28 Tempat Wisata di Manado yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata di Manado - Hai sobat Aneka Wisata Seru bagaimana dengan liburan kalian dengan keluarga? menyenangkan kan, Sekarang saya akan membahas mengenai tempat wisata di manado. Tempat wisata di manado banyak yang seru dan menarik loh, contohnya salah satu tempat wisata Manado yang paling terpopuler adalah Wisata Taman Laut Bunaken, merupakan surga taman bawah laut paling diminati di dunia. Keindahan terumbu karang Bunaken di Manado memiliki keistimewaan khusus sebagaimana yang ada di Raja Ampat Papua, Pulau Weh Sabang, dan Senggigi Lombok.

Kota Manado sebagai yang terbesar di kawasan utara Indonesia adalah pilihan menarik bagi para penikmat perjalanan, sebab ada banyak tempat-tempat menarik di Manado. Anda bisa menjajal wisata kuliner Manado yang terkenal itu, mengunjungi bukit kasih, atau main ke Danau Tondano. Menjelahi isi kota Manado juga adalah opsi yang tak kalah menarik. Ini tak terlepas karena sifat ramah penduduk di Manado itu sendiri.

Selain itu juga Manado merupakan ibu kota provinsi Sulawesi Utara, yang terletak di ujung urata pulau Sulawesi dan berbatasan langsung dengan Filipina. Manado nenempati urutan kedua sebagai kota yang paling ramai di Sulawesi setelah Makassar. Perekonomian di Manado tumbuh sangat cepat, sehingga pembangunan hampir sama dengan di Jawa.

Baca juga : Tempat wisata di Bali yang sangat seru kalau dikunjungi

Tempat Wisata di Manado yang Wajib Dikunjungi
Berikut ini adalah beberapa tempat-tempat wisata di Manado yang menarik untuk dikunjungi. Semoga pilihan wisata ke Manado ini akan membawa kesan dan pengalaman unik kepada Anda, memberi Anda sebuah pengalaman wisata bahari paling menarik dan indah di Indonesia.

1. Tempat Wisata Pulau Siladen di Manado
Pulau Siladen
Wisata Pulau Siladen adalah satu dari lima pulau di kawasan Taman Nasional Bunaken di Manado, Sulawesi Utara. Pulau Siladen memiliki taman laut dengan ikan dan terumbu karang yang warna-warni serta sebuah gua yang indah.  Selain itu pulau Siladen dikenal dengan hamparan pasir pantai yang putih dan bersih. Untuk menuju kepulau ini anda bisa lewat dari pelabuhan Manado, Anda dapat menempuh perjalanan laut sekitar 45 menit ke Pulau Siladen naik kapal motor.

Salah satu objek wisata di Manado ini memiliki spot penyelaman paling menarik di lokasi bernama Siladen 1 dan Siladen 2. Pulau Siladen ini memiliki sejumlah resort dan homestay dengan fasilitas akomodasi yang baik. Jika Anda ingin menikmati wisata laut dengan ketenangan dan keindahan yang memikat, maka Pulau Siladen di Manado adalah opsi yang layak dipertimbangkan.

Bagaimana indah ya kawan? kayaknya ini tempat yang wajib anda kunjungi jika ingin berlibur ke manado.

2. Tempat Wisata Taman Laut Bunaken
Tempat Wisata Taman Laut Bunaken
Taman Nasional Bunaken merupakan tempat wisata yang berada di Teluk Manado – Sulawesi Utara dengan luas sekitar 8,08 km persegi, tempat wisata ini merupakan salah satu bagian dari pemeritahan kota Manado yang merupakan ibukota Sulawesi Utara. di sini terdapat sebuah Taman Laut yang sangat indah yang terdapat di sekitar pulau Manado Tua (Mantehage dan Siladen). untuk menikmati suasana bawah laut Bunaken Anda harus menyelam kedalam dan bergerak mengikuti irama ombak yang mengalir.

Pemandangan bawah laut Bunaken yang sangat mempesona memang sangat sayang untuk dilewatkan begitu saja, berbagai jenis spesies terumbu karang yang sangat menakjubkan dengan bentuknya yang unik membentuk lekukan lekukan indah membuat mata Anda akan terpukau olehnya, disamping itu keindahan yang dihasilkan dari terowongan – terowongan mungil yang ada dibawah laut, menjadikan tempat ini surga bawah laut yang mustahil ditemukan ditempat lain.

Bagi para Traveler yang menyukai scuba diving, tempat ini adalah salah satu tepat terbaik untuk melakukan kegiatan tersebut. ada sekitar 20 titik yang bisa digunakan untuk penyelaman, dimana Anda akan mendapatkan kesempatan untuk berenang kedalam laut dengan disekelilingi beragam biota laut yang sangat mempesona.

3. Tempat Wisata Danau Tondano
Tempat Wisata Danau Tondano
Danau Tondano adalah sebuah danau terbesar di Provinsi Sulawesi Utara, Indonesia. Danau bersejarah yang terletak di salah satu dataran tinggi di Minahasa ini sungguh sangat layak untuk dikunjungi para wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Padang-padang yang hijau semuanya melebar sampai ke tepi danau itu dan beberapa restoran bermenu ikan bakar dapat ditemukan di tepi danau itu dimana Anda bisa menyantap berbagai macam ikan mas bakar yang siap dihidangkan dengan kangkung tumis. Jangan lupa juga untuk mencoba dabu-dabu, sambal pedas yang dibuat dari irisan cabe, bawang merah, dan tomat.

Selain itu juga Danu Tondano memiliki beberapa obyek wisata yang terkenal seperti Resort Wisata Bukit Pinus dan Sumaru Endo Remboken. Dari tepian danau ini atau Toliang Oki, anda bisa melewati puncak Bukit Lembean dan menikmati keindahan Laut Maluku yang ada di sebelah timur danau, tepatnya adalah daerah Tondano Pante Kecamatan Kombi, Kabupaten Minahasa.

Sebagai wisata alam, Sulawesi Utara tidak bisa dipisahkan dari pantai kora kora dan Danau Tondano dengan pesonanya yang sangat elok ,udaranya yang sangat segar di pagi hari dan kilauan cahaya fajar dari balik pegunungan menembus permukaan danau, menambah keindahan danau itu dengan perpaduan warna perak dan orange berkilau indah.

4. Tempat Wisata Air Terjun Kima Atas di Manado
Air Terjun Kima Atas
Menjelajah wisata alam di Manado rasanya kurang lengkap tanpa mengunjungi air terjun terkenal yang satu ini, Air Terjun Kima Atas. Lokasi wisata ini dapat ditemukan dekat dengan Bandara Sam Ratulangi, Manado sekitar 10 kilometer. Atau dari pusat kota Manado jaraknya sejauh 15 kilometer, tidak sampai 25 menit menuju kecamatan Mapanget dimana air terjun ini berada. Air Terjun Kima Atas ini cukup terkenal di Manado mungkin hal ini didukung oleh lokasinya yang terdekat dengan pusat kota Manado.

Keindahan wisata ini cukup mudah dijangkau karena sudah dibuat jalan yang cukup bagus dan landai untuk mendapatkan air terjun ini. Air terjun tiga tingkat yang menyambut para pendatang ditambah dengan kesempatan untuk mandi air dan sedikit berenang menjadi daya tarik utama, terlebih dengan suasana alam yang asri dan jauh dari keramaian kota.

Suasana tersebutlah yang banyak dicari wisatawan untuk menghilangkan sedikit kepenatan dari hiruk-pikuk kota. Di air terjun ini terdapat tiga tingkatan air terjun, tingkatan yang dimaksud adalah dalam air terjun ini air terjun yang sama mengalami 2 kali benturan atau permukaan datar.

Bagi para wisatawan alternative untuk menyewa kendaraan pun jadi pilihan yang cukup baik jika sedang berkelompok ditambah ingin mengunjungi beberapa lokasi wisata. Penyewaan mobil di Manado banyak ditemukan harganya rata-rata Rp 250.000 dan untuk harga termurah ada yang Rp 200.000 muat sampai 8 orang, tapi tidak disertai supir. Untuk persewaan motor meskipun jarang ditemukan namun mulai dijadikan bisnis di Manado, perhari paling mahal harganya mencapai Rp 50.000.

5. Tempat Wisata Pantai Malalayang di Manado
Pantai Malalayang
Tempat wisata selanjutnya setelah air terjun kima atas yaitu Pantai Malalayang, pantai ini hanya berjarak 4 km dari pusat kota Manado. Tempat wisata ini juga memiliki keindahan alam bawah laut yang tak kalah menarik. Tak perlu khawatir jika lupa membawa alat menyelam Anda, di sini ada tempat penyewaan alat selam. Ombak di pantai ini relatif tenang sehingga Anda bisa bermain air di atas pasirnya yang hitam.

Selain menyelam dan bermain air, kegiatan menarik lainnya adalah menikmati kuliner khas Pantai Malalayang yaitu pisang goreng dengan sambal dabu-dabu. Tempat wisata di Manado ini dikenal memiliki pemandangan matahari terbenam yang indah. Tak ada salahnya menikmati pamandangan cantik ini dengan sepiring pisang goreng ditambah sambal khas Manado.

6. Tempat Wisata Arum Jeram Sawangan
Arum Jeram Sawangan
Sungai Sawangan Arung jeram, olah raga yang mulai digandrungi para wisatawan ini kini memang lagi marak. Salah satunya di Sulawesi Utara ada beberapa spot untuk melakukan olah raga ini meskipun hanya untuk bertujuan bersenang-senang, sungai Sawangan, sungai Ranoyapo dan sungai Nimanga adalah alternatif tempat untuk berarung jeram.

Untuk sungai yang akan di bahas kali ini adalah sungai Sawangan. Sungai ini mengalir di kecamatan Airmadidi, Minahasa Utara. Berarung jeram di sungai Sawangan memang sudah menjadi alternatif wisata sejak beberapa tahun lalu. Untuk level arung jeram di sungai ini, sungai Sawangan mengantungi level III.

Dalam berarung jeram ada 6 tingkatan sungai, sungai tingkat 1 adalah sungai yang paling tenang, arusnya tidak terlalu deras dan tidak memiliki jeram. Tingkat 2 arusnya lebih deras dan ada jeram-jeram kecil. Dan pada tingkat 3, sesuai tingkat di sungai Sawangan ini arusnya deras, jeram mulai sedikit ’terjal’ dan perlu kewaspadaan dan kesigapan yang cukup tinggi.

Panjang lintasan sungai yang ditempuh adalah 9 km. Perjalanan akan dimulai di Resort River Park, Desa Sawangan. Selama di atas perahu, Anda bisa menikmati pemandangan rimbunnya pepohonan di tepi sungai. Jika beruntung, Anda juga bisa melihat monyet-monyet bergelantungan di atas pohon. Untuk bisa menikmati olahraga ekstrim ini, Anda perlu mengeluarkan uang 180.000 Rupiah.

7. Tempat Wisata Bukit Kasih di Manado
Bukit Kasih di Manado
Jika Anda ingin merasakan sensasi keindahan alam dari puncak bukit sambil berendam di air panas belerang, maka berkunjunglah ke Bukit Kasih, Sulawesi Utara. Selain itu, obyek wisata Sulawesi ini juga menawarkan udara segar serta menjadi simbol cinta kasih dan perdamaian antar umat beragama. Karena di puncak bukit ini terdapat tempat ibadah dari lima agama.

Bukit ini dinamakan Bukit Kasih karena di bukit ini orang-orang dari berbagai lintas agama dapat berkumpul dan berdamai menjadi satu. Bukit Kasih dijadikan sebagai sebuah simbol yang melambangkan perdamaian. Selain itu, bukit ini juga dijadikan sebagai tempat untuk saling mengingatkan kepada semua umat manusia akan kerukunan beragama.

Selain lima tempat ibadah di puncak Bukit Kasih tersebut, di area pintu masuk kawasan wisata ini dibangun sebuah monumen dengan ketinggian mencapai 22 meter. Monumen ini diberi nama Tugu Toleransi. Dinamakan demikian karena tugu ini berbentuk segi lima, dan tiap sisinya terdapat ukiran gambar maupun simbol serta cuplikan ayat kitab suci dari masing-masing agama yang diakui di Indonesia.

Memang memerlukan stamina atau tenaga yang kuat untuk menuju puncak bukit. Karena Anda harus menaiki dua ribu lebih anak tangga. Tapi tak perlu khawatir karena ada beberapa tempat beristirahat di sepanjang jalan menuju puncak. Selain itu ketika mendaki tangga, pengunjung akan melihat pemandangan indah dan kawah belerang dimana air panasnya yang digunakan oleh masyarakat setempat untuk memasak makanan.

8. Tempat Wisata Taman Tandurusa di Manado
Taman Tandurusa
Taman Marga satwa Tandurusa Menikmati wisata alam di Sulawesi Utara memang banyak yang dapat dikunjungi salah satunya Taman Marga satwa Tandurusa yang terletak sekitar 2 hingga 3 jam dari kota Manado ke arah timur menuju kota Bitung, lebih tepatnya di kecamatan Aertembaga.

Di Taman Marga satwa Tandurusa ini mirip seperti kebun binatang mini yang memiliki beberapa hewan langka termasuk hewan-hewan khas Sulawesi didalamnya yang antara lain terdapat monyet hitam, babirusa, dan Tarsius, icon Sulawesi Utara ini. Tarsius adalah hewan langka yang unik jadi jika anda bertemu dengannya sempatkanlah untuk mengambil foto bersamanya karena hewan ini sangat langka dan saat ini hanya berkembang biak di Sulawesi Utara dan Filipina.

Bentuknya sangat kecil untuk ukuran primata, rata-rata badannya tak lebih dari 15 cm. Tangan dan kakinya berukuran lebih panjang dari tubuhnya. Satu cirinya yang paling mencolok adalah matanya yang bulat besar dan berukuran hampir setengah dari wajahnya.

9. Tempat Wisata Kawasan Boulevard di Manado
Kawasan Boulevard
Kawasan Boulevard terletak di sepanjang jalan Pierre Tendean, Manado dan dapat diakses oleh angkutan umum atau mobil pribadi, lokasinya sangat strategis dan telah menjadi daya tarik baru bagi penduduk setempat dengan banyak perusahaan, Hotel, Mal dan restoran. Di malam hari, Kawasan Boulevard merupakan pusat dimana anda dapat menemukan makanan Manado terbaik,

Tempat ini juga merupakan ikon kota Manado, ibu kota propinsi Sulawesi Utara, Saat ini ada 4 mal berada disini, diantaranya adalah Manado Town Square ( Mantos ), Boulevard Mall, Bahu Mall dan Mega MAll, anda akan menemukan kafe, restoran, dan warung makan yang melayani berbagai hidangan Manado juga hidangan Indonesia lainnya seperi gado-gado, bakso, nasi goreng dan makanan laut.

Mall ini terletak di Pierre Tendean Boulevard, yang merupakan Landmark masyarakat setempat yang total panjangnya mencapai 4,1 km adalah jalan yang terluas dan terpanjang di daerah pesisir. Selain makan dan menikmati suasana pantai, ada banyak hal menarik yang bisa dilakukan disini, anda dapat melihat pulau Manado Tua dan pulau Bunaken dari tempat ini, anda juga dapat menyaksikan matahari berwarna keemasan menghilang dibalik cakrawala.

10. Tempat Wisata Museum Negeri Sulawesi Utara di Manado
Museum Sulawesi Negeri Utara
Museum Negeri Provinsi Sulawesi Utara merupakan media informasi tentang sejarah alam, manusia dan budaya Sulawesi Utara. Museum ini terpilih sebagai salah satu museum yang mendapatkan program ‘Revitalisasi Museum’ pada tahun 2011 dari pemerintah pusat. Museum Sulawesi Utara dibangun untuk mengdokumentasikan segala hal yang berkaitan dengan sejarah alam, manusia dan kebudayaan di wilayah Provinsi Sulawesi Utara.

Tempat wisata yang berada di Jalan WR. Supratman ini memiliki beragam koleksi yang menggambarkan budaya masyarakat setempat. Anda bisa menemukan miniatur rumah adat, pakaian adat, alat menangkap ikan, peralatan rumah tangga, sampai benda peninggalan pahlawan daerah.

Total ada sekitar 2.810 buah koleksi yang ada di museum ini. Untuk bisa masuk ke tempat wisata di Manado ini, Anda hanya dikenakan biaya sebesar 1.000 Rupiah untuk dewasa dan 250 Rupiah untuk anak-anak. Museum buka setiap hari kecuali hari Minggu dan hari libur nasional.

11. Tempat Wisata Pulau Manado Tua
Pulau Manado Tua
Pulau Manado Tua berada di batasan Teluk Manado di Kecamatan Bunaken, pulau ini dapat ditempuh selama 60 menit dari Pelabuhan Manado dengan menggunakan transportasi laut seperti kapal ataupun dengan alat transportasi laut lainnya. Harga untuk menyewa transportasi laut tersebut relatif dan bisa dinegosiasikan dengan orang yang menyewakan alat transportasi tersebut, harganya berkisar antara Rp. 25.000-Rp100.000 rupiah

Jarak dari kota Manado dengan pulau Manado ini adalah sejauh 10 mil dan pulau Manado ini memiliki perbedaan dari beberapa pulau lainnya yang ada, seperti di Taman Nasional Bunaken - Manado, perbedaannya terlihat dari gunung api yang tumbuh hijau dan rindang di Pulau Manado ini.Pulau Manado ini datarannya berada di dalam air dengan kemiringan yang dimiliki pulau ini 5 -30 meter dan terbelah oleh dinding karang yang memiliki kedalaman 25-50 meter ke dalam dasar laut.

Pengunjung yang ingin menikmati kedindahan bahawa laut ini dapat menyewa berbagai alat pernapasan dan diving di stand yang ada di puulau ini dan juga dapat menyewa photography underwater dengan harga yang murah dan dapat dinegosiasikan dengan orang yang menyewakan, tentunya akan menjadi moment yang indah dan menarik karena dalam menikmati keindahan bawah laut di Pulau Manado ini.

12. Tempat Wisata Taman Laut Tumbak
Taman Laut Tumbak
Wisata Tumbak adalah salah satu potensi wisata paling mengagumkan di tanah Sulawesi Utara setelah Bunaken. Saat ini, publikasi dan informasi tentang wisata Tumbak di Minahasa Tenggara ini masih belum banyak. Namun, tahukah Anda bahwa wisata Tumbak memiliki keindahan taman laut yang sungguh mempesona. Keindahannya sejajar dengan apa yang mungkin telah Anda rasakan di Taman Laut Bunaken yang terkenal itu.

Salah satu hal yang menjadi kelebihan Tumbak dan tidak dimiliki oleh Bunaken adalah pulau-pulau kecil berpasir putih. Pemandangan ini adalah panorama laut yang mengagumkan yang hanya dapat Anda temui di tempat wisata Minahasa yang masih belum terkenal ini. Jernihnya air laut di Tumbak yang berwarna biru sungguh indah dipandang. Begitu jernihnya, membuat hamparan coral indah terlihat dengan sangat jelas dari permukaan.

Taman Laut Tambak secara geografis terletak di Kabupaten Minahasa Tenggara, Anda harus menempuh perjalanan selama 3 jam dari kota Manado untuk dapat sampai ke Desa Tumbak, sebuah desa yang masuk dalam wilayah administratif Kecamatan Posumaen di Minahasa Tenggara.

13. Tempat Wisata Gunung Tumpa di Manado
Gunung Tumpa
Gunung Tumpa memang sudah terkenal di Manado untuk pemandangannya, ya karena dengan posisi yang cukup tinggi dari gunung Tumpa wisatawan dapat menyaksikan keindahan lampu-lampu yang menyala menghiasi kota Manado. Untuk pendakian, memang cukup terjal dan menanjak.

Seperti gunung-gunung yang lain di Gunung Tumpa juga belum tersedia penginapan, sehingga para pendaki yang berniat menginap harus mempersiapkan kemah instan sendiri atau kemah yang terbuat dari jas hujan yang muat untuk 1 orang ala pecinta alam, tidak repot kalau memang anda benar-benar berniat untuk menginap untuk menikmati indahnya matahari terbit dipagi hari atau juga saat-saat matahari terbenam di sore hari.

Selain itu anda disarankan juga untuk membawa kamera karena pemandangan dari atas gunung sangatlah indah dan untuk mendapatkan gambar yang lebih bagus sebaiknya jangan datang terlalu sore karena memungkinkan ada sedikit kabut yang akan menghalangi pemandangan.

14. Tempat Wisata Air Terjun Ratahan Telu
Air Terjun Ratahan Telu
Air Terjun Ratahan Telu sering atau Air Terjun desa Kali, terletak agak di dalam hutan, dengan suasana sepi, cipratan airnya lumayan deras, membuat sekitarnya (termasuk jembatan bergaya klasik) menjadi berlumut tetapi justru menambah sisi artistik.

Untuk menuju air terjun ini cukup mudah, bahkan saya menuju ke sini dengan naik sepeda (tapi ini hanya disarankan bagi yg memang sudah terbiasa bersepeda menanjak). Kalau dihitung, jaraknya hanya sekitar 20 km dari pusat kota Manado menuju gerbang masuk. Untuk menuju air terjunnya sendir masih harus berjalan kaki menyusuri hutan sekitar 20 menit.

Tidak perlu khawatir karena walaupun tidak ada pedagang di dalamnya, sudah ada toilet dan tempat istirahat.Lokasi Air Terjun Ratahan Telu  terletak di desa Kali, kecamatan Pineleng. Dari kota Manado, menuju ke jalan raya Tomohon (arah menuju kota Tomohon atau Danau Tondano).

Setelah menempuh jarak 8km akan menenui gapura bertuliskan Makam Pahlawan Nasional Tuanku Imam Bonjol di sebelah kiri jalan. Memang air terjun Ratahan Telu ini searah dengan makam Tuanku Imam Bonjol, jadi bagi pengunjung yang berwisata ziarah bisa dilanjutkan dengan menuju air terjun.

15. Tempat Wisata Pulau Lihaga di Manado
Pulau Lihaga di Manado
Tour Pulau Lihaga Pulau lihaga adalah salah satu tujuan wisata tersembunyi di sulawesi Utara – manado yang masih jarang dikunjungi oleh wisatawan. Pulau ini merupakan pulau yang memiliki pasir putih yang sangat menawan dan anda tidak akan menyesal jika meluangkan waktu seharrian untuk berada di pulau lihaga.

Ditempat ini, anda juga bisa menikmati keindahan bawah laut dengan melakukan snorkling. Pemandangan bawah laut disekitar Pulau Lihaga tidak kalah cantiknya dengan Taman Laut Bunaken yang sudah tersohor. Walaupun pulau ini tidak berpenduduk namun anda tidak perlu khawatir karena dipulau ini telah tersedia toilet dan ruang ganti. Bahkan pulau ini telah memiliki bangunan dari kayu yang cukup besar. Anda juga bisa menginap di Pulau Lihaga tanpa khawatir dipungut bayaran lagi.

Namun tentunya anda harus menyediakan peralatan (tenda) sendiri karena ditempat ini tidak ada yang menyediakan tenda. Selain itu jika anda berencana berkunjung ke Pulau Lihaga, jangan lupa untuk membeli makanan dan minuman terlebih dahulu karena di Pulau Lihaga tidak tersedia warung yang menjual makanan.

16. Tempat Wisata Pulau Lembeh di Manado
Pulau Lembeh di Manado
Pulau Lembeh adalah salah satu pilihan wisata yang dicari para pecinta diving dan snorkel. Di sana, terdapat sekitar 88 spot penyelaman yang dapat Anda pilih. Keanekaragaman hayatinya sangat memikat, hanya kalah terkenal dengan Bunaken.

Selain diving dan snorkel, Anda dapat menjelajahi pantai di sana. Hanya dengan menyewa perahu nelayan seharga Rp 300 ribu untuk perjalanan sekitar 3 hingga 4 jam. Ada banyak resor di sana. Pulau Lembeh berada dalam wilayah administratf Kota Bitung, Provinsi Sulawesi Utara. Untuk dapat sampai di Pulau Lembeh, Anda harus menempuh perjalanan dari Manado ke Bitung terlebih dahulu.

Waktu perjalanan dari bandara udara di Manado ke kota Bitung adalah sekitar 45 menit, tersedia bis umum atau taksi. Di Bitung, tempat untuk menuju Pulau Lembeh adalah dari Dermaga Ruko Pateten. Anda akan menaiki perahu selama 15 menit untuk dapat sampai di Pulau Lembeh, biayanya Rp 8 ribu per orang.

17. Tempat Wisata Pantai Lakban Ratatotok di Manado
Pantai Lakban Ratatotok
Lakban Ratatotok adalah salah satu kecamatan yang ada di Kabupaten Minahasa Tenggara yang menyimpan potensi wisata apa terlebih wisata bahari yang begitu menakjubkan. Pemandangan alam di daerah yang dahulu dikenal sebagai tempat penambangan emas milik Newmont, begitu memanjakan mata anda.

Pantai Lakban juga memiliki pesona alam, pesisir pantai, cuaca, serta perairannya kompatibel dengan atraksi tersebut. Di perairan Pantai Lakban banyak berbagai macam jenis terumbu karang dengan berbagai ukuran berbeda dan berbagai jenis ikan yang hidup di perairannya. Secara administratif, Pantai Lakban terletak di desa Ratatotok timur dengan kepanjangan pesisir pantai 1,5 km.

Selain menikmati pantai, jangan lupa juga untuk menikmati keindahan alami pohon rindang dari Mangrove untuk berkeliling menatap keindahan alam hijau mohon mangrove dengan menggunakan perahu sewa dengan tarif Rp.150.000. Untuk tiket masuk Pantai Lakban, hanya butuh tarif Rp.2000 dan pengunjung bisa langsung menikmati keindahan pantainya yang indah beserta cuacanya yang stabil serta hembusan anginnya yang sepoi sepoi.

18. Tempat Wisata Kampung Cina di Manado
Kampung Cina di Manado
Tempat wisata selanjutnya yaitu kampung Cina di manado. Di pusat kota Manado ada sebuah kampung Cina yang menarik untuk kita kunjungi. Dinamakan kampung Cina karena hampir semua pedagang yang berada di sini merupakan keturunan etnis Tionghoa.

Mereka menempati bangunan-bangunan toko tua yang dibangun sejak penjajahan Belanda. Beberapa bangunannya bahkan masih dipertahankan sebagaimana aslinya dengan arsitektur bergaya kolonial. Jika siang hari, lokasi ini sangat padat dengan hilir mudik para pembeli termasuk padatnya kendaraan.

Di kampung Cina ini juga Anda dapat mengunjungi klenteng tertua di Manado, Ban Hing Kiong, yang dibangun pada tahun 1819 dan berdiri megah berdampingi dengan Klenteng lainnya, Kwang Kong. Jika Anda membawa kendaraan parkirlah di Taman Kesatuan Bangsa yang tak jauh dari kampung Cina.

19. Tempat Wisata Taman Bunga Tomohon
Taman Bunga Tomohon
Selain dikenal dengan wisata alam bawah lautnya, Sulawesi Utara juga memiliki sebuah Kota Bunga bernama Tomohon. Saking terkenalnya, kota cantik ini juga memiliki acara pameran berkelas internasional bertajuk Tomohon International Flower Festival.

Kota Tomohon terletak 22 km di sisi timur kota Manado. Dari Manado, Kota Bunga ini dapat diakses dengan perjalanan darat dengan waktu tempuh  sekitar 1 jam saja dengan menggunakan motor dari kota manado dan dapat lebih lama ketika Anda mengendarai mobil.

Taman Bunga Tomohon ini mempunyai koleksi bunga yang sangat beragam. Kondisi tanahnya yang subur dan udaranya yang sejuk membuat tempat ini cocok untuk menanam segala jenis bunga. Tak heran jika kita dapat menjumpai banyak bunga dari tempat ini.

Selain itu juga ada festival bunga yang biasanya diselenggarakan setiap dua tahun sekali. Jika festival ini tiba, kota Tomohon bak hamparan bunga beraneka warna. Buat Anda yang senang dengan bunga, sempatkan ke Tomohon untuk dapat melihat beberapa macam jenis bunga dan Anda juga dapat membelinya di tempat ini.

20. Tempat Wisata Gunung Dua Sudara
Gunung Dua Sudara
Gunung Dua Sudara merupakan gunung non aktif di sebelah timur Gunung Klabat. Letaknya di Kelurahan Madidir Unet, Kecamatan Madidir, berkisar 12 kilometer dari pusat Kota Bitung.Gunung Dua Sudara memang tak begitu tersohor, namun keberadaannya merupakan primadona bagi pendaki lokal dengan ketinggian 1.351 meter dari permukaan laut (mdpl).

Satu-satunya rute yang memungkinkan adalah dari sisi Kota Bitung. Biasanya butuh waktu lebih dari empat jam untuk sampai ke puncak dengan medan penuh lumpur.

Pada lereng kaki Gunung Dua Sudara dipenuhi oleh pohon enau yang sengaja ditanam oleh Pemerintah Kota Bitung. Hal ini, dilakukan bertujuan demi kelestarian lingkungan. Sebab, menurut Teori Wallace, Tangkoko dan Gunung Dua Sudara merupakan wilayah yang dilewati hembusan angin panas dari selatan ke utara.

21. Tempat Wisata Jembatan Soekarno di Manado
Jembatan Soekarno di Manado
Tempat wisata selanjutnya yaitu Jembatan Sukarno, jembatan ini bisa dibilang sebagai objek wisata terbaru di Manado, karena baru diresmikan pada bulan Mei tahun 2015 yang lalu. Disini anda dapat berfoto dengan latar belakang Menara Lilin yang juga berlokasi sangat dekat dengan Jembatan Soekarno.

Tunggulah hingga langit sore berubah warna merah keemasan pertanda matahari akan terbenam. Jangan khwatir jika Anda tidak punya kamera, sebab para penyedia jasa foto cukup banyak di sini. Hasilnya pun bisa Anda bawa pulang segera, karena mereka langsung mencetaknya begitu selesai difoto.

22. Tempat Wisata Gunung Mahawu Manado
Gunung Mahawu Manado
Gunung Mahawu juga merupakan tempat wisata yang tepat untuk wisatawan yang senang melihat keindahan alam, tetapi tidak ingin mendaki terlalu jauh. Hanya perlu mendaki selama sepuluh menit di tangga yang sudah disemen dan bagus, untuk bisa sampai ke kawah gunung. Bertempat tidak jauh dari kawasan bunga Tomohon, kawah Gunung Mahawu merupakan pilihan yang tepat jika kita sudah puas berjalan-jalan di taman bunga dan ingin melihat kedalaman kawah yang eksotis.

Jalan setapak yang sudah dibeton, anak tangga yang sudah disemen dan ber-trap, membuat wisatawan mudah menempuh perjalanan ke atas. Pemandangan berupa kawah Gunung Lokon, gunung Manado Tua, pulau Bunaken, kota Tomohon dan Manado bisa terlihat jika wisatawan berkeliling di jalan setapak di bibir bawah.

23. Tempat Wisata Arung Jeram Timbukar
Arung Jeram Timbukar
Para penyuka olahraga ekstrim arung jeram pasti akan menyukai tempat yang satu ini. Dari kota Manado menuju ke desa Timbukar, Minahasa hanya memakan waktu 2 jam. Jangan lupa untuk selalu mengingat bahaya arung jeram – tips aman dan manfaat arung jeram. Terdapat banyak tempat yang menarik di sepanjang jalan, jadi perjalanan pun tidak akan membosankan.

Sesampainya di desa Timbukar, pengunjung bisa memilih paket yang ada, dan mulai mengarungi jeram di Sungai Nimanga sambil menikmati keindahan alam dan tebing di sebelah kanan dan kiri. Dari tempat start menuju finish memakan waktu 2 jam, berjarak sekitar 9 kilometer. Tentunya pengunjung juga bisa menikmati wisata kuliner yang disajikan di desa

24. Tempat Wisata Waruga Sawangan Manado
Waruga Sawangan
Salah satu situs peninggalan sejarah yang menjadi andalan destinasi utama wisata di Sulawesi Utara adalah Waruga Sawangan. Masyarakat Sulawesi Utara, khususnya suku Minahasa memiliki tradisi yang unik dalam pemakaman yakni dengan menguburkan orang yang telah meninggal ke dalam wadah bernama waruga.

Waruga memang tersebar di berbagai tempat di Sulawesi Utara, tetapi di desa Sawangan ini, wisatawan bisa melihat Waruga dalam jumlah yang banyak. Waruga sendiri terdiri dari dua bagian, yaitu bagian badan dan kepala atau penutup. Seluruhnya terbuat dari batu utuh, dan bagian badan umumnya berbentuk persegi empat dengan ruang kosong di bagian tengah untuk meletakkan jenazah yang akan dimakamkan. Waruga Sawangan berlokasi di Desa Sawangan, sekitar 45 menit dari Kota Manado.

25. Tempat Wisata Tomohon Manado
Tomohon
Kota Tomohon sangat menarik untuk dieksplor. Pasalnya, Kota Tomohon yang diapit dua gunung, yaitu Gunung Lokon dan Gunung Mahawu ini menyajikan panorama pgunungan dan perbukitan yang indah. Bunga yang subur dan danau yang memiliki tiga warna menjadi salah satu destinasi utama Tomohon. Berjarak kurang lebih satu jam dari kota Manado, Danau Linow yang terletak di daerah Tomohon ini bisa berubah menjadi 3 warna yaitu hijau, biru dan kuning kecoklatan.

Gunung Lokon adalah gunung berapi yang masih aktif dan tahun 2014 lalu sempat meletus. Meskipun tidak bisa mendaki dan berwisata terlalu dekat dengan gunung, pemandangan di sekitar gunung sangat indah. Begitulah tempat-tempat wisata di Manado. Banyak tempat wisata di Indonesia yang tidak kalah menarik dan uniknya dari tempat wisata di luar negeri. Ingatlah untuk selalu menjaga kebersihan, kesopanan dan keindahan di manapun kita pergi agar alam yang indah itu tidak rusak oleh wisatawan.

26. Tempat Wisata Modoinding Manado
Modoinding
Modinding tidak kalah eksotiknya dengan wisata lainnya. Terletak di Kabupaten Minahasa Selatan, daerah Modoinding merupakan penghasil utama kebutuhan sayur mayur. Hampir 70 persen kebutuhan sayur mayur disuplai dari Lembah Modoinding. Daerah yang terletak 1000 meter di atas permukaan laut ini memiliki potensi agrowisata indah yang tidak kalah dengan agrowisata di Ubud. Kita bisa berjalan-jalan di desa sekitar Modoinding yang memiliki keunikan dan kekhasan daerah masing-masing.

Ada desa Mokabang yang memiliki industri rumah panggung, Desa Makaaruyen yang terkenal dengan music klarinet dan pemandian air panas belerangnya. Ada juga peninggalan prasejarah berupa batu-batu di pinggir kali Modoinding yang berada di Desa Wulurmaatus. Puas dengan jalan-jalan di sekitar desa, ada juga Danau Moat yang teduh dan sumber air utama untuk Desa Sinisir yang terletak di dekat Danau Moat. Tidak jauh dari situ, ada Desa Kekenturan yang memiliki Bukit Doluoong, tempat yang indah untuk melihat lembah Modoinding.

27. Tempat Wisata Bahari Seafood Restaurant 
Kuliner Manado
Tempat wisata kuliner di Manado yang selanjutnya adalah sebuah tempat makan yang juga dekat dengan laut yakni Wisata Bahari Seafood Restaurant yang terletak di Jalan Wolter monginsidi 1 Bahu Mall Complex, Manado. Dengan menu makanan yang di bandrol dengan harga Rp. 30000 hingga 75000 yang tentu saja harga tersebut termasuk harga yang cukup terjangkau. Tidak kalah dengan restoran seafood yang lainnya, Wisata Bahari Seafood Restaurant iniakan memberikan kualitas makan yang luar biasa dengan spot pemandangan yang bagus.

Salad Goropa merupakan menu makanan seafood yang sangat di andalkan dalam tempat makan Wisata Bahari Seafood Restaurant ini. Ikan gorapa merupakan bahan utama dari makanan andalan yang ada di Wisata Bahari Seafood Restaurant yakni Salad Goropa. Akan tetapi juga banyak pilihan makanan lainnya yang bisa anda coba di Wisata Bahari Seafood Restaurant ini seperti misalkan saja Sayur Pakis, Aneka Olahan Udang Goropa Bakar Rica, Bobara dan jus tomat yang siap anda sruput setelah anda menikmati makanan yang ada di Wisata Bahari Seafood Restaurant ini.

28. Tempat Wisata Kuliner Mi Ayam Mas Topan Manado
Mie Ayam Topan Manado
Tempat wisata kuliner manado yang selanjutnya adalah sebuah tempat wisata kuliner yang di beri nama Mi Ayam Mas Topan oleh pemiliknya. Merupakan salah satu tempat wisata kuliner yang menu makanannya di sajikan secara apik, mempunyai rasa yang lezat dan di bandrol dengan harga yang cukup murah. Dari namanya saja kita sudah tahu bukan jika menu andalan dari Mi Ayam Mas Topan ini adalah mie pangsit ayam yang memang mempunyai rasa enak yang khas.

Tempat wisata kuliner manado yang terletak di Jalan Sam Ratulangi ini menjadi salah satu tempat tujuan para perut lapar. Akan tetapi ada beberapa makanan yang lainnya juga yang di sajikan di tempat Mi Ayam Mas Topan ini seperti misalkan saja tahu telur, ayam bakar, ayam lalapan, bakwan malang, ketoprak dan masih banyak lagi menu makanan lainnya. Untuk harga dari sajian yang ada di Mi Ayam Mas Topan ini sepertinya cukup terjangkau yakni mulai dari Rp. 8.000 saja.

Baca ini : Tempat wisata di Lombok yang sangat indah dan menarik

Demikian mengenai 21 Tempat Wisata di Manado yang Wajib Dikunjungi semoga bisa bermanfaat untuk kalian semua, jika anda suka dengan artikel ini anda bisa membagikan ke media social, Facebook, Twitter dll. dan juga jika anda ingin bertanya bisa berkomentar di bawah ini.

Postingan terkait:

17 Tanggapan untuk "28 Tempat Wisata di Manado yang Wajib Dikunjungi"

  1. makasih gan... nanti ane kalo pulang kemanado mau mapir ke salah satu yang ada diatas.. nice info

    BalasHapus
  2. Wah info yang menarik nih ,, kalo liburan bisa tuh ke salah satu tempat ini... nice

    BalasHapus
    Balasan
    1. syukur-syukur bisa berkunjung ke semua tempat wisata di manado mas hehe :)

      Hapus
  3. fix, ini akan jadi salah satu destinasi wisata saya

    BalasHapus
  4. Wah kebetulan saya suka travel tapi masih terbilnag jauh, jadi travel yg terdekat dulu deh, manado jadi alternatif kedepannya aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe silahkan mas, semoga liburannya menyenangkan, dan juga tercapai bisa liburan ke manado.

      Hapus
  5. Kebetulan lagi di manado, pengen kesono kayanya seru

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan mampir saja ketempat wisata di manado yang menurut mas syariful suka hehe.

      Hapus
  6. Thanks gan infonya,mantap nih buat liburan bareng keluarga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama mas, semoga liburannya menyenangkan ya bersama keluarga :)

      Hapus
  7. Danau Linow dan Batu Pinabetengan...??? kenapa tidak termasuk ya ???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima Kasih atas sarnay, kalau ada waktu akan saya masukan dalam daftar wisata di manado.

      Hapus
    2. admin saya izin copy teks materi artikel nya sama izin save foto-foto nya sekalian & izin edit qopyan kalau saya perlu ngedit

      Hapus
  8. ternyata Manado banyak tempat wisata yang bisa di kunjungi dengan pemandangannya yang luar biasa indah ya min. berkat artikel ini kami jadi banyak mendapat info nih min, makasih ya min buat infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama mas, ooh ya saya juga berterima kasih atas pujiannya hehe

      Hapus