32 Tempat Wisata di Purwokerto Terbaru yang Paling Hits

Tempat Wisata di Purwokerto - Siapa sih yang belum mendengar kota purwokerto? kota purwokerto memang kota yang mememiliki banyak tempat wisata alam yang indah. Purwokerto juga memiliki Universitas yang terkenal yaitu Universitas Jendral Soedirman Atau yang juga disebut UNSOED yang telah memiliki banyak mahasiswa disini.

Purwokerto adalah sebuah kota yang tak otonomi karena masih menjadi bagian Kabupaten Banyumas sebagai pusat pemerintahan. Secara administratif, Purwokerto terbagi menjadi 4 kecamatan dengan 27 kelurahan. Sebenarnya ada wacana pembentukan Kota Purwokerto terlepas dari Kabupaten Banyumas terus bergulir.

Sebelum saya membahas mengenai Tempat Wisata di Purwokerto, sebaiknya kita terlebih dahulu mengetahui sejarah kota Purwokerto yang terkenal ini. Suatu masa ketika Pulau Jawa mulai berkembang. Saat itu, kota-kota di Pulau Jawa tengah mengalami lonjakan penduduk.

Kota-kota meledak. Hampir di setiap kota, pertambahan penduduk sekitar 10 kali sampai 20 kali lipat. Kota-kota, mengalami masalah akut tentang tata ruang. Pemerintah kolonial Belanda kelimpungan menghadapi persoalan itu. Sibuk mencari model pembangunan bagi kota-kota di jawa.

Baca ini : Tempat Wisata Kuliner Purwokerto yang Paling Lezat dan Populer

Purwokerto bukan merupakan kota industri maupun perdagangan. Sampai saat ini, aktivitas industri amat jarang ditemukan di Purwokerto, padahal Purwokerto merupakan daerah potensial yang sangat strategis untuk melakukan investasi dalam bidang Industri selain dari lahan yang masih luas.

Akses menuju kota-kota besar lainnya yang mudah, juga tenaga kerja profesional di Purwokerto masih banyak. Kota ini bisa dikatakan tidak memiliki industri dalam skala besar yang dapat menyerap ribuan tenaga kerja atau mencakup wilayah puluhan hektare.

Namun pada tahun 2000an yakni saat kota ini mulai dibanjiri mahasiswa-mahasiswa dari berbagai kota yang berada di pulau Jawa untuk menuntut ilmu di perguruan tinggi di sini terutama di Universitas Jenderal Soedirman dan UMP.

Sejak saat itu, aktivitas ekonomi rakyat yang berkenaan dengan kebutuhan mahasiswa pun menggeliat. Ribuan kamar kos dibangun untuk disewakan kepada para mahasiswa pendatang. Ratusan tempat makan didirikan untuk melayani kebutuhan para mahasasiswa, dan juga warung internet, kost-kostsan banyak yang didirikan.

Tempat Wisata di Purwokerto Terbaru yang Paling Hits
Nah itulah sekilas tentang asal-asul kota Purwokerto, sekarang saya akan membahas menegenai tempat wisata dipurwokerto, purwokerto memiliki banyak wisata loh, seperti Baturaden, pancuran 7 dll. Mari kita menjelajah kota purwokerto! simak berkut dibawah ini.

1. Tempat Wisata Curug Carang
Curug carang Purwokerto
Sama seperti Curug Orak-arik, Curug Carang juga terletak di Ds. Kemutug kidul, Kec. Baturaden, Banyumas. Debit air di curug ini juga terbilang cukup stabil meski musim sedang kemarau. Buat yang suka treking, Curug Carang bisa menjadi pilihan. Tetap berhati-hati saja, sebab jalanan terjal dan curam dimana-mana. Oh iya jangan lupa bawa bekal, sebab tak ada warung di sini.

2. Tempat Wisata Baturaden
Tempat Wisata di Baturaden (Foto : Telusurindonesia.com)
Setelah tempat wisata Telaga Sunyi selanjutnya yaitu tempat wisata di Baturaden, inilah tempat wisata yang paling populer di purwokerto. Baturraden merupakan tempat wisata keindahan yang memancar dari lereng Gunung Slamet. Lokasi wisata yang berjarak hanya sekitar 15 km dari kota Purwokerto, Jawa Tengah ini, tak hanya menyimpan panorama alam yang molek.

Baturraden terletak di sebelah utara kota Purwokerto tepat di lereng sebelah selatan Gunung Slamet. Baturraden karena letaknya di lereng gunung menjadikan kawasan ini memiliki hawa yang sejuk dan cenderung sangat dingin terutama di malam hari. Baturraden juga merupakan daerah wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal, terutama pada hari minggu dan hari libur nasional. Kondisi tersebut menyebabkan banyak hotel dan vila didirikan di sini.

Untuk harga tiket sebesar Rp14.000 Rupiah saja Anda sudah bisa sepuasnya menikmati sejuknya kawasan Baturraden ini.

3. Tempat Wisata Curug Cipendok
Tempat Wisata Curug Cipendok (Foto : www.purwokertoguidance.com)
Curug Cipendok merupakan air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 92 meter yang berada di lereng Gunung Slamet. Curug Cipendok mempunyai daya tarik tersendiri, karena lingkungan masih sangat alami. Kesunyian juga masih sangat terasa, sebab belum banyak pengunjung yang datang menikmati keindahan alamnya. Hawa di sekitarnya sejuk dan sepanjang jalan menuju ke sana terdapat area perkebunan.

Daya tarik objek wisata ini adalah telaga dengan air yang cukup jernih dan di sekitarnya dikelilingi hutan yang masih alami. Selain itu, wisatawan juga dapat mendengar suara-suara burung langka seperti elang Jawa yang terbang berputar-putar di atas telaga. Apalagi, bagi pengunjung yang beruntung dapat melihat spesies endemik sejenis monyet berwarna abu-abu.

Kecantikan alam Curug Cipendok baru dilirik pemerintah kabupaten Banyumas pada tahun 1984 dan pembukaannya secara resmi sebagai objek wisata baru dilaksanakan pada tanggal 27 Februari 1987 setelah membangun sarana ala kadarnya, seperti tempat peristirahan dan mushola. Usaha-usaha peningkatan pelayanan juga masih terus dilakukan.

Hal ini terbukti dengan berbagai langkah yang diambil pemerintah dalam usaha mempromosikan lewat peta pariwisata Banyumas dan pengadaan sarana demi saran untuk dapat menunjang kenyamanan pengunjung. Seperti terlihat dari pembangunan tempat bermain anak, pementasan hiburan, perbaikan jalan, penambahan objek wisata yaitu Telaga Pucung yang berada sekitar 500 meter arah barat dari lokasi Curug.

Untuk masuk ke lokasi Curug Cipendok, bisa ditempuh melalui kota Purwokerto, menuju ke jalan Jend. Sudirman, ke arah alun-alun. Kemudian lurus menuju ke jalan raya Cilongok sampai pertigaan Losari, sekitar 14 km dari Purwokerto. Selanjutnya, ada tanda berupa rambu lampu kuning, Anda belok ke kanan menuju lokasi dengan jarak sekitar 8 km.

4. Tempat Wisata Pancuran 7
Tempat Wisata Pancuran Pitu (Foto : Pegipegi.com)
Pancuran Tujuh, merupakan salah satu lokawisata yang terletak dalam lingkungan Lokawisata Baturaden. Merupakan sumber air panas bumi yang terpancar langsung dari kaki Gunung Slamet yang keluar melalui tujuh pancuran. Konon katannya pancuran pitu dapat menyembuhkan penyakit kulit seperti gatal-gatal, jerawat dan penyakit kulit lainnya, mungkin anda bisa mencobannya untuk membuktikan kebenarannya.

Untuk mencapai Pancuran Tujuh, dapat dicapai dengan jalan kaki sekitar 2,5 km dari lokawisata Baturaden, atau menggunakan kendaraan pribadi atau umum melalui Bumi Perkemahan Baturaden. Khusus untuk para pencinta petualang, Pancuran Tujuh dapat ditempuh dengan gratis, dengan syarat melewati jalan setapak tetapi jangan khawatir dengan pemandangan yang indah mungkin dapat menghilangkan kelelahan.

5. Tempat Wisata Depo Bay Depo Pelita Purwokerto
Tempat Wisata Depo Bay Depo Pelita
Siapa sih yang gak suka permainan air? mungkin banyak juga yang suka bermain air seperti anak2, remaja, orang dewasa, untuk itu silahkan anda datang saja ke Tempat Wisata Depo Bay. Disni ada banyak fasilitas yang disediakan seperti supermarket,mushola,kolam renang.

Lokasi Depo Bay Pelita ini dekat dengan Purwokerto dan Banyumas, Cuma sekitar 20 menitan. Patokannya ialah Jl. Suparjo Rustam yang merupakan pusat oleh-oleh khas Banyumas dan juga jejeran warung soto Sokaraja. Di pertigaan Lampu merah ke arah Purwokerto, kamu lurus terus menuju ke jalan menteri Supeno. Kurang lebih sekitar 5 menit dari lampu merah, dan berada di Sebelah kiri jalan.

Jika kamu kepengen datang ke Wisata Depo Bay anda bisa datang jam 09.00 sampai jam18.00Wib. Harga Tiket masuk Depo Pelita ini ialah Rp. 30000/orang, sewa ban pelampung (double) Rp. 25000 dan sewa loker Rp. 25000 dan Rp.20000 untuk deposit dan Rp. 5000 untuk biaya sewa lokernya. Didepo bay juga ada kolam ombak yang luas mungkin itu dapat membuat anda semakin betah jika datang ke wisata ini.

6. Tempat Wisata Combong Valley
Tempat Wisata Combong Valley (Foto : Trendpurwokerto.com)
Liburan memang paling enak biasannya untuk menghabiskan waktu untuk pergi ketempat wisata yang enak, di purwokerto juga ada tempat wisata combong valley disini ada wahana permainan seru yaitu Crossworld Paint Ball mungkin bagi yang suka permainan perang-perangan bisa untuk mencoba permainan yang seru ini.

 Di Combong valley ada 3 paket permainan ,yaitu paket wargame atau permainan paintball, paket outbond, dan paket campuran wargame dan outbond. Wargame atau disebut juga permainan paintball ini bisa dimainkan dengan minimal peserta sebanyak 4 orang. Namun, biaya yang dikenakan adalah 35.000 Rupiah per orang untuk satu kali permainan wargame.

Dengan harga tersebut, Anda juga mendapatkan beberapa fasilitas lainnya seperti seragam, rompi, masker pelindung dan pistol berpeluru cat. Pemain akan dibagi menjadi dua kubu untuk kemudian saling menyerang. Pemain dinyatakan kalah jika terkena peluru cat dari lawan. Semakin banyak orang yang ikut serta, semakin seru pula permainannya. Jadi kalau Anda ingin bermain wargame, sebaiknya ajak beberapa teman agar permainan menjadi lebih menyenangkan.

Wahana outbond. Paket ini harganya lebih murah daripada wargame yaitu hanya 10.000 Rupiah saja untuk tiap orangnya. Harga tersebut juga sudah termasuk biaya asuransi untuk tiap pengunjung. Akan tetapi, biaya fasilitas tambahan lainnya belum termasuk ke dalam biaya tersebut. Wahana outbound juga tidak kalah menantang dari permainan wargame.

7. Museum Panglima Besar Jendral Soedirman
Tempat Wisata Museum Jendral  Soedirman (Foto : panoramio.com)
Siapa sih yang gak kenal Jendral Soedirman? pasti bagi yang sekolah pasti tahu pahlawan indonesia ini. beliau adalah pahlawan yang paling ditakuti oleh penjajah walaupun dengan tubuh kurus, beliau juga mempunyai jiwa yang semangat.

Museum Panglima Besar Jenderal Soedirman merupakan salah satu obyek wisata sejarah di Purwokerto. Lokasinya tepat di sebelah timur jembatan Sungai Logawa yang menjadi pintu masuk Kota Purwokerto dari arah barat.

Monumen ini memiliki dua lantai yang pada lantai bawah menceritakan sejarah perjuangan Panglima Besar Jenderal Sudirman saat merebut Yogyakarta kembali sebagai Ibukota Indonesia pada saat itu, dari Kolonial Belanda. Dan pada lantai dua terdapat patung Jenderal Soedirman duduk diatas kuda, patung ini terbuat dari bahan perunggu seberat 5,5 ton dan tinggi 4,5 meter.

8. Destinasi Mendaki Gunung Slamet Purwokerto
Tempat Wisata Mendaki Gunung Slamet (Foto : www.bromotravelindo.com)
Siapa yang suka gemar berpetualang dengan mendaki gunung, bisa mengunjungi salah satu kawasan wisata di Purwokerto paling menarik yang satu ini yakni Gunung Slamet. Gunung Slamet adalah salah satu jenis gunung berapi masih aktif sekaligus termasuk gunung tertinggi di Jawa Tengah. Dengan ketinggian 3.428 mdpl sudah tak heran jika gunung ini mendapatkan julukan sebagai gunung tertinggi di jawa tengah.

Adapun medan perjalanan yang harus dilalui sebenarnya terbilang cukup sulit dan berat, dengan begitu Anda pun perlu menyiapkan segala macam perlengkapan, mulai dari peralatan mendaki hingga fisik yang harus kuat.

Jalur pendakian standar adalah dari Blambangan, Desa Kutabawa, Kecamatan Karangreja, Purbalingga. Jalur populer lain adalah dari Baturraden dan dari Desa Gambuhan, Desa Jurangmangu dan Desa Gunungsari di Kabupaten Pemalang. Selain itu ada pula jalur yang baru saja diresmikan tahun 2013 lalu, yaitu jalur Dhipajaya yang terletak di Kabupaten Pemalang.

Pendakian Gunung Slamet dikenal cukup sulit karena hampir di sepanjang rute pendakian tidak ditemukan air. Pendaki disarankan untuk membawa persediaan air yang cukup dari bawah. Faktor penyulit lain adalah kabut. Kabut di Gunung Slamet sangat mudah berubah-ubah dan pekat.

Meskipun begitu, jika Anda pergi ke tempat wisata di Purwokerto yang satu ini Anda pun tak akan menyesal karena disuguhkan panorama alam yang begitu hijau dan indah.

9. Tempat Wisata Alam Curug Ceheng Purwokerto
Tempat Wisata Alam Curug Ceheng
Jika kita di purwokerto pasti lokasi wisata utama yang biasa dituju pengunjung adalah Baturaden. Jika sudah berkunjung ke sana beberapa kali, mungkin perlu mencari alternatif tempat lain. Tidak ada salahnya kalau mencoba melihat dan menikmati kesejukan dan kesegaran di lokasi wisata Curug Ceheng. Kalau sudah berada di sana, dapat hilang semua kepenatan dengan sajian pemandangan hijau dan asri, terlebih setelah sampai di tepian sungai dan di depan curugnya, maka akan dapat diperoleh sensasi yang sangat menyegarkan.

Lokasi Curug Ceheng adalah sekitar 15 kilometer timur laut kota Purwokerto, tepatnya di desa Gandatapa, Kecamatan Sumbang, Kabupaten Banyumas. Untuk menuju kesana dapat menggunakan angkutan umum berupa angkutan pedesaan dari Sumbang dengan rute ke Limpakuwus. Lebih mudah menggunakan kendaraan pribadi baik sepeda motor atau mobil karena tersedia jalan aspal mulus sampai ke gerbang lokasi. Kalau dari Purwokerto, bisa lewat jalan ke arah Baturaden, sampai di pertigaan Pabuaran belok kanan dan kemudian sampai Sumbang terus belok kiri ke arah Limpakuwus.

Kalau dari Purbalingga bisa lewat Padamara sampai di Sumbang tinggal lurus ke utara. Masuk ke Curug Ceheng dikenakan tarif retribusi Rp3.000,00 per orang ditambah parkir. Lokasi parkir tersedia cukup luas karena tersedia lahan datar yang biasa digunakan untuk lokasi kemping. Keamanan di sini cukup terjamin karena lahan parkir berada di dalam lokasi.

10. Tempat Wisata Alam Curug Gede
Tempat Wisata Alam Curug Gede Purwokerto
Tempat wisata selanjutnya yaitu ,Curug Gede adalah sebuah kolam yang sangat eksotik, dan meiiki kedalaman air yang cukup dalam. Selain melihat panorama alam itu, wisatawan juga bisa menikmati wisata wisata lain seperti Arungjeram menggunakan ban, rapeling dan masih banyak lagi yang bisa Anda dapatkan di Desa ketenger.

Curug Gede juga memiliki panorama lembah sungai yang indah, beraneka ragam vegetasi diantaranya pohon damar, cemara gunung, dan pohon pinus, serta aset budaya setempat. Anda akan dimanjakan dengan pemandangan jernihnya air dan suara desiran air yang menerpa bebatuan gunung fulkanik. Tak heran bila pada waktu-waktu tertentu objek wisata Curug Gede Baturraden ini menjadi sangat ramai.

Untuk menuju ke lokasi air terjun ini dapat menggunakan jalur menuju Lokawisata Baturaden. Jaraknya yang hanya 15 km dari kota Purwokerto . Anda dapat menggunakan kendaraan umum dari Purwokerto ke Baturaden. Setelah melewati Pintu Gerbang Mandala Wisata menuju ke arah utara sampai di pasar Karangmangu ambil kiri menuju PLTA Ketenger. Jika anda tidak tahu arahnya anda dapat bertannya kepada warga sekitar pasti mereka tahu dan akan menjawabnya.

11. Tempat Wisata Pemandian Kalibacin Purwokerto
Pemandian Kalibacin
Anda tahu apa arti kali bacin? Artinya kurang lebih kali tengik, hehe, lucu namanya ya. Selain di air hangat di pancuran 7, anda juga bisa menikmati pemandian disini untuk menghilangkan gatal-gatal, jerawat atau kudis 😀 atau penyakit kulit lainnya.

Banyak pengunjung yang rela mandi di dalam pemandian air panas ini karena air belerang di sini dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit, bahkan hingga penyakit berat seperti syaraf maupun tulang. Pemandian air panas ini berlokasi di Banyumas, tepatnya di desa Tambaknegara, kecamatan Rawalo. Bagi Anda yang sedang mencari pengobatan alternatif, tempat wisata di Purwokerto ini bisa jadi salah satu destinasi Anda.

12. Tempat Wisata Batur Agung Purwokerto
Batur Agung
Satu lagi wahana bermain yang tidak boleh anda lewatkan, ya wahana Batur Agung. Batur Agung menjadi tempat wisata di Purwokerto yang wajib dikunjungi saat liburan bersama keluarga. Wahana liburan ini memiliki konsep menyatu dengan alam, di sini Anda dapat menikmati keindahan alam Purwokerto sambil melakukan berbagai macam kegiatan.

Jadi bukan hanya mandi-mandi saja, disini ada banyak fasilitas yang bisa kita nikmati seperti outbond untuk si kecil, flying fox, arung jeram, waterpark, ATV, kebun buah, kereta mini, bahkan situs purbakala juga ada di sini. Batur Agung ini terletak di Banyumas, tepatnya di Kedungbanteng. Obyek wisata alam ini akan sangat cocok untuk Anda menghabiskan liburan bersama keluarga.

13. Tempat Wisata Monumen Panglima Jenderal Soedirman
Monumen Panglima Jenderal Soedirman
Siapa yang tidak kenal dengan Jendral Besar Sudirman, meskipun tubuhnya kering kerempeng, tapi Penjajah sangat menakuti beliau.Kota Purwokerto identik dengan tempat kelahiran pahlawan besar negara Indonesia ini, yaitu tepatnya di Purbalingga. Dan untuk menghormati jasa beliau, didirikan monumen yang merupakan obyek wisata bersejarah yang berada di jalan Soeparno no 24.

Keberadaan monumen Jenderal Soedirman sebenarnya ada di beberapa kota, salah satunya di Nganjuk, wilayah jawa Timur. Hal ini disebabkan karena Jenderal Sodirman pernah bergerilya memimpin perang di wilayah tersebut selama beberapa hari. Tetapi monumen terbesar dan dilengkapi dengan museum dua lantai adalah yang berada di kota Purwokerto ini.

14. Tempat Wisata Telaga Pucung Purwokerto
Telaga Pucung Purwokerto
Anda ingin rekreasi di danau bersama keluarga? Anda bisa mengunjungi telaga pucung yang lokasinya dekat dengan Curug Cipendok. Hanya sekitar 500 meter sebelah baratnya air terjun.Danau ini adalah obyek wisata yang baru ditemukan sekitar tahun 1997, dan sebelumnya tersembunyi di tengah semak-semak.

Setelah mengalami penataan yang cukup lama, maka pada tahun 2005 tempat ini diresmikan pemerintah Purwokerto sebagai lokasi wisata keluarga yang cukup menarik. Wilayah Telaga Pucung ini dikelilingi hutan yang masih asli dan merupakan habitat elang Jawa dan Harimau Jawa yang mulai langka.

15. Tempat Wisata Dreamland Park Pancasan Purwokerto
Dream Land Pancasan
Dream Land Park menjadi wahana bermain air yang seru dan sayang sekali untuk dilewatkan jika kita liburan ke tempat wisata di Purwokerto. Lokasinya ada di Pancasan, Kec Ajibarang, Kabupaten Banyumas. Pengunjung tidak hanya dari penduduk lokal saja, pengunjung yang datang dari berbagai daerah seperti Cilacap dan Brebes. Obyek wisata Dream Land tidak hanya mengandalkan kolam renang, seluncuran, ember tumpah dan sepeda air serta kayak.

Namun dilengkapi juga dengan taman reptil, berbagai burung/unggas langka, dan taman batu alami berupa batu karts yang mirip terumbu karang yang menyembul ke permukaan bumi. Dengan harga tiket yang terjangkau (Rp. 15 ribu), pengunjung bebas menikmati wahana yang ada dan tidak dikenai biaya tiket lagi di dalam.

16. Tempat Wisata Alun alun Lama Kota Banyumas
Alun alun Lama kota banyumas
Alun-alun ini selalu ramai saat akhir pekan untuk kumpul-kumpul masyarakat sekitar. Lokasinya +- 20 km dari pusat kota Purwokerto. Pada Jaman dulu, alun-alun ini merupakan penanda pusat pemerintahan, sekarang ramai menjadi pusat aktifitas warga khususnya pada akhir pekan. Terdapat berbagai macam makanan khas Banyumas yang bisa kamu jumpai disini. Dari dawet ayu, rica-rica entok, tahu kupat dan macam-macam.

17. Permainan Crosswold Paintball Purwokerto
Crossworld Paintball
Mungkin Anda suka dengan olahraga perang-perangan? Tidak ada salahnya kalau mencoba paint ball. Jika kamu tertarik dengan permainan paintball ini kamu bisa menyambangi Crossworld Paintball yang terletak di Jalan Ringin Tirto No: 69. Selain paint ball kamu juga bisa menikmati makanan di mini food courtnya, bermain bilyar, dan juga berbelanja peralatan paint ball dengan harga yang terjangkau.

18. Tempat Wisata Curug Nangga Purwokerto
Curug Nangga
Tempat wisata di Purwokerto yang selanjutnya dari kami adalah Curug Nangga, objek wisata ini termasuk yang terbaru, lokasinya ada di Desa Petahunan, Kecamatan Pekuncen Kabupaten Banyumas. Curug yang memiliki tujuh undakan atau tingkatan tersebut, kini tengah jadi booming di kalangan anak muda pecinta alam sebagai tempat tujuan atau destinasi menjelajah alam yang menarik. Pemandangan alam yang disuguhkan sungguh menakjubkan.

Menuju Curug Nangga kalau dari arah Purwokerto melalui Kota Ajibarang ke arah barat, ada jembatan timbang masih lurus sampai PO. Sumber Alam 100 m ke barat ada pertigaan Cikawung tepatnya di Pangkalan Ojeg Ciakwung belok kiri, terus ikuti jalan itu melewati Desa Semedo naik ke Desa Petahunan, disitu sudah ada petunjuk jalan menuju Curug.

19. Tempat Wisata Depo Bay Pelita Purwokerto
Debo Bay Pelita
Satu lagi wahana permainan air yang tidak boleh anda lewatkan, Depo Bay. Lokasinya di Jalan Menteri Supeno No 10, Sokaraja tersebut, kini sudah menjadi magnet untuk menjadi pilihan tujuan wisata, belanja dan kuliner. Ada banyak fasilitas yang ditawarkan disini, seperti fasilitas supermarket, mushola, toilet dan parkir luas, Depo Factory Outlet. Untuk menikmatinya wahana di Depo Bay, pengunjung dapat datang pukul 09.00 hingga 18.00.

Terlebih, dengan adanya Depo Bay sebagai tempat wisata dengan kolam ombak yang luas yang dapat dijadikan wahana permainan untuk anak-anak hingga dewasa. Depo Bay dilengkapi dengan aneka wahana yang membuat pengunjung semakin betah. Siapa yang tidak tergoda melihat birunya air dan deburan ombak di Depo Bay, ditambah semilir angin semakin menggugah siapa saja untuk menikmati hentakan ombak di kolam ombak Depo Bay?

20. Tempat Wisata Bukit Watu Meja
Bukit Watu Meja
Tempat wisata di Purwokerto selanjutnya adalah bukit watu meja yang terletak di kecamatan Kebasen. Dari bukit ini wisatawan bisa menikmati keindahan alam yang menawan. Untuk anda yang tertarik mengunjungi bukit watu meja ini, anda harus mendaki bukit selama kurang lebih 20 menit dengan berjalan kaki.

Anda akan disambut dengan hutan bambu pada awal pendakian, kemudian akan disambut oleh hutan pinus yang tinggi menjulang pada ketinggian tertentu. Di atas bukit ini, anda bisa menikmati aneka sajian kuliner lezat untuk menemani liburan anda. Anda bisa menikmati makanan tradisional khas Purwokerto seperti pecel dan mendoan.

21. Tempat Wisata Bendungan Gerak Serayu
Bendungan Gerak Serayu
Bendung Gerak Serayu Gambarsari adalah bendung sungai buatan yang berjarak 4,2 km dari delta Sungai Logawa dan Serayu. Sebuah delta yang menarik. Berjarak sekitar 14,2 km dari Alun-alun Kota Purwokerto ke arah selatan. Letak persis Bendung Gerak Serayu Gambarsari tergantung dari sisi mana pengunjung melihatnya. Jika melihat dari arah Barat, maka masuk wilayah Desa Tambaknegara, Kecamatan Rawalo. Jika dilihat dari sisi Timur maka ada di Desa Gambarsari, Kecamatan Kebasen. Namun keduanya di Kabupaten Banyumas.

Jembatan Kereta Api Serayu sepanjang 255 meter ini dibangun tahun 1972 yang kemudian diperkuat konstruksinya pada tahun 1995. Jembatan aslinya memiliki beberapa puncak lengkung. Yang dibangun oleh perusahaan kereta api Belanda (Staats Spoorwegen) pada 1915 bersamaan dengan pembuatan Terowongan Kereta Api Notog (panjang 260 meter) dan Terowongan Kereta Api Kebasen (79 meter). Jembatan itu hancur dibom semasa perang.

22. Tempat Wisata Museum Bank Rakyat Indonesia
MBRI
Purwokerto merupakan kota tempat berdirinya cikal-bakal Bank BRI (Bank Rakyat Indonesia), yang merupakan Bank terbesar milik Pemerintah. Nah gedung lama dan pertama Bank BRI tersebut kini menjadi satu-satunya Museum BRI. Pada awalnya Bank Rakyat Indonesia (BRI) didirikan oleh Raden Bei Aria Wirjaatmadja pada tanggal 16 Desember 1895 dengan nama De Poerwokertosche Hulp en Spaarbank der Inlandsche Hoofden yang artinya Bank Bantuan dan Simpanan Milik Kaum Priyayi Purwokerto.

Dan sekarang, 16 Desember 1895 dijadikan sebagai hari kelahiran BRI. Pernah berhenti beroperasi pada masa perang tahun 1948 dan kembali beroperasi pada tahun 1949 dengan nama Bank Rakyat Indonesia Serikat. Pada 1968 namanya menjadi Bank Rakyat Indonesia (BRI) dan menjadi perseroan terbatas (PT) pada 1 Agustus 1992 yang kemudian menjadi perusahaan publik dengan nama resmi PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk.

23. Tempat Wisata Bukit Tranggulasih Purwokerto
Bukit Tranggulasih
Tempat wisata di Purwokerto selanjutnya adalah bukit Tranggulasih yang memiliki keindahan alam yang sangat menakjubkan. Dari sini wisatawan dapat menikmati keindahan alam dari spot-spot yang berbeda, dan dengan keindahan yang berbeda pula, sesuai dengan spot yang anda pilih. Cocok juga untuk dijadikan tempat camping, anda bisa menikmati keindahan kota Purwokerto pada malam hari yang sangat memukau.

24. Tempat Wisata Curug Gomblang Purwokerto
Curug Gomblang
Curug Gomblang adalah salah satu air terjun yang berlokasi di lereng Gunung Slamet, walaupun tidak terlalu tinggi namun debit air di Curug Gomblang cukup deras dengan aliran air yang jernih. Curug Gomblang merupakan air terjun yang masih alami, hal ini terlihat dengan rimbunnya pepohonan di sekitar air terjun yang membuat suasana kian asri.

Jika kita lihat, bentuk dari Curug Gomblang sekilas mirip dengan Air Terjun Tiu Kelep di Lombok, hanya saja lebih besar dan lebih deras. Karena keindahan yang dimiliki Curug Gomblang, kini air terjun ini menjadi salah satu tempat wisata alam favorit di Banyumas, terutama bagi kalangan muda. Tapi tunggu dulu, untuk bisa menikmati keindahan dari Curug Gomblang tidaklah mudah.

Dari tempat parkir kita diharuskan berjalan kaki selama kurang lebih setengah jam dengan jalur setapak, jika kamu pernah berkunjung ke Curug Lawe di Semarang, pasti kamu bisa memperkirakan jalur tersebut, hanya saja jalur di Curug Gomblang lebih ringan. Harga Tiket Masuk Curug Gomblang Banyumas : Rp. 5.000/orang

25. Tempat Wisata Batur Agung Mount of Fun
Batur Agung Mount of Fun
Wisata keluarga Batur Agung Mount of Fun merupakan ide yang sangat baik, memanfaatkan kejernihan air Gunung Slamet untuk membuat taman air, kolam pancing dan arung jeram serta beberapa fasilitas lainnya, di tengah hawa pegunungan, dan didukung panorama alam yang indah. Flying fox merupakan salah satu fasilitas Batur Agung Mount of Fun yang bisa dinikmati pengunjung sebagai pilihan wisata selain Lokawisata Baturraden. Panjang lintasannya 125 meter, meluncur melewati kolam pancing dengan didampingi instrukturr berpengalaman dan besertifikat. Selain itu ada pula ATV, panjat jaring, dan permainan outbound.

Kolam pemancingan Batur Agung Mount of Fun yang lumayan luas. Kolam itu terlihat rapi dan terawat cukup baik, dengan latar keliling sawah terasering di perbukitan di kaki Gunung Slamet yang hijau dan elok. Jika tidak membawa peralatan pancing sendiri dari rumah, pengunjung bisa menyewanya di tempat dengan harga sewa cukup murah. Sebuah dangau besar beratap rumbia dan dua dangau kecil disiapkan di sekitar kolam sebagai tempat istirahat dan berteduh. Meskipun terlihat kosong, namun ada dua orang yang tengah memancing ikan di sebelah kiri bawah pada foto. Lokasi flying fox berada di atas kolam pemancingan di sebelah kanan kolam pemancingan di atas.

26. Tempat Wisata Curug Telu
Curug Telu
Masih berupa air terjun, anda bisa mengunjungi curug telu yang juga masih ada di kecamatan Baturraden. Air terjun ini menjadi salah satu curug yang dimanfaatkan untuk menyuplai air masyarakat. Namun curug ini memiliki panorama yang sangat indah sehingga menjadikan warga sekitar mengelola curug ini sebagai tempat wisata yang ramai dikunjungi oleh wisatawan.

27. Tempat Wisata Curug Bayan Purwokerto
Curug Bayan
Curug Bayan ini merupakan salah satu tempat wisata air yang cukup digemari untuk semua kalangan dan usia. Tempatnya yang dekat dan mudah dijangkau, murah, pilihan kedalaman air juga bisa dipilih sesuai umur dan di pisah relatif aman. Tak salah sih kalo dijadikan salah satu tujuan wisata untuk keluarga. Berjarak sekitar 13 Km dan bisa ditempuh selama 30 menit dengan kendaraan santai.

Harga / Tarif Tiket masuk hanya 3 ribu per orang tentunya tergolong sangat murah dan kita bisa main sepuasnya. Bisa sekedar berendam, melatih anak renang atau main /mengenal air dan alam, hingga yang suka salto atau cliff jumping bisa bermain disini.

Lokasi Curug Bayan cukup dekat dengan Lokawisata Baturraden, sekitar 2Km ke bawah. Jika dari arah Baturraden turun setelah perempatan terminal ke bawah lagi ada pertigaan ketenger belok kanan, ada pertigaan belok kanan lagi dan belok kiri tidak sampai 1km sudah sampai lokasi Curug. Akses bisa dengan kendaraan besar seperti bus apalagi yang lebih kecil, ada tempat parkir juga.

28. Tempat Wisata Pancuran 3 Purwokerto
Pancuran 3
Tempat wisata di Purwokerto selanjutnya adalah pancuran 3. Lokasi pancuran 3 ini ada di kawasan lokasi wisata baturraden, pancuran ini merupakan pancuran yang mengeluarkan air panas asli dari perut bumi. Air panas mengandung belerang yang baik untuk kesehatan kulit.

29. Tempat Wisata Taman Miniatur Dunia (Small Word)
Small World
Tak perlu jauh – jauh untuk melihat berbagai bangunan yang masuk keajaiban dunia, di Purwokerto juga ada Taman Miniatur Dunia atau Small World Purwokerto. Sebuah tempat rekreasi sekaligus wahana edukasi yang berisi berbagai miniatur mahakarya luar biasa yang tersebar diberbagai belahan dunia.

Sebagai wahana rekreasi sekaligus edukasi, rencananya Small World ini akan memiliki banyak sekali miniatur bangunan terkenal dari seluruh dunia, seperti (yang sudah ada) Kincir Angin khas Belanda dengan bunga tulip yang khas, Patung Merlion, Twin Tower, Big Ben, Colosseum, Angkorwatt, Menara Eiffel, Kinkakuji, Taman Bunga Sakura, Opera House Sidney dan banyak lainnya.

Alamat: Jalan Raya Baturaden Barat No. 270, Ketenger, Baturaden, Karangmangu, Baturraden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53151

30. Tempat Wisata Bukit Bintang
Bukit Bintang 
Tempat wisata di Purwokerto selanjutnya adalah bukit bintang Baturaden yang sebenarnya bukanlah merupakan bukit sungguhan melainkan berupa tempat luas yang dibangun bangku seperti tangga bersusun-susun untuk menikmati pemandangan indah. Sangat disarankan untuk datang ke lokasi ini pada malam hari di cuaca yang cerah sehingga pemandangan lampu kota Purwokerto jelas terlihat sangat indah.

31. Tempat Wisata Telaga Sunyi
Tempat Wisata Telaga Sunyi (Foto: eddyedot.blogspot.com)
Tempat wisata pertama ini tempat wisata yang paling enak menurut saya karena di telaga sunyi anda bisa berburu foto air terjun yang berada di telaga sunyi, walaupun tidak tinggi tetapi sangat bagus untuk berfoto- foto. Tempat disini sangat dingin terutama airnya karena airnya berasal dari gunung slamet.

Telaga ini memang cocok untuk menyepi, menenangkan diri dari hiruk pikuk dengan menikmati suasana alam yang harmonis. Menikmati suara Gemericik air yang tumpah ke dalam telaga jernih berkilau dengan kedalaman sekitar 3 meter, sembari menyaksikan keindahan panorama nan alami dengan dominasi bebatuan alami akan membuat siapa saja betah berlama-lama berada di Telaga Sunyi.

Telaga Sunyi masih berada di wilayah tempat Wisata Baturaden, Sekitar empat Kilometer dari Gerbang Wanawisata atau setengah kilometer dari Baturraden Adventure Forest ke arah timur kedua objek wisata tersebut. Untuk memasuki Tempat wisata ini pengunjung akan dikenakan biaya tiket Rp.10.000 . Relatif murah dibanding pengalaman yang didapat.

Baca ini juga : Tempat wisata di Sumedang yang dapat membuat anda suka berlama-lama

Itulah 32 Tempat Wisata di Purwokerto Terbaru yang Paling Hits semoga bisa bermanfaat untuk anda yang bagi ingin berwisata ke Purwokerto, jika ada kesalahan menulis saya mohon maaf. Terima Kasih

Postingan terkait:

6 Tanggapan untuk "32 Tempat Wisata di Purwokerto Terbaru yang Paling Hits"

  1. Kalau tempat wisata di Purwokerto yang sudah saya singgahi itu yang di Telaga Sunyi. Disitu airnya dingin banget ya! Enak buat Berenamg.

    BalasHapus
  2. Alam Curug gede dalam foto terlihat rindang yak tempatnya, kayaknya sejuk kalo disitu

    BalasHapus
  3. baru tau ternyata purwokertopunya banyak tempat wisata yaa

    BalasHapus
  4. wiih keren keren tempat nya
    yang wisata alam yang ada air terjun nya cuma itu gan?

    BalasHapus
  5. cukup membantu referensi untuk meeksplor PURWOKERTO, mungkin bisa ditambah lagi min Curug Carang yang ada di Baturaden atau kalo mau cari tempat wisata lainnya bisa cek aja di http://pariwisata.gunadarma.ac.id/index.php

    BalasHapus