32 Tempat Wisata di Banyuwangi yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata di Banyuwangi - Banyuwangi merupakan sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Ibu kotanya adalah Banyuwangi. Kabupaten ini terletak di ujung paling timur pulau Jawa, di kawasan Tapal Kuda, dan berbatasan dengan Kabupaten Situbondo di utara, Selat Bali di timur, Samudra Hindia di selatan serta Kabupaten Jember dan Kabupaten Bondowoso di barat.

Selain itu tempat wisata di Banyuwangi telah dikenal luas akan keindahan wisata alamnya yang menawan. Alam pegunungan dan pantai yang berkarakter membuat Banyuwangi menjadi salah satu destinasi wisata yang favorit di Jawa Timur. Pesona wisata Banyuwangi sangat menawan dan dapat membuat para pengunjung betah berlama-lama, karena ini ditunjang pula faktor geografis tempat wisata Banyuwangi tersebut yang berada di antara Bali.

Tak hanya potensi alam, dari segi kuliner Banyuwangi juga memiliki makanan khas yang tak kalah menarik, sebut saja, rujak soto. Dua jenis makanan yang sangat berbeda ini ternyata bisa menjadi padu padan makanan baru yang bisa dikreasikan oleh penduduk lokal Banyuwangi.

Baca ini : Tempat Wisata di Bali yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata di Banyuwangi yang Wajib Dikunjungi
Nah pada kesempatan kali ini Aneka Wisata Seru akan merekomendasikan tempat-tempat wisata yang populer di Banyuwangi. Berikut ini adalah sejumlah tempat wisata di Banyuwangi yang paling menawan dan harus Anda kunjungi.

1. Tempat Wisata Pantai Pulau Merah Banyuwangi
Pantai Pulau Merah
Pantai pulau merah adalah salah satu primadona Banyuwangi yang terletak di Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran. Yang membuat beda dari pantai ini adalah adanya sebuah pulau yang terletak di bibir pantai. Keberadaan pulau ini membuat pantai ini semkin eksotis dan menjadi asal mula nama Pulau Merah.

Pantai dengan nama awal Ringin Pitu ini mempunyai pesona yang tidak kalah dengan wisata pantai Banyuwangi lainnya. Dengan memiliki cerita tentang cahaya merah dari sebuah pulau ditengah pantai, tempat ini membuat penasaran sejumlah pengunjung untuk datang kesini.

Ketika laut sedang surut, anda dapat berjalan ke tengah laut untuk menaiki Bukit yang berada tidak jauh dari bibir pantai. Melalui bukit tersebut anda dapat menyaksikan keindahan laut lepas dan juga pemandangan eksotis yang mengelilingi pantai Pulau Merah.

Selain itu, Pantai pulau merah ini memiliki pasir putih yang terhampar luas sepanjang 3 KM. Dimana tidak jauh dari bibir pantai tersebut Terdapat bukit kecil yang sangat cantik setinggi 200 M. Di bagian timur, wisatawan disuguhi dengan pemandangan pegunungan. Sedangkan di bagian barat, wisatawan disuguhi dengan pemandangan sunset yang sangat indah.

Pantai Pulau Merah terletak di ujung selatan Kabupaten Banyuwangi, tepatnya di Desa Sumber Agung, Kecamatan Pesanggaran.

2. Tempat Wisata Teluk Hijau Green bay Banyuwangi
Pantai Teluk Hijau
Pantai teluk hijau atau green bay merupakan destinasi yang paling favorit dikunjungi para wisatawan di banyuwangi. Keindahan alamnya sudah tidak diragukan lagi, hutannya yang masih asri dan pantainya yang masih bersih membuat suasana menyegarkan. Tak heran jika masih ada hewan hewan yang berkeliaran di sekitar pantai meskipun banyak pengunjung yang berkunjung di teluk hijau. Salah satunya adalah monyet, pengunjung diharapkan berhati hati dengan hewan yang satu ini karena hewan ini bisa mencuri barang barang anda.

Pantai Teluk Hijau ini relatif aman untuk berenang. Ombaknya tidak terlalu berbahaya namun tetap kalian harus waspada. Yang lebih menarik lagi di tempat yang sama terdapat pantai Batu. Benar, pantai ini dinamakan batu karena pesisir pantainya bukan ditutupi pasir putih nan lembut, melainkan hampir seluruhnya ditutupi oleh bebatuan yang bersih.

Pantai Teluk Hijau ini lokasinya berada di area Taman Nasional Meru Betiri, Desa Sarongan, Kecamatan Pesanggrahan, Banyuwangi, Jawa Timur. Jaraknya dari kota Banyuwangi sekitar 90 kilometer yang dapat ditempuh selama kurang lebih dua jam perjalanan.

3. Tempat Wisata Pantai Watu Dodol Banyuwangi
Pantai Watu Dodol
Pantai watudodol merupakan salah satu destinasi wisata menarik yang ada di Banyuwangi, letaknya yang sangat stategis di jalur poros Pantura menjadikan pantai ini ramai dikunjungi. Pantai watu dodol memiliki banyak tempat menarik sepanjang pantai terdapat pedestrian untuk bersantai para pengunjung sambil menikmati keindahan pantai berlatar belakang pulau bali. Selain itu terdapat patung gandrung besar yang menjadi ikon Banyuwangi.

Nama Watu Dodol sendiri merujuk kepada sebuah batu besar setinggi 6 meter yang berlokasi tepat di antara kedua ruas jalan raya. Lokasi kawasan wisata ini sekitar 5 kilometer dari Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi. Dikawasan wisata ini terdapat restoran dan motel.

Terdapat keunikan dan keindahan yang dapat pengunjung temui dipantai Watudodol ini, terdapat sumber mata air tawar yang berdekatan langsung dengan bibir pantai, dan juga pengunjung dapat menikmati keindahan pantai dari atas bukit di seberang jalan ,disamping itu diatas bukit terdapat 2 bungker yang dijadikan tempat persembunyian ataupun pertahanan pada masa pendudukan Jepang.

4. Tempat Wisata Pantai Rajegwesi Banyuwangi
Pantai Rajegwesi Banyuwangi
Pantai Rajegwesi merupakan salah satu pantai yang berada disisi Selatan Banyuwangi. Dengan hamparan pasir bersih serta juga di sisi kanan terdapat tebing bebatuan mengandung besi. Serta deburan ombak ketika menghantam bebatuan sangatlah menawan.

Pantai ini terletak di Desa Sarongan Kecamatan Pesanggaran dimana masyarakatnya sebagian besar berprosfesi sebagai nelayan. Pantai ini memiliki ombak yang kecil dibandingkan dengan pesisir pantai selatan lainnya, hal itu dikarenakan ada bukit dengan batu karang yang tinggi yang mampu menahan gelombang yang datang langsung dari pantai selatan (Samudra Hindia).

Pemandangan lain dari pantai ini adalah dijadikannya sebagai pelabuhan bagi para nelayan tradisional yang sekaligus sebagai tempat pelelangan ikan, Jika wisatawan datang ditempat ini saat nelayan mendarat dari melaut,wisatawan dapat menyaksikan hasil laut yang dibawa dan masih segar, gotong royong dan saling bahu membahu saat nelayan lain tiba menandakan kearifan dan keramah tamahan masyarakat sekitar terhadap sesama. Masyarakat yang datang membantu untuk mendaratkan kapal nelayan akan diberikan 2 ekor ikan segar.

5. Tempat Wisata Pantai Plengkung Banyuwangi
Pantai Plengkung
Pantai Plengkung atau lebih dikenal dengan nama G-Land merupakan salah satu destinasi favorit wisatawan dari berbagai negara, terutama bagi mereka yang memiliki hobi berselancar. pantai ini disebut-sebut sebagai salah satu destinasi surfing terbaik di dunia karena gulungan ombaknya yang sangat besar.

Ombak paling besar biasanya muncul di bulan Juni, Juli, serta November. Dalam rentang waktu tersebut, ketinggian ombak dapat mencapai ketinggian hingga 6 meter dan tentu saja pantai ini ramai dikunjungi para peselancar. Para surfer pemula juga dapat bermain dengan ombak di sekitaran Pantai Plengkung. Ada spot lain dengan ombak yang relatif tidak besar, namanya Pantai Batu Lawang.

Selain bisa menikmati eksotisme pantai Plengkung yang sudah begitu terkenal di mancanegara, kita juga bisa menikmati panorama alam Taman Nasional Alas Purwo yang menakjubkan dengan segala habitat yang hidup bebas didalamnya. Anda masih bisa bermain di pantainya yang punya pasir putih yang halus dan bebatuan karang di tepiannya.

Pantai Plengkung dapat dicapai dengan perjalanan darat dari Surabaya menuju Banyuwangi. Anda juga dapat menggunakan moda transportasi udara, baik dari Jakarta, Jogja, Makassar, hingga Batam, untuk dapat mendarat di Bandara Blimbingsari dan tiba di Banyuwangi. Selanjutnya, Anda harus mengambil perjalanan menuju Taman Nasional Alas Purwo.

6. Tempat Wisata Kawah Ijen Banyuwangi
Wisata Kawah Ijen Banyuwangi
Kawah Ijen merupakan destinasi wisata Banyuwangi paling utama ketika kita pergi berwisata ke Banyuwangi. Disamping menawarkan kawah hijau akibat kadar belerang nan tinggi, tempat ini juga menawarkan blue fire, konon hanya ada 2 didunia yaitu di Kawah Ijen dan Kanada. Akses untuk menuju kawah ijen tergolong cukup mudah, hanya saja anda diharuskan trekking untuk pergi kepuncak.

Pesona wisata alam yang di tawarkan oleh Kawah Gunung Ijen dengan pemandangan yang sangat indah dari puncak atas Gunung. Danau besar berwarna hijau kebiruan dengan kabut dan asap yang sangat cantik dan mempesona, serta sensasi udara dingin dengan suhu 10 derajat celcius dan kadang mencapai 2 derajat celcius. Di kawasan ijen anda bisa menemukan tanaman yang langka dan hanya ada di dataran tinggi seperti Bunga Edelweis dan Cemara Gunung.

Jalan menuju kawasan kawah ijen sendiri terbilang sangat baik karena jalan yang sudah di benahi pemerintah setempat, Untuk masalah Akomodasi, anda tidak direpotkan untuk membawa bekal karena di paltuding terdapat banyak warung yang menjual kebutuhan anda dalam pendakian ke kawah ijen, penginapan juga tersedia disana serta area perkemahan yang luas tersedia disana sehingga memudahkan anda untuk sejenak beristirahat menuju ke kawasan kawah ijen.

7. Tempat Wisata Air Terjun Kali Bendo Banyuwangi
Air Terjun Kali Bendo Banyuwangi
Air Terjun Kali bendo terletak di Desa Kampung Anyar, Kecamatan Glagah, Kabupaten Banyuwangi. Air Terjun Kali bendo memiliki ketinggian mencapai 10 meter dan berada didalam kawasan Agro Wisata Kalibendo, dimana terdapat perkebunan kopi, karet dan cengkeh. Kawasan Agro Wisata Kali bendo ini terletak di kaki Gunung Ijen.

Untuk menuju lokasi Air Terjun Kalibendo, dari pusat kota Banyuwangi perjalanan diarahkan ke Terminal Sasak Perot di Desa Bakung, Kecamatan Glagah. Selanjutnya lurus ke arah barat hingga tiba di pertigaan Patung Barong di Desa Banjarsari. Dari pertigaan ini mengambil arah lurus melintasi Desa Kemiren hingga desa Tamansuruh. Selanjutnya perjalanan diteruskan beberapa menit hingga masuk Desa kampung anyar.

Di kawasan objek wisata Air Terjun Kalibendo ini terdapat area parkir yang telah disediakan oleh pihak pengelola.Dan dipinggiran sungai banyak ditemukan warung-warung yang menjual makanan dan minuman, jadi wisatawan yang berkunjung tidak perlu bersusah payah membawa bekal.

8. Tempat Wisata Air Terjun Lider Banyuwangi
Air Terjun Lider Banyuwangi
Air terjun lider merupakan salah satu air terjun yang masih alami di banyuwangi. Terletak di lereng gunung raung membuat suasana di air terjun ini menyejukkan. Dengan ketinggian terjunan airnya yang mencapai 60 meter membuat air terjun ini salah satu air terjun tertinggi di banyuwangi. Percikan airnya yang memantul dan terkena sinar matahari akan memunculkan warna pelangi yang indah sehingga membuat pemandangan semakin menakjubkan.

Tumpahan Air Terjun Lider memiliki terjunan air setinggi 60 meter dengan ketinggian 1.300 meter diatas permukaan laut dan berasal dari mata air pegunungan. Di sisi air terjun utama juga terdapat 4 air terjun kecil yang merupakan bagian dari air terjun utama. Suasana di sekitar menjadi semakin eksotik dengan adanya dinding tebing berupa deretan batu berdimensi rata yang terlihat menggantung di antara dua jurang yang menghimpit air terjun tersebut. Dengan kondisi demikian tak pelak Air Terjun Lider merupakan air terjun terbaik dan sekaligus tertinggi di Banyuwangi.

Air Terjun Lider berada di Dusun Sragi, Desa Sumber Arum, Kecamatan Songgon, Banyuwangi. Jalan menuju tempat ini memang cukup sulit, melewati hutan dan perkebunan yang jalannya belum beraspal. Sehingga diperlukan jiwa petualangan untuk dapat mencapai tempat ini. Namun perjuangan berat Anda akan terbayar dengan keindahannya.

9. Tempat Wisata Pantai Bama Banyuwangi
Pantai Bama Banyuwangi
Objek Wisata Pantai Bama mempunyai keindahan dengan pasir putih dan bersih, airnya jernih serta nuansa yang masih alami dengan beberapa binatang liar yang ada di sekitar obyek wisata pantai tersebut, hewan-hewan liar seperti biawak, lutung dan berbagai jenis burung. Hati-hati dan waspada dengan kera-kera liar yang terkadang membuat iseng kepada pengunjung.

Keunikan Pantai Bama yang lain adalah lokasinya yang dikelilingi oleh tumbuhan mangrove. Berjalan ke barat menyusuri jalan setapak, pengunjung bisa menyaksikan eksotika tumbuhan mangrove dari dekat dengan menyusuri jembatan pandang. Ujung jembatan pandang yang teduh kerap menjadi lokasi bagi para pengunjung pantai yang ingin melakukan aktivitas memancing.

Selain dikenal dengan berbagai keunikannya, Pantai Bama juga dilengkapi dengan beberapa fasilitas penunjang wisata, seperti kamar bilas, tempat makan dan istirahat, hingga penginapan dengan pemandangan pantai di depannya. Menurut pengelola Taman Nasional Baluran, Pantai Bama kerap menjadi destinasi wisata unggulan di Situbondo dengan pemandangan matahari terbit dan pemandangan bawah laut yang menawan.

10. Tempat Wisata Pantai Sukamade Banyuwangi
Pantai Sukamade Banyuwangi
Pantai Sukamade Banyuwangi terletak pada 97 km kearah barat selatan Kabupaten Banyuwangi. Tempat wisata ini merupakan bagian dari 55.845 hektar milik kawasan Taman Nasional Meru Betiri. Destinasi wisata tersebut merupakan salah satu yang paling dilindungi di pulau Jawa. Maka tak heran jika tempat wisata tersebut senantiasa terlihat bersih dan alami.

Dikawasan perlindungan alam ini terdapat hutan mangrove yang terletak disisi muara sungai sebelah timur. Dikawasan hutan mangrove tersebut kita dapat melakukan pengamatan burung pada saat sore hari. Adapun jenis burung yang terdapat dikawasan hutan mangrove antara lain : Roko-Roko, elang laut, Dara Laut dan masih banyak lagi jenis burung lainnya yang terdapat didaerah sekitar pantai. Kita bisa menikmatinya disela-sela kegiatan tour, sambil menunggu saat matahari terbenam.

Pantai Sukamade Banyuwangi juga menjadi tempat penangkaran atau habitat kura-kura. Tempat ini adalah sebagai wilayah konservasi alam untuk mengembangbiakkan atau melindungi kura-kura. Anda dapat menyaksikan penyu-penyu besar ditempat tersebut.

11. Tempat Wisata Mangrove di Bedul Banyuwangi
Hutan Mangrove Bedul
Bedul merupakan destinasi wisata eksotis di Banyuwangi berupa hutan mangrove luas yang masih alami. Perlu Anda ketahui, Hutan Bedul memiliki sekitar 26 jenis mangrove dari 16 famili. Jumlah jenis mangrove yang tidak bisa dikatakan sedikit. Selain terdapat berbagai jenis mangrove, di Bedul juga terdapat beberapa satwa liar antara lain seperti monyet, bangau, biawak dan burung elang.

Untuk berkunjung ke obyek wisata yang satu ini, para wisatawan hendaknya tiba di lokasi pada saat siang menjelang sore hari. Hal ini disebabkan karena suasana hutan mangrove yang rimbun dengan berbagai macam pepohonan sangat nyaman dikunjungi wisatawan saat siang menjelang sore. Selain itu, diujung hutan mangrove ini anda akan menemui pantai lepas yang cukup indah.

12. Tempat Wisata Pulau Tabuhan Banyuwangi
Pulau Tabuhan
Pulau Tabuhan Banyuwangi. Sebuah pulau dengan dengan eksotisme alam yang sangat menakjubkan. Terletak atau berlokasi 20 kilometer dari pusat kota Banyuwangi tepatnya di Desa Bangsring, Wongsorejo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, Indonesia merupakan pulau tak berpenghuni dikawasan utara Banyuwangi dan berada ditengah-tengah selat Bali.

Pulau Tabuhan Banyuwangi berlokasi pada 2 kilometer dari tepi pantai terdekat Banyuwangi. Jika ditelusuri jarak dari pusat kota Banyuwangi ke tepi pantai penyeberangan tersebut sekitar 15 km, bisa ditempuh selama 15 menit perjalanan darat dari Kota Banyuwangi menuju arah utara jurusan kabupaten Situbondo.

Pulau Tabuhan Banyuwangi sekarang telah dilirik oleh peselancar-peselancar layang atau yang lebih dikenal dengan kite boarding serta windsurfing atau selancar angin. Memang tidak menutup kemungkinan dijadikan tempat selancar layang, karena anginnya yang kencang, minimnya batu karang serta ombak tidak begitu besar.

13. Tempat Wisata Pantai Parang Kursi Banyuwangi
Pantai Parang Kursi
Pantai parang kursi atau disebut juga karang kursi merupakan salah satu pantai indah berpasir putih yang masih sangat jarang terjamah oleh wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Sama dengan pantai Wedi Ireng yang masih sangat perawan yang bahkan lebih perawan dari pantai teluk hijau atau green bay. Pantai Parang Kursi terletak di Kecamatan Pesanggaran Kabupaten Banyuwangi, lebih tepatnya berada diantara Pantai Lampon dan Pantai Pulau Merah.

Pantai ini memang masih belum banyak dikenal wisatawan, karena lokasinya yang tersembunyi dan akses menuju ke pantai ini masih sangat minim. Secara geografis pantai Parang kursi berada diantara 2 pantai yang lebih dulu dikenal di Banyuwangi, yaitu antara Pantai Pulau Merah dan pantai Lampon. Ketiganya masih berada di wilayah Pesanggaran, Banyuwangi.

Menginjakkan kaki di pantai karang kursi anda akan disuguhkan dengan pemandangan laut lepas yang indah dengan hiasan batu karang yang unik yang membuat wisata pantai ini tampil beda dan tidak membosankan, berfoto-foto dengan latar pantai karang kursi ini sangatlah disukai para pengunjung , suasana sejuk yang diiringi hembusan angin laut mampu membuat pengunjung betah dan nyaman berada di wisata pantai tersebut,

14. Tempat Wisata Pantai Grajagan Banyuwangi
Pantai Grajagan
Sebuah pantai indah di selatan Banyuwangi, berderet bersama Pantai Plengkung, Pulau Merah, dan Pesanggaran. Grajagan terletak sekitar 52 km ke arah selatan dari Kota Banyuwangi. Deburan ombak pantai selatan yang menyapa bebatuan dengan diselimuti pasir hitam disepanjang pantai, dapat pengunjung nikmati.Pantai ini juga memiliki gua dan bukit yang sangat indah. Ketika Anda berada di sana maka akan melihat hamparan pantai dan bukit yang menjulang tinggi di tepi pantai.

Selain itu di pantai ini terdapat 3 gua peninggalan tentara Jepang pada masa Perang Dunia kedua. Anda juga dapat menyaksikan langsung aktifitas nelayan di pagi hari saat berangkat mencari ikan dan menurunkan ikan hasil tangkapannya.

Untuk menuju Pantai Grajagan sangat mudah, jalannya sudah beraspal dan dapat ditempuh menggunakan mobil pribadi, sewaan, atau kendaraan umum. Diperlukan waktu sekitar 1 jam perjalanan dari kota Banyuwangi. Lokasinya bisa dijangkau menggunakan kendaraan roda empat, bahkan bus besar.

15. Tempat Wisata Air Terjun Kampung Anyar Banyuwangi
Air Terjun Kampung Anyar
Tempat wisata selanjutnya yaitu Air terjun kampung anyar, air terjun ini dinamakan air terjun kampung anyar karena berada di Dusun kampung anyar, desa Taman Suruh Kecamatan Glagah Kabupaten Banyuwangi. salah satu destinasi air terjun yang menjadi primadona di kota Banyuwangi. keunikan dari destinasi ini adalah pengujung dapat menikmati tiga air terjun sekaligus disatu tempat. Banyak sebutan dari air terjun ini, mulai dari air terjun bersaudara atau air terjun kembar,air terjun kampung anyar , air terjun bidadari, air terjun jagir.

Di Air terjun ini suasananya dingin aroma pegunungan memberikan kesejukan bagi pengujung yang datang ketempat ini. selain menikmati pemandangan air terjun pengjung dapat bermain/mandi di bawah aliran air terjun dan berfoto. tak jauh dari kedua air terjun, berjarak sekitar 200 meter ke arah barat terdapat air terjun kategan, untuk sampai ke air terjun Kategan wisatawan dapat menyusuri sungai sejauh 100 meter ke arah hulu.

Akses Menuju tempat ini sangatlah mudah,dibutuhkan waktu 20 menit dari pusat kota Banyuwangi ke arah barat menuju desa kampung anyar atau sekitar 15 km. Sekitar kawasan wisata air terjun disediakan area parkir yang sebagian besar berada di depan rumah penduduk dan juga warung - warung yang didirikan oleh penduduk sekitar.

16. Tempat Wisata Teluk Biru Banyuwangi
Teluk Biru Banyuwangi
Teluk Biru Banyuwangi merupakan sebuah taman wisata laut yang memiliki keindahan air dan panorama dasar laut yang memukau. Suasana di teluk ini masih sangat alami, baik air laut maupun lokasi nya. Tak heran jika warna air laut nya sangat jernih, dan nama Teluk Biru sendiri dilatar-belakangi oleh kejernihan airnya yang nampak kebiru biruan.

Jika anda suka berburu ikan, anda dapat membawa perlengkapan pancing maupun jaring dari rumah. Karena selain sebagai tempat wisata, Teluk Biru juga tempat berkumpulnya ikan ikan. Tidak sedikit para Nelayan yang berhasil membawa pulang banyak ikan dari Laut ini setiap harinya.

Mengingat lokasi Teluk Biru yang sedikit jauh dan waktu tempuh yang cukup lama, wisatawan harus berangkat pukul 02.00 pagi agar bisa melihat sunrise ini. Jika berangkat siang hari, maka sesampainya di lokasi sudah tidak bisa melihat sunrise lagi karena matahari sudah beranjak ke atas. Teluk Biru Banyuwangi masih dalam kawasan Taman Nasional Alas Purwo, terletak di balik semenanjung Sembulungan, tepatnya berada di Kec. Muncar, Kab. Banyuwangi, Jawa Timur.

17. Tempat Wisata Pantai Mustika Banyuwangi
Pantai Mustika
Pantai Mustika merupakan sebuah wisata yang belum begitu popular di banyuwangi namun memiliki keindahan yang menawan dan wajib dikunjungi saat berlibur ke kota banyuwangi, letak wisata pantai ini juga berdekatan dengan pantai pulau merah dan pantai Wedi ireng yang popular di banyuwangi, jadi pengunjung bisa sekaligus merasakan keindahan 3 pantai dalam satu lokasi.,

Wisata pantai mustika ini sangatlah cocok untuk wisata keluarga mengingat ombak di pantai ini tidak terlalu besar dan nyaman untuk berenang atau sekedar bermain air di pinggiran pantai, pemandangan hijau pepohonan yang didominasi pohon kelapa membuat pantai ini terlihat eksotis dan nyaman untuk bersantai sembari menikmati es kelapa muda yang tersedia di area wisata tersebut.

Tidak hanya itu pengunjung juga akan dimanjakan dengan pemandangan suatu pulau yang dikenal dengan nama pulau mustaka yang terlihat menawan dari bibir pantai tersebut. Wisata pantai cantik ini berlokasi di Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran , Banyuwangi.

18. Tempat Wisata Padang Rumput Sadengan Banyuwangi
Wisata Padang Rumput Sadengan Banyuwangi
Padang rumput bernama Savana Sadengan ini merupakan salah satu dari sekian padang savana yang ada di Jawa. Padang savana ini sama dengan padang savana yang ada di Taman Baluran karena menghadirkan landscape yang menyerupai padang savana Afrika. Yuk jalan-jalan ke Padang Rumput Sadengan dan temukan berbagai hal menarik di sana.

Di Sadengan Ada banyak binatang liar yang bisa disaksikan di sini mulai dari kumpulan banteng, rusa, kijang, ajag, babi hutan, hingga macan tutul. Ada waktu-waktu tertentu untuk melihat kawanan satwa ini, jadi perhatikan baik-baik ya. Untuk bisa menikmati pemandangan banteng jawa yang sedang merumput maka sebaiknya berangkat pagi atau jelang sore.

Selain satwa mamalia, Padang Sadengan juga memiliki sejumlah koleksi burung liar. Tengok saja keberadaan elang jawa, elang ikan kepala kelabu, elang ular bido, elang laut perut putih, srigunting, jalak putih, ayam hutan merah, peregam, blekok sawah, bangau sendang lawe, merak hijau, dan juga burung-burung yang lainnya.

19. Tempat Wisata Taman Nasional Baluran Banyuwangi
Taman Nasional Baluran Banyuwangi
Taman Nasional Baluran merupakan padang savana terluas di Pulau Jawa dengan spesies hewan dan tumbuhan yang beragam. Berkunjung ke lokasi ini membuat Anda seoalah berada di Afrika. Itulah mengapa Taman Nasional ini sering disebut sebagai Afrikanya Indonesia. Taman Nasional Baluran terletak di di wilayah Banyuputih, Situbondo dan Wongsorejo, Banyuwangi. Jawa Timur.

Di sini Anda akan disuguhi pemandangan kawanan rusa yang berlarian menuju genangan air untuk minum, para merak yang melebarkan ekornya, gerombolan kerbau dan gajah, belasan elang yang terbang untuk mencari makan sampai monyet yang bergelantungan di pohon. Pemandangan yang sama persis seperti yang bisa Anda temukan di Afrika.

Jika Anda pecinta fotografi, disarankan untuk memulai perjalanan menyusuri Taman Nasional Baluran di pagi hari mulai pukul 4.00 atau 5.00 pagi sehingga Anda dapat menyaksikan matahari terbit yang indah di sela-sela kabut dan pepohonan. Dijamin hasil foto Anda akan jauh lebih dramatis, ala fotografi landscape di Afrika.

20. Tempat Wisata Pantai Bangsring di Banyuwangi
Pantai Bangsring Banyuwangi
Tempat wisata setelah Taman Nasional Baluran yaitu Pantai Bangsring, di Pantai Bangsring di Banyuwangi ini menyuguhkan eksotisme terumbu karang yang patut untuk dibanggakan. Di Taman laut yang sangat indah ini, para penelusur bisa langsung melihat ikan – ikan lucu yang sedang bermain – main di sekitar terumbu karang. Lautnya yang dangkal, juga menjadi kelebihan tersendiri terutama bagi para penelusur yang kurang mahir berenang.

Karena hanya dengan kedalaman sekitar dua meter, para penelusur yang berkunjung kesana sudah bisa melihat pemandangan laut yang indah dengan snorkeling. Dan juga bahkan ikan hias dan terumbu karang yang ada juga sudah bisa dinikmati hanya di kedalaman kurang lebih sekitar lima puluh centimeter saja.

Pantai Bangsring sendiri dapat dikatakan sebagai spot terbaik untuk snorkeling yang berada di Banyuwangi Jawa Timur. Selain menikmati keindahan yang disuguhkan di Pantai Bangsring ini, kuatnya arus Selat Bali pun menjadi tantangan tersendiri bagi para penikmat snorkeling. Hawa dingin yang ada dikarenakan hembusan angin yang sepoi-sepoi pun menjadi sensasi tersendiri saat bersnorkeling ria di Pantai Bangsring ini.

Pantai Bangsring yang terletak di Desa Bangsring, Kecamatan Wongsorejo, Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur. Jaraknya kurang lebih 20 km dari pusat kota Banyuwangi.

21. Tempat Wisata Pantai Wedi Ireng Banyuwangi
Pantai Wedi Ireng Banyuwangi
Pantai yang wajib anda kunjungi yaitu Pantai Wedi Ireng, Pantai Wedi Ireng berada di Desa Pancer, Kecamatan Pesanggaran. Lokasinya tidak terlalu jauh dari pantai Pulau Merah yang cukup terkenal di Banyuwangi. Hanya sekitar 5 km saja.

Suasana di pantai ini masih cukup sepi dan minim fasilitas. Pantai ini terhitung baru dan belum banyak diketahui keberadaanya. Jika kamu ingin mencari pantai yang antri mainstream sebagai destinasi liburan kamu di Banyuwangi, pantai Wedi Ireng ini bisa menjadi destinasi pilihan

Selain pasirnya yang putih bercampur hitam namun bersih tersebut, air di pantai ini juga masih bening dan biru. Tak tahan rasanya untuk segera berbasah-basah ria ketika tiba di pantai ini. Pantai Wedi Ireng dikelilingi oleh pepohonan hijau yang membuat pemandanga di pantai ini menjadi semakin indah. Bebatuan karang yang banyak terdapat di pantai Wedi Ireng juga akan membuat suasana di pantai ini benar-benar menggoda.

22. Tempat Wisata Pantai Boom Banyuwangi
Pantai Boom Banyuwangi
Pantai Boom merupakan salah satu pantai yang kini menjadi destinasi unggulan Kabupaten Banyuwangi. Berada di pusat kota tepatnya di kawasan Kelurahan Kampung Mandar, Kecamatan Banyuwangi. Hanya membutuhkan 10 menit dari pusat kota,Pantai Boom ramai dikunjungi oleh wisatawan baik dari warga sekitar Banyuwangi maupun luar kota.

Pantai Boom juga menjadi salah satu spot terbaik untuk melihat matahari terbit pertama kali di pulau jawa. Pantai boom sangat cocok sekali untuk bersantai bersama keluarga,sembari menikmati kelapa muda dengan pemandangan pantai yang eksotis. Pantai dengan berpasir hitam disepanjang pesisirnya, dengan ombak yang tidak terlalu besar ini.

Pantai boom akan di kembangkan sebuah Pelabuhan kapal Pesiar terbesar. Nantinya di pantai boom juga akan dilaksankan event event berskala international seperti fementel yatch " lomba kapal pesiar terbesar" yang dimulai dari benua Australia dan finish di Pantai Boom. Berbagai fasilitas kini mulai terpenuhi untuk menikmati pantai Boom. Payung pantai, Aphiteater, mushola, taman, dan warung makan / pedestrian yang tertata rapi sangat baik untuk dikunjungi.

23. Tempat Wisata Pantai Cacalan Banyuwangi
Pantai Cacalan
Pantai Cacalan terletak di Kecamatan Kalipuro, Banyuwangi. Pantai dengan hamparan pasir hitam yang luas ini sangat cocok untuk liburan bersama keluarga. Selain menikmati pemandangan Pantai berpanorama Selat Bali, wisatawan juga dapat melakukan kegiatan seperti memancing dan mandi di Pantai. Pemandangan alamnya semakin indah dengan keberadaan pohon kelapa yang berjajar rapi di tepi Pantai.

Pengunjung Pantai Cacalan memang diperbolehkan untuk bermain air laut di Pantai ini. Ombak pantai ini sangat kecil sehingga aman jika kita ingin berlari-lari di pinggiran bibir pantai untuk sekedar bermain air laut atau mencari hewan laut seperti umang atau sejenisnya.

Sekarang ini, semakin banyak warga yang berkunjung di pantai ini utamanya pada pagi dan sore hari. Ada yang hanya ingin menikmati deburan ombak, keindahan pantai, rekreasi bersama keluarga maupun teman, ada juga yang ingin mandi atau renang di bibir pantai dan yang terakhir ada pula yang hunting foto.

24. Tempat Wisata Pantai Pancer Banyuwangi
Pantai Pancer
Di Pantai yang berlokasi tidak jauh dari Pulau Merah ini, para wisatawan dapat menikmati pemandangan Pantai laut selatan yang berwarna biru. Tidak hanya menikmati keindahan Pantai, wisatawan juga bisa menikmati keelokan laut secara langsung dengan naik kapal nelayan yang telah disediakan oleh masyarakat sekitar. Di Pantai Pancer terdapat tempat pelelangan ikan yang selalu ramai.

Berbagai jenis ikan laut dijual di sana, terutama pada pagi hari. Ombak Pantai Pancer yang tidak terlalu tinggi sangat cocok untuk peselancar pemula. Dan ketika senja mulai turun, Anda bisa menyaksikan pemandangan matahari terbenam yang spektakuler. Duduk bersantai di atas pasir yang hangat sambil menikmati semburat jingga dari ufuk barat dan suara deburan ombak adalah cara yang sempurna untuk menikmati keindahan Pantai Pancer.

25. Tempat Wisata Pantai Muncar Banyuwangi
Pantai Muncar
Pantai Muncar adalah pelabuhan terbesar kedua setelah Bagan Siapi-api. Di Jawa Timur, Muncar menjadi pelabuhan terbesar. Pemandangan aktivitas nelayan di pelabuhan dapat dilihat setiap hari. Ada berbagai jenis perahu nelayan, baik yang tradisional maupun modern dengan berbagai hiasan dan ornament. Untuk mencapai Muncar sangat mudah, sebab tersedia kendaraan umum menuju Pantai.

Muncar terletak di sebelah selatan Kota Banyuwangi. Setiap bulan Suro selalu diadakan perayaan petik laut yang sudah ada sejak perkembangan Luhpang-pang menjadi pusat kegiatan penangkapan ikan. Awalnya upacara ini diadakan berdasarkan Prantamangsa, tetapi kini diselenggaran setiap bulan Suro.

26. Tempat Wisata Pantai Trianggulasi Banyuwangi
Pantai Trianggulasi
Trianggulasi merupakan salah satu Pantai yang berada di kawasan Taman Nasional Alas Purwo. Lokasinya tidak jauh dari Pura Luhur Giri Salaka dan Pantai Ngagelan. Selain itu, pantai ini juga hanya berjarak 2km saja dari pantai Plengkung yang sudah terkenal itu.

Ombak di pantai Trianggulasi ini cukup tinggi dan tergolong tidak aman untuk berselancar. Karena itu pengelola pantai tidak mengijinkan pengunjung untuk berselancar ataupun berenang di pantai ini. Namun lokasi pantai ini sangat cocok untuk kegiatan wisata bahari lainnya yang tidak kalah seru, yaitu berkemah dan menyaksikan indahnya matahari tenggelam.

27. Tempat Wisata Pulau Santen Banyuwangi
Pulau Santen
Pulau Santen terletak di desa Karangharjo, sebelah selatan Stasiun Banyuwangi lama. Pantai ini berada dalam wilayah perairan Selat Bali. Dinamakan Pulau Santen karena didalamnya banyak ditumbuhi pohon yang dikenal oleh masyarakat Banyuwangi dengan nama pohon santen. Saat pagi hari, Pantai ini menyajikan pemandangan yang indah dikala cuaca cerah.

Di Pulau Santen juga terdapat sungai yang berarus tenang mengalir sepanjang dua kilo meter lebih memisahkan Kota Banyuwangi dan pulau kecil Pulau Santen yang dikelilingi mangrove berusia lima รข€“ sepuluh tahun lebih. Di tengah muara sungai terdapat sebuah delta yang membentuk pulau mangrove kecil. Dilihat dari jembatan tampak eksotis.

28. Tempat Wisata Pantai Blimbing Sari Banyuwangi
Pantai Blimbing Sari
Pantai Blimbingsari merupakan salah satu keunggulan wisata di Banyuwangi yang terkenal dengan kuliner ikan bakarnya yang khas Banyuwangi, tepatnya di sekitar 17 kilometer ke selatan dari pusat Banyuwangi kota atau 1 km dari bandara blimbingsari.

Hamparan pesisir yang indah dan deburan ombak yang tenang dapat di rasakan ketika kita sampai di salah satu wisata alam Banyuwangi ini. Pantai ini merupakan pantai yang indah dan bersih. Banyak wisatawan yang datang untuk menikmati keindahan panorama Pantai, terutama pada hari Minggu. Pantai ini sekarang mempunyai tempat berteduh maka wisatawan tidak perlu kawatir dengan terik matahari.

Pantai Blimbingsari terletak di Kecamatan Rogojampi, berjarak 23 km dari kota Banyuwangi.

29. Tempat Wisata Perkebunan Kali Klatak Banyuwangi
Perkebunan Kali Klatak
Bagi mereka yang ingin mengunjungi wisata perkebunan di Banyuwangi, terdapat beberapa pilihan tujuan dan salah satunya adalah wisata agro Kaliklatak. Kaliklatak merupakan perintis wisata agro di Banyuwangi dan bahkan di Indonesia. Kaliklatak terletak di lereng Gunung Merapi, 15 km sebelah barat kota Banyuwangi.

Agro wisata perkebunan ini memiliki luas sekitar 1013ha, terletak di ketinggian 450 M dari permukaan laut dan dikelola oleh perusahaan swasta. Komoditas utama dari kawasan Kaliklatak antara lain berupa kopi, coklat, karet, cengkeh, dan rempah-rempah. Di bagian yang tertinggi, yaitu Hargosonyo, pengunjung bisa menikmati pemandangan kota Banyuwangi, Selat Bali, Semenanjung Blambangan dan pulau Bali dengan sangat indah.

30. Tempat Wisata Air Terjun Tirto Kemanten Banyuwangi
Air Terjun Kemanten
Air Terjun Tirto Kemanten terletak di Dusun Wonorejo, Desa Kalibaru Wetan, Kecamatan Kalibaru, Kabupaten Banyuwangi.Air TerjunTirto Kemanten sering disebut juga Air Terjun Wonorejo ini terletak di lereng Gunung Raung dengan pemandangan alam disekitarnya berupa tanaman kopi dan coklat.

Air Terjun ini terdiri dari dua air terjun yang tingginya mencapai 10 meter dan posisinya berdekatan hanya dipisahkan oleh batu besar. Oleh penduduk setempat Air Terjun ini dinamakan Air Terjun Kembar Tirto Kemanten, karena terdapat dua aliran Air Terjun yang sepintas mirip dengan jejeran pengantin laki-laki dan perempuan.

31. Tempat Wisata Air Terjun Selendang Arum Banyuwangi
Air Terjun Selendang Arum Banyuwangi
Air Terjun Selendang Arum terletak di Dusun Sumberasih, Desa Sumberarum, Kecamatan Songgon, Banyuwangi. Air Terjun ini memiliki ketinggian mencapai 20 meter dan keistimewaan berupa dinding tebing yang dialiri air nan eksotis. Bebatuan licin ini memancarkan kilauan saat cuaca cerah. Asal usul nama Selendang Arum dikarenakan bentuk bebatuannya mirip selendang.

Untuk menuju kawasan objek wisata Air Terjun Selendang Arum ini, ada dua alternatif yang dapat dijadikan pilihan. Pertama, melewati Kecamatan Rogojampi ke Barat menuju KecamatanSonggon.Dari arah Songgon rute selanjutnya melewati jalan yang penuh simpangan hingga tiba di Desa Sragi.

Sesampainya di pertigaan Desa Sragi, arahselanjutnya menuju ke Desa Sumberarum. Sedangkan, pilihan kedua bisa melewati DesaGendoh, Kecamatan Sempu.Persis di pertigaan Desa itu mengarah ke Barat menuju Desa Sragi dan lurus terus hingga tiba di Desa Sumber arum yang jaraknya mencapai 10 km.

32. Tempat Wisata Taman Nasional Meru Betiri Banyuwangi
Taman Nasional Meru Betiri
Kawasan Taman Nasional Meru Betiri secara administrasi terletak di antara Kabupaten Banyuwangi dan kabupaten Jember, Jawa Timur. Taman Nasional terdiri dari 4 zona yaitu Zona Rimba seluas 22.622 Ha, Zona Pemanfantaan Intensif seluas 1.285 Ha, Zona Rehabilitasi seluas 4.023 Ha dan Zona Pemanfaatan Khusus seluas 2.155 Ha.

Taman Nasional Meru Betiri dikenal hutan tropis dataran rendah di Propinsi Jawa Timur bagian Selatan dengan beragam keanekaragaman hayati yang tinggi, diantaranya kekayaan flora dengan berbagai jenis tumbuhan yang bermanfaat sebagai obat. Habitat fauna sebagai objek dan daya tarik wisata alam yang tersebar pada areal seluas 58.000 Ha, dengan luas daratan 57.155 Ha, dan perairan 845 Ha.

Taman Nasional Meru Betiri terkenal sebagai habitat terakhir harimau loreng Jawa (Panthera tigris sondaica) yang langka dan dilindungi. Sampai saat ini, satwa tersebut tidak pernah dapat ditemukan lagi dan diperkirakan telah punah. Punahnya harimau loreng Jawa berarti punahnya tiga jenis harimau dari delapan jenis yang ada di dunia (harimau Kaspia di Iran, harimau Bali dan harimau Jawa di Indonesia).

Baca ini : 21 Tempat Wisata di Palembang yang Wajib Dikunjungi

Demikian mengenai 32 Tempat Wisata di Banyuwangi yang Wajib Dikunjungi semoga bisa bermanfaat untuk kalian semua, jika anda ingin bertannya tentang artikel ini, anda bisa berkomentar melalui kolom komentar dibawah ini.

Postingan terkait:

6 Tanggapan untuk "32 Tempat Wisata di Banyuwangi yang Wajib Dikunjungi"

  1. ternyata banyak wisata di indonesia, semakin bangga pada Indonesia nih :).
    Wajib kunjung juga nih tempat wisatanya,,

    makasih gan, artikelnya bermanfaat dan membantu informasi saya

    BalasHapus
  2. Wah ini buat referensi ane pas pkl nanti gan. Ditunggu tempat tempat lainnya ya gan hehe

    BalasHapus
  3. jd pengen berkunjung ke banyuwangi.. nunggu uang dh

    BalasHapus
  4. Wah ternyata dibanyuwangi banyak tempat wisata yang belum saya lihat haha, mantap lah

    BalasHapus
  5. sangat cantik , menarik , jadi pengen kesana

    BalasHapus