61 Tempat Wisata di Surabaya yang Menarik Dikunjungi

Tempat Wisata di Surabaya - Kota Surabaya memang menjadi kota yang penuh sejarah dan juga surabaya merupakan kota  terbesar kedua di Indonesia setelah kota Jakarta. Tempat wisata Surabaya memang banyak yang unik dan kota yang memperkaya daya tarik wisatannya. Salah satu pesona tempat wisata di Surabaya adalah Anda dapat memperoleh banyak pengetahuan sejarah. Kota Surabaya memiliki julukan kota Pahlawan, menjadi sebutan seperti itu karena ketika dalam masa revolusi kemerdekaan Indonesia telah terjadi pertempuran hebat antara rakyat Surabaya dengan tentara penjajah belanda.

Nama Surabaya itu sendiri pada awalnya bermula di era Majapahit, yakni sebuah sebutan untuk wilayah geografis di mana dalam mitos masyarakat lokal telah terjadi pertarungan yang hebat antara Sura berarti hiu dengan Baya berarti buaya untuk mendapatkan pengakuan yang sebagai hewan yang terkuat, sebagaimana yang pernah diramalkan oleh Jayabaya. Adalah lumrah jika Anda akan menemukan banyak monumen dan museum di salah satu tempat wisata Jawa Timur yang populer ini.

Perlu anda ketahui, di kota Surabaya Anda dapat mengunjungi museum dan makamnya pencipta lagu kebangsaaan Indonesia, yaitu WR. Supratman. Mengunjungi Tugu Pahlawan adalah salah satu kegiatan yang baik karena anda dapat mengetahu sejarah indonesia. Selain tempat wisata alamnya anda juga dapat menikmati wisata kuliner yang ada di kota surabaya. Surabaya memang saat ini telah menjadi sebuah kota industri yang modern, pusat perekonomian dan bisnis di Jawa Timur, serta sentra kekuatan angkatan bersenjata maritim Indonesia.

Baca ini : Tempat wisata di Purwokerto yang Terkenal keindahannya

Tempat Wisata di Surabaya yang Menarik Dikunjungi
Nah pada kesempatan kali ini saya akan mereview tempat wisata yang paling menarik .Berikut ini 25 tempat wisata di Surabaya yang paling menarik untuk dikunjungi. Mungkin Anda dapat mengunjung berbagai tempat wisata Surabaya lainnya sebab masih ada lagi sejumlah tempat menarik di Surabaya yang mungkin Anda sukai. beberapa di antaranya adalah berikut ini.

1. Monumen Kapal Selam
Tempat Wisata Monumen Kapal Selam di Surabaya
Monumen kapal selam atau juga Monkasel mememang tempat wisata yang wajib anda kunjungi, Lokasi Monumen Kapal Selam ini terletak di pusat kota Surabaya. Monumen Kapal Selam adalah wujud asli dari kapal selam KRI Pasopati 410, salah satu kapal selam milik TNI Angkatan Laut dari satuan Kapal Selam Armada RI Kawasan Timur. Monumen Kapal Selam KRI Pasopati termasuk jenis SS type Whisky Class dibuat di Vladi Rusia pada tahun 1952.

Kapal Selam ini kemudian dibawa ke darat dan dijadikan monumen untuk memperingati keberanian pahlawan Indonesia. Monumen ini berada di Jalan Pemuda, tepat di sebelah Plasa Surabaya. Selain itu di tempat ini juga terdapat sebuah pemutaran film, di mana ditampilkan proses peperangan yang terjadi di Laut Aru. Jika ingin mengunjungi tempat wisata ini, maka akan ditemani oleh seorang pemandu lokal yang terdapat di sana. Kapal selam ini telah menjadi salah satu tempat wisata di Surabaya yang menarik untuk dikunjungi wisatawan.

2. Tempat Wisata Jembatan Merah
Tempat wisata Jembatan Merah di Surabaya
Jembatan Merah adalah salah satu monumen paling bersejarah di Surabaya, Jawa Timur yang dibiarkan seperti adanya sebagai jembatan. Jembatan yang menjadi salah satu judul lagu ciptaan Gesang ini, semasa zaman VOC dahulu dinilai penting karena menjadi sarana perhubungan paling vital melewati Kalimas menuju Gedung Karesidenan Surabaya, yang sudah tidak berbekas lagi.

Jembatan Merah menjadi saksi sejarah pertempuran pada 10 Nopember di Surabaya. Sejarah mencatat, peristiwa tewasnya Brigjend Mallaby pada bentrokan yang terjadi antara para pejuang Indonesia dengan tentara Belanda di dekat Jembatan Merah pada tanggal 30 Oktober adalah alasan utama panglima sekutu di Jawa Timur mengeluarkan ultimatum pada tanggal 9 November  kepada para pejuang Indonesia agar meletakkan senjata.

3. Tempat Wisata Tugu Pahlawan Surabaya
Tempat Wisata Tugu Pahlawan Surabaya
Tempat wisata selanjutnya yang perlu anda kunjungi yaitu Tempat Wisata Tugu Pahlawan di Surabaya. Lokasi Monumen ini terletak di tengah-tengah kota di Jalan Pahlawan Surabaya, dan di dekat Kantor Gubernur Jawa Timur. Tugu Pahlawan merupakan salah satu ikon Kota Surabaya sebagai Kota Pahlawan. Berdiri di atas tanah lapang seluas 1,3 hektare, dan secara administratif berada di wilayah Kelurahan Alun-Alun Contong, Kecamatan Bubutan, Kota Surabaya.

Monumen ini memiliki ketinggia 41,15 meter berbentuk lingga atau paku terbalik. Tubuh monumen memiliki bentuk lengkungan-lengkungan ada sekitar 10 lengkungan, dan itu terbagi menjadi atas 11 ruas. Tinggi, ruas, dan canalures mengandung makna tanggal 10, bulan 11, tahun 1945. Suatu tanggal bersejarah, bukan hanya bagi penduduk Kota Surabaya, tetapi juga bagi seluruh Rakyat Indonesia. Tugu Pahlawan dibangun untuk memperingati peristiwa Pertempuran 10 November 1945 di Surabaya, dimana arek-arek Suroboyo berjuang melawan pasukan Sekutu bersama Belanda yang hendak menjajah kembali Indonesia. Nah tempat ini menjadi tempat wisata menarik untuk dikunjungi.

4. Tempat Wisata Pantung Buddha Empat Wajah
Tempat Wisata Pantung Buddha Empat Wajah
Tempat wisata yang kempat yaitu Wisata Patung Buddha empat Wajah. Mungkin Anda dapat mengunjungi tempat wisata Patung Buddha Empat Wajah ini di salah satu sudut Pantai Ria Kenjeran, sebuah pantai di kota Surabaya yang terkenal akan produk perikanan. Patung ini menjadi patung tertinggi di Indonesia yang telah dicatat MURI.

Patung ini memiliki kemiripan dengan patung Buddha yang ada di tempat wisata Bangkok, yakni terdiri atas wajah kesehatan dan perdamaian wajah hubungan baik, wajah keberuntungan, dan wajah perlindungan terhadap kejahatan. Mungkin anda bisa berkunjung dengan teman atau keluarga untuk melihat patung ini.

5. Tempat Wisata House Of Sampoerna
Tempat Wisata House Of  Sampoerna
House Sampoerna merupakan sebuah museum yang paling bersejarah di indonesia. Museum House Sampoerna terletak di pusat kota Surabaya. Tepatnya berada di Jalan Taman Sampoerna Nomor 6 Krembangan, Pabean Cantikan, Surabaya. Bangunan ini dibangun pada tahun 1862 dan awalnya menjadi sebuah panti asuhan yang dikelola oleh Belanda.

Salah satu anak yatim, Liem Seeng Tee, membeli bangunan bergaya kolonial Belanda pada tahun 1932 untuk digunakan sebagai perusahaan besar yang memproduksi rokok. Pada tahun 2003, pada ulang tahun ke-90 perusahaan, kompleks itu dikembalikan dan sebagian berubah menjadi museum. Tetapi sampai hari ini masih sebagian bangunannya masih digunakan sebagai rumah produksi untuk pembuatan rokok paling bergengsi di Indonesia, seperti Dji Sam Soe.

Bila Anda ingin melihat produksi rokok Dji Sam Soe, sebaiknya datang pada hari biasa "Senin sampai Sabtu"  sebelum jam 15:00. dan biaya masuk Gratis.

6. Tempat Wisata Museum WR. Sorpratman
Tempat Wisata Museum Rumah Wr. supratman
Museum Rumah Wr. supratman, di rumah inilah komponis pencipta lagu kebangsaan Indonesia Raya. Selain berfungsi sebagai bangunan cagar budaya, rumah ini juga berfungsi sebagai museum. Rumah ini berada di tengah-tengah pemukiman penduduk, tepatnya di jalan Mangga No 21 Surabaya, Tidak jauh dari lokasi Taman Mundu.

Dari taman kota ini berjarak lebih kurang 500 meter menuju rumah wr. supratman. Menuju lokasi museum ini kita bisa mengendarai kendaraan roda dua, tanpa menuntun. Bentuk rumah begitu sederhana dengan ukuran 5x 10 meter menghadap ke arah timur. Dengan luas halaman yang sempit. Halaman di hiasi taman mungil dan patung Supratman seukuran manusia tengah memainkan biola. Di depannya jalan berukuran tiga meter.

Dalam Rumah ini hanya ada terdapat dua kamar tidur di sisi kanan dan ruang tamu di sisi kiri. Ruang tamu terpampang foto-foto WR. Supratman dengan keluarga dan teman dekat. Kamar ini unik tidak ada akses masuk dari kamar ini, selain dari jendela depan ini untuk mengelabui aparat hindia belanda. Beliau tinggal di rumah ini sejak tahun 1936. Nah tempat wisata ini cocok untuk anda kunjungi.

7. Tempat Wisata Mpu Tantular
Tempat Wisata Mpu Tantular
Tempat Wisata Selanjutnya yaitu Museum Mpu Tantular, merupakan museum yang dikelola oleh Departemen Kebudayaan dan Pariwisata dan merupakan kelanjutan dari didirikannya lembaga kebudayaan kebudayaan Stedelijk Historisch Museum Soerabaia oleh seorang warga Surabaya yang berkebangsaan Jerman, bernama Von Vaber pada tahun 1933. Museum ini baru diresmikan pada tanggal 25 Juli 1937.

Museum Mpu Tantular awalnya terletak di Jalan Pemuda no. 3 Surabaya, dan setiap ruangan di dalam museum terbagi dalam beberapa segmen seperti, ruang koleksi, perpustakaan, kantor dan auditorium. Museum ini memiliki 15ribu koleksi, mulai dari peninggalan di masa kerajaan Hindu, Budha, Islam, serta masa kolonial dan masa prasejarah. Lokasi Museum Mpu Tantular ini ada di Jl. Raya Buduran. Harga tiket masuk museum untuk dewasa 4 ribu dan untuk anak2 Rp3ribu rupiah.

8. Tempat Wisata Masjid Agung Al-Akbar Surabaya
Tempat Wisata Masjid Agung Al-Akbar Surabaya
Tempat wisata ke delapan yang wajib anda kunjungi adalah Masjid Agung Al-Akbar. merupakan masjid terbesar kedua setelah Masjid Istiqlal di Jakarta. Masjid ini adalah ikon religi kota Surabaya. Eksterior masjid ini dihiasi dengan berbagai corak ukiran dan kaligrafi. Pintu masuk masjid ini terdiri dari 45 pintu utama, semuanya dibuat dari kayu jati berukir.

Masjid Agung Al-Akbar Surabaya Bagian interiornya dihiasi oleh ukiran hias dan kaligrafi, sangat dominan menghiasi dinding masjid. Rancang bangun arsitektur MAS dikerjakan oleh tim dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya bersama konsultan ahli yang telah berpengalaman membangun masjid-masjid besar di Indonesia.

Mengingat posisi lahan yang labil dengan tingkat kekerasan yang minim, maka pembuatan pondasi dilakukan dengan system pondasi dalam atau pakubumi. Tidak kurang dari 2000 tiang pancang bagi pondasi masjid ini. Inilah sebab objek wisata di Surabaya yang satu ini diminati banyak penikmat perjalanan.

9. Tempat Wisata Ciputra Waterpark Surabaya
Tempat Wisata Ciputra Waterpark Surabaya
Tempat wisata wahana yang tidak anda lewatkan di kota surabaya yaitu Tempat Wisata Ciputra Waterpark. Wahana tempat bermain air di tempat ini sangat mengasikkan loh dan disini juga ada konsep dongeng petualangan sibad pastinnya anak-anak akan senag dan betah jika bermain di wahana ini. Mungkin bagi yang takut dengan kedalaman kolam jangan khawatir karena Kedalaman kolam di wahana Ciputra Waterpark ini airnya tidak dalam mungkin hanya satu meteran.

Selain itu Anda dapat menjumpai berbagai ragam wahana, seperti Chimera pool, Sirens River, Marina Lagoon, Sinbad Playground, Roc Tower, dan Syracuse Beach. Tempat wisata Surabaya yang satu ini dibuka untuk publik setiap selasa hingga jum’at, jam buka mulai dari jam 2 siang sampai jam 7 malam kalo hari lubur bukannya jam 8 pagi samapai jam 8 malam. bagi yang suka berenang bisa berkunjung kesini.

10. Tempat Wisata Pantai Kenjeran Surabaya
Tempat Wisata Pantai Kanjeran Surabaya
Ternyata disurabaya juga ada tempat wisata laut loh, yaitu wisata Pantai Kenjeran, merupakan salah satu tempat wisata di Surabaya. Pantai ini terletak di kecamatan Kenjeran, kota Surabaya, sekitar sembilan km dari pusat kota.

Nama kenjeran memang diambil dari nama wilayah setempat. Disini para pengunjung pantai dapat bersantai sambil menikmati keindahan alam dan deburan ombak. Pada hari libur Pantai ini selalu ramai pengunjung. Banyak wisatawan lokal khususnya dari Surabaya yang menghabiskan waktu liburan disini. Banyak juga wisatawan dari luar kota yang singgah untuk berwisata di Pantai Kenjeran Surabaya.

Selain itu, dipantai ini juga menyediakan sarana bermain untuk anak2, taman yang asri dan pemandangan bebatuan yang sangat memanjakan mata dan juga pengunjung juga bisa menikmati makanan khas Surabaya, seperti Lontong kupang, sate kerang, dan lainnya. Disini pengunjung juga akan menemui berbagai ikan segar, ikan asin dan lainnya, cindera mata khas Surabaya yang cantik hasil dari Industri rumah tangga. Mungkin anda bisa berkunjung ke pantai ini dengan keluarga atau teman-teman anda.

11. Tempat Wisata Hutan Mangrove Surabaya
Tempat Wisata Hutan Mangrove di Surabaya
Mungkin bagi yang pecinta allam bisa berkunjung ke tempat wisata hutan mangrove di surabaya. Untuk menuju ke lokasi hutan mangrove, banyak titik yang harus dilalui. Titik yang pertama berada di pintu masuk yang dilengkapi dengan pendopo yang bisa anda gunakan untuk berisitirahat. Selama perjalanan menyusuri sungai dengan aliran air yang tenang, anda akan ditemani sejumlah hewan liar dan burung-burung yang beterbangan.

Dari sini, kawasan hutan masih belum terlihat sehingga harus berjalan ke dermaga, tempat kapal-kapal yang membawa anda ke kawasan hutan berada. Jangan lupa untuk membawa bekal makanan dan miuman karena di sekitar hutan tidak ada penjual makanan ataupun minuman. Untuk masuk ke kawasan Ekowisata Mangrove Wonorejo anda akan dikenai tiket masyuk sebesar 25ribu untuk dewasa dan 15ribu untuk anak-anak.

12. Tempat Wisata Jembatan Suramadu di Surabaya
Tempat Wisata Jembatan Suramadu
Suramadu merupakan jembatan terpanjang di negara Indonesia sampai saat ini, jembatan ini menghubungkan Surabaya dan Madura, nah inilah merupakan suatu kebanggaan bagi masyarakat Surabaya karena memiliki jemabatan yang indah dan panjang.

Jembatan ini diresmikan awal pembangunannya oleh Presiden Megawati Soekarnoputri pada 20 Agustus 2003 dan diresmikan pembukaannya oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 10 Juni 2009. Pembangunan jembatan ini ditujukan untuk mempercepat pembangunan di Pulau Madura, meliputi bidang infrastruktur dan ekonomi di Madura, yang relatif tertinggal dibandingkan kawasan lain di Jawa Timur. Perlu anda tahu, kalau malam hari jembatan suramadu sangat indah karena dipenuhi dengan lampu-lampu yang tertata rapi, yang dapat membuat anda kagum.

13. Tempat Wisata Kebun Binatang Surabaya
Tempat Wisata Kebun Binatang Surabaya
Kebun binatang Surabaya ini di bangun sejak pemerintahan Belanda di Indonesia, namun telah berganti lokasi hingga beberapa kali sebelum menempati lokasi yang sekarang yaitu lokasi yang lebih strategis dan mudah untuk di jangkau. Akses untuk sampai di Kebun binatang ini cukup mudah karena berlokasi strategis di pinggir kota Surabaya. Anda juga bisa menggunakan kendaraan pribadi baik roda dua maupun roda empat, juga bisa menggunakan transportasi umum..

Di kebun binatang Surabaya ini juga terkenal berbagai macam hewan langka seperti harimau Sumatera dan binatang yang juga berasal dari luar negri. Ketika berkeliling kebun binatang ini, kita akan di pandu oleh beberapa guide yang bertujuan untuk memberi arah pada kita dan memberi pengetahuan tentang satwa yang ada di kebun binatang tersebut. Bila anda lelah berkeliling, maka anda dapat memilih untuk menungang kuda ataupun gajah sehingga anda pun tidak perlu kelelahan berkeliling di kebun binatang tersebut.

Harga tiket masuk kebun binatang Surabaya 2016 cukup murah yaitu hanya dengan membayar 15 ribu pada hari biasa, sedangkan pada saat liburan pengunjung biasanya di bandrol dengan harga tiket sebesar 20 ribu atau lebih karna harga bisa berubah setiap waktu. Sebelum masuk, anda akan di beri sebuah gelang sebagai tanda pengenal.

14. Tempat Wisata Taman Korea Jalan  Dr. Soetomo Surabaya
Taman Korea Surabaya
Taman Korea  Dr Soetomo surabaya, tempat ini dipilih karena di sekitar taman banyak dihuni oleh warga asing termasuk warga korea, asumsinya adalah dari tiga ribu jumlah warga korea yang ada di Negara tersebut 10 persennya tinggal di Surabaya. Untuk pemilihan Kota Surabaya, karena Surabaya dipandang sangat erat bekerjasama dengan Korea di berbagai bidang, dari bidang pendidikan, perdagangan, pengembangan infrastruktur hingga kebudayaan.

Taman yang ramai dikunjungi pada akhir pekan ini merupakan tempat yang asik untuk bersantai sembari menikmati makanan ringan atau mengembangkan bakat fotografi. Bagi wisatawan yang hobi fotografi, taman ini layak untuk dijadikan tempat pemotretan, karena memiliki berbagai sudut pandang yang menarik di taman tersebut. Di saat tertentu Taman Dr Soetomo juga sering dijadikan sebagai tempat kumpul-kumpul komunitas.

15. Taman Mayangkara di Surabaya
Taman Mayangkara Surabaya
Taman Mayangkara dibangun antara lain untuk mengenang keberanian Batalyon 503 Mayangkara di bawah pimpinan Mayor Djarot Soebyantoro saat menghadapi Belanda. Di Area Taman Mayangkara, di depan Rumah Sakit Islam , terdapat monumen Mayor Djarot Soebyantoro menaiki kuda putih Mayangkara.

Warga Surabaya biasa menyebut Monumen Mayangkara. Berada di lokasi ini terasa makin nyaman karena seluruh area taman telah berhias warna-warni bunga dan tanaman hias. Bahkan, di sekeliling monumen dilengkapi arena untuk jalan-jalan dan sarana untuk memadu keceriaan bersama keluarga.

16. Tempat Wisata Rumah Batik di Surabaya
Tempat Wisata Rumah Batik Surabaya
Batik Indonesia memang pantasa mendunia karena keunikan goresan dan corak yang dimilikinya. Masing-masing corak dan goresan menggambarkan seni dan budaya pada daerah asal batik tersebut berada. Dan dengan banyaknya daerah di Indonesia sementara masing-masing memiliki corak batik tersendiri, bisa dibayangkan betapa banyak motif batik yang dimiliki Indonesia. Di Jawa Timur sendiri masing-masing kabupatennya memiliki batik motif mereka sendiri termasuk Surabaya.

Rumah Batik memiliki semua keanekaragaman tersebut dalam setiap produk batik yang ditawarkan. Rumah Batik ini terletak di jalan Tambak Dukuh I Nomor 4 Surabaya dan banyak dikunjungi oleh mereka yang senang dan menghargai batik sebagai karya yang istimewa. Rumah Batik buka pada hari Senin sampai Jumat pukul 8 pagi sampai 8 malam. Sedangkan hari Sabtu - Minggu buka mulai pukul 8 pagi sampai jam 7 malam.

17. Tempat Wisata Taman Pelangi Surabaya
Tempat Wisata Taman Pelangi Surabaya
Taman Pelangi Surabaya terletak di Jl. A. Yani, merupakan ruang terbuka hijau merangkap ruang publik yang ada di Surabaya. Bagi yang sering ke surabaya pasti melewati Taman ini dan ini sangat cocok untuk nongkrong bersama kawan-kawan. Menemukan Taman Pelangi cukup mudah karena hampir semua angkutan umum dalam kota melewati taman ini.

Taman Pelangi Surabaya sebagai ruang terbuka publik sudah memenuhi 3 syarat penting, yaitu memiliki makna, dapat mengakomodir pengunjungnya dalam melakukan kegiatan, dan dapat menerima berbagai kegiatan masyarakat tanpa ada diskriminasi. Adanya berbagai fasilitas diatas mampu mengakomodir pengunjungnya untuk melakukan berbagai kegiatan.

18. Tempat Wisata Taman Bungkul Surabaya
Taman Bungkul
Taman Bungkul berlokasi di Jalan Raya Darmo Surabaya, taman ini terletak di area sekitar 900 meter persegi dan dilengkapi dengan fasilitas pendukung seperti amfiteater dengan diameter 33 M, jogging track, taman bermain anak-anak dan lahan untuk papan luncur. Selain itu, taman ini juga difasilitasi dengan akses internet nirkabel. Taman Bungkul diambil dari nama Mbah Bungkul, dimana makam beliau juga terletak pada taman ini. Mbah Bungkul adalah julukan untuk Ki Supo, seorang ulama di kerajaan Majapahit (abad XV), yang juga saudara ipar Raden Rahmat atau Sunan Ampel.

Taman Bungkul sudah seperti jantung kota Surabaya. Taman ini sekarang menjadi taman wisata bagi mereka yang ingin menikmati suasana hijau di tengah kota. Beberapa acara juga sering di gelar ini taman ini bagi kegiatan hiburan atau kebudayaan Di bagian belakang taman, terdapat beberapa warung yang menawarkan menu khas Surabaya, seperti Rawon, Soto, Bakso dan banyak lagi. Taman Bungkul selalu ramai dikunjungi dari pagi hingga malam hari dan menjadi bagian dari kota Surabaya yang pantas untuk dibanggakan.

19. Tempat Wisata Taman Remaja Surabaya
Taman Remaja Surabaya
Taman Remaja Surabaya merupakan obyek wisata yang cukup terkenal di kota Surabaya. Taman ini menyediakan berbagai macam hiburan bagi anda yang mengunjunginya, ada sekitar 16 permainan yang terdiri dari Boom Boom Car, Ghost House (Rumah Hantu), Shooting Galery, Merry Go Round, Twin Dragon, Twist Aladin, Mini Train, Ball Pool dan lainnya. Dengan banyaknya aneka permainan, taman yang mempunyai luas 16.910m2 ini tentunya sangat cocok sebagai tujuan wisata keluarga anda. letak Taman Remaja Surabaya berada di Jl. Kusuma Bangsa.

20. Tempat Wisata Surabaya Night Carnival
Surabaya Night Carnival
Suroboyo Night Carnival merupakan wahana permainan keluarga yang baru dibuka pada tahun 2014. Konsep dari Suroboyo Night Carnival merupakan wisata permainan keluarga yang dilengkapi aneka permainan indoor dan outdoor, market, galeri lukisan dan event-event seru yang update setiap bulan.

Meski diawal pembukaannya sempat menimbulkan pro dan kontra akibat membludaknya pengunjung dan kurang tersedianya lahan parkir, namun saat ini pengelola mampu mengatasi permasalahan tersebut sehingga Suroboyo Night Carnival tak pernah sepi pengunjung.

21. Tempat Wisata Sky World (Tian Ti Pagoda)
Kenjeran Park Sky World
Kenjeran Park Sky World atau Pagoda Tian Ti yang memiliki arti Langit-Bumi, pembangunannnya sengaja dibangun untuk mendongkrak pamor wisata kawasan Kenjeran Park Surabaya. Pagoda ini dibangun persis seperti tempat peribadatan kuil kuno yang terletak di Beijing, pembangunannya dibuat sangat mirip baik dari segi warna, bentuk maupun ornamennya.

Meski serupa dengan kuil di Beijing, pagoda di Kenjeran Park ini bukan untuk peribadatan agama tertentu jadi pembangunannya hanya untuk tempat pariwisata saja. Karena bukan untuk tempat peribadatan, di pagoda ini pengunjung bisa keluar masuk dengan leluasa tanpa mengganggu kekhusyukan sembahyang umat beragama lain.

22. Tempat Wisata Artama Harbour Cruise Surabaya
Artama Harbour Cruise
Tak banyak orang yang tahu jika Surabaya memiliki kapal wisata bahari, kapal yang dioperasikan oleh PT. Pelindo Marine ini menampung 35 orang dalam setiap keberangkatannya setiap hari Minggu. Rute lengkap dimulai dari Tanjung Perak – Terminal Peti Kemas – Cagar Budaya Bangunan Kantor ADPEL Surabaya – Monumen Jalesveya Jayamahe – Jembatan Suramadu – Tanjung Perak.

Selama dua jam dari pukul 09.00 – 11.00 kita akan disuguhi pemadangan bongkar muat kapal, melihat monument kejayaan Jalasveya Jayamahe, bahkan kita akan melintas dibawah jembatan suramadu. Tentunya wisata ini merupakan wisata menarik yang tak boleh dilewatkan ketika berkunjung ke Surabaya, karena tempat duduk yang terbatas sebaiknya usahakan untuk booking jauh-jauh hari.

23. Tempat Wisata Jembatan Kenjeran Surabaya
Jembatan Kenjeran
Jembatan Pantai Kenjeran yang didesain menyerupai busur ini membelah garis Pantai Kenjeran. Jembatan ini menghubungkan Jalan Kenjeran menuju arah timur sampai ke Jalan Ir Soekarno (MERR) dan Jalan Laguna Surabaya.

Jembatan Kenjeran ini juga nantinya terintegrasi dengan Sentra Ikan Bulak (SIB) yang difungsikan sebagai kawasan wisata kuliner kampung nelayan. Saat ini Pemkot Surabaya sedang mempersiapkan infrastruktur dan mental warga kampung nelayan agar handal menyambut wisatawan.

24. Tempat Wisata De Mata Trick Eye Surabaya
De Mata Trick Eye Surabaya
Nah siapa nih yang hobi foto-foto? Dijamin bakalan seru banget kalo bisa liburan ke Surabaya dan mampir ke De Mata Trick Eye Museum. Di sini kita bisa rekreasi sambil berfoto dengan background 3D yang unik sepuasnya. Sampe kelenger malah. Gimana enggak, lhawong backgroundnya aja lebih dari 104 koleksi. De Mata Trick Eye Museum Surabaya dulunya bertempat di Golden City Mall. Mungkin karena lokasinya yang kurang strategis, makanya berpindah ke Surabaya Town Square alias Sutos.

Wah ya jelas makin laris soalnya mall yang buka sampai jam 12 malam cuma Sutos. Sekaligus terkenal sebagai tongkrongan anak-anak muda di Surabaya. Disini ada banyak tema yang ditampilkan mulai dari fantasi, public figure, adventure, pemandangan, dan lain sebagainya. Ada gambar Spiderman, tembok cina, toilet, Pangeran William dan Kate Middleton. Pokoknya banyak banget deh! Anda bisa nyobain semuanya.

25. Tempat Wisata Air Mancur Menari Kenjeran Surabaya
Air Mancur Menari
Air Mancur Menari Kenjeran ini letaknya bersebelahan dengan air mancur musikal di pantai Kenjeran. Air mancur menari Kenjeran ini memiliki sangat banyak pola semburan. Air mancur itu merupakan fasilitas pendukung Jembatan Pantai Kenjeran yang digadang-gadang akan menjadi ikon baru Surabaya. Selain air mancur, jembatan juga dilengkapi dua lift di sisi kanan dan kiri yang diperuntukkan bagi penyandang disabilitas.

26. Tempat Wisata Monumen Bambu Runcing Surabaya
Monumen Bambu Runcing
Bambu Runcing adalah senjata tradisional yang digunakan oleh tentara Indonesia dalam pertempuran melawan kolonialisme Belanda. Tepatnya pada 10 November1945, yang sekarang dirayakan sebagai Hari Pahlawan. Pada masa peperangan, bambu dibentuk meruncing layaknya tombak untuk menusuk musuh. Bambu runcing ini dibuat berkaitan dengan terbatasnya senjata modern yang ada dan untuk menunjukkan semangat di antara para prajurit sebagai warga sipil Indonesia.

Untuk itulah, Monumen Bambu Runcing ini dibangun, dan terletak di jalan Panglima Sudirman. Monumen Bambu Runcing adalah ikon pariwisata Surabaya yang berhubungan dengan situs sejarah perjuangan bangsa. Monumen ini terdiri dari 5 pilar dan memiliki tinggi yang tidak sama dan dibentuk seperti bambu runcing. Sayangnya, tidak ada estimasi yang tepat tentang tinggi pada masing-masing pilar. Pada waktu tertentu, akan ada air yang mengalir keluar dari bambu runcing, layaknya air mancur.

Selain itu, monumen ini dikelilingi oleh taman kecil yang penuh dengan beragam tanaman hias. Monumen Bambu Runcing ini terletak di jantung kota Surabaya, di tengah ramainya lalu lintas jalan Panglima Sudirman. Para pengunjung yang datang ke Surabaya akan langsung mengenali keberadaan monumen ini saat melintasinya. Monumen ini juga dekat dengan Kebun Binatang Surabaya, Tunjungan Plaza, Surabaya Plaza dan Tugu Pahlawan Surabaya.

27. Tempat Wisata Taman Apsari Surabaya
Taman Apsari Surabaya
Taman Apsari memiliki keunikan di bandingkan kawasan Surabaya lainnya. Taman yang berada di depan gedung grahadi itu terasa sejuk dan relatif tenang, meski tempatnya di tengah kota, Didalam area ini terdapat Patung Suryo dan Joko Dolog. Di area seluas 5.300 m2 itu dilengkapi lebih kurang 20 jenis bunga dan tanaman.

Di sela bunga dan tanaman itu di sediakan jogging track yang nyaman untuk jalan-jalan. Sebagian anak muda bahkan menggunakannya untuk bermain skateboard. Sebagian warga surabaya yang lain memanfaatkannya.sebagai tempat kongkow-kongkow semalaman sampai pagi menjelang.

28. Tempat Wisata Taman Mundu Surabaya
Taman Mundu Surabaya
Taman Mundu menjadi tempat hiburan baru sebagai taman rekreasi bagi warga Surabaya. Taman seluas 4.800 meter persegi di Jl. Tambaksari ini melengkapi jumlah taman baru di Surabaya yang telah diresmikan sebelumnya Fasilitas yang ditawarkan tempat hiburan ini lumayan lengkap: mulai dari tempat bermain bagi anak-anak, trek berbatu untuk area berjalan kaki sambil menikmati pijatan refleksi.

Serta tempat duduk yang luas. Istimewanya lagi, Taman Mundu juga menjadi salah satu lokasi (selain Taman Bungkul) yang dipilih oleh PDAM Surabaya untuk menjadi spot keran air siap minum, jadi pengunjung yang kebetulan lewat bisa leluasa meminum air dari sana secara gratis, lumayan kan daripada beli.

29. Tempat Wisata Taman Buah Undaan Surabaya
Taman Buah Undaan
Tempat Wisata Taman Buah Undaan di Surabaya merupakan tempat wisata yang harus anda kunjunggi, anda bisa menikmati atraksi semburan air mancur, dengan berbagai bentuk semburan. Sambil duduk di tempat duduk berbentuk buah kita menikmati 5 bentuk semburan. Atau bentuk semburan untuk latar belakang foto-fotoan.Selanjutnya kita temui tempat duduk berbentuk buah-buah.

Ada 3 tempat duduk berbentuk buah ; buah pisang, buah pepaya dan buah blimbing. Karena bangku taman surabaya ini berbentuk buah-buahan. Begitu masuk taman, pengunjung di sambut sebuah buah berwarna merah. Di lihat dari samping buah ini nampak digigit, dibekas gigitan terdapat prasasti peresmian taman surabaya.

Mengenai ragam bentuk buah pisang sendiri, memiliki 2 macam bentuk, 2 dalam bentuk buah pisang utuh dan 1 buah dalam bentuk buah pisang terkelupas. Sedangkan untuk buah pepaya, pepayanya dalam bentuk sudah terbuka 1/4 nya, sehingga terlihat daging dan isinya.Lokasi tempat duduk berbentuk buah-buahan tadi berada di sekitar air mancur dan area play ground.

30. Tempat Wisata Taman Gantung Surabaya
Taman Gantung Surabaya
Taman Gantung Surabaya ini berlokasi di kawasan Tunjungan Surabaya. Keunikan dari Taman Gantung Surabaya ini adalah, bahwa taman tersebut terletak di lorong jembatan sepanjang 30 meter yang menggantung dan menghubungkan kawasan pertokoan di Jalan Tunjungan Surabaya. Dengan adanya Taman Gantung Surabaya ini, maka kawasan Jalan Tunjungan semakin menjadi kawasan yang paling bersolek pada tahun ini.

Hal ini di karenakan sebelumnya Pemerintah Kota Surabaya juga melakukan restorasi terhadap semua pertokoan dan jalanan yang ada di kawasan bersejarah tersebut. Taman Gantung ini bisa di manfaatkan pengunjung untuk sekedar bersantai sambil melihat suasana Jalan Tunjungan dari atas. Dari atas Taman Gantung ini pengunjung bisa melihat pemandangan kawasan Tunjungan yang sudah rapi dan cantik.

Para pengunjung bisa masuk ke Taman Gantung ini secara Gratis baik pada siang hari maupun malam hari. Pada malam hari pemandangan dari Taman Gantung Surabaya akan terlihat bagus , karena lampu – lampu di kawasan Jalan Tunjungan sudah mulai menyala.

31. Tempat Wisata Surabaya Nort Quay
Surabaya Nort Quay
Surabaya North Quay itu adalah sebuah lokasi wisata baru yang terletak di terminal Gapura Surya Nusantara Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. Disini kamu bakal menemukan pemandangan laut Surabaya lengkap dengan bentangan jembatan Suramadu di kejauhan yang keren banget. Apalagi begitu matahari mulai terbenam, pemandangan langit sore dengan laut dan lampu-lampu kapal serta kota yang mulai menyala bikin sunset disini super foto-abl.

Nggak heran kalau akhirnya sebagian besar orang yang kesini emang punya tujuan buat hunting foto atau sekedar selfie. Puas berburu foto dan selfie, pasti enak rasanya mengisi perut yang lapar dan tenggorokan yang haus.

Nah, buat memenuhi kebutuhan ini, Surabaya North Quay juga menyediakan beberapa umbrella table buat makan, lengkap dengan menu-menu tradisional seperti pecel, rujak, dan dawet yang akrab di lidah pengunjung. Sayangnya, jumlah umbrella table di area ini nggak banyak. Jadi kalau ingin makan di SNQ, harus cepat-cepat cari tempat duduk sebelum ditempati orang lain.

32. Tempat Wisata Taman Prestasi Surabaya
Taman Prestasi Surabaya
Taman Prestasi, taman yang dibuat tahun 1992 ini terletak di jalan Ketabangkali Lokasi ini berada 200 meter ke arah barat setelah jembatan Yos Sudarso yang merupakan taman di tengah kota. Saat melewati pintu masuk, maka akan terasa suasana segar. Pepohonan serta sekitar 21 jenis bunga tumbuh diantara hamparan rerumputan. Membuat taman tampak lebih asri. Dengan tiket masuk seharga Rp. 1.500/orang, wisatawan sudah bisa menikmati playground untuk anak-anak.

Apabila ingin berkuda cukup membayar Rp. 3.000/orang untuk sekali putaran. Taman Prestasi memiliki luas kira-kira sekitar 6000 meter persegi. Luasnya taman ini tampak dari hamparan rumput hijau yang terlihat rapi dan teratur. Wisatawan dapat menikmati segala fasilitas yang ada di dalamnya. Ajaklah putra-putri Anda untuk menikmati berbagai fasilitas yang disediakan. Seperti permainan anak berupa jungkat jungkit dan ayunan di arena playgound.

Wisatawan yang datang bersama keluarga, terutama putra-putri mereka. Sambil menemani mereka bermain, kita bisa duduk dengan nyaman. Tak perlu khawatir mengenai keadaan lingkungan sekitar taman. Karena tempat ini cukup bersih. Hal serupa tidak hanya ada di Taman Prestasi saja, namun hampir di setiap tempat wisata di Kota Pahlawan ini. Tak heran apabila kota ini mendapat penghargaan Adhipura.

33. Tempat Wisata Pasar Bunga Bratang Surabaya
Pasar Bunga Bratang
Pasar bunga Bratang merupakan pasar bunga tradisional di Surabaya, tepatnya di jalan Bratang. Pada awal mulanya, pasar ini hanya dihuni oleh 5 penjual dari pasar kayoon, untungnya, area kecil ini menjadi besar dan berkembang sejak tahun 1990-an. Saat ini, pasar ini sudah terorganisir; kebersihannya sudah dijaga dan hal ini membuat nyaman para pengunjung yang ingin membeli bunga. Selain itu, fasilitas di pasar menjadi lebih baik, seperti tempat parkir yang relatif aman dan bagus.

Jangan khawatir tentang kriminalitas selama Anda belanja, karena daerah ini aman dari gangguan. Sepintas, pasar bunga ini tampak seperti sebuah pasar bunga biasa, dimana terdapat beragam tanaman hias yang tersusun rapi di setiap bilik pedagang, daun berwarna-warni dan bunga-bunga yang cantik dan harum. Padahal, Pasar Bunga Bratang ini berdiri di lahan lebih dari 2400 m2. Terdapat lebih dari 200 stan berukuran 3x4 meter di setiap kios di area pasar. Dan lebih dari 65 orang penjual bunga hidup dan menjalankan bisnis di pasar ini.

Pasar Bunga Bratang buka 24 jam sehari, meskipun beberapa kios ditutup pada 6:00. Tapi ada beberapa stan tetap buka. Para pengunjung sebagian besar datang pada akhir pekan, mulai dari pagi hingga sore hari. Bratang pasar bunga adalah pasar yang paling lengkap dibanding toko bunga lainnya. Misalnya, ketika di tempat lain sangat sulit untuk mendapatkan tanaman Toga (Tanaman Obat Keluarga), di sini pasti tersedia.

34. Tempat Wisata Klenteng Hong Tiek Hian Surabaya
Klenteng Hong Tiek Han Surabaya
Klenteng Hong Tiek Hian merupakan klenteng tertua di Surabaya yang dibangun oleh pasukan Tartar pada zaman Khu Bilai Khan pada awal Kerajaan Mojopahit. Klenteng ini terletak di Jl. Dukuh, di Surabaya Utara, di daerah Pecinan. Tempat Religius ini dikunjungi oleh banyak orang setiap harinya. Selain sebagai tempat ibadah, di tempat ini juga sering diselenggarakan acara-acara tradisional Cina seperti pertunjukkan wayang Pho Tee Hi atau perayaan hari-hari besar Cina seperti Imlek.

35. Tempat Wisata Kuliner Kepiting Cak Gundul 1992 Surabaya
Kepiting Cak Gundul 1992
Sesuai dengan namanya yakni Kepiting Cak Gundul 1992, info kuliner surabaya yang berikut ini adalah sebuah kuliner khas surabaya yang di bangun mulai tahun 1992. Menu populer dari kuliner khas surabaya kepiting cak gundul 1992 ini adalah kepiting bumbu kare dan juga kepiting asam manis.

Akan tetapi anda juga bisa menikamti masakan surabaya yang lainnya seperti kerang, ikan, udang dan cumi. Jika anda berminat untuk mencoba dan mencicipi kuliner khas surabaya ini anda bisa langsung menuju Jalan Kupang Indah.

36. Tempat Wisata Suroboyo Carnival Park
Suroboyo Carnival Park
Pernah membayangkan pasar malam atau karnaval? Ya, seperti itulah Suroboyo Carnival Park di jalan Ahmad Yani ini. Bisa di bilang tempat ini adalah theme park wisata malam terbesar di Surabaya. Ada banyak pilihan permainan dan wahana seru untuk seluruh anggota keluarga. Mulai dari wahana yang tenang dan menyenangkan, hingga wahana yang bisa memacu adrenalin.

Di sini juga banyak wahana yang disesuakan dengan usia pengunjung, bahkan ada juga wahana yang bisa dinaiki oleh anak-anak dan juga lansia. Benar-benar tempat rekreasi yang lengkap dan cocok untuk seluruh keluarga, ya? Tiket masuk: Rp.60.000 (Senin-Jumat), Rp. 80.000 (Sabtu-Minggu).

Cara ke sini: Dari bundaran Jalan Waru ambil lajur kiri. Setelah itu akan ada Jalan Brigjen Katamso (Pabrik Paku), lalu belok kiri. Setelah rel kereta api belok ke kiri lagi di Jalan Kertomenanggal lalu tinggal mengikuti papan penunjuk Suroboyo Carnival Park.

37. Tempat Wisata Kampung Bulak Surabaya
Kampung Bulak
Selain Malang, Kota Pahlawan pun punya Kampung Warna-Warni. Tempat ini lebih dikenal dengan nama Kampung Bulak Surabaya. Rumah-rumah yang ada di pesisir pantai ini punya atap dan tembok yang berwarna-warni. Walau terhitung masih anyar, tempat ini sudah ramai dikunjungi traveler lho.

Pasalnya, tempatnya memang instagenic banget sih! Kampung Bulak kini sedang dipersiapkan untuk menjadi ikon wisata baru Kota Surabaya. Jam operasional: Setiap hari (08.00 s.d. 22.00 WIB) Tiket masuk: Rp 2.000 Alamat: Sebelah Utara Pantai Ria Kenjeran, Bulak, Surabaya.

38. Tempat Wisata Kebun Bibit Surabaya
Kebun Bibit Surabaya
Kebun Bibit Surabaya ini jadi salah satu pilihan wisata murah meriah di Kota Pahlawan. Di sini tersedia taman bermain anak, taman outbond, kebun jati, jogging track, danau buatan, tempat kuliner, dan masih banyak lagi. Disarankan untuk datang ke kawasan kebun ini pada waktu pagi atau sore hari.

Sebab, sinar matahari tak begitu terik di waktu tersebut. Selain untuk bersantai atau berolahraga, kebun ini ternyata sering dimanfaatkan sebagai lokasi pengenalan cinta lingkungan. Kunjungan dari sekolah sering sekali diadakan di sini. Anak-anak diajari bagaimana caranya berkebun dan mengolah limbah. Jam operasional: Setiap hari (08.00 s.d. 16.00 WIB) Tiket masuk: Gratis

Alamat: Jl. Raya Manyar No.80A, Baratajaya, Gubeng, Surabaya Cara ke sini : Naik angkutan umum menuju Perumahan Pondok Nirwana. Lokasinya berada di dekat gerbang masuk perumahan tersebut.

39. Tempat Wisata Hutan Bambu Surabaya
Hutan Bambu Surabaya
Tempat wisata satu ini jadi incaran para traveler pemburu selfie. Pasalnya, Hutan Bambu Surabaya ini memang punya spot cantik dengan latar belakang pohon bambu yang hijau dan rindang. Surabaya biasanya panas dan terik. Tapi, kalau di Hutan Bambu ini udaranya justru lebih sejuk. Kalau datang ke sini, pastikan untuk tidak merokok, ya.

Selain bisa merusak keindahan, puntung rokokmu mungkin saja jadi pemicu kebakaran. Pasalnya, jika datang di musim kemarau guguran daun bambu yang mengering akan mudah terbakar. Jam operasional: Setiap hari (09.00 s.d. 17.00 WIB) Tiket masuk: Gratis Alamat: Jl. Raya Marina Asri, Keputih, Sukolilo, Surabaya.

40. Tempat Wisata Surabaya North Quay
Surabaya North Quay
Saat kamu bosan ke tempat wisata yang itu-itu saja, mungkin kamu bisa berkunjung ke Surabaya North Quay yang jadi tempat wisata baru di Surabaya ini. Lokasinya yang bersandar di kapal mewah menjadikan tempat wisata di Surabaya ini tampak romantis dengan pemandangan laut Surabaya lengkap dengan bentangan jembatan Suramadu dari kejauhan. Menyaksikan hiburan live music, atraksi seni, pameran produk komunitas lokal, dan pasar kuliner adalah hal istimewa yang ditawarkan di sini.

Lokasi: Surabaya North Quay berlokasi di lantai dua dan tiga gedung megah Terminal Gapura Surya Nusantara, tepatnya di Jalan Tanjung Perak, Perak Utara, Pabean Cantian, Surabaya, Jawa Timur 60165

Cara ke sini: Dari jalan Perak Timur, kamu tinggal lurus saja menuju arah utara hingga masuk ke gerbang pelabuhan. Di gerbang pelabuhan kamu cukup membayar tiket presmi asuransi jiwa dan biaya parkir sebesar Rp5.000 untuk motor dan Rp7.500 untuk mobil.

41. Tempat Wisata Monumen Jalesveva Jayamahe
Monumen Jalesveva Jayamahe
Ingin coba wisata lain selain wisata kuliner dan wisata alam Surabaya? Mungkin kamu bisa coba wisata bahari di Monumen Jalesveva Jayamahe. Monumen Jalesveva Jayamahe ini dibangun sebagai pengingat bahwa sejak dahulu bidang kemaritiman Indonesia sudah berjaya. Berada di sini, kamu tak hanya bisa melihat patung seorang perwira TNI Angkatan laut yang menatap ke arah lautan, namun kamu juga bisa berbelanja berbagai souvernir atribut TNI AL, serta menengok kapal-kapal perang TNI AL.

Cara ke sini: Terdapat dua akses menuju ke pintu gerbang Armatim. Jalan pertama lewat Jalan Perak Timur menuju Jembatan Petekan, sedangkan akses yang kedua melalu Jalan Sidotopo. Dari kedua jalan ini lokasi Monumen Jalesveva Jayamahe berjarak 3 – 4 km.

42. Tempat Wisata Masjid Muhammad Cheng Hoo Surabaya
Masjid Muhammad Cheng Hoo
Salah satu masjid paling unik ini selalu ramai setiap harinya. Selain menjadi tempat beribadah, Masjid Muhammad Cheng Hoo juga sering dikunjungi oleh para wisatawan, baik dari kalangan Muslim, sampai kalangan non-Muslim. Gaya dan interior desain yang unik menjadi salah satu daya tarik tersendiri dari masjid ini.

Perpaduan gaya Tiongkok dan Arab serta dominasi warna merah, kuning, hijau menjadi ciri khas dari Masjid Muhammad Cheng Hoo. Masjid ini telah dibangun sejak tahun 2003 yang lalu dan baru diresmikan pada tahun 2008 oleh Bupati Pasuruan, H. Jusbakir Aldjufri, SH. MM. Kamu bisa datang langsung dan melihat sendiri keindahan dan kemahsyuran dari Masjid Muhammad Cheng Hoo ini.

Cara ke sini: Buat kamu yang berangkat dari pusat kota, kamu tinggal menyebrang ke daerah sebrang ulu dengan menggunakan jembatan Ampera, lalu kemudian diteruskan menuju ke arah pasar induk Jakabaring.

43. Tempat Wisata Taman Sakura Keputih
Taman Sakura Keputih Surabaya
Tahukah kalian bahwa dulunya taman cantik ini adalah tempat pembuangan sampah akhir? Setelah direlokasi, sebagian lahan bekas TPA ini disulap menjadi Taman Sakura Keputih. Jika beruntung, mungkin kalian bisa melihat sakura yang cantik sedang mekar dan berfoto-foto di sini tanpa harus ke Jepang. Selain taman bunga, ada taman bermain dan fasilitas batu refleksi. Seperti obyek wisata taman lainnya di Surabaya, tidak ada biaya tiket masuk ke Taman Sakura Keputih. Gratis!

Jam operasional: 06.00 – 18.00 Alamat: Jl. Keputih Tegal Timur II No. 249, Sukolilo

Cara ke sini: Dari Petekan / JMP / Kalimas Barat, naik angkot warna kuning (O) jurusan Keputih. Turun di Terminal Keputih. Taman Sakura Keputih terletak tidak jauh dari terminal.Dari Tambak Oso Wilangun (depan SPBU), naik angkot warna kuning (WK) jurusan Keputih. Dari terminal Joyoboyo, naik angkot warna biru (JBM) jurusan Keputih.

44. Tempat Wisata Perpustakaan Bank Indonesia
Perpustakaan Bank Indonesia
Tempat wisata di Surabaya yang satu ini merupakan salah satu bangunan cagar budaya milik pemerintah kota Surabaya. Dulunya gedung Perpustakaan Bank Indonesia merupakan tempat tinggal Gubernur De Javasche Bank yang kemudian menjadi Bank Indonesia. Lalu gedung ini sempat difungsikan sebagai Museum Mpu Tantular.

Di sini kalian bisa membaca koleksi buku-buku atau jurnal tentang ekonomi. Ada ruang duduk yang nyaman, sofa empuk di lobi dan taman yang asri. Kalian juga bisa mengagumi keindahan arsitektur kuno Belanda yang masih terjaga dengan baik sambil berfoto-foto. Masuk ke Perpustakaan Bank Indonesia juga gratis loh.

Cara ke sini: Dari terminal Joyoboyo, naik angkot warna cokelat tua (V) jurusan Tambakrejo lalu turun di halte Jl. Taman Mayangkara.

45. Tempat Wisata Food Junction Grand Pakuwon
Food Junction Grand Pakuwon Surabaya
Salah satu rujukan untuk mendapatkan aneka kuliner khas Surabaya terlengkap adalah Food Junction Grand Pakuwon. Selain sebagai pusat kuliner terlengkap di Surabaya, di lokasi yang sama juga terdapat wahana permainan untuk anak-anak mulai dari Helicak hingga Bumper Boat. Harga satu permainan berkisar antara Rp15 ribu hingga Rp25 ribu.

Food Junction Grand Pakuwon ini buka setiap hari mulai pukul 11.00 siang hingga pukul 22.00 malam. Tempat makannya memiliki nuansa romantis yang cocok buat pasangan berakhir pekan. Tak heran Food Junction ini juga jadi pilihan keluarga untuk berakhir pekan.

Baca ini : Tempat wisata di Wonosobo yang dapat membuat anda betah

Demikian itulah 62 Tempat Wisata di Surabaya yang Menarik Dikunjungi mungkin anda bisa berwisata yang sudah saya rekomendasikan, bersama keluarga atau teman-teman anda. Terima kasih sudah berkunjung.

Postingan terkait:

5 Tanggapan untuk "61 Tempat Wisata di Surabaya yang Menarik Dikunjungi"

  1. Waah bagus-bagus banget tempat wisata yang ada disurabaya. jadi kepengen ke surabaya.

    BalasHapus
  2. wah.. jadi kepengen kesurabaya nih, jalan2 sama admin blog nya

    BalasHapus
  3. wah kapan ya ke surabaya ... salah satu kota terbesar di Indonesia juga kan ... mau sekalian juga cari oleh-oleh hahaha

    BalasHapus
  4. Wahh nice info gan. kalo ane ke surabaya ane bisa kunjungin tempat tempat ini.

    BalasHapus
  5. mantap gan ... salam sama ibuk Risma moga surabaya tambah apik

    BalasHapus