yang tampak cantik di waktu malam. Selain dijadikan pilihan berekreasi, obyek wisata yang berada dekat dengan kediaman Walikota Palembang ini dijadikan arena beraktivitas masyarakat sekitar.

Mulai dari kegiatan anak muda hingga berolahraga. Kegiatan berolahraga didukung dengan adanya track joggingyang mengelilingi danau. Sejumlah permainan juga tersedia di KIF Park misalnya perahu atau sepeda air untuk mengelilingi danau.

Bagi Anda yang hanya ingin sekedar bersantai, di pinggiran danau terdapat banyak tempat duduk. Di sekitar taman juga tersedia juga warung atau kedai makanan yang menyajikan menu dengan harga murah meriah. Bagi anak muda yang ingin selalu online, fasilitas hotspot gratisan bisa dimanfaatkan.

8. Tempat Wisata Gedung Kantor Walikota Palembang
Kantor Walikota Palembang
Gedung Kantor Walikota merupakan tempat pariwisata palembang yang terletak di pusat kota, pada awalnya bangunan ini berfungsi sebagai menara air karena berfungsi untuk mengalirkan air keseluruh kota sehingga juga dikenal juga sebagai Kantor Ledeng. sekarang gedung ini berfungsi sebagai Kantor Walikota Palembang dan terdapat lampu sorot di puncak gedung yang mempercantik wajah kota di malam hari.

9. Tempat Wisata Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya di Palembang
Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya
Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya di Palembang Tampak indah dan asri yang didominasi oleh beberapa bangunan dan jembatan yang menghiasi taman ini. Tetapi taman ini, tak hanya sekedar taman biasa, melainkan menyimpan banyak kisah sejarahnya. Taman ini merupakan sebuah situs purbakala dimana banyak ditemukan beberapa peninggalan dari kerajaan Sriwijaya, sehingga tempat ini dijadikan salah satu tempat wisata sejarah di Palembang.

Di museum ini, anda bisa menemukan prasasti, ornamen candi, guci, arca dan potongan kayu kapal yang di perkirakan berasal dari zaman Sriwijaya. Museum ini, secara garis besar terbagi dari tiga ruangan, yakni Lobby yang merangkap ruang ‘zaman pra sriwijaya’, ruang ‘zaman sriwijaya’ yang merupakan ruangan paling luas, dan terakhir ruang ’zaman pasca sriwijaya’ yang koleksinya tampak paling sedikit untuk saat ini, karena banyak lemari yang masih kosong.

10. Tempat Wisata Alam Hutan Punti Kayu di Palembang
Hutan Punti Kayu di Palembang
Punti Kayu adalah sebuah taman atau hutan wisata yang menjadi tempat rekreasi keluarga di Palembang, Sumatera Selatan. Taman Wisata Alam Punti Kayu terletak di kota Palembang, jalan raya Palembang - Jambi tepatnya di Jalan Kol H Burlian Km 6,5 Palembang. Ditetapkan menjadi hutan wisata Punti Kayu seluas 50 ha berdasarkan SK Menteri Kehutanan.

Wisata yang di tawarkan di dalam TWA Punti Kayu, bermacam-macam, diantaranya arena bermain, kebun binatang, kolam renang, arena menunggang kuda, menaiki gajah, fasilitas outbound, jembatan gantung, pondok-pondok untuk duduk-duduk atau piknik serta wilayah perkemahan.

Jika anda ingin ke Tempat ini anda akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp. 5000 untuk dewasa dan Rp. 2000 untuk anak-anak dibawah 6 tahun. Sedangkan kendaraan roda empat dikenakan biaya sebesar Rp. 3000 dan Rp. 2000 untuk kendaraan roda dua.

11. Tempat Wisata Monumen Perjuangan Rakyat di Palembang
Monpera Palembang
Monpera Palembang merupakan sebuah monument yang menyimpan berbagai cerita, gambaran serta peralatan yang dipakai ketika perang Lima Hari Lima Malam di Palembang. Gedung ini berdiri kokoh di pusat kota Palembang, tidak jauh dari Jembatan Ampera yang merupakan lambang kota ini.

Monpera berlokasi di Jl. Merdeka Palembang, dekat dengan Masjid Agung Palembang. Hal yang bisa dilihat di Museum Monpera seperti koleksi mata uang Indonesia (Rupiah) dari zaman Soekarno hingga sekarang, photo pahlawan Palembang, senjata, baju dan peninggalan lain yang berhubungan dengan sejarah Palembang.

Jika anda ingin berkunjung ke monpera palembang, anda akan dikenakan biaya Rp. 1000/orang untuk masuk ke taman, sedangkan untuk masuk ke gedung monumen, anda akan dikenakan biaya lagi sebesar Rp. 2000 untuk dewasa atau mahasiswa, dan Rp.1000 untuk pelajar sekolah dan anak-anak.

12. Tempat Wisata Kampung Kapitan di Palembang
Kampung Kapitan
Kampung Kapitan di Palembang merupakan sebuah kampung China yang ada di Palembang. Tidak hanya pemukiman warga Tionghoa saja, melainkan tempat ini memiliki sejarah dan budaya etnis Tionghoa sejak masa kolonial Belanda. Kapitan sendiri berarti pemimpin di wilayah ini, dipilih oleh Belanda berdasarkan status ekonomi tertinggi di kampung itu.

Di kampung ini ada sebuah taman yang tampaknya baru di bangun, sehingga memperindah dan membuat kampung ini tampak asri. Tetapi objek utama di kampung ini adalah dua buah bangunan bersejarah yang menjadi tempat tinggal Kapitan dari masa kolonial dulu. Bangunan pertama adalah rumah tempat tinggal Kapitan.

Letak kampung ini di tengah pemukiman warga lain dan melewati pasar, jadi jalanan sangat ramai. Tapi jika anda ingin akses yang lebih mudah, bisa menggunakan alat transportasi air yaitu ‘ketek’, naik dari dermaga di Benteng Kuto Besak, lalu menyebrang ke Kampung Kapitan.

13. Tempat Wisata Pulau Kemaro di Palembang
Pulau Kemaro
Pulau Kemaro di Palembang merupakan sebuah delta yang terbentuk di tengah sungai musi. Dalam legenda masyarakat setempat, pulau ini merupakan makam Putri dari kerajaan Sriwijaya, Siti Fatimah dan suaminya yang berasal dari Tiongkok. Di pulau ini biasanya sangat ramai pada saat perayaan besar masyarakat Cina.

Daya tarik Kemaro adalah Pagoda berlantai 9 yang menjulang di tengah-tengah pulau. Bangunan ini baru dibangun tahun 2006. Selain pagoda ada klenteng yang sudah dulu ada. Klenteng Hok Tjing Rio atau lebih dikenal Klenteng Kuan Im dibangun sejak tahun 1962. Di depan klenteng terdapat makam Tan Bun An dan Siti Fatimah yang berdampingan. Kisah cinta mereka berdualah yang menjadi legenda terbentuknya pulau ini.

Selain itu ditempat ini juga terdapat sebuah Pohon yang disebut sebagai "Pohon Cinta" yang dilambangkan sebagai ritus "Cinta Sejati" antara dua bangsa dan dua budaya yang berbeda pada zaman dahulu antara Siti Fatimah Putri Kerajaan Sriwijaya dan Tan Bun An Pangeran dari Negeri Cina, konon, jika ada pasangan yang mengukir nama mereka di pohon tersebut maka hubungan mereka akan berlanjut sampai jenjang Pernikahan.

14. Tempat Wisata Air Terjun Lematang Indah di Palembang
Air Terjun Lematang Indah
Air Terjun Lematang Indah adalah salah satu objek wisata yang menjadi andalan dan diminati oleh para wisatawan yang datang ke Kota Pagar Alam. Kota ini juga memiliki julukan sebagai Kota Bunga. disini begitu banyak keindahan panorama alam terutama air terjun yang bisa anda temukan di kota ini, salah satu di antaranya adalah Air Terjun Lematang Indah yang paling populer di Pagar Alam.

Jalan menuju lokasi air terjun ini dalam kondisi baik karena merupakan jalan utama kabupaten, namun cukup banyak tikungan dan berliku-liku. Lokasi Air Terjun Lematang Indah terletak sekitar 10 Km dari pusat kota Pagar Alam. Jika ditempuh dari kota Palembang akan memakan waktu sekitar enam jam dengan jarak tempuh sekitar 298 Km.

Jika anda ingin menikamati keindahan air terjun lematang anda harus membayar tiket masuk sebesar Rp 4000 rupiah per Orang.

15. Tempat Wisata Air Terjun Bidadari di Palembang
Air terjun Bidadari Palembang
Tempat wisata di Palembang lainnya yang tak kalah menakjubkan adalah air terjun Bidadari. Lokasinya terletak di Desa Karang Dalam, Kecamatan Pulau Pinang yang berjarak kurang lebih 8 km dari Kota Lahat, Palembang. Sebagai objek wisata alam, air terjun Bidadari menyuguhkan pemandangan yang elok dan tentunya tak hanya menyegarkan mata yang memandang tetapi juga hati dan pikiran.

Di lokasi wisata ini juga terdapat 3 air terjun yang juga menyita perhatian, yaitu air terjun Bujang Gadis, Sumbing, dan Naga. Dengan mengunjungi tempat wisata ini, sekali dayung tiga pulau terlampaui, di mana Anda bisa menikmati keindahan alam dan air terjun tak hanya satu tetapi 4 sekaligus.

Air Terjun Bidadari memiliki keunikan dan keindahan yang akan membuat Anda kagum dan tidak bosan menikmati wisata alam ini. Maka dari itu cobalah untuk berwisata ke pedalaman di Sumatera Selatan, karena di sini banyak hal-hal menarik yang dapat anda temui.

16. Tempat Wisata Air Terjun Maung di Palembang
Air Terjun Maung
Air Terjun maung pagaralam merupakan air terjun yang belum terlalu banyak dikenal oleh masyarakat kota pagaralam, hal ini dikarenakan jalan yang harus ditempuh untuk menuju curup maung bisa dibilang saat jauh.
Air Terjun maung adalah air terjun yang termasuk air terjun yang bagus dan indah pemandangannya, dengan air yang berjatuhan seperti embun yang tidak membahayakan jika ingin mandi di curup maung.

Namun lokasi curup maung yang jauh menjadikan curup maung belum terlalu ramai pengunjung meskipun beberapa bulan kebelakang sudah ada beberapa pengunjung mulai berdatangan. Menurut masyarakat setempat, Air Terjun maung berasal dari Ayek Mingkek yang mengalir melalui goa dan kemudian terhempas ke Sungai Lematang.

Disana terdapat 2 Air terjun besar dan 5 air terjun kecil. Dengan ketinggian 200 M. Diatas air terjun tumbuh pepohonan dan kebun kopi masyarakat.

17. Tempat Wisata Gunung Dempo di Palembang
Gunung Dempo
Gunung Dempo yang merupakan puncak tertinggi salah satu dari kumpulan pegunungan yang dikenal dengan bukit barisan ini memilki tinggi 3.195 m. Gunung Dempo benar-benar dikagumi penduduk lokal maupun wisatawan yang datang berkunjung terutama bagi para hikers. Gunung Dempo sendiri merupakan gunung berapi yang masih aktif.

Sehingga tak heran jika masih tampak terlihat asap dan semburan lumpur yang menuju ke dataran rendah. Salah satu hal yang menarik dari Gunung Dempo adalah adanya sumber mata air yang berada pada lembah yang terhampar ditengah antara puncak Gunung Dempo dan Gunung Marapi. Selain itu panorama yang indah yang diberikan ketika para pendaki berada diatas puncak gunung dempo dapat menjadi suatu kepuasan tersendiri.

Gunung Dempo terletak di perbatasan provinsi Sumatera Selatan dan provinsi Bengkulu tepatnya di kota dingin penghasil kopi robusta yang terkenal enak, yaitu Kota Pagaralam. Gunung Dempo terletak di kota Pagaralam, dengan jarak tempuh darat sekitar 7 jam dari Palembang, ibukota provinsi Sumatera Selatan.

18. Tempat Wisata Rumah Limas di Palembang
Rumah Limas di Palembang
Rumah Limas Bayumi Wahab di Palembang Merupakan rumah adat dari provinsi Sumatera Selatan. Berupa rumah panggung dan atapnya berbentuk limas. Rumah adat ini berbahan utama kayu, tetapi bukan kayu biasa, melainkan kayu unglen yang kuat dan tahan air, sehingga bahan untuk membangun rumah ini sangatlah mahal.

Bangunannya bertingkat-tingkat dan memiliki filosofi budaya tersendiri pada setiap tingkatnya, masyarakat menyebut tingkat-tingkat ini sebagai bengkilas. Rumah Limas begitu luas dan seringkali di pakai untuk tempat hajatan atau acara adat. Luas rumah limas dari 400 sampai 1000 meter persegi. Bahan beberapa material lantai, dinding, serta pintu menggunakan bahan dari kayu tembesu.

19. Tempat Wisata Fantasy Island di Palembang
Fantasy Island di Palembang
Fantasy Island di Palembang merupakan salah satu tempat wisata rekreasi wahana air yang banyak di kunjungi oleh masyarakarat kota Palembang. Jangan bosan untuk melihat objek-objek wisata yang ada di kota Wong kito galo ini, tidak bisa di pungkiri lagi bahwa Palembang memiliki sejuta pesona yang tidak kalah bagusnya dari kota-kota besar lainnya.

Wisata Tempat rekreasi ini mempunyai berbagai macam wahana air yang paling di gemari oleh kebanyakan pengunjung, contohnya seperti Play Pool, Sky, Tsunami River, Water Boom, Dragon Tower, Bun Slide, Go Kart, kereta gantung, arena bermain anak-anak, panggung entertain (parade pertunjukan), water bike (sepeda air) dan masih banyak lagi.

Tempat ini berada di Jalan Sriwijaya ( Pertengahan antara kota Palembang dan Inderalaya) KM 13 Kelurahan Karya Jaya Kecamatan Kertapati. Meski tidak terlalu besar, tempat rekreasi Fantasy island ini sering di kunjungi oleh para masyarakat yang pergi berlibur atau pun hanya sekedar untuk refresing.

20. Tempat Wisata Museum Tekstil di Palembang
Museum Tekstil di Palembang
Museum Tekstil di palembang merupakan museum yang menampung kira-kira 500 macam barang yang menjadi koleksi bersejarah. Museum ini berada di tengah kota Palembang, jelasnya berada tepat di Jalan Diponegoro. Museum ini jarang di kunjungi oleh masyarakat, karena mungkin kurangnya antusias masyarakat, terutama kaum mudanya untuk tertarik akan sejarah.

Di museum ini anda bisa melihat-lihat bagaimana indahnya kain songket Palembang yang sangat terkenal itu beserta alat tenunnya, atau jika anda ingin melihat macam-macam kain yang menjadi ciri khas kebudayaan masyarakat Palembang? Tentu saja anda tidak akan kecewa dengan ragam batik yang akan di tampilkan di museum tersebut.

Museum teksil Palembang ini terletak tidak jauh berada dari Kambang iwak yang sering di jadikan tempat nongkrong untuk anak-anak maupun sebagai tempat jogging. Padahal museum ini tempatnya cukup menarik, entah kenapa anak-anak muda enggan mengunjunginya, padahal hitung-hitung bisa sekalian belajar tentang sejarah tentunya.

21. Tempat Wisata Waterboom Opi Jakabaring Palembang
Wahana OPI Jakabaring Palembang
Tempat wisata yang terakhir yaitu wahana air Ogan Permata Indah, Wahana air yang menempati lahan seluas sekitar 3 hektare ini mulai hari kedua libur lebaran tampak dipadati pengunjung, karena selain wahana bermain air ini memang menjadi favorit bagi warga Sumsel, tempat bermainnya seru. OPI Water Fun, Palembang ini lokasinya agak menjorok kedalam, tepatnya berada di jalan Gubernur H. A. Bastari, Jakabaring, Palembang, Sumatera Selatan.

Untuk menuju lokasi sampai saat ini belum ada kendaraan angkot dan bus kota yang bisa mengantar pengunjung ke lokasi, kebanyakan wisatawan yang ingin menghabiskan liburan bersama keluarga di OPI Water Fun, Palembang membawa kendaraan pribadi berupa roda dua dan roda empat, atau menyewa taksi. Bagaimana seru kan tempat wisata di OPi Jakabaring, pastinnya ini cocok yang wajib anda kunjungi.

22. Tempat Wisata Arung Jeram Sungai Manna
Arung Jeram Sungai Manna
Arung Jeram Sungai Manna adalah tempat wisata yang menawarkan tantangan arung jeram dengan tingkat kesulitan yang bervariasi. Sungai manna terletak di Kecamatan Tanjungsakti, sekitar 40 km dari kota Pagaralam. Sungai ini cukup lebar pada bagian awalnya, sedangkan 15 Km berikutnya jalur sungainya sempit, arusnya pun juga cukup deras dan bergemuruh.

Sehingga cukup menantang bagi Anda yang menggemari olah raga ini. Jalur sungai yang begitu jeram dengan dinding batuan padas pada pinggiran sungai, ditambah arus yang membentuk cekungan dan juga arus memutar. Dari kanan kiri terlihat tebing-tebing yang menawarkan pemandangan alam hutan hujan tropis.

23. Tempat Wisata Wisata Danau Ranau
Danau Ranau
Tempat Wisata Danau Ranau cukup menarik untuk di kunjungi, karena kawasan ini masih asri serta jauh dari polusi. Wisata danau Ranau terletak di Kampung Lombok, Kec. Sukau, Kab. Lampung Barat. Danau ini diresmikan pada tahun 2007 oleh Bupati Lam-bar, yang dilengkapi dengan fasilitas Hotel bertaraf Bintang 3 berfasilitas lengkap. cocok untuk tempat wisata keluarga besar anda.

24. Tempat Wisata Goa Putri Palembang
Goa Putri
Goa Putri berlokasi di Desa Padang Bindu. Untuk dapat mencapai lokasi Goa Putri dibutuhkan waktu sekitar 6 jam perjalanan dari kota Palembang. Dengan rincian perjalanan sekitar 5 jam ke Baturaja dan 1 jam menuju arah Goa Putri.

Mengenai tarif transportasi cukup terjangkau. Oleh karena itu banyak para wisatawan yang gemar berkunjung di tempat wisata ini Oh iya. Biaya untuk masuk ke goa ini cukup Rp.5000 saja perorang dan biaya parkir kendaraan sebesar Rp.10.000.

25. Tempat Wisata Candi Bumi Ayu Palembang
Candi Bumi Ayu
Candi Bumi Ayu merupakan salah satu situs peninggalan agama Hindu yang terdapat di pesisir sungai lematang, di hilir desa siku sebagai desa paling hilir dari kecamatan rambang dangku masih kawasan Kabupaten Muara Enim Propinsi Sumatera Selatan. dengan kata lain suksesnya candi bumi ayu sebagai tujuan wisata akan berpengaruh pada perkembangan rambang dangku. Candi-candi di Bumi ayu merupakan death monument, artinya monumen yang telah ditinggalkan masyarakat pendukungnya.

Candi tersebut ditinggalkan mungkin seiring dengan terdesaknya kekuatan politik Hindu oleh Islam pada sekitar abad ke-16. Kemudian candi-candi itu rusak dan terkubur tanah hingga ditemukan kembali oleh E.P. Tombrink tahun 1864. Tinggalan monumental itu beserta sistem budayanya benar-benar hilang pula dari ingatan kolektif pewarisnya. Tempat Wisata Candi ini terletak di Desa Bumiayu, Kec. Tanah Abang, Muara Enim.

26. Tempat Wisata Museum Negeri Balaputradewa Palembang
Museum Balaputra Dewa
Museum Negeri Sumatera Selatan yang dulu dikenal dengan Museum Balaputra Dewa merupakan museum yang dibangun pada tahun 1978 dan diresmikan pada 5 November 1984. Museum ini dikelola oleh Dinas Pendidikan Nasional Provinsi Sumatera Selatan. Musem Negeri Sumatera Selatan ini dibangun dengan arsitektur tradisional Palembang pada area seluas 23.565 meter persegi.

Di museum ini terdapat sekitar 3.800 koleksi, terdiri berbagai macam jenis koleksi yang diklasifikasikan menjadi 10 jenis, di antaranya Geologika, Biologika, barang-barang tradisional Palembang, ofset binatang dari berbagai daerah di Sumatera Selatan dan beberapa miniatur rumah di pedalaman. Terdapat pula replika prasasti dari arca kuno yang pernah ditemukan di Bukit Siguntang.

27. Tempat Wisata Sungai Musi Palembang
Sungai Musi
Sungai Musi merupakan sungai terpanjang di Sumatera dengan panjang mencapai 750 KM. Sungai Musi membelah kota Palembang menjadi 2 bagian dan dulunya merupakan sarana transportasi utama di Palembang. Di tepi Sungai Musi terdapat beberapa obyek wisata, di antaranya restoran terapung, Kampung Arab, dan Benteng Kuto Besak. Nah Sungai Musi adalah tempat yang pas untuk berwisata kuliner di kota Palembang.

28. Tempat Wisata Sungai Gerong Palembang
Sungai Gerong
Sungai Gerong terletak di tepian Sungai Musi. Dari pusat Kota Palembang, tempat tersebut dapat dicapai melalui jalan darat melalui wilayah Plaju dan wilayah Kecamatan Mariana Kabupaten Banyuasin. Kondisi jalan dari Kota Palembang ke Sungai Gerong relatif baik. Dari pusat kota, paling lama 45 menit perjalanan dengan kendaraan pribadi sudah dapat mencapai tempat tersebut.

Kawasan itu identik dengan Pertamina, khususnya pengolahan minyak. Kawasan Sungai Gerong sudah dapat terlihat dari jembatan di atas Sungai Komering, menghubungkan antara Palembang-Plaju dengan kawasan Sungai Gerong. Dari atas jembatan sudah dapat disaksikan tempat tersebut merupakan kawasan industri minyak. Cerobong kilang ciri khas industri pengilangan minyak sudah dapat disaksikan.

29. Tempat Wisata Pusat Kerajinan Songket
Pusat Kerajinan Songket
Sentra Kerajinan Tenun Songket-Palembang Kain Songket-sebuah kain mewah kebanggan wong kito. Kain ini merupakan percampuran antara beberapa budaya, di antaranya India, Cina dan arab. Kain ini sudah ada sejak Kesultanan Palembang Darussalam dan menjadi pakaian kebanggan.

Kebanyakan dari masyarakat yang mendiami wilayah yang lebih dikenal dengan suro ini, merupakan keturunan dari pengrajin songket yang juga memiliki keahlian untuk membuat songket secara turun temurun itu. Lokasi dan Akomodasi Lokasi dari sentra kerajinan tenun songket ini terletak di kelurahan 30 ilir, kecamatan ilir barat II Palembang.

30. Tempat Wisata Kawah Tengkurep Palembang
Kawah Tengkurep
Kawah Tengkurep Kawah Tengkurep-adalah sebuah komplek pemakaman yang menjadi salah satu tempat objek wisata. Mungkin anda bingung kenapa bisa seperti itu, jangan heran itu semua dikarenakan banyak sekali manfaat dan wawasan tentang ilmu sejarah yang bisa kita dapatkan. Orang-orang yang datang berkunjung ke area pemakaman Kawah Tengkurep ini tidak hanya orang-orang dewasa saja, anak-anak sekolah dan para mahasiswa pun sering berdatangan ke pemakaman Kawah Tengkurep ini.

Sebagian dari mereka pun mengatakan bahwa mereka sengaja datang kemari untuk mencari tahu tentang sejarah kesultanan kota Palembang, dan juga sejarah mengenai kisah hidup sang sultan dari kuncen-kuncen yang menjaga makam sultan dan keluarganya tersebut.

31. Tempat Wisata The Amanzi Waterpark CitraGrand City
Amanzi Waterpark
Amanzi Water Park-Palembang Amanzi Water Park-dibangun di atas tanah seluas 3,5 hektar, merupakan wahana wisata air terbesar di kota Palembang. Lokasinya berada di dalam perumahan Citra Grand City yang berlokasi, di daerah Talang Kelapa, Palembang. Walaupun tergolong baru, tetapi dalam segi keamanan, sudah memenuhi standard.

Tempat Wisata air ini mengambil tema layaknya di hutan, jadi anda akan melihat berbagai arsitektur benda-benda yang ada di hutan. Lokasi dan Akomodasi Amanzi Water Park berlokasi di dalam Perumahan Citra Grand City, tepatnya di Copacabana Lifestyle Center. Untuk menuju tempat ini, tidak begitu banyak angkutan umum yang bisa anda pakai.

Baca ini : Tempat Wisata di Purwokerto yang Sangat Menarik Dikunjungi

Demikian mengenai 31 Tempat Wisata di Palembang yang Wajib Dikunjungi semoga dapat bermanfaat untuk kalian semua, jika anda menyukai artikel ini anda bisa membagikannya ke media social seperti Facebook, Twitter, Google+ dll. Terima Kasih Kawan

Postingan terkait:

17 Tanggapan untuk "31 Tempat Wisata di Palembang yang Wajib Dikunjungi"

  1. Jadi pengen jalan jalan nich makasih infonya :D

    BalasHapus
  2. mengesankan, jadi banyak wisata di indonesia, aduh belum sempat dikunjungi,, MAU donk kalo ada yang ngajak

    BalasHapus
  3. wah mantap nih gan :D nice info nih

    BalasHapus
  4. Wah di palembang itu?? Jadi pwngen ke palembang... makasih infonya gan.

    BalasHapus
  5. pek empeknya yang bikin ngiler...

    BalasHapus
  6. Kalau kebetulan ke palembang insya Allah saya akan mengunjunginya. Tempatnya luar biasa ternyata.

    Makasih ulasannya sangat banyak juga.

    BalasHapus
  7. Wah jembatan ampera juga ane :v mungkin besok lusa ane kesana

    BalasHapus
  8. Baru tahu ternyata Palembang punya banyak tempat wisata yang Bagus-bagus. jadi pengen kesana.

    BalasHapus
  9. keren gan infonya, baru tau byk banget tempat wisatanya, ntar ane ma ke air terjun maung deh

    BalasHapus
  10. Di gunung dempo kayaknya keren tuh

    BalasHapus
  11. sumpah kerenn gan klo ada duit kesana ah tapi kapan yah

    BalasHapus
  12. keren smua tempat wisata tuh. pengen kesana tapi kayaknya jauh ya kalo dari kalimantan. kira kira habis brapa duit tuh?

    BalasHapus
  13. Wahh wisata di indonesia indah indah yaa. gak kalah sama orang luar negri:D izin bookmark gan buat kalo liburan ane bisa kunjungi :D

    BalasHapus
  14. Wah,, Indahnya ya :D
    Request Wisata Sulawesi Tenggara gan,.. :v

    BalasHapus